alexa-tracking
Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2deef28d9b177dfc73b066/dolanan-hits-arek-90-an
Lapor Hansip
16-07-2019 22:36
Dolanan Hits Arek 90-an!
Past Hot Thread
Dolanan Hits Arek 90-an!

Ingat masa kecil, rasanya ingin kembali lagi kesana. Dimana pikiran masih longgar, tak ada beban, yang dipikirkan hanya sekolah, mengerjakan PR dan bermain saja. Janjian dengan teman sepulang sekolah, bergiliran mengunjungi rumah teman - teman beramai - ramai lalu membuat keributan. Keseruan yang indah, memori yang tak lekang oleh waktu.

Permainan yang sering aku lakukan dulu ada banyak macamnya, seperti :

1. Bongkar pasang

Dolanan Hits Arek 90-an!


Permainan yang hanya bermodalkan kertas bergambar anak perempuan beserta baju - bajunya dengan harga Rp. 100 saja ini adalah permainan favoritku jaman dulu. Permainan murah meriah. Setiap Ibu membawakan bongkar pasang itu, aku selalu menggunting setiap sisi bajunya terlebih dahulu serta sedikit sisi kanan dan kiri leher si anak perempuan agar bisa digunakan untuk mengaitkan bajunya.

Pakaian yang terbuat dari kertas ini dibongkar dan dipasang, sehingga disebut sebagai bongkar pasang. Ada baju untuk sehari - hari bahkan untuk pergi ke pesta pun ada dengan beraneka warna dan beragam bentuk. Aku suka memainkannya bersama temanku. Seolah - olah boneka kertasku ini akan menghadiri pesta, jalan - jalan, hingga pergi ke sekolah. Sehingga mereka akan sering bergonta - ganti kostum.

2. Bekelan

Dolanan Hits Arek 90-an!



Koleksi warna bola bekel dengan ukuran yang berbeda - beda adalah kegemaranku jaman SD. Seringkali aku merendam bola bekel berukuran kecil ke dalam minyak tanah, kata teman - teman agar ukurannya membesar. Namun ternyata hal itu hanyalah mitos, dan konyolnya tetap aku lakukan. Permainan bekel inilah yang sering aku lakukan bersama teman - teman sekelasku. Baik perempuan maupun laki - laki, semuanya suka main bola bekel. Dimulai dengan mengambil biji bekel satu per satu, kemudian lanjut ke tingkat berikutnya yaitu mengambil dua - dua hingga habis. Aturan mainnya setiap salah mengambil, atau bola tidak berhasil ditangkap maka matilah si pemain dan harus berganti giliran main dengan pemain yang lain.

3. Paku Bayam

Dolanan Hits Arek 90-an!


Ini dia permainan unik yang lucu menurutku. Dulu aku suka memainkannya bersama kakakku, kami mengadu dua buah bunga tanaman bayam yang bentuknya mirip ulat bulu, ukurannya kecil, lonjong, ramping memanjang, warnanya hijau dan berambut. Caranya kami menyediakan dua buah paku yang ditancapkan ke tanah, lalu melingkarkan satu buah karet gelang yang digunakan sebagai "arena tanding" si ulat palsu dari bunga bayam itu kepada kedua sisi paku. Kemudian kami mencari batu atau bata untuk memukul paku, agar bunga bayam bergerak maju dan beradu dengan milik lawan. "Ulat" siapa yang jatuh terlebih dulu, maka dia lah yang kalah.

4. Pasar - pasaran

Dolanan Hits Arek 90-an!


Namanya juga anak perempuan, sukanya hal - hal yang berbau dapur. Sepulang sekolah aku biasanya janjian dengan teman sekomplek untuk main pasaran. Isinya adalah kegiatan seolah - olah memasak. Ada cangkir mini, wajan mini, kompor mini, dan beragam peralatan masak berukuran mini yang terbuat dari plastik untuk kami buat mainan. Bahan yang kami masak kadang - kadang hanyalah pasir, daun - daun hijau, bunga dan air. Tak jarang kami memasak bahan makanan yang sudah siap santap seperti telur dadar. Pada akhirnya kita akan makan bersama di rumah teman yang kita kunjungi.

Sungguh permainan yang seru dan membuatku terus mengingat indahnya masa kecilku.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muttou dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 9
18-07-2019 16:12
Quote:Original Posted By AnisMo
Lah orang tua ane kadang gak tahu pan emoticon-Big Grin hihi


Bandel juga sista ini ternyata pas kecil hahaha
profile-picture
AnisMo memberi reputasi
1
18-07-2019 16:13
Quote:Original Posted By adnanami
Bandel juga sista ini ternyata pas kecil hahaha


Udah bukan bandel lagi
emoticon-Leh Uga
0
18-07-2019 16:14
Quote:Original Posted By diko.sgn
dolananku pas cilik, main layangan... ngejar layangan, masuk kebun jeruk orang, colong jeruknya, lupakan layangan 😎 emoticon-Leh Uga

gak konsisten... targetnya berubah2...
emoticon-Ngakak
0
18-07-2019 16:19
ane ngalamin semua tuh gan, tp ane paling demen maen layangan emoticon-Ngakak (S)
0
18-07-2019 16:26
Quote:Original Posted By adnanami




Dan muncullah generasi generasi MAGER, alias generasi males gerak.



Pdhl ank jaman skrg niru anak thn 90an

Ank 90annya kan dah pada jadi ortu atau mas2/mbak2 emoticon-Leh Uga

Yg mager

Kyk ane emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1
18-07-2019 16:27
Ane udah maenin tuh semua emoticon-Cendol Gan
permainannya lebih asik,kreatif,imajinatif,dan komunikatif secara real loh ya gan, beda sama anak kecil jaman sekarang.
ane bangga lahiran jaman old gan emoticon-Cool emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan adnanami memberi reputasi
2
18-07-2019 16:44
masa kecil saia beda banget sama jaman Anak-anak sekarang. Threatnya bikin mengenal nostalgia jadull emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
3
18-07-2019 16:44
Wes pernah dolanan kui ak masio bocah lanang
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
18-07-2019 16:49
wah selodor dan pantok lele kesukaan kita emoticon-Leh Uga
profile-picture
Mata.Elang084 memberi reputasi
1
18-07-2019 16:55
Quote:Original Posted By adnanami
Oh ya? Mungkin memang nggak banyak yg main hehe


Di daerah gw namanya ayam2an tuh
profile-picture
Mata.Elang084 memberi reputasi
1
18-07-2019 16:56
apa sih positifnya permainan jaman dulu.,??

permainan jadul berlangsung tanpa aturan baku, jd hanya mengandalkan saling pengertian, nah di sini secara tak langsung si anak belajar empati, toleransi, dan sadar aturan (hukum)...
profile-picture
Mata.Elang084 memberi reputasi
1
18-07-2019 17:15
Paku bayam saya nda pernah main itu, permaianan daerah mana itukah ?emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan Mata.Elang084 memberi reputasi
2
18-07-2019 17:17
Semuanya pernah ane mainin sist, kecuali yang nomor 3 paku bayam, di daerah ane nggak ada permaian seperti itu soalnya. Tapi kayanya seru juga ya, anak jaman dulu kreatif ya sist bikin permainan sendiri yang asik.
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan Mata.Elang084 memberi reputasi
2
18-07-2019 17:32
wkwkwm barbie kertas...
profile-picture
Mata.Elang084 memberi reputasi
1
18-07-2019 17:36
Ane tambahin.. Main kelereng gan, sama benteng2 an hehehe
profile-picture
Mata.Elang084 memberi reputasi
1
18-07-2019 17:55
Gue paling suka adu paku bayamemoticon-Hammer2
profile-picture
Mata.Elang084 memberi reputasi
1
18-07-2019 18:11
Quote:Original Posted By trinitty
masa kecil saia beda banget sama jaman Anak-anak sekarang. Threatnya bikin mengenal nostalgia jadull emoticon-Smilie

gak ada salahnya memperkenalkan kembali permainan yg udah jarang itu..

kalo main fisik macem bentengan, gobak sodor bisa masuk pelajaran olahraga di sekolah. daripada bosen main voli, sepakbola, basket mulu...emoticon-Big Grin
0
18-07-2019 18:15
Quote:Dolanan Hits Arek 90-an!

yg ini masi mending rada "tertutup"

kalo yg beneran jadul pake bikini doang...emoticon-Big Grin
Dolanan Hits Arek 90-an!
bakalan di demo nih...emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh jagotorpedo
0
18-07-2019 19:00
Sepertinya saya mencium bau bau dan aroma iklan. hmmm
0
18-07-2019 19:01
Sepertinya saya mencium bau bau dan aroma iklan. hmmm
0
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.