alexa-tracking
Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.8 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2f4daec9518b2fb27a8969/berbagai-macam-permainan-tradisional-pernahkah-memainkannya
Lapor Hansip
17-07-2019 23:32
Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?
Permainan Tradisional

Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?



Setiap orang pasti pernah melewati masa kecil. Tentu saja. Tidak mungkin kan ada yang lahir langsung dewasa?

Masa kecil adalah masa yang paling menyenangkan. Tak ada yang perlu dipikirkan oleh anak-anak. Setiap hari kerjaannya cuma bermain bersama teman-teman sebaya. Ada begitu banyak permainan yang bisa dimainkan.

Permainan anak berkembang mengikut perubahan zaman. Kalau jaman saya kecil dulu nih gansis, permainan itu masih tradisional. Berbeda dengan anak sekarang yang permainannya sudah banyak yang modern. Walaupun masih ada sebagian anak yang masih memainkan permainan tradisional.

Saya ingat dulu jaman kecil-kecil di awal tahun 90-an, sangat banyak permainan yang saya mainkan dengan teman-teman. Kami akan pulang ke rumah hanya jika sudah mendengar teriakan emak masing-masing. πŸ˜†πŸ˜†

Berikut saya paparkan beberapa permainan tradisional yang dulu saya mainkan bersama teman-teman.

1. Cop Benteng


Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?

Sumber gambar : budaya.kampung-media.com


Permainan ini kalau di daerah lain ada yang menyebutnya Petak Umpet. Di daerah saya, namanya Cop Benteng.

Satu orang yang kalah saat suit, harus menjaga benteng dan menutup mata selama dia menghitung. Teman-teman lainnya berlarian mencari tempat sembunyi. Setelah habis hitungan, sang penjaga akan berkeliling mencari anak yang sembunyi.

Jika sang penjaga melihat seorang anak, dia harus menyebut nama anak tersebut dan memegang dinding benteng yang dia jaga. Anak pertama yang kedapatan, harus gantian menjaga benteng. Namun, jika anak yang disebut namanya lebih dulu berlari mencapai benteng sebelum penjaga, maka ia selamat. Anak berikutnyalah yang menjadi korban jika kedapatan oleh sang penjaga.

Saya ingat dulu, waktu memainkan ini, saya dan teman-teman pernah sembunyi sampai jauh sekali. Akhirnya sampai pulang ke rumah, si penjaga tidak bisa menemukan kami. Seharian dia mencari keliling gang. 🀣🀣


2. Patok Lele

Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?

Sumber gambar : pasberita.com


Permainan ini pernah ngetop saat saya kecil dulu. Meski perempuan, saya pernah memainkannya.

Permainan ini menggunakan dua tongkat sepanjang sekitar 20 cm sampai 30 cm. Entah kenapa dinamakan Patok Lele. Padahal kan gak ada lele-nya. πŸ˜†

Cara memainkannya, tongkat pertama diletakkan di atas sebuah lubang, tongkat kedua dijadikan pengungkitnya. Pemain harus melambungkan tongkat pertama sejauh-jauhnya sehingga lawan tidak bisa memasukkan tongkat ke dalam lubang dari titik di mana tongkat tersebut jatuh.



3. Setatak

Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?

Sumber gambar : mediaindonesia.com


Kalo gak salah, di daerah lain dinamakan Engklek. Jaman kecil dulu, saya paling suka main ini.

Kotak-kotak digambar bertingkat ke atas, lantas pemain melemparkan gacoan atau ucaknya ke kotak secara berurutan. Kemudian pemain melompat dengan menggunakan satu kaki di tiap kotak. Siapa yang gacoannya paling dulu mencapai puncak, maka dialah pemenangnya.


4. Permainan Karet


Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?

Sumber gambar : wartadesa.net



Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak perempuan. Namun kadang, ada juga anak laki-laki yang ikut serta.

Karet gelang dijalin sampai menjadi panjang yang diinginkan. Permainan dibagi menjadi dua regu. Regu yang kalah, akan kebagian memegang karet.

Dua orang tegak berlawanan arah memegang tiap ujung karet yang dijalin. Dimulai dari posisi terendah, karet direntangkan. Pihak lawan harus bisa melompati karet tanpa mengenainya. Biasanya sampai sebatas pinggang. Jika kena, maka tim akan kalah.

Pada bagian setinggi dada barulah tidak apa-apa jika mengenai karet. Dan puncaknya adalah sampai garis merdeka. Di mana tangan yang memegang ujung karet diacungkan setinggi mungkin melewati kepala. Tim yang duluan sampai dan bisa melompati garis merdeka-lah yang akan menang.


Itulah beberapa permainan tradisional yang sempat saya mainkan saat kecil dulu. Sebetulnya masih banyak lagi jenisnya. Lain waktu akan kita uraikan ya. Semoga bermanfaat buat semuanya. 😊


profile-picture
profile-picture
profile-picture
indahmami dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
17-07-2019 23:33
mari bernostalgia dengan permainan masa kecil kita.
0
Lihat 1 balasan
17-07-2019 23:41
anak tahun 90-an permainannya hampir sama semua ya sist, kasih cendol ma bintang lima dehemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
meanynovendi dan kolollolok memberi reputasi
2
17-07-2019 23:42
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
meanynovendi dan kolollolok memberi reputasi
2
18-07-2019 01:43
mainanku waktu kecil, semua pernah dimainkan
profile-picture
profile-picture
meanynovendi dan kolollolok memberi reputasi
2
18-07-2019 03:56
Hmmm patok lele jd inget temen kepala nya kena tongkat
Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?

Ada juga permainan gratis tp menambah ilmu pengetahuan umum abc 5 dasar cukup modal otak tp seru
Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?












Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?
Pengepul bata bekas
profile-picture
meanynovendi memberi reputasi
1
18-07-2019 05:11
patok lele kalau tempatku namanya bentik
profile-picture
profile-picture
meanynovendi dan kolollolok memberi reputasi
2
18-07-2019 05:37
Kalo jaman ane kecil masih sering banget main-main diluar bareng temen-temen ane main permainan diatas. waktu sekitar rumah ane masih kebon, sekarang mah kagak ada lahan.
profile-picture
meanynovendi memberi reputasi
1
18-07-2019 06:28
no 1, delikan tempat ane mak cik πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„
profile-picture
meanynovendi memberi reputasi
1
18-07-2019 06:49
100% sudah pernah ane mainin semuanya. jaman dulu mainannya sehat gans, anak-anak bisa bermain sepuasnya dihalaman yang tentunya bakal butuh tenaga gak kaya sekarang yang kebanyakan duduk sambil gadget an
profile-picture
profile-picture
meanynovendi dan kolollolok memberi reputasi
2
18-07-2019 07:13
Istilahnya dari daerah mana ituuuu?
profile-picture
meanynovendi memberi reputasi
1
18-07-2019 07:25
kalo di daerah ane namanya
1. bentengan
2. tektur
3. gedrik
profile-picture
profile-picture
meanynovendi dan kolollolok memberi reputasi
2
18-07-2019 07:36
Gilaaa.. kangen banget mainan Benteng! Dulu kalo main bisa berame rame satu RT 20 orang, sampe pusing sendiri nyariin orang-orangnya, tapi seru banget soalnya kadang bisa sampe keliling komplek saking nyebar anak anaknya. Jadi kangen main diluar jaman dulu. Good luck ya gan!
profile-picture
profile-picture
meanynovendi dan kolollolok memberi reputasi
2
18-07-2019 09:15
Masa kecil yang bahagiaπŸ˜†
profile-picture
meanynovendi memberi reputasi
1
18-07-2019 10:29
Nostalgia ... Jd pgn balik ke masa2 indah dlu ... emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meanynovendi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
18-07-2019 11:14
mantul
profile-picture
meanynovendi memberi reputasi
1
20-07-2019 16:29
satatak di tempatku disebut main kengkeng hmpir mirip nmku hhh
profile-picture
meanynovendi memberi reputasi
1
21-07-2019 06:44
Quote:Original Posted By ceuhetty β–Ί
anak tahun 90-an permainannya hampir sama semua ya sist, kasih cendol ma bintang lima dehemoticon-Jempol


Iya ya, banyak yang sama. Namanya aja yg beda.

Quote:Original Posted By agungdar2494 β–Ί
emoticon-Cendol Gan


Makasiihhh

Quote:Original Posted By arpat β–Ί
mainanku waktu kecil, semua pernah dimainkan


Hehe sama dong

Quote:Original Posted By elbe94 β–Ί
Hmmm patok lele jd inget temen kepala nya kena tongkat
Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?
Hahhaha aku suka takut2 nangkepnya. Jadi jarang dapat. 😁😁

Ada juga permainan gratis tp menambah ilmu pengetahuan umum abc 5 dasar cukup modal otak tp seru
Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?

Nah, itu juga seru.












Berbagai Macam Permainan Tradisional, Pernahkah Memainkannya?
Pengepul bata bekas


😁

Quote:Original Posted By janeeta97 β–Ί
patok lele kalau tempatku namanya bentik

Ooh. Beda nama yaa

Quote:Original Posted By BumiTimur β–Ί
Kalo jaman ane kecil masih sering banget main-main diluar bareng temen-temen ane main permainan diatas. waktu sekitar rumah ane masih kebon, sekarang mah kagak ada lahan.


Iya, sekarang agak susah mau main beginian. Anak2 skrg jarang yg main begini. Apalagi patok lele. Semua lahan di semen.
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan BumiTimur memberi reputasi
2
21-07-2019 06:47
Quote:Original Posted By bekticahyopurno β–Ί
no 1, delikan tempat ane mak cik πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„


Ooh. Lain ya namanya. 😊

Quote:Original Posted By Ultramen.T β–Ί
100% sudah pernah ane mainin semuanya. jaman dulu mainannya sehat gans, anak-anak bisa bermain sepuasnya dihalaman yang tentunya bakal butuh tenaga gak kaya sekarang yang kebanyakan duduk sambil gadget an

Iya bener. Dulu mah asik2 ya. Masa kecil yang sangat membahagiakan.

Quote:Original Posted By Rapunzel.icious β–Ί
Istilahnya dari daerah mana ituuuu?

Daerah Riau mbak. 😁

Quote:Original Posted By farhanhell β–Ί
kalo di daerah ane namanya
1. bentengan
2. tektur
3. gedrik


😁😁 beda tempay beda nama yaa

Quote:Original Posted By ziont β–Ί
Gilaaa.. kangen banget mainan Benteng! Dulu kalo main bisa berame rame satu RT 20 orang, sampe pusing sendiri nyariin orang-orangnya, tapi seru banget soalnya kadang bisa sampe keliling komplek saking nyebar anak anaknya. Jadi kangen main diluar jaman dulu. Good luck ya gan!


Kalo yg males nyari, dia duduk aja jagain benteng. 🀣🀣

Quote:Original Posted By mbakendut β–Ί
Masa kecil yang bahagiaπŸ˜†

Alhamdulillah. Anak2 skrg jarang mainkan permainan ini

Quote:Original Posted By kolollolok β–Ί
Nostalgia ... Jd pgn balik ke masa2 indah dlu ... emoticon-Cendol Gan


Betuuul. Makasi ya

Quote:Original Posted By anwarrahman β–Ί
mantul


Makasiiih

Quote:Original Posted By rykenpb β–Ί
satatak di tempatku disebut main kengkeng hmpir mirip nmku hhh

Hehehehe. Beda nama ya ken.
0
21-07-2019 06:48
terima kasih yang dah mampirr. 😊😊
0
Lapor Hansip
22-07-2019 18:00
Balasan post meanynovendi
Ente udah lolos review atau gak?
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.