alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.6 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cff0e70facb9503b116a8f9/beberapa-kesalahan-saat-menghadapi-orang-yang-sedang-sakit
Lapor Hansip
11-06-2019 09:14
Beberapa Kesalahan Saat Menghadapi Orang yang Sedang Sakit
Past Hot Thread
Beberapa Kesalahan Saat Menghadapi Orang yang Sedang Sakit
Well, Gansis, seperti kita ketahui, nggak ada orang yang ingin sakit. Sakit itu ribet, makan tak enak, tidur pun tak nyenyak. Namun, tidak bisa dipungkiri, sebagai makhluk hidup kita pasti bertemu dengan yang namanya sakit. Walaupun sakitnya sederhana misalnya jari kelingking kaki kepentok meja.

Untuk orang-orang yang sedang tidak sakit, menghadapi orang yang sedang sakit terkadang menjadi hal yang gampang-gampang-susah. Kenapa? Jelas karena kita tidak merasakan sakitnya seperti apa. Alih-alih menghibur, malah fatal dan jadinya bikin keki. Misalnya gini:

Quote:Saat orang yang sakit menangis
Beberapa Kesalahan Saat Menghadapi Orang yang Sedang Sakit
Secara refleks mungkin kita berkata, "Sabar, ya" saat melihat orang yang sakit itu menangis. Ini masuk ke dalam kategori kesalahan. Kenapa? Karena tidak semua orang sakit itu tidak sabar. Tidak semua orang yang menangis itu karena tidak sabar. Menangis bertujuan untuk mengurai sedikit rasa sakit yang mendera. Beberapa orang yang sedang sakit akan merasa lega setelah menangis. Jadi, saat gansis berkata, "Sabar, ya", hal itu bisa menyinggung orang yang sedang sakit.


Quote:Saat orang yang sakit rewel
Beberapa Kesalahan Saat Menghadapi Orang yang Sedang Sakit
Pasti gemas ketika melihat orang yang sakitnya tidak seberapa —menurut pandangan gansis— tapi ia rewel. Secara sadar atau tidak sadar, kita melontarkan kalimat, "Duh, manja banget. Di luar sama masih banyak yang sakitnya lebih parah dari kamu tapi nggak rewel, tuh." Nah, di sini yang patut dipahami. Semua orang memiliki kapasitasnya masing-masing. Mungkin orang lain bisa baik-baik saja dengan sakit —misal sariawan—, tapi ada juga yang merasa tidak nyaman dengan sariawan tersebut. So, kita tidak bisa membandingkan sakit yang dialami seseorang dengan orang yang lainnya.


Quote:Saat orang yang sakit tapi terlihat tidak sakit
Beberapa Kesalahan Saat Menghadapi Orang yang Sedang Sakit
Banyak jenis sakit yang tidak nampak dari luar dan tidak membutuhkan dirawat. Salah satu contohnya adalah sakit ketika datang bulan. Sista pasti akan tetap beraktifitas seperti sekolah, kuliah, kerja, meskipun merasa sakit karena datang bulan —kecuali yang sakitnya sampai sulit bangun. Yang terjadi pada sista yang datang bulan, bukan hanya sakit saja melainkan jumlah Hb pun akan menurun. Resikonya, naik turun tangga akan pusing, kelelahan, bahkan sesak napas, dan jantung berdebar kencang.
Dari luar, mungkin sista tidak akan terlihat sedang sakit. Lalu sista memutuskan untuk naik lift meski hanya 1 lantai saja. Kesalahan yang terjadi pada orang sekitar adalah, berkomentar bahwa wanita tersebut manja. Padahal, ia tidak tahu keadaan yang sebenarnya.


Quote:Saat orang yang sakit cukup sensitif
Beberapa Kesalahan Saat Menghadapi Orang yang Sedang Sakit
Kalimat seperti, "Semoga sakitnya sebagai penggugur dosa" sangat sering kita dengar. Untuk sebagian orang yang sedang sakit, pasti akan dijawab dengan kata amin. Namun, apabila orang yang sakit itu sedang dalam keadaan mood yang buruk, kalimat tersebut bisa saja berujung pada pemikiran bahwa orang lain menilai bahwa dirinya banyak sekali memiliki dosa. Bisa saja orang yang sakit itu menilai bahwa yang sedang sehat berarti tidak memiliki dosa sebanyak dirinya.


Ya, begitulah lika liku menghadapi orang yang sedang sakit. Beberapa pemaparan itu didasarkan pada kejadian yang pernah dialami —sebagai orang sakit maupun orang sehat. Semoga gansis nggak salah tanggap lagi ketika bertemu dengan orang yang sedang sakit. Semoga kita semua selalu sehat meski kebanyakan makan opor berpengawet buatan dan ketupat yang pakai zat pengenyal.

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oddete dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 5
14-06-2019 08:33
Dateng bawa amplot yg penuh. Buat bantu2 pengobatan nya.
0
16-06-2019 01:48
ini jg lg atit😫
0
16-06-2019 07:42
Kalau sakit ane gak mau nyusahin orang
0
17-06-2019 11:12
Quote:Original Posted By p0w3rf0x
Mantap pencerahan nya. Kebetulan lg di alami hehehe

Ngalamin yg mana nih gan?

Quote:Original Posted By marywiguna13
Bukan orang yang sakitnya yang disuruh sabar, tapi kita yang mesti sabar. Karena orang sakit itu lebih sensitif, rewel, dll.

True

Quote:Original Posted By anilatifa
Sakitnya tu disiniH ;-(

*auto nyanyi ane

Quote:Original Posted By annisafik
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

emoticon-Malumaluemoticon-Malu

Quote:Original Posted By djinggo88
Setuju bgt emoticon-Leh Uga
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss

Kata "sabar ya" itu sbenarnya kata yg gk pas untuk orang yg lgi nangis sedih

Paling bagus adalah pakai bahasa tubuh

Dirangkul , peluk , pegang tangan nya

Atau paling minimal

Cukup diam d sebelahnya

Gk usah ngomong apa


Nah, itu terbaiks

Quote:Original Posted By joniesetiawan
kadang orang sakit jadi berubah sensitif perasaan nya

Betul bgt

Quote:Original Posted By jicho22
Bener banget ini, yg jagain jadi pusing tujuh keliling. Ane tahu sakit itu gak enak, paling gak ya berusaha sabar dan tabah. Ane punya nenek kena stroke, bisa jalan sendiri tapi aktifitas lain tetep dibantuin. Aduh kalau udah nangis+mengeluh beneran bikin yang jagain ikutan kena aura negatipemoticon-Frown tapi ane tetep sayang sama nenek aneemoticon-Big Grin

Semoga neneknya cepet sembuh. Ane udh ga punya nenek emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek

Quote:Original Posted By neverdrie
tret bagus
sayang ga dikasih solusinya juga
tips n trick menjenguk orang sakit

Tar ya klo sempet

Quote:Original Posted By surya889
Manja sama rewel pasti nya

Yoi bro

Quote:Original Posted By namakuhiroko
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Banyak orang sakit itu sebenarnya tidak mau dijenguk karena berbagai alasan. Bisa jadi malu karena penampilannya jd acak adut saat sakit, malu krn penyakitnya, atau klo wanita berjilbab biasanya risih klo dijenguk laki2 yg bukan keluarga dekatnya. Bahkan bs jadi orang sakit tdk mau dijenguk krn ingin istirahat total.

So bagi kalian yg ingin menjenguk orang sakit, sebisa mungkin hubungi dulu ybs atau yg merawat ybs dan tanyakan apakah ybs bersedia dijenguk. Ingat, orang sakit tidak butuh surprise atau kunjungan mendadak, tp butuh dukungan. Dan dukungan tsb bs jadi cukup dgn mendoakan ybs supaya lekas sehat sembari diam2 melunasi biaya pengobatan emoticon-Peace

Nah ini, bener bgt gan

Quote:Original Posted By Naice
Yg jenguk banyak yg bilang "sabar, sabar, sabar, sabar". sementara yg sakit nangis & rewel karena udah sakit badan, pikiran juga eh disuruh sabar terus emoticon-Ngakak

Sakit itu ga enak + mahal biaya untuk sembuh nya, sehat itu mahal.

Iyah mahal

Quote:Original Posted By jackmaaann
kalo yang sakit bukannya rewel tp malah bikin di posisi serba salah giman gan emoticon-Cape d...

Bingung jg ane

Quote:Original Posted By faris1234
Semoga sakitnya cepet.....
Kl temen baik "ke liang lahat"😁
Kl temen biasa "cepet sembuh, ongkos RS Mahal"😁
Kl temen n kluarga "cepet sembuh,ttp semangat"

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
17-06-2019 11:36
Orang sakit itu biasanya sedang tidak sehat.....
0
17-06-2019 15:39
Quote:Original Posted By Rapunzel.icious


*auto nyanyi ane








hehehehe
0
20-06-2019 09:03
semoga selalu dilimpahi kesehatan
0
25-06-2019 10:26
Quote:Original Posted By ebipo
Sesakit-sakitnya seseorang pasti pernah sakit emoticon-Hammer2


Dan sakit itu pasti kaulah virusnyaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
25-06-2019 10:48
Quote:Original Posted By delia.adel


Dan sakit itu pasti kaulah virusnyaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


kau lah relung jiwaku emoticon-Frown
0
08-07-2019 08:49
intinya kita harus empati ya ka terhafap orang lain
0
10-07-2019 08:31
1.jangan bicarakan hartamu dihadapan orang miskin
2.jangan bicarakan kesehatann mu dihadapan orang miskin
3.jangan bicarakan kekuatanmu dihadapan orang lemah
4.jangan bicarakan kebahagiaan mu dihadapan orng yang bersedih
5.jangan bicarakan keadaan orng tuamu di hadapan anak yatim piatu

Empati dan limati eh..
Diubah oleh sevenfiveseven
0
10-07-2019 11:35
menguji kesabaran intinya mah
0
18-07-2019 08:49
paling banyak sih kata "sabar ya" atau "semangat yah beb" hehe
0
19-07-2019 10:16
iya ... bener kita harus sabar ngadepin orang sakit ... aupaya mereka lekas sembuh 😅
0
24-07-2019 15:32
Quote:Original Posted By ebipo
kau lah relung jiwaku emoticon-Frown


Dasar perayu
0
30-07-2019 11:48
Quote:Original Posted By axiopico
Sakit ditinggal pasangan alias galau..emoticon-Hammer2

Euh klo itu, diketawain jg gapapa kali ya
emoticon-Peace

Quote:Original Posted By anggajunior.
Emak gue klo gw rewel karna sakit kepala. pasti bakal ngomong "baru sgini dikasih tuhan dah ngeluh".
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Emak kite kok sama ya, gw jg klo rewel malah digituin
emoticon-EEK!

Quote:Original Posted By janeeta97
ye kebakar

Wah? Dimana dimana?

Quote:Original Posted By fullo
Kalo ada orang sakit kalian harusnya langsung ke bank cairin duit se gepok, kasih deh ke orang sakitnya, dijamin cepet sembuhnya wkwkwkkw

Pernah coba kah? Jd penasaran gimana rasanya
emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By jagotorpedo
yg kesel kalo lg sakit malah disalahin...emoticon-Big Grin

gw pernah jatoh dr motor (keseleo doang..) malah dibilangin "makanya hati²...!!!"emoticon-Mad

gw udah jatoh, sakit, malah jd tersangka...emoticon-Mad


Lebih kesel lagi kalau langsung ditanya: motornya jadi rusak gak? Tuh kan lecet motornya!
emoticon-Frown

Quote:Original Posted By amoeba69
Klo sakit penyuka sesama jenis gimana hadapinya gan!?

Jitak aja palanya gan
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1
05-08-2019 16:19
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Hmm, intinya jaga sikap aja

Iyah emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By samudra6969
NGAJAK NGOBROL!!

gw butuh istirahat klo sakit, pikiran mesti tenang Bukannya diajak ngobrol, ngomong aja susah.

Nah emoticon-Smilie
0
06-08-2019 23:19
Quote:Original Posted By vixitev
Silahkan para penjenguk orang sakit bisa menyesuaikan diri, dan semua itu memang tidak selalu salah. Maka slow saja agar tetap bisa menjenguk dengan baik. Untuk ini para kaskuser bisa menjaga kesehatan dengan baik.

Siiip. Amin

Quote:Original Posted By Mahbubah127
benar...mantul banget ini

😊

Quote:Original Posted By Pazonda95
klo yg sakit ati gimana bre?

Euh anu, entuh, ah susah juga ya bre 😅
profile-picture
Pazonda95 memberi reputasi
1
15-08-2019 11:29
Quote:Original Posted By mamaproduktif
Nice infonya

Thanks

Quote:Original Posted By masnukho
Serba salah dahh nanggepinya emoticon-Bingung

Ya begitulah kira-kira
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.