ciciteguAvatar border
TS
cicitegu
Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Salah satu pertanyaan yang muncul dari kepala ane, di zaman sekarang ini, masih ada nggak sih Gan Sis filateli tuh? Sebenarnya beberapa tahun lalu, masih ada sih salah seorang teman kuliah ane yang punya hobi ini dan dengan bangganya ia memamerkan koleksinya yang dibawa ke kampus. Tapi kurang tahu juga sih apakah hobinya tersebut masih eksis sampai saat ini atau tidak.



Buat anak zaman sekarang yang bingung dengan istilah tersebut, filateli adalah aktivitas atau hobi mengumpulkan benda-benda pos, terutama perangko. Biasanya benda-benda yang dikumpulkan tersebut mengutamakan edisi lama, meskipun ada pula edisi baru yang turut dikumpulkan. Namun semakin tua edisi benda tersebut, akan semakin tinggi pula harganya.


Mungkin sekarang udah jarang banget ya orang menggunakan surat sebagai media berkomunikasi, terlebih menggunakan perangko. Karena sekarang alat komunikasi sudah semakin canggih dan keberadaan surat pun semakin tergeserkan. Dan semuanya perlahan-lahan beralih ke digital. Namun saat pertama kali ditemukan, perangko menjadi sebuah penemuan yang seolah mengubah jalannya komunikasi yang lain. Hingga kemudian mengumpulkan perangko ini menjadi salah satu hobi yang mengasyikkan bagi beberapa orang. 


Untuk Agan Sista yang kangen dengan hobi ini, yuk mending kita sedikit nostalgia dengan filateli!

Jujur sebenarnya ane bukan termasuk filateli ataupun orang yang hobi mengoleksi perangko. Namun ane selalu kagum dengan orang-orang yang selalu konsisten dan sabar untuk mengumpulkan barang-barang yang disukainya hingga menjadi sebuah koleksi. Terutama perangko ini Gan Sis.

Filateli merupakan kegiatan mengoleksi perangko, dan konon juga dianggap sebagai hobi terbesar di dunia. Sebelum digemari oleh orang-orang di seluruh dunia, awalnya hobi ini dimulai di Inggris. Istilah filateli sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno yang dimaknai sebagai menyenangi perangko yang sudah dibayar oleh si pengirim.



Di Indonesia sendiri juga terdapat beberapa klub filateli lho Gan Sis. Perangko pertama kali beredar di Indonesia pada tahun 1864 dan Pada tanggal 29 Maret 1922 sebuah klub filateli yang berskala nasional didirikan di Jakarta, namanya adalah Postzegelverzamelaars Club Batavia. Kemudian nama dan bentuk dari organisasi tersebut mengalami perubahan beberapa kali dan hingga kini dikenal sebagai Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) yang juga dianggap sebagai hobi yang bersifat nasional. Gokil!



Lalu, sebenarnya, apa sih yang dicari oleh para kolektor perangko ini?

Bisa dibilang jika jumlah dan variasi perangko di seluruh dunia jumlahnya sangat banyak. Biasanya beberapa kolektor mengumpulkan perangko berdasarkan tema atau seri tertentu. Misalnya mereka mengambil seri tentang alam, tokoh, budaya, geografi, musik, fotografi, dan lain sebagainya. Selain itu ada pula para kolektor yang mengumpulkan perangko dari negara tertentu dalam sebuah album khusus untuk setiap negara.



Sebenarnya bebas-bebas aja Gan Sis dan nggak ada patokan khusus untuk apa yang ingin kalian koleksi. Misalnya aja ada kolektor yang mengoleksi perangko dengan bentuk desain khusus, edisi tua, ataupun perangko yang memiliki kesalahan cetak atau desain. Semuanya sah-sah aja.

Ane selalu suka melihat koleksi-koleksi perangko tua yang dikumpulkan dalam sebuah buku. Rasanya pun menarik banget untuk bisa mengetahui lebih lanjut bagaimana cerita di balik perangko-perangko tersebut ataupun di balik kegiatan mengoleksinya. Nah kalau Agan Sista sendiri apakah kalian juga punya cerita unik tentang filateli ini? Boleh dong cerita di kolom komeng ane hihi, sekalian buat memperkenalkan Agan Sista anak zaman sekarang yang mungkin masih asing dengan hobi mengumpulkan perangko ini.


 


b4perman
Raeinn
jonwongndeso
jonwongndeso dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.