alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2d7bdfb8408843903195a8/dianggap-hina-pembantu-tengku-zul-dikecam-jaringan-nasional-advokasi-prt
Lapor Hansip
16-07-2019 14:25
Dianggap Hina Pembantu, Tengku Zul Dikecam Jaringan Nasional Advokasi PRT
Dianggap Hina Pembantu, Tengku Zul Dikecam Jaringan Nasional Advokasi PRT


Suara.com - Wakil Sekretaris Jenderal MUI Ustaz Tengku Zulkarnain dikecam Jaringan Nasional Advokasi (JALA)
PRT , karena dinilai menghina profesi pembantu rumah tangga.

Mereka menyesalkan ucapan Tengku Zul, apa pun alasannya. JALA PRT mengungkapkan hal itu sebagai tanggapan untuk berita Suara.com yang berjudul 'Bikin Geger Lagi, Kicauan Tengku Zul Dinilai Hina Pekerja Rumah Tangga'

Berikut respons lengkap dari JALA PRT untuk hinaan Tengku Zul terhadap pekerjaan PRT:

Menanggapi ucapan Tengku Zul, Pertama, kami menyesalkan ucapan Tengku Zul apa pun alasannnya. Karena sudah seharusnya setiap orang menghormati semua profesi/pekerjaan semua orang.

Ucapan Tengku Zul dan juga PNS yang lalu menandakan bahwa masyarakat masih sangat diskriminatif terhadap profesi Pekerja Rumah Tangga.

Sudah seharusnya kita masyarakat mengakhiri sikap diskriminatif, perendahan, dan kekerasan terhadap Pekerja Rumah Tangga. Termasuk dalam candaan dan penggunaan istilah yang tidak layak.

Ucapan diskriminatif menandakan bahwa betapa feodal, bias kelas, bias gender, dan tertinggalnya budaya dan cara berpikir masyarakat dalam perspektif HAM, hak pekerja, hak perempuan, keberagaman, dan profesi.

Kedua, sikap masyarakat seperti yang diucapkan oleh Tengku Zul dan PNS yang lalu memandakan bahwa hal tersebut akibat dari absennya dan abainya negara dalam pengakuan dan perlindungan terhadap Pekerja Rumah Tangga di dalam negeri.

Hingga kini, sebanyak 4,5 juta PRT di Indonesia (data ILO 2015) belum memiliki UU Perlindungan PRT yang RUU-nya sudah diajukan sejak 2004.

Artinya, tiga kali periode pemerintahan dan DPR tidak ada kehendak politik konkrit untuk perlindungan PRT.

Negara lepas tangan tidak melakukan pendidikan terhadap warganya dan menyerahkan nasib 4,5 juta PRT di tangan majikan, dan sebagaimana data kasus kami, mayoritas PRT bekerja dalam situasi tidak layak: jam kerja panjang, upah hanya 20-30% dari UMR, tidak ada libur mingguan, tidak ada jam SOS, dibatasi akses komunikasi sosialisasi, tidak ada THR.

Sebagaimana data kasus JALA PRT di tahun 2018, ada 427 kekerasan dan pelecehan terhadap PRT dalam berbagai bentuk: dari fisik, psikis, ekonomi upah tidak dibayar, dipotong, kekerasan seksual.

Ketiga, sementara 4,5 juta PRT adalah pekerja dan warga negara seperti yang lain. PRT menjadi salah satu tulang punggung berbagai aspek aktivitas kehidupan dari yang kelompok kecil warga majikan, keluarganya, lokal, nasional, regional, dan global.

Jadi, sudah saatnya Negara, Presiden, dan DPR segera mewujudkan UU Perlindungan PRT dan meratifikasi Konvensi ILO 189 tentang Kerja Layak PRT serta Konvensi ILO 190 tentang Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja.

Sebagaimana slogan SGDs bahwa tidak seorang pun boleh ditinggalkan dalam pembangunam, maka Negara jangan meninggalkan 4,5 juta PRT di dalam negeri dalam situasi yang tidak layak.

Jakarta, 9 Juli 2019
Lita Anggraini (+62 812-4720-0500)
Koordinator Nasional
JALA PRT
(Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga)."



Sebelumnya diberitakan, Tengku Zul mengomentari akun Twitter @ekki_w yang mengakui karyawannya berpindah agama menjadi Kristiani dan diikuti oleh anggota keluarga bersangkutan.

Dianggap Hina Pembantu, Tengku Zul Dikecam Jaringan Nasional Advokasi PRT
Cuitan Tengku Zul dianggap menghina pembantu (Twitter)

"Setahun karyawan kerja sama aku, dia kemudian minta dibaptis tanpa diminta. Setahun kemudian, seluruh keluarganya di kampung menyusul dia menjadi kristiani. Kisah hijrah yang mengharukan karena sejak itu beliau sekeluarga dimusuhi orang sekampung," ungkap @ekki_w seperti dikutip Suara.com.

Lalu Tengku Zul membalas, "Alhamdulillah sudah hampir 200-an orang masuk Islam di tanganku. Dari seluruh penjuru dunia. Dan rata-rata orang pintar berpendidikan bukan pembantu. Alhamdulillah."

Banyak warganet yang menilai Tengku Zul sudah menghina PRT lantaran dinilai tak pintar dan tak berpendidikan.

Tengku Zul memberikan klarifikasi mengenai hal tersebut. Ia mengaku bahwa pernyataannya dipelintir oleh warganet hingga terkesan ia menghina pembantu.

"Twit si Kiepo yang memurtadkan karyawannya dan mengatakan dia sekeluarga dimurtadkannya. Dan orang sekampung memusuhi karyawannya itu. Saya balas 200-an orang saya Islam tidak ada satu pun pembantu (karyawan, asisten) saya. Dipelintir jadi menghina pembantu rumah tangga. Jahat sekali mereka," tutur Tengku Zul.




https://m.suara.com/news/2019/07/09/...l-advokasi-prt


Diubah oleh kabar.kabur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
16-07-2019 14:59
Yah Naen memang luar biadab! emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
devi.jon dan ganha memberi reputasi
2
16-07-2019 15:08
ga pernah sekolah otak lo jing.... kalimat gitu dbilang ga ngehina, pantes kampret2 otak isi tokaii semua emoticon-Big Grin
0
16-07-2019 15:09
digoreng lagi nih cuitan ayah naen .............. emoticon-Leh Uga
0
16-07-2019 15:10
mungkin ga sengaja.... atau akunnya kena hack.... atau cm ngetes ilmu kebal..... ah... cm manusia bersorban tp tak punya hati dan pikiran...
0
16-07-2019 15:21
babu ( pembantu rumah tangga) itu juga manusia
kenapa sampai di hina

lonte ( pelacur) juga manusia ..

yang bukan manusia itu adalah pemerkosa,pembunuh,koruptor,perampok,teroris ,
profile-picture
ganha memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
16-07-2019 15:22

Ayah naen, ayah naen

0
16-07-2019 15:28
pembantu apa dulu tak klo pembantu rumah tangga ta wajar aja klo marah.
profile-picture
0314 memberi reputasi
-1
16-07-2019 15:32
dan di sini masi ada kampret tolol yang ngebela emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
16-07-2019 15:32
Quote:Lalu Tengku Zul membalas, "Alhamdulillah sudah hampir 200-an orang masuk Islam di tanganku.


Nah lhoo emoticon-Ngakak

Dengan logic nya si Sunan Kalijaga, berarti Tengku Zul ini layak di polisikan karena mempengaruhi orang laen pindah Agama emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan devi.jon memberi reputasi
2
16-07-2019 15:36
untung wa kgk punya twiter. klo punya bakal gue bales

"jancoklah tengku tengku...."
0
16-07-2019 15:45
daripada pembantu mending anak sekolah, bikn gemes soalnya

Dianggap Hina Pembantu, Tengku Zul Dikecam Jaringan Nasional Advokasi PRT
0
16-07-2019 15:49
Seriusan nih orang ngaku ustadz loh ? Gua bingung dia mondok dmn dah emoticon-Bingung
0
Lapor Hansip
16-07-2019 15:52
Balasan post bpln.boss
Quote:Original Posted By bpln.boss
babu ( pembantu rumah tangga) itu juga manusia
kenapa sampai di hina

lonte ( pelacur) juga manusia ..

yang bukan manusia itu adalah pemerkosa,pembunuh,koruptor,perampok,teroris ,


Tolong diralat itu pemerkosa dari daftarnya
Wong ceweknya tinggal diam aja, ga sakit kok
Diubah oleh madchick
profile-picture
devi.jon memberi reputasi
1
16-07-2019 15:57
sumbu pendek
0
16-07-2019 16:10
napa gak kena kasus fenistaan yg ini? emoticon-Embarrassment
0
16-07-2019 16:29
Jiah orang kayak gini diladeni rugi sendiri emoticon-Hammer (S)
0
16-07-2019 17:10
Dianggap Hina Pembantu, Tengku Zul Dikecam Jaringan Nasional Advokasi PRT
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan devi.jon memberi reputasi
2
16-07-2019 17:25
mendadak ngustad nih mahluk..emoticon-Wow
0
16-07-2019 17:55
Ayah nenen, itu jelas sudah menghina profesi seseorang, mau dia kacung atau raja sama aja di hadapan tuhan, yg membedakan itu amal dan perbuatannya

Ini ayah nenen beneran orang ngerti agama kagak sih?

Bahaya buat pengikutnya, kena virus ta*k
profile-picture
liee memberi reputasi
1
16-07-2019 18:12
Nulis sendiri tp nyalahin orang lain
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.