• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Berumur panjang, hingga terlahir kuat, berikut mutasi genetik langka yang menakjubkan

andretarina
TS
andretarina
Berumur panjang, hingga terlahir kuat, berikut mutasi genetik langka yang menakjubkan


Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Welcome di Thread sederhana ane emoticon-Embarrassment



Ahoooyyy, ane balik lagi nih, piyee kabare kaskuser semuanya? semoga selalu sehat ya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
izinkan we untuk sekedar kembali sharing hal-hal sederhana nih, walaupun kali ini ga sederhana-sederhana banget hehe. Nah, kali ini we mau cerita tentang salah satu kejadian unik di tubuh manusia, yaitu "Mutasi Genetik" emoticon-Embarrassment

Nah, pada dasarnya, semua manusia yang terlahir di dunia memiliki kombinasi unik dari genetik kedua orang tuanya. Hal ini secara langsung memberikan jaminan bahwa tidak ada manusia yang benar-benar ada dua orang yang memiliki kemiripan secara total. Namun dari beberapa diantara kita, ada yang mengalami mutasi genetik pada dirinya. Mutasi ini secara tidak langsung akan memberikan salah satu dari dua efek, baik itu memberikan efek yang menguntungkan bagi tubuh, mampu berumur panjang contohnya, atau malah sebaliknya, memberikan efek yang merugikan contohnya mengalami penuaan dalam jangka waktu yang begitu cepat. Penasaran sama mutasi genetik yang lain? Keep reading below, and have a good read yak emoticon-Cendol (S)


1. Mutasi genetik LRP5 aka Tulang yang hampir tidak bisa patah emoticon-Bingung (S)



Pada 1994, para peneliti menemukan sebuah mutasi genetik yang diketahui sebagai LRP5. Mutasi genetik ini bisa dikatakan sangat unik, dimana gen yang bertanggung jawab memproduksi dan melepaskan protein penentu kepadatan tulang seseorang. Mutasi ini ditemukan pada kejadian seorang pria  yang mengalami kecelakaan cukup serius, namun ketika telah dibawakan kerumah sakit terdekat, dokter sama sekali tidak menemukan kondisi fraktura atau patah tulang pada tubuhnya. Tentu saja hal ini sangat aneh. Namun setelah diteliti, para ahli menemukan bahwa pria ini juga memiliki anggota keluarga lainnya yang mempunyai kondisi tulang luar biasa kuat seperti dirinya. Saking kuatnya tulang yang dimiliki, dokter mengalami beberapa kegagalan dalam melubangi tulang sang pria ketika hendak melakukan operasi. Tes yang dilakukan menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami mutasi genetik ini memiliki kepadatan tulang 8 kali lebih padat dibandingkan tulang manusia normal, yang membuatnya hampir mustahil untuk dipatahkan dalam keadaan tertentu. 

Waduh, mungkin dulu gatot kaca kena ginian yak, otot kawat, tulang baja emoticon-Ngakak (S)

2. Mutasi myostatin aka Penguatan fisik emoticon-Bingung (S)



Anak-anak yang terlahir dengan mutasi satu ini diketahui memiliki dan telah mengembangkan otot jauh lebih baik dibandingkan anak-anak yang normal. Seiring bertumbuh dewasa orang-orang dengan mutasi ini akan memiliki keadaan otot yang jauh lebih baik, mampu mengembangkan ototnya menjadi luar biasa kuat, bahkan memiliki kekuatan yang luar biasa. Namun tidak diketahui apa yang menjadi efek samping dari mutasi ini.

Gimana, ada yang pengen ga? emoticon-Ngakak (S)

3. Mutasi CRR5 delta 32 aka Anti HIV emoticon-Bingung (S)



Lebih dari 1% populasi penduduk di Eropa utara kemungkinan memiliki resistansi terhadap HIV dikarenakan mutasi genetik luar biasa langka yang disebut dengan CRR5 delta 32. Mutasi ini membuat co-reseptor CRR5 lebih kecil dari ukuran normalnya, sehingga membuat virus HIV tidak mampu memasuki sel. Ketika reseptor sel menutup, hal ini mencegah virus daripada mengambil alih sel tubuh milik korban. Mutasi ini juga menjadi harapan bagi para peneliti untuk dapat mengembangkan pengobatan penyakit HIV menggunakan metode stem sel agar dapat meniru genetik yang memiliki resistensi terhadap HIV emoticon-Bingung (S)

4. Mutasi genetik langka dapat melihat hingga 100 juta warna emoticon-Bingung (S)



Mutasi genetik ini mengakibatkan perubahan pada kerucut mata yang memberi kemampuan untuk dapat melihat spektrum warna. Normalnya, manusia hanya memiliki maksimal 3 kerucut yang memberi kemampuan melihat hingga 1 juta spektrum warna, namun terdapat mereka – para tetrachromats – yang mampu melihat hingga 100 juta spektrum warna. Peneliti menemukan umumnya hal ini hanya menimpa kaum wanita, hingga lebih dari 12% populasi wanita didunia harusnya memiliki mutasi genetik ini. Namun belakangan ditemukan bahwa sekedar mutasi genetik tidak menjamin seseorang memiliki kemampuan melihat hingga 100 juta spektrum warna, melainkan karena terdapat kromosom X acak tidak aktif yang membuat kerucut keempat pada mata menjadi tidak terbuka.

Agak bingung ga sih, warna-warna apa aja yang bisa di lihat? emoticon-Bingung (S)

5. Mutasi Gen PCSK9 aka Anti kolesterol dan penyakit jantung emoticon-Bingung (S)



Pada 2004, Peneliti seseorang yang kehilangan kemampuan mengkopi gen PCSK9 miliknya. Ketika kehilangan gen dapat menjadi kabar buruk yang berujung pada penyakit, kehilangan gen PCSK9 malah menjadi sebaliknya. Mereka yang memiliki gen PCSK 9 tidak aktif diketahui terbebas daripada penyakit jantung dan juga kekhawatiran terhadap tingginya kolesterol. Perusahaan farmasi yang mengetahui hal ini dengan cepat bekerja untuk menghasilkan obat yang dapat mencegah gen PCSK9 daripada aktif sehingga dapat menjadi obat bagi pasien dengan tingkat kolesterol yang tinggi.

Namun hanya Afrika-Amerika tertentu saja yang nyatanya memiliki mutasi genetik jenis ini emoticon-Ngakak (S)

Weh, bisa makan sepuasnya nih emoticon-Malu (S)

6. Mutasi SERPINE1 aka Mampu hidup lebih lama (Anti-Ageing)



Pada 2018, peneliti menemukan sebuah mutasi unik yang terjadi pada gen SERPINE1, Mutasi ini diketahui menimpa beberapa orang pada komunitas Berne Amish di Indiana, Amerika. Orang-orang yang mengalami mutasi gen SERPINE1 diketahui menurunkan level PAI-1 didalam tubuh. PAI-1 banyak ditemukan pada penderita diabetes, obesitas hingga orang-orang dengan penyakit kardiovaskuler. Bukti yang ada menunjukkan bahwa mutasi SERPINE1 memiliki dua efek berbeda. Pertama, mutasi ini membuat sel ditubuh mengalami apa yang disebut proses senescence, yaitu proses sedemikian rupa yang akan mencegah sel ditubuh daripada hancur atau menua. Hasil akhirnya, orang-orang yang mengalami mutasi ini, memiliki lifespan normal hingga 10 tahun lebih lama. 

Kedua, mutasi ini membuat pemiliknya memiliki resiko penyakit hati dan kardiovaskuler yang jauh lebih kecil, Jadi kaya versi PCSK9, tapi lebih lengkap emoticon-Ngakak (S)

7. Mutasi pada “Clock Gen” memberi kemampuan untuk tidak tidur



Pada manusia normal, kehilangan jam tidur dalam sehari saja dapat membawa efek buruk bagi tubuh. Mulai dari perasaan kelelahan, permasalahan di perut, hingga masalah pada sistem imun tubuh. Namun uniknya, sebagian kecil dari populasi dunia, dapat mengesampingkan “Jam tidur” mereka, yang mana hanya membutuhkan tidak lebih dari 2 jam sehari untuk tidur. bahkan dalam kasus berat dan langka, seseorang dapat setahun penuh tetap “terbangun”. Para ahli sendiri tidak yakin apa yang memberikan seseorang kemampuan untuk dapat tetap terbangun, namun spekulasi yang ada mengatakan bahwa orang-orang khusus ini mengalami mutasi pada “Clock Gen”, yang memberika mereka kemampuan untuk tetap terbangun dalam kurun waktu yang lama.

Manteb nih, asset untuk jadi S3 security emoticon-Ngakak (S)

8. Gen “SuperAthelete” mampu bernafas dengan baik di ketinggian.



Mutasi gen satu ini dimiliki oleh baik penduduk Nepal dan Tibet, yang diketahui bertempat tinggal tidak jauh daripada gunung Everest. Mutasi ini memberi kemampuan untuk dapat bernafas dengan baik dan efisien pada ketinggian yang mana manusia normal akan pingsan karena kekurangan oksigen. Kemampuan khusus ini sendiri berasal dari gen yang disebut “SuperAthelete gene” yang merupakan warisan daripada kaum Denisovans, yang menempati daerah pegunungan asia pada 40.000 tahun lalu. Perubahan gen ini menghasilkan jumlah ektra pembawa darah hemoglobin didalam tubuh untuk mampu mendistribusikan oksigen dalam level luar biasa efisien. Sehingga seseorang dengan gen ini tidak perlu khawatir jatuh pingsan karena kekurangan oksigen ketika berada dipuncak Everest.

Manteb dah, seperti punya tabung oksigen di ketinggian emoticon-Malu (S)

~

Nah gimana gan, apa ada diantara kalian yang punya kemampuan diatas? kayanya sih gada soalnya kan jarang hehe emoticon-Ngakak (S)

Okay then, sekian postingan kali ini yak, thank buat yang uda mau mampir dan baca, jangan lupa rate, dan kalau bole cendolnya yak hehe emoticon-Malu (S)

so loooooong, and stay tune for another thread yak emoticon-Blue Guy Peace

Sumber : Disini dan disantuy
Sumber pict : Google pict



Diubah oleh andretarina 10-07-2019 15:13
Patrixpkurt1967Gats66
Gats66 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
13.6K
134
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.