alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2d4df3a2d1957c370e5ca7/penumpang-garuda-indonesia-dilarang-foto-di-dalam-pesawat
Lapor Hansip
16-07-2019 11:09
Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat
Past Hot Thread
Masih ingat gan dengan informasi yang viral belakangan ini tentang daftar menu makanan yang ditulis tangan dalam penerbangan kelas bisnis Garuda Indonesia?

Foto yang menggambarkan menu makanan yang ditulis tangan tersebut viral di media sosial sesaat diposting oleh seorang Youtuber bernama Rius Vernandes dalam akun Instagram-nya.

Untuk lebih jelasnya, simak yuk berita selengkapnya dibawah ini:

Quote:
Beredar Daftar Menu Tulisan Tangan di Kelas Bisnis Garuda, Benarkah
Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat


Suara.com - Belum lama ini, warganet Indonesia dihebohkan oleh foto daftar menu di kelas bisnis maskapai Garuda Indonesia yang viral beredar di jagat maya.

Awalnya dibagikan di Instagram story oleh akun @rius.vernandes, foto buku menu tersebut kini telah disebarkan ulang oleh banyak warganet dan memicu perdebatan.

Pasalnya, dalam foto yang dibagikan @rius.vernandes tersebut, disebutkan bahwa buku menu di kelas bisnis Garuda Indonesia hanya berupa tulisan tangan.

"Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam proses percetakan Pak," tulis akun @rius.vernandes.

Instagram story tersebut kemudian juga menjadi viral di Twitter, salah satunya setelah dibagikan akun @arieparikesit.

Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat


Lebih lanjut lagi, akun @rius.vernandes juga mengatakan jika dirinya dipanggil ke kantor Garuda Indonesia setibanya di Jakarta.

Akun tersebut juga melanjutkan penjelasannya lewat Instagram story dan menulis, "Intinya Garuda minta maaf soal ini. Aduh asli gw juga ga marah atau gimana. Gw cuma menjalankan job sebagai reviewer pesawat. Share apa pun yang terjadi di pesawat. Gitu doang."

Akibatnya, banyak warganet yang melayangkan kritikan pada Garuda Indonesia seputar menu tulisan tangan yang katanya dibagikan di kelas bisnis tersebut.

Namun, ada juga yang mengkritik akun @rius.vernandes dan menyebutkan tidak etis karena telah membagikan foto tersebut di media sosial.

Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat


Diketahui, pihak Garuda Indonesia sendiri telah memberikan klarifikasi lewat akun Twitter mereka @IndonesiaGaruda.

"Dapat kami sampaikan bahwa ini bukan kartu menu untuk penumpang, melainkan catatan pribadi awak kabin yang tidak untuk disebarluaskan. Terima kasih."


Kini, masyarakat yang ingin melakukan review atau membagikan momen saat di pesawat Garuda Indonesia seperti Rius Vernandes sudah tidak bisa lagi. Tepatnya pada 14 Juli 2019, Garuda Indonesia mengeluarkan surat Larangan Mendokumentasikan Kegiatan di Pesawat.

Berikut selengkapnya:

Quote:
Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat
Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat


Garuda Indonesia mengeluarkan surat larangan mengambil gambar di dalam pesawat. Dari surat yang diterima kumparan, larangan ini dikeluarkan pada 14 Juli 2019 dan ditandatangi oleh Pjs SM FA Standarization & Development Garuda Indonesia, Evi Oktaviana.

"Tidak diperbolehkan mendokumentasikan segala kegiatan di pesawat, baik berupa foto ataupun video oleh Awak Kabin ataupun penumpang," tulis pengumuman Garuda Indonesia dikutip kumparan, Selasa (16/2).

Surat tersebut juga meminta awak kabin seperti pramugari untuk menyampaikan larangan mengambil gambar dan video kepada penumpang. Larangan ini gugur bila penumpang telah memperoleh surat izin dari Garuda Indonesia. Bila melanggar, penumpang akan memperoleh sanksi dari maskapai.

"Perusahaan akan memberi sanksi jika terjadi pelanggaran terhadap ketentuan di atas," tutupnya.

Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat


kumparan selanjutnya mengecek aturan larangan mengambil gambar di dalam pesawat yang berlaku di dalam dan luar negeri. Untuk di luar negeri seperti Amerika Serikat, pengambilan gambar di dalam pesawat tidak diatur di dalam regulasi Federal Aviation Administration (FAA). Namun, ada beberapa maskapai di Negeri Paman Sam tersebut yang melarang penumpang untuk memotret awak kabin saat berada di atas pesawat karena pertimbangan privasi.

Sementara merujuk aturan di tanah air, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 80 Tahun 2017 Tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, memang ada larangan pengambilan gambar di area tertentu seperti di Daerah Keamanan Terbatas. Namun, pengambilan gambar bisa dilakukan atas seizin Kepala Bandara.

Dari regulasi ini, kabin pesawat tidak termasuk ke dalam Daerah Keamanan Terbatas yang diatur di dalam PM No. 80 Tahun 2017 itu.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara dan VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan tak merespons konfirmasi kumparan saat ditanya mengenai surat yang berisi larangan pengambilan gambar di dalam pesawat.


Suara.com
Kumparan.com

>> UPDATE <<


Quote:
Larangan Dicabut, Penumpang Hanya Diimbau Tak Foto di Pesawat Garuda
Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat


Garuda Indonesia merevisi surat larangan mengambil gambar, baik foto ataupun video, di dalam pesawat. Surat revisi ini dikeluarkan 16 Juli dan ditandatangani oleh Direktur Operasi Garuda Indonesia, Capt. Bambang Adisurya Angkasa.

Dalam pengumuman yang diterima kumparan, Selasa (16/7), Garuda Indonesia merevisi keputusannya dari 'melarang' jadi 'mengimbau' penumpang untuk tidak mengambil gambar di dalam pesawat.

Alasannya, maskapai ingin menjaga ketertiban di dalam kabin pesawat, serta menunjang keselamatan penerbangan dan menjaga kelancaran pelayanan selama penerbangan. Imbauan ini juga untuk menghormati hak-hak penumpang.

"Penumpang diimbau dan dimohon tidak mengambil gambar, baik photo dan video atau mendokumentasikan segala kegiatan di dalam kabin pesawat selama penerbangan," isi surat pengumuman yang ditandatangani Capt. Bambang.

Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat


Dituangkan dalam surat itu, bahwa tidak mengambil gambar di dalam pesawat bertujuan menjaga privasi penumpang dan awak kabin Garuda Indonesia. Imbauan ini juga ditempuh untuk menghindari keberatan dari penumpang lain atas kegiatan pengambilan gambar oleh salah satu penumpang tanpa izin.

"Imbauan ini dimaksudkan agar seluruh operasi penerbangan Garuda Indonesia comply dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku termasuk UU Penerbangan dan UU ITE, dan UU terkait lainnya," tutupnya.

Tak Ada Aturan Larangan Mengambil Gambar di Dalam Pesawat
kumparan mengecek aturan larangan mengambil gambar di dalam pesawat yang berlaku di dalam dan luar negeri. Untuk di luar negeri seperti Amerika Serikat (AS), pengambilan gambar di dalam pesawat tidak diatur di dalam regulasi Federal Aviation Administration (FAA). Namun, ada beberapa maskapai di Negeri Paman Sam tersebut yang melarang penumpang untuk memotret awak kabin saat berada di atas pesawat karena pertimbangan privasi.

Sementara merujuk aturan di Tanah Air, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 80 Tahun 2017 Tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, memang ada larangan pengambilan gambar di area tertentu seperti di Daerah Keamanan Terbatas. Namun, pengambilan gambar bisa dilakukan atas seizin Kepala Bandara.

Dari regulasi ini, kabin pesawat tidak termasuk ke dalam Daerah Keamanan Terbatas yang diatur di dalam PM No. 80 Tahun 2017 itu.
SUMBER


Quote:
Garuda Laporkan Pengunggah Menu Makanan Ditulis Tangan ke Polisi
Penumpang Garuda Indonesia Dilarang Foto di Dalam Pesawat


Unggahan pemilik akun Riusvernandes di Instagram soal menu di pesawat Garuda Indonesia menggunakan tulisan tangan berbuntut panjang. Kini, Rius dipanggil oleh pihak kepolisian.

"Iya benar kami menerima laporan," kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Victor Togi Tambunan kepada kumparan, Selasa (16/7).

Ia menjelaskan, polisi juga sudah mengirimkan surat pemanggilan kepada Rius. Sejumlah saksi lainnya juga akan dipanggil.

"Saat ini sedang mengundang dan memanggil saksi-saksi terkait laporan tersebut," ungkapnya.

Victor menambahkan, pihak yang melaporkan Rius adalah Garuda Indonesia. "Iya pelapor dari pihak Garuda," tutur dia.



kumparan juga telah mencoba mengkonfirmasi Rius terkait hal ini. Namun, hingga berita ini dirilis belum ada jawaban.

Rius merupakan influencer asal Indonesia. Beberapa waktu lalu, ia mengunggah sebuah foto menu makanan yang ditulis dengan tangan dalam secarik kertas.

Berdasarkan unggahan tersebut, catatan menu makanan yang ditulis tangan tersebut diberikan ke pada penumpang kelas bisnis karena awak kabin beralasan bahwa buku menu yang seharusnya digunakan masih dalam proses percetakan.
SUMBER


Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 15
Lapor Hansip
16-07-2019 14:34
Balasan post cipokan.yuk
busyet, koleksi koleksi wkwkwk
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 14:37
Boleh foto/video kalau di endorse
Kalau tidak di endorse Garuda ga boleh
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
-1
16-07-2019 14:40
Salah satu alesan garuda susah maju walaupun sokongannya gede dari dulu. Orang2 norak dengan profesionalitas rendah bisa naek sampe ke atas, pada didukung juga, jadi penasaran emang kayak gimana sih pola pikir penggede2 garuda, gitu2 amat manajemen marketingnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubik dan 3 lainnya memberi reputasi
4
16-07-2019 14:42
https://megapolitan.kompas.com/read/...u-tulis-tangan

ya laporin garuda sendiri guys...

bukannya diajak konfrensi pers bersama bikin klarifikasi bersama biar ga berkepanjangan..malah dituntut ke meja hijau..alamak....

apa kata dunia? org luar kalo liat pasti miris..ngetawain...

Diubah oleh fba00484
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 14:45
garuda lagi garuda lagi, akhir2 ini bnyk bnget masalahnya, tanda perlu perombakan manajemen besar besaran
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
Lapor Hansip
16-07-2019 14:45
Balasan post dr.anonymous
@biawak.pink

kalo narasinya bagus2 aja boleh ya ?
yang kurang buat perbaikan ga boleh di up ?
profile-picture
profile-picture
Kaneshi dan biawak.pink memberi reputasi
2
Lapor Hansip
16-07-2019 14:48
Balasan post dr.anonymous
@dr.anonymous
saya gak bilang begitu.
gak usah disimpulkan dan digiring begitu.

mau perbaikan ya salurkan lewat media kritik dan saran lah.. surat pembaca.. atau polisi sekalian kalau merasa dirugikan..
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 14:49
Kinerja buruk malah nyalahin org, tiket dibikin mahal seenak udel
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 14:49
Quote:Original Posted By biawak.pink
@dr.anonymous
saya gak bilang begitu.
gak usah disimpulkan dan digiring begitu.

mau perbaikan ya salurkan lewat media kritik dan saran lah.. surat pembaca.. atau polisi sekalian kalau merasa dirugikan..


yawis diliat aja kelanjutannya gmn..

yg pasti sih keteledoran begini jgn keulang lagi, bikin gaduh dan jelek nama maskapai sendiri.

udah kemaren ada kejadian atlet balap nasional kopernya dimaling, wearpak jutaan ilang di bandara..geblek
Diubah oleh dr.anonymous
profile-picture
profile-picture
Kaneshi dan biawak.pink memberi reputasi
2
16-07-2019 14:51
pasal kareeet
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 14:51
Quote:Original Posted By anita.sutanty
Heran sama yg jelek2in reviewer, karyawan Garuda atau apa? Sok bijak harusnya reviewer beginilah begitulah. Dilihat dari foto, ketikan status, (blm lihat YT dia), gk ada sedikitpun jelekin, cuma papar kenyataan begitu kok pada sensi & sok imbang.

Ini lg pihak Garuda denial, pk klarifikasi itu catatan pribadi awak kabin, bukan disebarluaskan, kalau gitu knp dikasih ke penumpang Bang??
Terakhir blunder bikin aturan yg malah kelihatan banget nutupin bobroknya daleman pesawat (hbs masalah viral, denial, trs auto bikin rules aneh). Kalau salah, akui, itu gentle, lebih bijak, & kemungkinan konsumen mengerti. Kalau begini, makin terperosok. Blm waktunya mati, tp dah gali lubang dalem2. Semoga segera berbenah.

Cie cie yg sok bijak

Gk ada kuota buat YT? Nih SSnya aja, tu yg ngomong pramugari, makae dikutip d status reviewer, heran kok pada gk mudeng & suudzon sama si reviewer


Sebenernya tanpa nonton YT juga dari thread ud jelas mana yg salah, mana yg benar, mana yg fakta, mana yg membela diri, YT cuma tambahan buat netizen2 yg suka ngomong 'netizen indo', kyk dirinya bukan netizen Indo wkwk..

Taruh depan Ts, biar tar ana dibilang pansos, wkwk..

Nih yg bijak-bijak pasti ngetawain,

Buah anti kritik management Garuda


Dikit-dikit update status sih, respon setiap orang kan beda-beda, ya harus mau nanggung resikonya apapun itu emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
Kaneshi dan anita.sutanty memberi reputasi
2
16-07-2019 14:53
klo gue boleh bilang, disini GI yg kurang profesional.

Rius sebagai reviewer atau katankanlah konsumen ya berhak dong dapat service yang sewajarnya.
Kalau memang kritik yang diterima ya harusnya GI menerima dengan lapang dada, bukannya malah manggil si reviewer ke polisi.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubik dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Lihat 1 balasan
16-07-2019 14:55
wajar orang membuat instastory di jaman serba digital ini, lagi pula isinya memang g ada menjelekkan siapapun, welcome to wkwk land
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 15:00
Ciyeee yg kerjanya review2 ann di sosmed..

Udah bayar pajak blm? emoticon-Hansip
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 15:00
terlepas dari salah benernya sih reviewer kapal

yang pasti yang sala sebenernya pihak maskapai. Garuda notabene merupakan class high dari penerbangan di indonesia.
namanya high class mustinya gak mungkin sodorin menu pake kertas tulisan tangan. kecuali maskapai abal abal ok la.

seharusnya masukan reviewer disambut positif sebagai bentuk perbaikan untuk maskapai tsb namun apa daya
malah keluarin aturan yang aneh. ibarat buruk rupa cermin dibelah.

Padahal cuma blg menu proses pencetakan dan tidak mungkin terjadi di kemudian hari beres gak ada masalah.

Pamor sebagai maskapai teratas di Indonesia juga tetap dipegang. Namun karena mengeluarkan surat peraturan seperti ini,
agaknya membuat org menjadi bertanya tanya. Bener ga nih no wahid?

Oh well laporan keuangan aja bisa dipoles padahal bentuknya sudah terbuka dengan emiten GIAA

yah begitulah
apapun bisa terjadi di sini

cheers tanggapin gak usah terlalu berlebihan
seharusnya dipakai untuk berkaca dan memperbaiki diri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubik dan 4 lainnya memberi reputasi
5
16-07-2019 15:01
Takut sama netijen power
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 15:01
menu doank jadi masalah sampe keluar larangan trus jadi himbauan??/ ya elah terlampir....ehhh terlalu...
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 15:03
Garuda baru aja mencemarkan nama baiknya sendiri emoticon-Ngakak
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
16-07-2019 15:04
Quote:Original Posted By pekbo
mungkin cara kritik nya yang kurang tepat gan,, harusnya disampaikan langsung ke pihak manajemen, bukan nya diem2 foto eh diposting,, kalo emang niatnya kasi kritik ya,,, tapi kalo emang niatnya cari2 kesalahan dan nge blow up ya jelas pasti akan langsung posting,, apalagi yang bersangkutan kan emang kerjaan nya influencer, dapet duit dari mana klo dia ga posting ya kan,,

Iya ada juga poin kesalahan dari si pembuat konten dimana status dia sebagai influencer dampaknya sesuatu yg dikerjain pasti bisa mempengaruhi org, karena itu tugasnya. Tp ini semua ga bakal jadi urusan gede kalo itu uu ite (dgn pasal karet) nya ada.....

Dgn uu ite itu misal sederhana, klo kita mendokumentasikan kejadian yg tujuannya kasih informasi ke masyarakat luas, bisa2 dituntut pake pasal uu ite (pencemaran nama baik, perekaman ilegal,dsb)

Sekali lagi, klo gak ada uu ite yg masih byk pasal karetnya pasti hal ini gak akan berujung panggilan polisi.

Buat garuda maskapi bumn, masa cemen banget gara2 hal ini jadi buat laporan polisi? Justru ini bakal makin menarik perhatian org banyak.
(Pendapat pribadi)
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
16-07-2019 15:04
nais inpoh gan
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
1
Halaman 7 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.