alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.89 stars - based on 18 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2c35ae9a972e50e962c9b6/benarkah-truk-tni-mengangkut-warga-china-menuju-bandung
Lapor Hansip
15-07-2019 15:13
Benarkah Truk TNI Mengangkut Warga China Menuju Bandung?
Past Hot Thread
Quote:
Dengarkan berita klarifikasi informasi hoaks ini melalui program HansipHoax hanya di KASKUS Podcast!
emoticon-Request


Baru-baru ini ramai diperbincangkan netizen mengenai kabar diangkutnya warga negara China oleh truk TNI menuju ke arah Bandung. Informasi ini dipublikasikan oleh pengguna Facebook bernama Yossie Toha yang mengunggah video berdurasi 55 detik dari dalam mobil saat melintas di salah satu jalan tol.

Dalam postingannya, Yossie Toha juga membuat narasi sebagai berikut:

"Warga China menggunakan truk TNI menuju ke arah Bandung."




Melihat informasi yang tengah menjadi viral di media sosial, lantas bagaimana kebenaran narasi tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Kumparan.com, Hansip Hoax mendapatkan fakta bahwa kendaraan yang berada dalam video yang viral tersebut bukanlah kendaraan operasional TNI. Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi mengatakan bahwa mobil TNI tidak memiliki ciri-ciri seperti yang ada di dalam video.

Sisriadi juga menegaskan kendaraan milik TNI tidak memiliki velg merah seperti mobil yang ada dalam rekaman tersebut. Bahkan, setiap kendaraan TNI diwajibkan memiliki pelat dan terdapat tulisan “satuan” di badan mobil.

“Mobil angkutan TNI harus dilengkapi identitas satuan,” ujar Sisriadi.

Bantahan dari TNI mengenai video yang viral tersebut juga dipublikasikan di kanal media sosial milik Pusat Penerangan TNI di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Dalam bantahannya, TNI menyebut bahwa truk yang berada dalam video merupakan jenis Mitsubishi Colt tahun pembuatan 1995-1998, Truk jenis tersebut sudah tidak dipakai oleh TNI dan sudah dihapus dari daftar inventaris di jajaran TNI baik AD/AL/AU.

Selain itu, TNI juga menyebut bahwa kendaraan TNI bila keluar dari satuan wajib melengkapi semua surat-surat, termasuk plat nomor, SIM, dan STNK sesuai dengan aturan yang berlaku.




KESIMPULAN
Melansir dari Kumparan.com, TNI memastikan video tersebut adalah informasi hoaks. Penyebar dan pengunggah video dapat terancam pidana Undang-undang ITE.


SUMBER
TurnBackHoax.id
Kumparan.com

JADI GAN, INFORMASI YANG VIRAL MENGENAI TRUK TNI YANG MENGANGKUT WARGA CHINA MENUJU ARAH BANDUNG ADALAH INFORMASI HOAKS. KARENA TRUK YANG TERDAPAT DALAM VIDEO TERSEBUT BUKANLAH KENDARAAN OPERASIONAL TNI.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahfudz.umri dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 14
16-07-2019 05:05
Quote:Original Posted By monyong11111
Layak disekolahkan ma TNI biar pinter nih orangemoticon-Takut


iyalah..drpd cm dipenjara,mending langsung sekolah emoticon-Malu
0
16-07-2019 05:25
kasian bet
0
16-07-2019 05:51
biasa nih kerjaanya kaum kaum kambing dan kaum gurun
profile-picture
Nyong60605 memberi reputasi
1
16-07-2019 05:53
laporkan penyebar hoax. jangan kasih kendor. bahaya kalo dibiarkan bisa menyebabkan kekisruhan dan kesalahan informasi di masyarakat.
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1
16-07-2019 05:53
Namanya Juga Bangsa Gurun
Quote:Original Posted By andhikajj
apa apa cina apa apa cina...
*pic taken by xiaomi redmi note 7*

bgst rejim cina...
*via WhatsApp for Huawei*
0
16-07-2019 06:07
Diubah oleh pygmalion
0
16-07-2019 06:11
Nggak mau komentar soal sisi politisnya sih kalo ane, cuma harusnya udah bisa paham sih, truk kayak gitu kan yang pake bukan cuma TNI, bahkan truk TNI aja juga bisa dipinjem sama instansi yang membutuhkan. Apalagi ini bukan TNI, yasudahlah udah pasti bukan oknum TNI
0
16-07-2019 06:32
Lha harusnya yg counter berita beginian Pak polisi... kenapa mobil tanpa plat bisa beroperasi di jalan raya bukannya malah nangkep yg nyebar hoaks.
Ayo Pak polisi selidiki trus kasih penjelasan ke masyarakat n akhir berita penyebar hoaks ditangkap. Itu baru fair....
0
16-07-2019 06:39
Penyamaran gan, pake seragam itu juga biar dikira TNI beneran, jadi di indo emang bener udah disebar warga 2 dari daratan Sono
0
16-07-2019 06:44
Hoax mengenai mobil tni, tp mengenai itu tiongkok2 illegal piye? Hoax jg gak? Ga ada yg mau ngaku di dalem ntu truk
0
Lapor Hansip
16-07-2019 06:45
Balasan post atmajazone
eh antonyus bencong ga punya otak nongol
ya diburu lah si pembuat video karena narasinya hoax dan berlebihan. emang kenapa dengan cina? segitu takutnya arap padang pasir ama cina?
0
16-07-2019 06:55
gak sekalian mampir ke kampus maranatha trus rekam bikin narasi baru??
0
16-07-2019 07:24
Mewek lagi deh klo ketangkep
0
16-07-2019 07:29
gak hoax gak makan, kaum radikal emoticon-Belgia
0
16-07-2019 07:44
kalo gasalah itu bukan ngangkut WN China, tapi mahasiswa Univ. Atmajaya
0
16-07-2019 08:07
pelakunya pasti kubu sono lah
emoticon-Lempar Bata
0
16-07-2019 08:15
makan nggak makan asal ngehoax
0
16-07-2019 08:24
Klarifikasinya blm cukup mnurut ane gan,
ga cukup cuma nanya TNI sama Polri,
Mesti ada penjelasan "Itu mobil siapa, dan mereka siapa".
Kan mencari kebenaran jangan setengah2 emoticon-I Love Indonesia
0
Lapor Hansip
16-07-2019 08:32
Balasan post antonyus578
@indomerahputih Wkwkw nih orang harus diakui masih berani nongol . Kgk macam crot series,uduy dah pada di goa semua. Tapi tetap aja bocah kgk bertongkol kwkwkw.
0
Lapor Hansip
16-07-2019 08:39
Balasan post antonyus578
kalo sekedar upload viddeo doang sih gak masalah. tapi ini pake narasi hoax khas kampret, gak ada kapoknya. harus diberangus
emoticon-Cool
0
Halaman 12 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.