alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.89 stars - based on 19 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2b5cada2d195735a01eb59/hidangan-satu-ini-dipercaya-dapat-mengusir-roh-jahat-benarkah
Lapor Hansip
14-07-2019 23:47
Hidangan Satu Ini Dipercaya Dapat Mengusir Roh Jahat, Benarkah?
Past Hot Thread
Bakcang / Ba-Chang / Ma-Chang / Chinese Tamales / Zongzi / 粽子
Hidangan Satu Ini Dipercaya Dapat Mengusir Roh Jahat, Benarkah?

Dok.pri


بِسْمِ اللهِ الرحْمَنِ الرحِيم


السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Makanan satu ini adalah hidangan nasi tradisional Tiongkok yang terbuat dari beras atau beras ketan yang diisi dengan berbagai isian, tergantung selera dan dibungkus dengan daun bambu, daun pisang, kadang-kadang dengan daun buluh juga, bahkan daun jagung lho..

Cara memasaknya dengan dikukus atau direbus.

Bakcang
Bachang

Dok.pri

Di dunia bagian Barat, makanan ini juga dikenal sebagai Hallacas China / Tamales China, kue beras atau kue beras ketan.

Bentuk, isi dan ukuran pun bervariasi. Beberapa waktu lalu saat musim Ba-Chang, hidangan ini bisa ditemukan dipedagang-pedagang keliling. Daun pembungkusnya pun bermacam-macam.

Hidangan Satu Ini Dipercaya Dapat Mengusir Roh Jahat, Benarkah?
Dok.pri


Ba-Chang diatas ini memakai daun bambu, untuk rasa nggak bisa di jelaskan dengan kata-kata, antara yg berbungkus daun bambu atau yang berbungkus daun pisang, yang jelas punya rasa khas tersendiri.

Hidangan Satu Ini Dipercaya Dapat Mengusir Roh Jahat, Benarkah?
Dok.pri

Menurut sebagian orang rasanya lebih gurih bila menggunakan daun pisang, entah apa karena sudah terbiasa ya?

Nah, Ba-Chang yang pakai daun bambu ini teksturenya lebih kering. Isiannya ada tempe dan ayam cincang, berserat.
Hidangan Satu Ini Dipercaya Dapat Mengusir Roh Jahat, Benarkah?
Dok.pri


Nah, Sahabat Kaskuser, kita bisa membedakan isi dari Ba-Chang dengan talinya, ya. Tanyakan kepedagang tentang isian-isian yang ada, bila sahabat adalah Muslim seharusnya dihindari bila penjual bilang ada pilihan isian daging babi. Karena bisa jadi merebusnya barengan jadi satu, sebagai informasi, memasak Ba-Chang dengan cara merebus itu membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Qu Yuan
Hidangan Satu Ini Dipercaya Dapat Mengusir Roh Jahat, Benarkah?


Konon menurut sejarah China, seperti banyak makanan tradisional Tiongkok lainnya, Ba-Chang ini diciptakan untuk menghormati penyair perintis terkenal dan terhormat dalam sejarah Tiongkok kuno - Qu Yuan (340-278 SM).

Secara tradisional, tradisi ini diadakan pada hari kelima bulan kelima pada kalender lunar, yang sekarang dikenal dengan Festival Perahu Naga / Dragon Boat Festival, untuk memperingati sejarah hidup dan mati Qu Yuan.

Qu Yuan, yang saat itu adalah menteri negara bagian asalnya, menganjurkan reformasi ke negara bagian Chu, yang membuat marah Raja.

Raja terus menolak untuk mendengarkan saran Qu Yuan dan malah membuangnya dari negara Chu.

Di pengasingan, Qu Yuan menulis puisi yang mengungkapkan keprihatinannya terhadap negara dan rakyatnya. Pada 278 SM, ketika Qu Yuan mendengar bahwa rumahnya telah diserang dan hancur, dia melakukan bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya di Sungai Mi Lo yang terkenal.

Orang-orang Chu yang menyayanginya pun bergegas ke sungai untuk menyelamatkan menteri tercinta mereka.

Namun naas, mereka terlambat untuk menyelamatkan Qu Yuan. Dengan kemarahan yang memuncak, mereka melemparkan nasi kukus yang dibungkus dengan daun bambu / buluh ke sungai sebagai pengorbanan bagi rohnya dan untuk menjaga ikan agar tidak memakan tubuh Qu Yuan.

Sejak saat itu lebih dari 2000 tahun yang lalu, sudah lazim selama festival kue untuk menikmati kue beras sebagai peringatan bagi penyair patriotik ini.

Hingga hari ini, pecinta kuliner yang mencoba Ba-Chang sangat terkesan dengan kelezatan camilan tersebut, dengan aroma samar daun yang tercetak di kulit kue tersebut.

Faktanya, hidangan tersebut, sekarang bisa dikonsumsi sepanjang tahun oleh siapa saja.

referensi disini

Ba-Chang by yukinura
Hidangan Satu Ini Dipercaya Dapat Mengusir Roh Jahat, Benarkah?
Dok.pri


Saya mencoba untuk membuat Ba-Chang ala kadarnya, isian daging sapi cincang bumbu semur.

Cara membungkusnya sedikit ribet, maklum saya baru belajar. Dengan menggunakan cara yang bertebaran di Mbah Google, cara ini yang paling mudah.
Hidangan Satu Ini Dipercaya Dapat Mengusir Roh Jahat, Benarkah?



Alright, apakah Agan / Sista disini sudah mencipipi hidangan tersebut diatas? Silahkan berbagi cerita disini.

Terimakasih untuk hadir, cendol, rate dan juga komentar di trit ini.

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

 وَ السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Hidangan Satu Ini Dipercaya Dapat Mengusir Roh Jahat, Benarkah?

GIF

Special pictures by @yukinura & Denbaguse.
Diubah oleh yukinura
profile-picture
profile-picture
profile-picture
8319801 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 13
16-07-2019 07:04
Dih ada kek gitu... Tinggal bawa begituan jamin kunti pocong and the gang ga akan dateng?
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
16-07-2019 07:10
apalagi isian daging babik, lebih sedap lagi.

memang daging babik itu daging yang paling enak.
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
16-07-2019 07:30
Ane di benci setan dong, udah sering makan bacang isinya babi pula emoticon-Leh Uga
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
16-07-2019 07:34
kayak lemper kalo di jawa
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
16-07-2019 07:37
dulu, di bandung banyak banget yang jualan bacang, sekarang kok jadi jarnag ya
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
16-07-2019 07:56
jadi pen makan bak cang aye Akak ...
rasanya sama kaya lemper kaga?
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
16-07-2019 08:01
klo bosan makan nasi bisa jadi alternatif nih
profile-picture
profile-picture
yukinura dan mudfine memberi reputasi
2
16-07-2019 08:01
jadi pengen nyoba nih
profile-picture
profile-picture
yukinura dan mudfine memberi reputasi
2
16-07-2019 08:06
judulnya apa isinya apa hmmmmmmm
profile-picture
profile-picture
yukinura dan mudfine memberi reputasi
2
16-07-2019 08:07
mengusir roh jahat yg bernama "lapar"
profile-picture
profile-picture
yukinura dan mudfine memberi reputasi
2
16-07-2019 08:12
Kalau di tempat Ane namanya Arem-arem dahhemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukinura dan 2 lainnya memberi reputasi
3
16-07-2019 08:30
Baru tau, padahal ane seneng bgt ama bacang isi ayam.. abis arem2, buras, ud mindstream😌
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
16-07-2019 08:38
Semuanya juga bisa gan kalo kita berdoa
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
16-07-2019 08:41
Yg ane rasain,
Kalau di bungkus daun bambu entah kenapa rasanya agak sedikit hambar (lebih terasa kental berasnya).
Sedangkan kalau dibungkus pake daun pisang, rasa kental berasnya hilang..jadi lebih berasa kental isinya..

Mungkin juga itu cm sugesti ane sih emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Btw id yukinura itu terinspirasi dari tokoh yukimura bukan? emoticon-Bingung (S)


emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) ****terima cendol**** emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh kangrusuh
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
16-07-2019 08:43
ternyata ada sejarahnya yah, dulu pas jaman sekolah, sering dibekali bacang sama emak ane emoticon-Big Grin
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
16-07-2019 08:51
Quote:Original Posted By kangrusuh
Yg ane rasain,
Kalau di bungkus daun bambu entah kenapa rasanya agak sedikit hambar (lebih terasa kental berasnya).
Sedangkan kalau dibungkus pake daun pisang, rasa kental berasnya hilang..jadi lebih berasa kental isinya..

Mungkin juga itu cm sugesti ane sih emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Btw id yukinura itu terinspirasi dari tokoh yukimura bukan? emoticon-Bingung (S)


emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) ****terima cendol**** emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)


Terimakasih untuk testinya ya Kang.

Aidi ini sesuai dengan namaku Bang.

Yuki Nur A

Yuki yang artinya Happiness atau Kebahagiaan

Nur yg berati Cahaya nama panggilan saat setelah berhijrah.

A ini sebuah singkatan dari nama lanjutanku... Mau tahu apa?

Jangan...!! Karena baku tidak akan jawab. emoticon-Big Grin
0
16-07-2019 08:52
Quote:Original Posted By evywahyuni
Mejeng dulu biar dapet bakcang isi ayam, cocok buat sarapan. Mumpung pagi2 dah ke kantor, belum sempat nyarapemoticon-Toast


Iyah nij.. enak buat sarapanemoticon-Cendol Gan
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
16-07-2019 08:57


Quote:Original Posted By yukinura
Terimakasih untuk testinya ya Kang.

Aidi ini sesuai dengan namaku Bang.

Yuki Nur A

Yuki yang artinya Happiness atau Kebahagiaan

Nur yg berati Cahaya nama panggilan saat setelah berhijrah.

A ini sebuah singkatan dari nama lanjutanku... Mau tahu apa?

Jangan...!! Karena baku tidak akan jawab. emoticon-Big Grin


Oalahhh kirain dr tokoh jepang.

A ya? diujungnya akhiran i atau a?

emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
yukinura dan kakekane.cell memberi reputasi
2
Halaman 9 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.