sriamaliaAvatar border
TS
sriamalia
Mantul! Kerjasama Indonesia-Jepang Perkuat Pertahanan Nasional


Negeri Sakura Jepang mungkin dikenal karena sejarah Perang Dunia ke-2. Tepatnya saat Amerika Serikat meluncurkan bom atom di Hirosima dan Nagasaki. Jepang pada saat itu angkat tangan dan menyatakan menyerah.

Tapi bagaimana dengan militer Jepang saat ini? Kita tau Jepang salah satu negara yang cukup berpengaruh, baik dalam politik, ekonomi maupun pertahanan nasional mereka.

Indonesia. Merasa perlu menjadi mitra yang baik dengan negara Sakura ini. Hal itu kemudian diwujudkan dalam perjanjian kerjasama pertukaran perwira antar Indonesia dan Jepang.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kementerian Pertahanan (Kemhan). Mengirimkan 2 Perwira TNI terbaiknya untuk menjalani studi di Tokyo, Jepang.



Baik Indonesia maupun Jepang. Pertukaran perwira dalam menjalani studi selama satu tahun itu, dinilai sebagai salah satu cara memperkuat kerjasama Pertahanan antar kedua negara.

Tidak hanya itu. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menilai. Kerjasama itu juga meningkatkan pemahaman mengenai keselamatan dan kebebasan navigasi, aturan hukum, serta Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS).

Semua peraturan yang mengikat itu. Sangat dijunjung baik oleh Indonesia maupun Jepang. Sehingga, kerjasama ini tidak hanya saling memperkuat posisi pertahanan. Tetapi juga menjalin persaudaraan yang baik untuk kepentingan lainnya.

Diantara komitmen kerjasama di bidang pendidikan. Indonesia dan Jepang juga telah sejak lama menjalin kerjasama melalui latihan bersama pasukan perwira dan kapal-kapal perang kedua negara. Oleh karena itu, diharapkan kerjasama ini terus ditingkatkan agar semakin memperkuat posisi pertahanan nasional.

Komitmen TNI dan Kemhan memang memprioritaskan setiap perwira melatih dan mengasah diri secara massif. Tujuan ini tidak lain sebagai bekal masa depan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan  Indonesia. 



Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4620...studi-di-tokyo
0
1.9K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.