iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tips Bagus Sebelum Jadi Seorang Freelancer Sukses (Ala Iskrim)


[ HT# 512 ]

Menjadi seorang freelancer bagi sebagian orang menjadi pilihan profesi bahkan menjadi pilihan hidupnya untuk 'mengais' rejeki lewat gaya dan pola hidupnya masing-masing. Ya, memang tidak semua orang berbakat menjadi seorang freelancer karena itulah di butuhkan latihan dan pengetahuan yang cukup untuk berani dan bisa memulainya.

Seperti halnya membangun sebuah usaha, menjadi freelancer itu sesungguhnya ngeri-ngeri sedap juga, jujur saja karena saya pribadi awalnya juga ada kengerian yang sepertinya tak berujung, itu karena awalnya saya seperti mencoba tapi tanpa memiliki ilmu, seperti halnya berjalan di kegelapan tanpa ada sebuah penerangan satupun, namun seiring berjalannya waktu saya mulai bisa meraba, menemukan jalan, dan membangun benteng kepercayaan diri sendiri dan memiliki pelanggan untuk membesarkan usaha saya.




entrepreneur dot com

Tulisan saya kali ini mungkin bukan suatu hal yang luar biasa bagi mereka yang sebelumnya sudah memiliki bekal yang amat cukup untuk usaha sendiri, terutama mereka yang bermodalkan kuat dan relasi yang sudah banyak.

Tapi disisi lain ada saatnya saya harus berbagi pengalaman buat teman-teman semua disini yang barangkali sudah berniat, membulatkan tekat untuk membangun usaha sendiri menjadi seorang freelancer. Harga mati.

Pada umumnya mereka yang ingin menjadi seorang freelancer awalnya adalah seorang pegawai atau karyawan yang ingin lepas dari situasi dan kekakuan birokrasi yang mereka temukan di sebuah kantor atau apapun itu namanya.

Menjadi seorang freelancer tahap awal memang rentan sekali dengan persoalan keuangan, karena biasanya menerima gaji bulanan secara teratur kini untuk mendapatkan uang harus berjuang dulu sendiri. Istilahnya kalau tidak 'berburu' maka kita tidak akan mendapatkan buruan yang kita inginkan. Menjadi seorang freelancer adalah merangkap seorang office boy, security, karyawan, marketing, hrd, menjadi manajer sekaligus menjadi atasan bagi dirinya sendiri. Waktu, keputusan, dan kesempatan semua ada di tangan seorang freelancer. Ya, kamu!

Ketika satu project telah di pegang dan pekerjaaan bisa selesai sesuai target dan memuaskan klien itu artinya akan ada harapan bagus dengan masa depan usaha yang di geluiti oleh seorang freelancer tadi. Jadi demi hidupnya nadi sebuah usaha sebagai freelancer prinsip profesionalitas, integritas dan kepercayaan adalah mutlak, tidak bisa di tawar lagi.

Nah, supaya tidak panjang kali lebar lagi berikut tips bagus yang bisa teman jadikan pegangan sebelum melangkah menjadi seorang freelancer handal ber-klien besar dan loyal.

1. Persiapkan Keuanganmu


Sebelum memutuskan untuk keluar dari pekerjaan saat ini maka milikilah keuangan yang lebih dari cukup. Artinya ketahui kekuatan modal usaha awal yang ingin di bangun nanti, lalu kalikan tiga lipatnya. Tujuannya adalah untuk mencegah krisis keuangan sebelum usaha itu tegak berdiri dan stabil. Modal sebenarnya tidak harus berupa uang, modal kepercayaan, skill atau tenaga pun bisa saja menjadi modal, namun dengan memiliki uang semuanya akan berjalan dengan lebih baik.

Mulailah menabung dari sekarang, sisihkan uang beberapa bulan kedepan sebelum kamu akan resign, simpan baik-baik dan jangan sampai di otak-atik untuk hal lain.


2. Fokus dan matangkan usahamu

Ya, sebelum resign lakukanlah perjalanan pendalaman profesi sebagai freelance pemula, tingkatkan skill lebih tinggi lagi dari yang kamu miliki sekarang ini, perbanyaklah teman dan carilah informasi serta kumpulkanlah calon-calon klien yang nantinya bisa di prospek ke depan.

Pahami betul-betul seluk-beluk jenis usahamu nanti, kekurangan dan kelebihannya juga harus kamu buat dalam bentuk check list, siapa kompetitormu dan apa kelebihannya, pelajari juga ilmu keuangan, dan pembukuan keuangan. Untungnya menjadi seorang freelancer kamu tak perlu mutlak memiliki kantor fisik secara utuh apalagi di zaman seperti ini. Tinggal beriklan di iklan lowongan kerjasama maka pekerjaan bisa dilakukan secara remoting dan memiliki waktu yang lebih fleksibel.



3. Buatlah rincian keuanganmu


Yang sering membuat sebuah usaha 'mati muda' adalah karena mudah goyah, lekas puas jadinya cepat bangkrut, sebabnya karena pembukuan arus kas keluar-masuk yang tidak jelas. Uang modal bercampur dengan kebutuhan lain ini akan mengacaukan kesehatan keuangan usahamu.

Maka buatlah rincian keuangan usahamu serapih, sebaik dan sedetail mungkin. Buatlah rincian penghasilan dan pengeluaran, jangan sentuh perputaran uang modal walau sedikitpun-dengan alasan apapun, bahkan jika bisa segera lipat gandakan nilai modal usahamu itu supaya kamu bisa memiliki fasilitas kerja atau barang dagangan yang lebih lengkap.


4. Targetkan klien pertamamu!

Ya, ketika di hari pertama kamu telah memutuskan untuk menjadi seorang freelancer itu artinya kamu telah putus hubungan dengan rutinitas dan pekerjaan stabil yang menggajimu saat ini.

Maka supaya tidak ada kekosongan jalinlah komunikasi dan hubungan yang kian erat dan menguntungkan kepada calon klienmu. Jadi begitu 'pita peresmian' sudah kamu gunting maka kamu seharusnya sudah menggandeng dan memiliki klien yang langsung bisa kamu dapatkan sebagai 'pecah telor' atau pekerjaan pertama kali, dan harus berjalan seperti biasanya dengan suasana baru yang lebih menyegarkan.


5. Carilah orang yang tepat

Ya, memang tidak ada manusia yang sempurna, tidak semua profesi menguasai segala bidang, terutama soal keuangan sebuah usaha. Sekali lagi saya menekankan disini perihal arus kas keuangan memang paling riskan disini, maka sebelum semuanya jadi kacau dan mimpimu menjadi sia-sia maka carilah orang yang bisa di percaya dan menguasai ilmu akutansi untuk mengurus 'nyawa' arus keuanganmu.

Tapi apabila mencari seorang akuntan di rasa berat kamu bisa mencoba meminta tolong keluarga terdekat untuk membantu yang mengerti perihal ini, atau cobalah menjadi seorang akuntan pribadi bagi diri sendiri.

Sederhananya adalah: Siapkan buku catatan; temukan nilai modal awal usahamu yang tidak boleh di otak-atik sama sekali dan uang modal ini nilainya minimal harus 'tetap' tapi bila ada peningkatan ke depan itu artinya akan ada harapan usahamu akan semakin berkembang.

Tentukan dasar biaya pengeluaran bulanan mencakup listrik-biaya konsumsi-bensin-internet disini setelah usahamu nanti berjalan uang yang kamu targetkan tidak boleh lebih dari yang sudah kamu tentukan. Total penghasilan sebulan setelah di potong modal tetap dan biaya pengeluaran bulanan memiliki kelebihan dana maka sisihkan sebagai simpanan uang 'lebih' dimana nanti kamu tinggal bagi sebagai pos keuntungan (gajimu), pos biaya tak terduga, dan pos extra.

Pos extra tidak mutlak sifatnya meskipun dana pemasukan benar-benar sudah melebihi ketentuan dari nilai pos-pos keuangan sebelumnya. Pos extra sendiri buat saya adalah semacam uang untuk bersenang-senang, misalkan sebulan saya targetkan lima puluh lima ribu saja untuk sekedar makan dan minum kesukaan saya.


6. Promosikan dirimu!

Sekarang zamannya sosial media dan videotainment (youtube), jadi terbilang mudah untuk mempromosikan dirisendiri ke dunia bisnis.

Buatlah akun di tempat yang strategis dan tepat sasaran, promosikan diri dan jika perlu beriklanlah disana untuk menjaring klien lebih luas lagi. Buatlah portfolio secara profesional ini akan membangun branding diri agar terlihat positif dan bernilai dimata klien.


7. Siapkan mental dan amunisimu

Nah, ketika di hari 'H' sudah akan tiba maka langkah awal yang harus dilakukan adalah memulai dengan berdoa karena dengan tetap terhubung hablumminnanas dan hablumminallah semoga aral rintangan jadi lebih mudah di lewati. Tetaplah untuk selalu fokus pada targetmu, ubahlah pula pola fikir dengan mindset menjadi orang yang sukses. Kerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh, buktikan kamu memiliki skill diatas rata-rata, mudah beradaptasi dimanapun, mudah di hubungi kapanpun, dan selalu profesional.

Di dunia freelancer kamu akan 'berjuang sendiri' maka ingatlah sebuah usaha suatu saat pasti akan menemukan tantangan dan hambatan, maka bersiaplah selalu untuk tetap waspada dan sabar dalam menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawabmu nanti.

"Setiap ada tantangan akan ada hal yang lebih baik akan kamu dapatkan nanti di depannya",

"Setiap penolakan datang maka sesungguhnya rejekimu sudah semakin dekat akan kamu terima".


Akhir kata saya ucapkan semoga kita semua sukses dan lancar selalu, gan! AAMIIN.



MAMPIR DI THREAD ANE YANG LAIN DI MARI GAN



Orang Kantor Boleh Berbangga, Orang Usaha Boleh Berbahagia

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...4f9f8e768b4568










Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini | Sotoshop : iskrim 




Diubah oleh iskrim 16-07-2019 14:20
swiitdebby
profesor.id
ediptyaa
ediptyaa dan 20 lainnya memberi reputasi
21
8.6K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.