• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cari Aman hingga Kehangatan, Alasan Kucing Suka Ngumpet dalam Kardus

romeorabunAvatar border
TS
romeorabun
Cari Aman hingga Kehangatan, Alasan Kucing Suka Ngumpet dalam Kardus



Kotak atau kardus yang nggak sengaja kamu telantarkan di teras rumah atau di sekitar tempat kos kamu akan jadi benda yang nggak dipedulikan sama sekali oleh masyarakat sekitar. Setidaknya sampai tukang sampah menemukannya. Tapi kalau seekor kucing kampung yang memang daerah kekuasaannya di sekitar tempat tinggal kamu, atau kucing peliharaan kamu deh misalnya; melihat kardus ini, bisa jadi itu akan jadi "markas" dadakannya.

Kucing memang suka banget masuk ke dalam kotak atau kardus. Walaupun kamu nggak berniat buat menempatkan mereka di dalam kotak, kalau mereka sudah melihatnya mereka pasti akan melompat ke sana cepat atau lambat. Hal ini ternyata bisa dijelaskan secara teori oleh dokter hewan dan para ahli kucing.

Ada dua alasan utama kenapa kucing suma bersembunyi di dalam kotak. Dikutip dari Reader's Digest, ini dia alasan utamanya:

Kucing suka kondisi yang aman



Memang ada banyak teori kenapa kucing suka banget sama kardus/kotak, tapi menurut Mark D. Freeman, seorang Doctor of Veterinary Medicine, menyebutkan alasan utama atas perilaku kucing tersebut (dan ini adalah salah satu alasan yan sudah diterima oleh orang banyak) adalah masalah keamanan. Kucing secara alamiah merupakan hewan yang penuh rahasia, misterius, dan suka bersembunyi. Dalam artian mereka lebih menyukai sembunyi di tempat yang aman di mana mereka bisa nyaman untuk memperhatikan dunia di sekitar mereka.

Secara alamiah juga kucing adalah mangsa dan pemangsa. Jadi mereka pun butuh sebuah tempat khusus, tempat yang nyaman dan aman buat mereka mengintai mangsa sekaligus mengamankan diri dari predator. Nah, kotak-kotak seperti kardus dinilai ideal buat mereka. Sebenarnya nggak melulu kardus sih, tempat apapun yang kecil, dengan ruang yang terbatas, dan yang mereka anggap aman bisa jadi "markas" mereka.



Kucing suka kondisi yang hangat

Alasan kedua kenapa kucing suka berdiam diri di dalam kotak adalah karena kotak dan kardus memberikan mereka kenyamanan secara fisik. Hal ini dijelaskan oleh Daniel Rotman, CEO dari PrettyLitter, sebuah perusahaan pasir khusus kucing. Menurut Daniel, kotak-kotak atau kardus tersebut bisa mengurangi stres yang dirasakan oleh seekor kucing dan membantu mereka mengatur suhu tubuh.

Suhu tubuh normal seekor kucing berkisar antara 29,4 derajat Celcius. Tempat-tempat semppit dan tertutup seperti kardus bisa memberikan mereka kehangatan yang mereka butuhkan. Seolah-olah mereka sedang berada di antara kumpulan kucing lain.

Pendapat lain diutarakan oleh Emily Parker, seorang ahli kucing dari Catological. Menurutnya, kucing-kucing yang suka berdiam diri di kardus adalah kucing-kucing yang punya bulu pendek dan kurus. Sementara kucing dengan bulu panjang justru lebih suka di lokasi yang agak dingin.

Kucing suka tekstur kardus



Selain memberi keamanan, kenyamanan, dan kehangatan, kucing juga ternyata menyukai tekstur dari kardus. Karena kita tentu saja terkadang melihat mereka menggaruk-garuk kardus sampai menggigit-gigitnya. Kondisi ini juga membuat si kucing mempunyai sumber hiburan yang menyenangkan, menurut Mark D. Freeman. Sejatinya, kardus adalah sumber kebahagiaan buat para kucing karena termasuk aman untuk digigit-gigit dan digaruk-garuk.

Membebaskan kucing bermain dengan kardus mereka bisa membantu kucing untuk mengurangi perasaan cemas yang mungkin mereka rasakan. Ketika seekor kucing merasa lelah, kardus atau kotak-kotak sempit ini memberikan mereka ruang untuk mengembalikan tenaga yang hilang untuk nantinya bermain lagi. Jadi kardus ini semacam ruang buat si kucing untuk bermeditasi.

Kucing yang baru diadopsi sebaiknya diletakkan dalam kardus



Daniel Rotman menyebutkan bahwa kucing yang baru diadopsi biasanya akan merasa tertekan karena lingkungan baru. Disarankan oleh Daniel untuk menyediakan kotak untuk memberikan mereka ruang pribadi sampai mereka siap beradaptasi dengan tempat baru. Mereka akan suka ditempatkan di dalam kardus.

Yang paling penting, hilangkan benda-benda yang mungkin berbahaya untuk si kucing dari kardus tersebut. Seperti staples atau bagian-bagian yang tajam. Jadi sebelum "melempar" kardus buat mereka, pastikan kardus tersebut aman dari benda-benda berbahaya.
boingboing99
b4perman
iamnoone
iamnoone dan 26 lainnya memberi reputasi
27
14.9K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.