alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d27e29e349d0f633667c79c/masjid-futuristik-ini-berada-di-kota-sydney-lho
Lapor Hansip
12-07-2019 08:30

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

Past Hot Thread
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!


                Saat ini, masjid sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari umat Islam dimana keberadaannya dapat kita temui hampir di setiap penjuru dunia. Terlebih lagi, desain arsitektur masjid terus mengalami transformasi seiring dengan berkembangnya ilmu arsitektur. Mungkin teringat dengan masjid atau surau yang berada di dekat tempat tinggal yang kebanyakan masih didominasi dengan kubah maupun atap limas tingkat 3 atau 5. Namun, masjid yang berada di wilayah pinggiran Kota Sydney bernama Punchbowl ini menjadi karya arsitektur masjid futuristik untuk saat ini.
Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

                Masjid yang mulai dibangun oleh Candalepas Associates pada tahun 2017 ini memiliki luas 549 meter persegi yang menjadi rumah bagi komunitas muslim setempat dan menyediakan tempat ibadah sekaligus pusat pengajaran agama Islam. Pembangunan masjid ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap 1 merupakan konstruksi masjid yang mana dapat menampung hingga 300 jamaah. Sedangkan tahap 2 merupakan gedung untuk komunitas muslim.
Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

                Bangunan-bangunan tersebut diatur pada daerah segi empat yang sebagian terbuka ke satu sisi, untuk memberikan privasi pada siswa dan anggota masyarakat. Konfigurasi ini menciptakan dua halaman yang berdampingan tetapi terpisah. 

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

                Dari dua halaman tersebut, halaman pertama dapat langsung diakses dari jalan dan berbatasan dengan masjid. Halaman ini berguna bagi jamaah yang hendak keluar masuk masjid. Sedangkan halaman kedua ukurannya lebih besar namun lebih privat yang terpisah dari halaman pertama.

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!


                Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!


               Pada halaman kedua masjid, terdapat gedung administrasi dan ruang kelas komunitas muslim. Halaman kedua ini digunakan untuk mengadakan festival dan acara keagamaan. Desain ini menciptakan fleksibilitas sedemikian rupa sehingga hubungan fisik antar halaman dapat diperlebar, serta memungkinkan seluruh bangunan dapat digunakan untuk pengajaran agama dan kegiatan komunitas lainnya di luar jam sekolah. 

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

                Salah satu yang paling mencolok dari masjid ini adalah estetika desain yang ada dari luar hingga ke dalamnya. Dari luar dapat terlihat masjid ini memiliki tata letak memanjang ke kanan, yang langsung memiliki dua area berbeda yaitu ruang khusus pria dan wanita disesuaikan dengan pendekatan tradisional yaitu daerah pria yang berada di ruang tengah untuk beribadah. Sedangkan pada bagian dalam masjid terlihat adanya gaya desain futuristik dengan ornamen beton “muqarnas” yang memiliki lubang berdiameter 30 mm untuk atap ruang beribadah yang ditata seperti sebuah lingkaran guna menerangi ruangan saat salat zuhur dan asar. 




Masjidnya sudah bagus dan pastinya bikin betah kalau hendak salat di masjid, apalagi kalau dekat dengan rumah. Jadi, buat apa menunggu tua hanya untuk shalat tepat waktu berjamaah di masjid? Semoga dapat menjadi motivasi bagi siapa pun yang membacanya. Wassalam.


Sumber : Archdaily dan Whiteboard Journal
Diubah oleh chikiboys
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
12-07-2019 09:41
Keren abis emoticon-Matabelo
profile-picture
chikiboys memberi reputasi
1 0
1
12-07-2019 09:45
Dari luar dapat terlihat masjid ini memiliki tata letak memanjang ke kanan, yang langsung memiliki dua area berbeda yaitu ruang khusus pria dan wanita disesuaikan dengan pendekatan tradisional yaitu daerah pria yang berada di ruang tengah untuk beribadah.

nah ini keren abis..
profile-picture
chikiboys memberi reputasi
1 0
1
12-07-2019 10:33
Suka banget ih



emoticon-Wowcantik
profile-picture
chikiboys memberi reputasi
1 0
1
12-07-2019 11:18
Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!
0 0
0
12-07-2019 11:38
Kereeeen 😯
0 0
0
12-07-2019 12:58
Arsiteknya keren banget sih habis ibadah bisa foto foto... Yang penting ga mengganggu orang beribadah aja kalau lagi foto foto
profile-picture
profile-picture
citrachoirunisa dan chikiboys memberi reputasi
2 0
2
12-07-2019 16:11
udh dapet persetujuan warga setempat blom..?? emoticon-Big Grin
profile-picture
LeMoed memberi reputasi
1 0
1
12-07-2019 16:14
njir ga ada timur-tengah2nya sama sekali
0 0
0
12-07-2019 16:28
bagus bangeeeeeeet! kayak ada vibes industrial gitu, dan spacenya dibikin lebar jadi pasti berasa banget ademnya dan luasnya padahal mungkin luas tanah aslinya nggak seberapa. kayaknya orang kalo di mesjid itu fokus ibadahnya jadi agak kegeser deh jadi fokus buat foto2, asal jangan sampe jd disalah gunakan aja tuh mesjidnya jadi konten
0 0
0
12-07-2019 16:45
ini masjid wow...keren arsitekturnya, mampir ah kapan2 kalo ke Ausie emoticon-Toast emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
12-07-2019 21:32
Balasan post rutheme
ajak-ajak ane ya gan emoticon-Big Grin
0 0
0
12-07-2019 22:21
keren bangeeeettt ane suka desainnya emoticon-Matabelo

biasanya tempat ibadah yang didesain moderen gini akan banyak menarik minat orang untuk datang, semoga dengan desain kayak gini jadi makin banyak orang yang rajin ibadah di mesjid ini ya gan, apalagi anak muda soalnya desainnya kekinian banget emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
chikiboys dan dhikapradana memberi reputasi
2 0
2
12-07-2019 22:46

Quote:Original Posted By shoyusushi
keren bangeeeettt ane suka desainnya emoticon-Matabelo

biasanya tempat ibadah yang didesain moderen gini akan banyak menarik minat orang untuk datang, semoga dengan desain kayak gini jadi makin banyak orang yang rajin ibadah di mesjid ini ya gan, apalagi anak muda soalnya desainnya kekinian banget emoticon-Big Kiss

Bener banget gan... Sekalian foto ala ala juga ya gan...
Indo perlu banget nih banyak banyak masjid model gini ya gan
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
1 0
1
13-07-2019 02:30
Quote:Original Posted By chikiboys
ajak-ajak ane ya gan emoticon-Big Grin


Bolehlah gan emoticon-Toast emoticon-Traveller
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
13-07-2019 10:58
MasyaAllah.. Bagus banget nih gan, coba ada di Indonesia ya. Semoga bisa makin menambah kekhusyu an kita dalam beribadah kepada Allah S.W.T
0 0
0
13-07-2019 13:16
beda banget di indo, lebih mengutamakan yang penting untuk tempat ibadah. tapi balik lg dr pro dan kontra gan, mungkin emang kalo diluar kalo kerja ngga setengah2 dan bugdetnya juga banyak
0 0
0
13-07-2019 18:30
sukaaak bangeett sama designnya! bisa buat foto2 yang instagramable.. tapi inget lhoo jangan sampe ganggu orang yang lagi ibadah
profile-picture
chikiboys memberi reputasi
1 0
1
13-07-2019 19:39
Quote:Original Posted By chikiboys
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!


                Saat ini, masjid sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari umat Islam dimana keberadaannya dapat kita temui hampir di setiap penjuru dunia. Terlebih lagi, desain arsitektur masjid terus mengalami transformasi seiring dengan berkembangnya ilmu arsitektur. Mungkin teringat dengan masjid atau surau yang berada di dekat tempat tinggal yang kebanyakan masih didominasi dengan kubah maupun atap limas tingkat 3 atau 5. Namun, masjid yang berada di wilayah pinggiran Kota Sydney bernama Punchbowl ini menjadi karya arsitektur masjid futuristik untuk saat ini.
Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

                Masjid yang mulai dibangun oleh Candalepas Associates pada tahun 2017 ini memiliki luas 549 meter persegi yang menjadi rumah bagi komunitas muslim setempat dan menyediakan tempat ibadah sekaligus pusat pengajaran agama Islam. Pembangunan masjid ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap 1 merupakan konstruksi masjid yang mana dapat menampung hingga 300 jamaah. Sedangkan tahap 2 merupakan gedung untuk komunitas muslim.
Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

                Bangunan-bangunan tersebut diatur pada daerah segi empat yang sebagian terbuka ke satu sisi, untuk memberikan privasi pada siswa dan anggota masyarakat. Konfigurasi ini menciptakan dua halaman yang berdampingan tetapi terpisah. 

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

                Dari dua halaman tersebut, halaman pertama dapat langsung diakses dari jalan dan berbatasan dengan masjid. Halaman ini berguna bagi jamaah yang hendak keluar masuk masjid. Sedangkan halaman kedua ukurannya lebih besar namun lebih privat yang terpisah dari halaman pertama.

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!


                Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!


               Pada halaman kedua masjid, terdapat gedung administrasi dan ruang kelas komunitas muslim. Halaman kedua ini digunakan untuk mengadakan festival dan acara keagamaan. Desain ini menciptakan fleksibilitas sedemikian rupa sehingga hubungan fisik antar halaman dapat diperlebar, serta memungkinkan seluruh bangunan dapat digunakan untuk pengajaran agama dan kegiatan komunitas lainnya di luar jam sekolah. 

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

Masjid Futuristik ini Berada di Kota Sydney, Lho!

                Salah satu yang paling mencolok dari masjid ini adalah estetika desain yang ada dari luar hingga ke dalamnya. Dari luar dapat terlihat masjid ini memiliki tata letak memanjang ke kanan, yang langsung memiliki dua area berbeda yaitu ruang khusus pria dan wanita disesuaikan dengan pendekatan tradisional yaitu daerah pria yang berada di ruang tengah untuk beribadah. Sedangkan pada bagian dalam masjid terlihat adanya gaya desain futuristik dengan ornamen beton “muqarnas” yang memiliki lubang berdiameter 30 mm untuk atap ruang beribadah yang ditata seperti sebuah lingkaran guna menerangi ruangan saat salat zuhur dan asar. 




Masjidnya sudah bagus dan pastinya bikin betah kalau hendak salat di masjid, apalagi kalau dekat dengan rumah. Jadi, buat apa menunggu tua hanya untuk shalat tepat waktu berjamaah di masjid? Semoga dapat menjadi motivasi bagi siapa pun yang membacanya. Wassalam.


Sumber : Archdaily dan Whiteboard Journal


ya ampun bangus banget gan ni masjidnyaaaa...
jd pengen berkunjung kesana...

tempat ibadah buat menunaikan ibadah dan disuguhkan dengan suatu karya yg luar biasa dar luar hingga interiornya, menyimbolkan kebesaran Allah... kalo masuk ke masjid pasti ngerasa Tuhan maha besar ya kan gan...

ane pernah dibilang tmn ane arsitek, pembangunan tempat ibadah itu memperhatikan psikologi bangunan namanya... jd selain didesain buat ibadah scr teknis, namun jug memperhatikan estetika dan bentuk yg buat setiap org yg msk ngerasa bertemu dengan Tuhan yg maha besar lg maha sempurna...
emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi
0 0
0
13-07-2019 21:11
gokil! mantep banget dah masjidnya, pengen nyoba ke sana tapi berat di ongkos wkwkwk. Tapi alhamdulillah kalo ada masjid kayak gitu di sana berarti sudah mulai adem hehe. Semoga masjidnya ramai jamaahnya. Aamiin
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.