alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5a87ef3e620881f8328b456a/fashion-hacks-untuk-si-tubuh-pendek
Lapor Hansip
17-02-2018 16:00
Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek
Past Hot Thread
Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek


halo Sista dan Agan~

kali ini ane mau membahas sedikit tips dan trik fashion untuk semua orang yang memiliki tubuh short atau tidak terlalu tinggi. karena selama ane melihat pertanyaan-pertanyaan yang ada di thread Konsul Soal Fashion, ane banyak menemukan pertanyaan yang menarik dari orang yang memiliki tinggi badan antara 150 cm sampai 155 cm.

pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya berkisar antara : bolehkah memakai celana kulot, atau bolehkah memakai sepatu boots dan lain-lain. hal ini tentunya sangat penting untuk penampilan kita sehari-hari. karena apabila kita salah memilih fashion style, maka yang terjadi adalah fashion disaster alias bencana dalam berpakaian.

Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek

lantas, apakah orang yang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata perlu menyiasati cara berpakaian? tentu saja perlu Sist, Gan. fashion ibarat kata adalah sebuah magic. jadi fungsi fashion yang sesungguhnya adalah menutupi kekurangan diri dan menonjolkan kelebihannya. nah, terutama bagi Sista dan Agan yang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata, ada beberapa tips dan trik yang harus dilakukan dan juga ada beberapa hal yang harus dihindari atau malah jangan dilakukan sama sekali.

eheheiiits, tapi jangan salah, tubuh short (pendek) dan tubuh tiny (mungil) memiliki perbedaan lho Sist, Gan. lantas apa perbedaan dari kedua jenis tubuh tersebut?

Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek

perlu diketahui, tubuh mungil adalah tubuh yang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata dengan berat badan yang juga di bawah rata-rata atau berat badan ideal (dihitung dengan rumus BMI). sedangkan, tubuh pendek adalah tubuh yang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata dengan berat badan yang bervariasi (yakni overweight, plump, fat, thin, skinny, dan sejenisnya).

jadi, kalau Sista atau Agan melihat ada orang bertubuh gemuk dengan tinggi badan di bawah rata-rata, maka orang tersebut bisa dikatakan short atau pendek. dan apabila Sista atau Agan melihat ada orang yang bertubuh kurus atau ideal dengan tinggi badan di bawah rata-rata, maka orang tersebut bisa dikatakan tiny atau mungil.


nah, sekarang sudah tau kan perbedaannya?



Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek


tetapi, tidak perlu minder atau stress ya Sist, Gan. karena fashion tidak mewajibkan pemakainya memiliki tubuh yang menjulang atau badan yang kurus. fashion adalah sebuah sulap dan lukisan, jadi Sista dan Agan lah yang menjadi objek dan kanvasnya. tidak ada yang jelek atau salah dalam fashion. yang ada hanyalah tepat dan tidak tepat. karena pada dasarnya, seberapapun tinggi badan Sista dan Agan, semua itu bisa disempurnakan lagi dengan pemilihan fashion style yang tepat dan sesuai.



oke, sekarang mari kita simak apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam fashion styleuntuk si tubuh short atau pendek.



Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek


Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek



"Celana Sampai Mata Kaki"



pilihlah celana yang panjangnya sampai dengan mata kaki dan celana yang pendeknya di atas lutut, atau bisa juga celana yang panjangnya sedikit di bawah lutut.hal ini dimaksudkan agar kaki kita terlihat lebih jenjang. celana yang panjangnya jatuh pada pertengahan betis akan memotong ukuran panjang kaki dan semakin memperjelas kaki yang pendek. Sista dan Agan tentunya pasti sudah tidak asing dengan trend 2017 kemarin yang memperlihatkan celana di atas mata kaki dengan berbagai jenis potongan. sebenarnya, sah-sah saja apabila orang yang bertubuh short hendak memakai celana dengan cutting tersebut, namun tentunya perlu disesuaikan kembali dengan berat badan kalian ya. apabila berat badan overweight maka pemakaian celana di atas mata kaki ini kurang tepat dan tidak disarankan untuk dipakai sehari-hari.



"Motif Vertikal"



gunakanlah topatau atasan dengan motif yang memberi kesan tinggi. motif vertikal, chevron vertikal, atau sejenisnya akan membuat tubuh bagian atas terlihat lebih tinggi. pilih garis yang sedikit slim dan panjang untuk hasil yang lebih maksimal. apabila garis atau diameter dari motif tersebut terlalu besar, maka akan dikhawatirkan membuat fokus mata orang-orang jatuh terhadap garis dan pattern yang ada di baju kalian. oleh karena itu, garis-garis yang kecil sangat berguna untuk menutupi tinggi badan Sista dan Agan agar terlihat tidak terlalu pendek. ingat, tubuh kita adalah penggaris, jadi apabila kita memakai motif dan pattern yang salah, maka bisa berakibat memberikan kesan yang kurang tepat untuk cara berpakaian kita. motif yang paling ideal tentunya adalah motif bergaris vertikal atau stripe.



"Black and Black"



pilihan warna yang sama pada atasan dan bawahan akan membuat tubuh terlihat lebih tinggi. Sista dan Agan bisa mixingpakaian dengan warna navy dan navy, hitam dan hitam, atau navy dengan hitam. rumusnya adalah darkest + darker = more taller, atau sebaliknya. darkest adalah warna paling gelap dari sebuah pakaian. darkest bisa digunakan untuk atasan atau bawahan. sementara darker adalah warna yang lebih terang dari darkest, dan itu juga bisa digunakan untuk atasan ataupun bawahan. taukah Sista dan Agan, semakin sama tone warna yang digunakan untuk atasan dan bawahan, maka semakin memberikan kesan lebih tinggi untuk tubuh kita. terlebih jika warna yang digunakan adalah warna yang sangat gelap seperti hitam, dark navy, dark grey, dan sejenisnya. jangan lupakan juga, semakin minimalis motif dalam warna yang gelap, semakin tinggi kesan yang dihasilkan.



Shoes



pilihlah sepatu dengan heelsyang tinggi dan nyaman. wedges adalah pilihan yang tepat bagi Sista yang ingin terlihat tinggi tanpa siksaan yang berarti. Sista dan Agan juga bisa memakai sepatu atau sandal yang bagian punggung kakinya terbuka, ini akan membuat kaki terlihat lebih panjang lagi. menggunakan boots juga bisa membuat kesan tubuh menjadi lebih tinggi asalkan boots yang dipilih sesuai dengan celana yang digunakan, yakni tidak memotong bagian ankle kaki. banyak sekali trend ala street style yang menggunakan ankle boots dengan cara yang tepat, yakni dengan memadukan celana di atas mata kaki atau celana 7/8 dengan ankle boots. untuk Agan, ankle boots juga bisa dijadikan sebagai tools untuk mendongkrak tinggi badan. tentunya padu padan ini harus digunakan bersama dengan pemilihan ukuran celana yang tepat. perlu diketahui juga, bahwa street style adalah fashion style yang tidak pernah mati. trend ini masih digemari oleh banyak orang sampai tahun ini lho.



Neckline



pilih necklinedengan model V, wide round, square, dan neckline lebar lainnya. jangan pilih neckline round yang sempit ya, karena akan membuat leher terlihat berjarak sangat pendek dengan dada. jangan takut untuk memakai neckline tertentu karena pada dasarnya kita bisa memaksimalkan tampilan wajah dan leher dengan pemilihan neckline yang tepat. apabila Sista atau Agan memiliki tipe bentuk wajah yang memanjang, maka penggunaan neckline dengan bentuk V akan sangat membantu dalam menampilkan kesan leher yang jenjang. neckline itu sendiri adalah garis baju yang berfungsi sebagai lubang yang memudahkan kita saat akan mengenakan pakaian. neckline memiliki peran penting fashion style, yakni sebagai karakter dalam keseluruhan pakaian. neckline ibarat identias sebuah baju, dan dapat dengan mudah dijadikan "sebutan" untuk sebuah baju atau sebagai model dari sebuah baju.



Bags



pilihlah tas yang berukuran kecil. untuk para Sista, kalian bisa memakai cantene bag, sling bag, shoulder bagdengan ukuran yang sedang, atau sejenisnya. mini backpack yang lucu-lucu juga bisa dipakai untuk memaksimalkan penampilan. sebenarnya ada beberapa tipe tas yang seharusnya dihindari oleh orang yang memiliki tinggi badan short yakni hobo bag. hobo bag adalah tas dengan tali yang sangat pendek dengan diameter yang besar. lubang yang sempit pada bagian tali dan handle menjadikan hobo bag terkesan "gemuk" dan padat. sehingga apabila tinggi badan Sista di bawah rata-rata, maka penggunaan hobo bag ini ada baiknya dihindari. pilihlah tas dengan model yang simple dan ukuran yang tidak terlalu besar. yang lebih penting lagi adalah memilih tas dengan tali yang lebih panjang atau tali yang bisa disetel sesuai dengan ukuran tubuh.apabila Sista memiliki tas seperti shoulder bag yang dapat diubah panjangnya, maka ane punya sedikit rumusnya. yakni dengan menyetel bagian tali tas tepat hingga ke bagian pinggang atau sedikit di bawahnya (panggul). hal ini akan memberikan kesan bahwa tubuh bagian atas Sista lebih tinggi dari ukuran aslinya.



Details



gunakanlah bahan-bahan pakaian yang tidak terlalu tebal atau terlalu tipis. hindari fokus mata jatuh pada bahan baju yang terlalu mencolok.pilihlah baju yang memiliki volume standar agar dapat nyaman dipakai dan menyamarkan tubuh pendek. penggunaan volume pakaian yang terlalu berlebihan hanya akan membuat tubuh terbenam ke dalam volume baju. sehingga orang lain yang melihat cara berpakaian kita akan segera menyadari bahwa tinggi badan kita tidak terlalu ideal. oleh karena itu, pemilihan baju bagi orang yang bertubuh short sangatlah penting karena bisa mempengaruhi keseluruhan penampilan. baju yang terlalu tipis hanya akan memberikan kesan mencolok dan membuat orang lain langsung tersadar akan tinggi badan kita. sedangkan baju yang terlalu tebal juga tidak seimbang dengan tinggi badan short dan membuatnya terlihat seperti terbenam ke dalam baju.



"Hair Style"



rambut yang dibiarkan tergerai panjang dengan sentuhan layerakan membuat tubuh terlihat tinggi. tidak ada salahnya mencoba untuk menggerai rambutmu Sist, biarkan rambutmu tergerai dengan indah atau berikan sentuhan straightener dan curler untuk membuatnya lebih natural. apabila Sista memiliki rambut yang pendek, maka biarkanlah tergerai dan berikan sedikit styling dengan style loose wave atau natural blow. jangan mengikat rambut yang pendek karena akan menambah kesan mungil pada keseluruhan penampilan. biarkanlah rambut Sista tergerai apa adanya dengan minimalis styling yang tepat.



Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek



"Ankle Pants"



hindari celana yang panjangnya jatuh pada pertengahan betis atau jauh di atas mata kaki. seperti celana 7/8 atau 4/4. celana tersebut hanya akan memberi garis pada kaki menjadi lebih pendek, jadi sebaiknya hindari saja. terkadang orang yang memiliki tubuh short memiliki betis atau ukuran panjang betis yang kurang ideal. ada yang bagian pahanya lebih besar, atau bisa jadi keduanya sama besar. oleh karena itu, penggunaan celana yang memberikan kesan potongan pada betis akan membuat penampilan Sista dan Agan kurang maksimal. apabila kita mencoba bercermin dengan menggunakan celana potongan tersebut, pastilah mata kita akan langsung tertuju pada bagian celana. demikian juga dengan mata orang lain yang melihat. nah, maka dari itu usakan menggunakan celana yang full long atau sebatas/sedikit di atas mata kaki.


Cullote



hindari celana dengan model cutting lurus seperti kulot. walaupun sebenarnya sah-sah saja bagi tubuh pendek untuk memakai kulot, tapi cutting lurus pada bagian bawah celana itu dapat membuat kaki terlihat lebih pendek karena garisnya yang terlihat jelas. kulot sempat menjadi trend fashion di tahun 2016 dan 2017, namun sayangnya jenis cutting ini tidak memungkinkan bagi seluruh tipe tinggi badan untuk memakainya. apabila Sista atau Agan memiliki tubuh yang mungil, mungkin penggunaan celana kulot masih bisa diperbolehkan. selama tinggi dan berat badan ideal, kulot masih memungkinkan untuk dipakai bersama dengan atasan yang tepat. pemilihan celana kulot memang sedikit lebih tricky dibanding memakai celana yang lain. hal ini dikarenakan potongan celana kulot sangatlah simetris dan kaku.


"Vertical Motives"



hindari memilih motif horizontal yang sangat mencolok. selama motif tersebut masih dalam ukuran kecil dan rapat, ane rasa itu masih tidak terlalu berpengaruh terhadap tinggi badan, tapi apabila ukuran stripesnya besar dan warnanya mencolok, itu bisa sangat berpengaruh pada tinggi badan. demikian juga dengan motif lain yang memiliki diameter dan ukuran yang besar. pemilihan garis dan pattern yang sesuai akan membantu Sista dan Agan dalam menyamarkan tinggi badan di bawah rata-rata. motif pakaian juga salah satu elemen paling penting dalam fashion style. biasanya, orang akan membeli pakaian dengan melihat motif dan patternnya terlebih dahulu. baru kemudian melihat warna, dan kemudian melihat ukuran. jadi, bisa dikatakan memilih motif baju sangatlah penting dan harus sesuai dengan kebutuhan badan kita sendiri.


"Big Belt"



hindari memilih belt yang besar. belt yang besar akan membuat fokus mata orang yang memandang sista jatuh pada belt yang mencolok. Hal itu juga akan membuat badan terlihat memiliki garis yang terpotong pada sekitar pinggang, sehingga tubuh yang pendek akan terlihat lebih jelas. seingat ane, belt berukuran besar ini sempat booming di tahun 2007 sampai 2009. namun lagi-lagi, belt dengan ukuran besar ini tidak bisa dipakai oleh semua jenis tinggi badan. ukuran belt yang besar sangat mendominasi porsi tinggi badan kita. apabila Sista atau Agan memiliki tinggi badan 155 cm, dan memakai belt berukuran tinggi 10 cm, maka bisa dikatakan porsi tinggi badan kita diambil oleh porsi ukuran belt tersebut. jadi, hindarilah aksesori yang memiliki ukuran besar. seperti ikat pinggang, jam tangan, gelang, bando, scarf, syal, dan sejenisnya.


"Colorful Pants"



hindari warna-warna yang terlalu mencolok pada celana. belakangan ini ane melihat banyak orang yang memakai celana dengan motif dan warna yang sangat mencolok sehingga kaki yang tidak seberapa tinggi itu dapat terlihat jelas. sebenarnya boleh-boleh saja memakai celana dengan motif dan warna yang mencolok, namun ada baiknya untuk menyesuaikan pada tempat dan acaranya. kemudian, apabila Sista atau Agan memiliki ukuran paha yang besar, maka ada baiknya tips ini digunakan untuk penampilan sehari-hari. ukuran paha yang besar tidak sesuai apabila dipadu padan dengan celana yang colorful atau terlalu banyak warna. untuk ukuran paha yang besar, sebaiknya kita menggunakan warna yang gelap dan motif yang minimalis atau hanya memiliki landmark tertentu saja. landmark yang dimaksud di sini adalah sebuah statement dalam pakaian atas dan bawah. misalnya, seperti logo, potongan kain yang unik, atau cutting tertentu dari sebuah brand. kaki yang pendek juga bisa terbantu dengan motif yang minimalis dan perpaduan warna yang gelap. hal ini disebabkan oleh kesan dan efek yang ditimbulkan dari warna-warni pakaian yang kita pakai. semakin gelap, maka akan semakin terkesan tinggi. dan semakin berwarna, maka akan semakin terkesan padat dan terukur.



Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek



Quote:
nah demikian tadi sedikit tips dan trik untuk Sista dan Agan yang bertubuh tidak terlalu tinggi. semoga info hacktersebut bisa bermanfaat untuk kegiatan mix and match Sista dan Agan semua dalam sehari-hari.

pemilihan pakaian yang tepat akan membuat Sista dan Agan percaya diri, dan dari kepercayaan diri itulah Sista dan Agan bisa menginspirasi banyak orang dalam berpakaian.

orang yang memperhatikan penampilan tentunya adalah orang yang menghargai lawan bicaranya dan orang-orang yang ditemuinya. oleh karena itu, yuk mulai sekarang kita bisa memperbaiki penampilan kita agar fashion style yang kita pilih menjadi inspirasi dan apresiasi bagi orang banyak.

jangan pernah berkecil hati dengan tinggi badan yang kita miliki ya Sist, Gan. karena fashion tidak mewajibkan penggunanya untuk memiliki tubuh tinggi atau kurus, namun fashion mewajibkan penggunanya untuk bahagia dalam memakainya.

jangan lupa mampir ke sub forum Fashionista yang ada di forum Sista tercinta~

bye bye~


Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek


Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek

Fashion Hacks Untuk Si Tubuh Pendek
Diubah oleh intanasara
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 7
16-08-2018 10:42
Sayangnya ane tinggi emoticon-Cool
-4
16-08-2018 12:03
mampir buat baca lagi emoticon-Traveller
3
16-08-2018 12:23
mantabs emoticon-Toast
0
16-08-2018 17:15
Thanks buat yg lempar cindul....

0
18-08-2018 11:10
Super banget tipsnya. Btw, badan saya termasuk tinggi sis meskipun gak tinggi2 amat. Tapi sepupu2 rata2 pada pendek, klo foto bareng berasa jadi tiang sendiri. Bisa kasih suggest nich buat fashion mereka emoticon-Ultah
0
18-08-2018 22:53
Milih baju yang warnanya gelap emang ngebantu banget sih terutama untuk yang punya kelebihan berat badan 😂
0
29-09-2018 23:33
Ane tinggi cuman ngak tau kenapa orang lain lebih tinggi emoticon-Mewek
0
02-10-2018 11:43
Quote:Original Posted By aldysadi
Super banget tipsnya. Btw, badan saya termasuk tinggi sis meskipun gak tinggi2 amat. Tapi sepupu2 rata2 pada pendek, klo foto bareng berasa jadi tiang sendiri. Bisa kasih suggest nich buat fashion mereka emoticon-Ultah


wuiiih~ thank you banget sist Aldys emoticon-Kiss (S)
punya badan lebih tinggi itu emang banyak untungnya ya emoticon-Big Grin
0
29-10-2018 02:36
Manstabs emoticon-Peluk
1
12-07-2019 11:00
nice infooo! ane seringnya pakai celana yang high waist biar kaki keliatan jenjang... btw tinggi ane 157cm kayanya udah gabisa tumbuh lagi 😂
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.