alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.92 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d26a9fa28c9913e930c38f9/konsekuensi-menabung-saat-penghasilan-pas---pasan
Lapor Hansip
11-07-2019 10:16
Konsekuensi Menabung Saat Penghasilan Pas - Pasan
Past Hot Thread
Konsekuensi Menabung Saat Penghasilan Pas - Pasan


Menabung bisa dibilang adalah kebiasaan yang baik. Dengan menabung, kita jadi memiliki uang cadangan yang bisa kita pakai sewaktu - waktu untuk kebutuhan tak terduga, dan menabung juga bisa dikatakan sebagai penenang hati saja. Kalau punya uang simpanan, kan hati jadi tenang daripada nggak punya uang sama sekali. Ya nggak gan?

Dampaknya setiap orang berusaha menabung, dari yang penghasilannya besar sampai yang berpenghasilan pas - pasan. Untuk yang gajinya kecil, menabung memang butuh usaha yang terasa lebih berat. Karena mereka harus berhemat luar biasa demi bisa menabung dana masa depan. Berikut ini adalah hal yang bisa terjadi apabila seseorang berpenghasilan pas - pasan masih memaksakan diri untuk menabung :

Jika uang yang kita miliki sedikit, otomatis kita akan menekan biaya pengeluaran untuk hidup. Seperti biaya makan, hiburan, tempat tinggal dan kebutuhan primer lainnya.

Tak jarang kita lebih memilih untuk membeli bahan makanan dengan harga miring. Yang bisa jadi masa kadaluwarsanya sudah dekat sehingga harganya dikasih murah atau justru agan memilih mengonsumsi makanan tidak sehat (-ex. mie instan, gorengan, dll).

Akibat kebiasaan konsumsi makanan tidak berkualitas dalam jangka waktu yang tidak sebentar tersebut, kesehatan kita pun perlahan ikut terpengaruh. Kekurangan zat gizi tertentu dapat menimbulkan penyakit dari yang ringan seperti sariawan hingga penyakit berat yang sebenarnya adalah akumulasi dari zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan. Belum lagi bila daya tahan tubuh kita menurun, penyakit dari luar tubuh siap menyerang tubuh kita. Bila sudah sakit, maka tabungan kita yang akhirnya akan terkuras juga.

Dalam hal hiburan pun seseorang yang berhemat akan cenderung menahan diri untuk mengurangi kegiatan entertainment seperti nongkrong di luar, nonton bioskop, piknik, dan karaoke yang sebetulnya kita perlukan juga untuk melepas penat sesaat dan relaksasi pikiran. Tanpa sadar, berhemat berlebihan dengan mengorbankan hiburan untuk diri sendiri juga berdampak pada level stress seseorang yang kian meninggi.

Kurangnya intensitas refreshing membuat seseorang mudah stress. Ujung - ujungnya kesehatan mental ikut terpengaruh juga. Mungkin kita jadi orang yang gampang sedih tanpa alasan, mudah marah, mudah tersinggung, dan nggak asik di pergaulan. Mungkin menurut agan ilustrasi ini tampak lebay ya hehe, tapi faktanya bila pikiran sumpek dan suasan hati buruk pasti akan membuat aura kita jadi aneh.

Menurut agan dan sista sekalian, layak nggak sih kita mengorbankan banyak hal seperti hal - hal yang ane sebutkan di atas hanya demi punya tabungan semata?

Sumber referensi :
youtube.com/Satu Persen

Sumber gambar :
pexels.com/maitree rimthong


Jika thread ini dirasa bermanfaat, silahkan komentar di bawah, share thread ini, kasih cendol, bintang lima dan follow adnanami di kaskus ya, Gan dan Sista!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liar123 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 9
11-07-2019 20:22
Ane kalau nabung gak pernah ngotak ngatik kebutuhan primer, terutama kebutuhan pangan. Kurangi ngopi di cafe yes, kurangi nonton bioskop, jangan makan d luar, masak sendiri lebih hemat, belanja kebutuhan pokok d pasar biar dapat murah, kalau bisa nanam sayur dirumah kek cabe n sayur2an, jangan tergiur beli baju pokoknya barang-barang sekunder dikurangi. Ane yg agak berat itu soal perwatan wajah and kosmetik,wkwkkkwkwk. Mungkin bagi cowo bisa diskip, kalau cewe bahh agak berat ceman-ceman beraaat...
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
11-07-2019 22:05
Hahahaha ane pernah ngerasain nih jadi emosian karena lagi nabung dan ga punya duit.

Kalo menurut ane sih bisa-bisa aja nabung di saat penghasilan pas-pasan. Mungkin dengan mengganti barang-barang yang kita pakai, misalnya biasa make sabun cair yang harganya 20rb jadi ke sabun batang yang harganya 3rb. Atau yang doyan nonton ke bioskop bisa diganti dengan sewa DVD dan nonton bareng-bareng temen di rumah. Palingan gitu aja sih gan masukan ane. Ane juga masih usaha nih untuk nabung hehehe. Semoga kesehatan dompet kita terus terjaga ya emoticon-Big Grin
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
11-07-2019 22:07
Quote:Original Posted By jicho22
Ane kalau nabung gak pernah ngotak ngatik kebutuhan primer, terutama kebutuhan pangan. Kurangi ngopi di cafe yes, kurangi nonton bioskop, jangan makan d luar, masak sendiri lebih hemat, belanja kebutuhan pokok d pasar biar dapat murah, kalau bisa nanam sayur dirumah kek cabe n sayur2an, jangan tergiur beli baju pokoknya barang-barang sekunder dikurangi. Ane yg agak berat itu soal perwatan wajah and kosmetik,wkwkkkwkwk. Mungkin bagi cowo bisa diskip, kalau cewe bahh agak berat ceman-ceman beraaat...


Wah ini sama sis. Ane sih bisa motong uang makan, uang ngopi di cafe dan ga nonton bioskop. Tapi kok rasanya sedih ya ketika harus rela ganti merek kosmetik atau ngilangin satu step skin care buat ngirit emoticon-Big Grin
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
12-07-2019 05:08
penghasilan walaupun tidak banyak memang harus disisihkan walaupun sedikit buat keperluan mendadak
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
12-07-2019 05:10
Menabung bagus ...
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
12-07-2019 05:13
pinter2 aja nabungnya, disaat ada sisihkan, ga ada yahh jgn irit jgemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
12-07-2019 05:28
Quote:Original Posted By 8319801
menurut ane,
tabungan itu bisa berupa apapun.
asuransi,misalnya.
jangan sepelein asuransi gan.
anggep aja kita nabung,tapi terjamin dan bisa diambil setelah beberapa waktu.
CMIIW lho ya,
masalah refreshing sih bisa kok tanpa biaya lebih.
banyak juga tempat wisata murah meriah,
dan makan minum juga bisa bawa bekal.


Dulu papa ane punya asuransi, dari asuransi perusahaan besar dan terkenal juga.

nah, giliran sakit cuma cair dikit gak sesuai sama yang dijanjikan, giliran mau diambil dananya karena butuh eh cuma cair dikit.

Dihitung-hitung, gak untung dibandingkan sama bayar premi asuransi per bulan selama 5 tahun lebih akhirnya sekarang kapok pakai asuransi, pakai BPJS aja.
Diubah oleh mr.kevin95
0
Lihat 2 balasan
12-07-2019 05:29
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Ane pernah nabung sampe mengorbankan banyak hal tapi hasilnya alhamdulillah memang memuaskan.
Tapi memang selama ane menabung juga tetep konsumsi makanan sehat, murah ngga selamanya tidak sehat. Ane biasanya makan warteg, nasi sama sayur doang harganya bisa 5000-7000 saja. trus kalo buat hiburan ane biasanya nongkrong tapi ngga jajan emoticon-Big Grin yang penting ada refreshing keluar sama temen2

jadi memang ketika nabung tuh pasti ada kesenangan yang dikorbankan, tapi jangan lupa kalo kesenangan tuh bisa dari hal sederhana yang bahkan kadang ngga ada biayanya emoticon-Big Grin

sama jangan lupa jaga kesehatan WKWKWKWK


Brilian bgt idenya gan?
0
12-07-2019 05:44
nabung kan klo punya uang lebih dari sisa kebutuhan, jangan trlalu d pksa, asal trlaten sdikit saja bisa jd bnyak lo, cntohnya sbulan 50 rb, 10 bln 500rb d tmbahan dkit bsa bli emas biar gk kepake uangnya
0
12-07-2019 05:51
nabung nya diubah ke investasi yg produktif donk emoticon-Leh Uga
0
12-07-2019 05:57
Banyak noh orang kaya makannya gizi vitamin protein terjamin Makan di resto dll masih aja kena penyakit stroke komplikasi jantung dll😂

Kakek saya noh umur 70-80 makan yang ada jualan berkilo kilo ngayuh sepeda sambil merokok mampir ke warung ngopi item😂
0
12-07-2019 06:01
Klo nabung dipinjem keluarga gimana gan ngadepinya??
Diubah oleh gamer01
profile-picture
meteoridzharul memberi reputasi
-1
12-07-2019 06:04
Konsekuensi Menabung Saat Penghasilan Pas - Pasan
Semoga berhasil
profile-picture
Vandisk memberi reputasi
1
12-07-2019 06:05
Mau ngirit tapi enak? Bisa juga

Ane kalau lagi ngirit:

1.berangkat naik KRL pulang naik bis Lippo ane biasanya kalau dapat pekerjaan ke Jakarta begitu.

2. Makan di HokBen, McD, yoshinoya, KFC cs (Lo kok bisa hemat, ya iya manfaatin promo dana, ovo, gopay cs semaksimal mungkinemoticon-Ngakak (S) beli makanan yang 20 ribu maks 30 ribu lalu diskon 30- 50% maka ane cuma bayar 10-15 ribuemoticon-Ngakak (S) )

kalau gak promo, ya udah makan di Indomaret point/Lawson.

Pengalaman ane ke mangdu, Senen cs jangan makan di pinggir jalan, warteg, nasi Padang pokoknya tempat makan gak terkenal yang gak ada harganya bukannya ngirit, malah berojol (kena harga getok)

pernah ane makan di ITC mangdu cuma makan gorengan bertiga masing-masing per orang cuma habis 3 pcs kena harga 70-80 ribuemoticon-Bata (S) emoticon-Cape d... (S)

3. Ane tetap nonton di bioskop dan manfaatkan promo sebaik-baiknya, ane kalau nonton cuma bayar 15-20 ribuan kokemoticon-Ngakak (S)

4. Jalan- jalan ke mall? Bisa aja tapi harus siap nahan godaan setan barang diskon, Ane pernah jalan ke CP, GI, PI cuma habis 60-70 ribu kok udah termasuk tiket nonton+makanemoticon-Ngakak (S)

5. Karaoke? Berhubung lagu favorit ane mayoritas gak ada di tempat karaoke (yang ane tau, cuma tersedia di lime light dan rumah ane di Tangerang) alhasil karaoke di rumahemoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By primawidhie
Konsekuensi Menabung Saat Penghasilan Pas - Pasan
Semoga berhasil


Silakan dicoba, kalau ane gak saranin dengan sangat. Ane pernah coba dan sama sekali gak worth it. Ane min 10 ribu/hari gak bisa dibawah itu.
Diubah oleh mr.kevin95
0
12-07-2019 06:06
kadang emang suka gitu, udah ditabung, tapi diambil lagi. ada aja keperluan mendesak
0
12-07-2019 06:08
Wkw wah kalo gitu jadinya nyiksa bre emoticon-Ngakak
0
12-07-2019 06:17
nabung secukup nya boros secukup nya
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
12-07-2019 06:24
Kalo ane sih,,,
Menabung itu penting, bahkan sangat penting, tapi gak harus,,,,
Entah kenapa saya lebih menerapkan, buat besok ya jatah besok dr Allah,,,, toh rejeki pasti di jatah,,, hari ini bagaimana kita mencukupi agar lebih pandai bersyukur,,,
Jadi emang ane gak begitu nahan2 sampe ngurangin jatah makan, atau jalan2,,, apa yg bisa di lakuin ya tak lakuin, yg bisa kebeli ya tak beli, meski jadi gak bisa nabung,,, ya sebagai wujud syukur pada Allah,, gt aja kalo ane,,
Nah kalo ada berlebih, itupun saya sedekah kan, kalo berlebih sekali baru nabung,,,hehehe
0
12-07-2019 06:31
Kasian kalo stop mi instan banyak kawan kita yg kerja di sanan.....emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
0
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.