questionmark92Avatar border
TS
questionmark92
Penipuan menggunakan Virtual Account Blibli.com
Selamat pagi, saya mw berbagi cerita penipuan online yang saya alami sendiri pada tanggal 2 Juli 2019.
Tujuan saya hanya sekedar sharing karena ini modus baru (setidaknya untuk saya) dan saya harap pembaca jadi bisa lebih waspada. Berikut kronologisnya:


1. Saya posting di Konsultasi Spesifikasi Komputer dan Notebook (KSKN) v5 kalau saya sedang berminat meminang sebuah laptop Lenovo Ideapad 720s

2. Saya di PM oleh beberapa orang di kaskus kalau produk tsbt sedang discount oleh Lenovo resminya dan discount tersebut berakhir tgl 2 Juli 2019 sehingga waktu sy kurang dari sehari. Atau bisa contact Pak Lucky, seorang anggota forum KSKN yang juga merchant resmi dari Lenovo. Lalu ada orang bernama Jo kemudian contact saya via WA mengatakan hal yg sama & kasih nomor Pak Lucky.

3. Setelah saya di membahas mengenai spesifikasi laptop oleh Jo, saya chat Pak Lucky utk melakukan pembelian. Dy suruh saya datang ke store dy, akan dy tunggu sampai jam 8 di mangga dua square.

4. Akhirnya saya memutuskan utk beli laptop lain seharga 14jt sebelum masa promo berakhir. Barang akan dikirim via gosend atau bisa diambil di store besok. Setelah tanya2 apakah bisa beli online lewat jalur resmi Lenovo, saya dianjurkan untuk melakukan pembelian via blibli.com. Disana saya cek kalau harganya udah normal. Saya tanya ke Lucky yaudah kalau saya mw beli caranya gimana krna di website blibli suda balik harga normal.

5. Jawaban dy kalau dy bisa input manual karena dy selaku merchant di blibli.com bisa buat account virtual di blibli.com atas nama saya utk keperluan transaksi. Tapi karena ada suatu hal dy bilang sy harus transfer 1jt sebanyak 14x. Jadi setiap kali transfer akan dibuatkan virtual account baru di blibli.com atas nama saya.

6. Untuk proses pembuatan virtual account (VA) saya diminta data berupa nama alamat no hp email. Disini saya agak curiga dan akhirnya saya tanyakan ke Lucky bahwa saya tidak ada bukti sama sekali kalau saya beli & melakukan pembayaran di blibli.com. Dy bilang invoice akan masuk ke email saya setelah saya melakukan pembayaran. Dan juga kenapa hrus bayarnya 1jt x 14. Si Lucky marah karena dy bilang saya tdk serius. Sudah dibuatkan VA atas nama blibli.com dengan nama saya dan saya masih ga percaya. Dy pun lgsng block saya.

7. Disini saya pikir ya sudah selesai dan saya hapus chatnya makanya kalau dilihat di bukti screenshot, chat saya dengan si Lucky tidak lengkap.

8. Kemudian sy ada chat dengan Jo. Dy setengah mengancam sy bahwa percakapan saya udah di share oleh si Lucky di grup WA Konsultasi Spesifikasi Komputer dan Notebook (KSKN) v5 karena saya terkesan mempermainkan Lucky bahkan akan ada yg datang ke rumah saya utk masalah ini karena dy blg Lucky akan di skors oleh Lenovo karena sy sudah ke tahap pembuatan VA tapi tidak jadi (bisa dibaca di screenshot). Point ini saya abaikan tapi point selanjutnya yang membuat saya melanjutkan transaksi.

9. Tidak cukup sampai disitu saya juga cek dan menemukan fakta bahwa VA hanya bisa dibuka oleh pihak perusahaan yang bersangkutan dalam hal ini blibli.com. Dan setelah saya cek betul kalau itu VA blibli.com dengan nama saya. Berdasarkan pengertian tersebut saya pikir dy betul2 merchat atau setidaknya orang yang berafiliasi dengan blibli.com karena saya pikir hanya orang blibli.com yang bisa buka VA atas nama saya di blibli.com.

10. Akhirnya saya mengalah dan coba lanjutkan transaksi. Sy contact si Lucky lg dan dari sini semuanya sy Ikutin instruksi dy dimana dy menyebutkan nomor VA dimana disitu tertulis kalau itu VA blibli.com atas nama saya sendiri. Dan tagihannya pun tertulis disana sebesar 1jt. Jd saya ikutin sampai 14x kemudian dy menghilang. Yang perlu saya garis bawahi disini saya transfer bukan ke rekening pribadi ya melainkan ke VA blibli.com yang tertulis nama saya disitu dengan total tagihan 1jt. Prosesnya sama seperti kita top up GoPay atau OVO dimana OVO/GoPay akan buatkan VA atas nama kita dan ketika kita masukan no tsb akan muncul nilai tagihan sesuai nilai yang harus kita bayar dan kita hanya perlu konfirmasi. 

11. Saya confirm ke blibli.com dan mereka bilang memang benar itu VA mereka dan dibuat atas nama saya sendiri. Tapi nama merchantnya bukan Lenovo melainkan sepulsa.com dimana produknya adalah pulsa bukan laptop. Baik pihak BCA dan blibli.com tidak bisa apa2 walaupun si penipu membuka VA atas nama blibli.com dan transaksi tsb terdaftar di blibli.com. Jadi saya harus langsung ke pihak yang berwajib.

Kesimpulan: Jadi dugaan saya yang terjadi adalah si Lucky atau Jo dan 2 orang lain yang PM saya di kaskus merupakan komplotan atau malah orang yang sama.

- Mereka membuka akun di blibli.com dengan nama saya dan melakukan transaksi pulsa di blibli.com dimana merchantnya itu sepulsa.com.

- Kemudian mereka memilih pembayaran menggunakan virtual account (VA) sehingga blibli.com secara sistem akan membuatkan VA blibli.com dan atas nama saya.
- Kode VA atas nama saya inilah yang mereka teruskan ke saya sehingga setiap kali saya transfer itu secara tidak sadar saya bayarin transaksi pulsa mereka senilai 1jt per transaksi.
- Ini diulang terus sampai 14x sehingga nilai nya sesuai harga laptop itu yaitu 14jt. Pulsa ini entah bisa dicairkan atau tidak sama mereka.

Demikian kronologisnya dan berikut saya lampirkan juga bukti2 screenshot serta nomor si pelaku. Semoga pengalaman saya ini bisa jadi pelajaran dimana memang betul Virtual Account hanya bisa dibuka oleh perusahaan yang bersangkutan tapi ternyata bisa dengan mudah di dapat dengan membuka account palsu dan melakukan transaksi palsu melalui perusahaan tersebut dalam hal ini blibli.com 

Terima Kasih emoticon-norose


Spoiler for PM Kaskus:

Spoiler for Screenshot:

Diubah oleh questionmark92 07-07-2019 03:44
chisaa
raedi
Roccat
Roccat dan 6 lainnya memberi reputasi
7
8.8K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.