• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Deretan Tempat di Asia yang Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO 2019 Selain Sawahlunto

mencaridimanaAvatar border
TS
mencaridimana
Deretan Tempat di Asia yang Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO 2019 Selain Sawahlunto
Sebelumnya ane udah pernah bagiin info soal Tambang Batu Bara Ombilin yang masuk dalam nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO di thread ini Gan. Kabar terbarunya, kini tambang batu bara yang terletak di Sumatera Barat itu  sudah resmi ditetapkan sebagai warisan dunia kategori budaya oleh UNESCO dalam sidang ke 43- Komite Warisan Dunia UNESCO PBB di Pusat Kongres Baku, Azerbaijan pada Sabtu (6/7) lalu.


Foto: Dok Bukit Asam

Agar bisa masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO juga bukannya mudah Gan. Ada penilaian yang dilakukan lewat diskusi dari para pakar di berbagai negara. Jadi tak ada salahnya kita pun patut berbangga ada satu lagi  situs warisan dunia yang terpilih di negara kita.

emoticon-2 Jempol

Nggak cuma tambang batu bara Ombilin, ada sederet tempat lainnya yang juga ditetapkan dalam situs warisan dunia UNESCO di tahun 2019 ini Gan. Ini dia beberapa tempat di Asia yang masuk di dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO 2019.

Bagan – Myanmar


foto: the myanmar times

UNESCO akhirnya memasukkan kota kuno Bagan di Myanmar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada tahun 2019 ini setelah hampir selama seperempat abad kompleks kuil ini didaftarkan dalam nominasi situs warisan dunia UNESCO. Penetapan Bagan sebagai salah satu situs warisan dunia ini dilakukan setelah melihat bagaimana pentingnya kota seribu candi di Myanmar ini dengan lebih dari 3.500 stupa, kuil, biara dan bangunan-bangunan lain yang dibangun antara abad ke-11 dan ke-13. Dalam sejarahnya kota Bagan mulai dibangun sebelum abad ke 10 Masehi, di masa kekuasaan kerajaan Pagan. Kerajaan ini yang jadi asal mula bangsa Burma, suku bangsa terbesar di Myanmar.

Jaipur – India


foto: getty images

Kota Jaipur juga jadi salah satu kota di Asia yang dimasukkan ke dalam daftar World Heritage Site UNESCO di tahun ini. Jaipur, sebagai kota yang didirikan hampir 300 tahun lalu ini terkenal karena warisan arsitekturnya. Dalam sejarahnya Jaipur didirikan dan dibangun dengan perencanaan tata kota yang berangkat dari perpaduan ideHindu Kuno, modern Mughal dan budaya barat.  Nggak cuma itu, kota dengan tembok bersejarahnya ini juga dikenal sebagai ibu kota negara bagian Rajasthan yang kaya akan budaya.


Mozu – Fruruichi Kofun Group – Jepang


foto: unesco

Dari kejauhan tampak seperti bukit berhutan dengan bentuk yang beragam, tapi sebenarnya ini adalah komplek makam atau yang dikenal dengan sebutan kofun loh Gan. Ada beragam kofun dengan bentuk dan ukuran yang berbeda mulai dari bentuk lubang kunci, kotak hingga bulat.
Mozu- Furuichi Kofun Group adalah kelompok besara kofun yang tersebar di tiga kota yang terltak di selatan kota Osaka yakni Sakai, Fuijidera dan Habikino. Kofun ini merupakan tempat bersemanyamnya kaum elit Jepang termasuk kaisar Jepang beserta keluarganya dan beberapa barang-barang yang mereka miliki seperti senjata, dan baju besi.  Sebagian besar kofun ini dibangun di antara abad ke 5 dan awal abad ke 6.

Megalithic Jar Sites di Xiengkhouang – Plain of Jars – Laos


Foto: Laos tourism

Disebut sebagai Plain of Jars, situs megalitik yang satu ini terletak di Laos Gan. Di situs ini ada lebih dari 2.100 guci batu megalitik yan berbentuk tabung. Guci-guci ini dulunya digunakan untuk praktik penguburan di peradaban zaman besi Gan. Selain guci batu, ada pula cakram batu, batu nisan, dan benda-benda yang digunakan dalam prosesi pemakaman yang digunakan di jaman 500 sebelum masehi hingga 500 tahun setelah masehi.

Archaeological Ruins of Liangzhu City- China


Foto: UNESCO

Ini adalah situs arkeologi yang terletak di dekat Sungai Yangtze di Cina Gan. Situs  arkeologi ini sendiri diperikarakan sudah ada sejak sekitar 3300 hingga 2300 sebelum masehi. Situs ini terbagi ke dalam empat area yang didasarkan pada karakteristik warganya yang mayoritas petani di zaman itu. Situs arkeologi ini jadi contoh nyata bagaimana peradaban awal kota yang sudah memiliki perencanaan kota, sistem konservasi air, dan hirarki sosial.




Diubah oleh mencaridimana 09-07-2019 08:06
alifrian.
patricksby
Siwie
Siwie dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.3K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.