Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
89
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d254afb10d2957c996d8b07/tipikal-orang-indonesia-di-kaskus
Ane pertama tau kaskus itu dari jaman SMA, sekitar 2008 atau 2009. Dari situ mula rajin nongkrong di forum sampe akhirnya gabung jadi kaskuser jaman kuliah, yaitu pada 2011.  Dari rentang waktu jaman pertama ngaskus ampe sekarang, ada beberapa hal yang ane tangkep, yang pertama, kaskus itu salah satu portal info paling komplit, semua ada. Waktu masih aktif ngaskus, ane seneng banget mejeng di lou
Lapor Hansip
10-07-2019 09:18

Pengalaman jadi Kaskuser

icon-verified-thread
Ane pertama tau kaskus itu dari jaman SMA, sekitar 2008 atau 2009. Dari situ mula rajin nongkrong di forum sampe akhirnya gabung jadi kaskuser jaman kuliah, yaitu pada 2011. 

Dari rentang waktu jaman pertama ngaskus ampe sekarang, ada beberapa hal yang ane tangkep, yang pertama, kaskus itu salah satu portal info paling komplit, semua ada.

Waktu masih aktif ngaskus, ane seneng banget mejeng di lounge, karena tretsnya kocak-kocak dan informatif, walaupun sebagian infonya ngopas dari situs lain. Salah 1 yang ngebuat ane berenti ngaskus dulu adalah ketika ane baru sadar kalo TS kaskus banyak ngopas tretnya dari 9gag. Dulu ane mikirnya, “yaelah kalo copas gini mah, mendingan gua maen 9gag aja sekalian”. Tapi sekarang ane juga gak maen 9gag lagi sih heheh.

Kesan kedua adalah ane ngerasa kalo kaskus ini sifatnya agak ekslusif, maksudnya banyak kaskuser yang berpikiran seolah kaskus ini hanyalah milik orang-orang tertentu, orang-orang keren.

Mereka begitu bangga dengan kaskus sebagai komunitas terbesar di Indonesia. Jaman sekolah kalo kita ngomongin kaskus tuh pasti kita dianggep keren, gaul, up to date. Terus kebanggaan kita bertambah ketika tau kalo saykoji dan sule maen kaskus juga. Inget gak waktu jaman sule suka ngomongin kaskus di OVJ? Pasti setelah itu ada tret yang ngebahas hal itu. Atau waktu saykoji bikin lagu tentang kaskus, perasaannya tuh kayaknya bangga banget.

Dari situ nama kaskus makin terkenal, bukan hanya sebagai komunitas, tapi juga unit bisnis digital. Sesepuh yang udah lama di kaskus pun makin melangit kebanggaannya, sampe meninggikan eksklusivitasnya.

Ane bilang beberapa ya, gak semua.

Apa contoh dari ekslusivitas tersebut? Contohnya secara ga langsung, mereka nentuin mana tret yang boleh mejeng di kaskus, mana yg enggak. Maksudnya sih bukan berarti mereka punya hak kayak momod, tapi lebih ke konteks like or dislike aja.

Mereka berpikir kalo kaskus itu hanyalah forum untuk tret-tret yang menurut mereka keren dan sesuai dengan selera baca mereka, di luar itu, tret yang lain sampah.

Misal ada TS yg buat tret dengan susah payah, cuman karena gak masuk ke selera sesepuh, tret tersebut dicaci lah, dibata lah, bener-bener gak dihargain banget effort TS nya. Maksudnya kalo gak sesuai, saran ane sih gak usah dibaca, tapi gak usah ngecaci gitu, apalagi ngebata, toh TS nya juga gak ngepost tret yang kontroversial (mengandung SARA, kekerasan, porno, dll).

Yah ini tipikal orang Indonesia sih. Budaya bullying emang dari dulu udah banyak di negara yang berisi orang-orang yang katanya paling “ramah”. Ane udah kenyang baca berita bullying, jadinya udah paham sama budaya ini, jadi ya karena udah ngerti, no hard feeling bagi ane.

Kalo bicara budaya bullying, sebenernya yang melakukan bully itu bukan hanya orang yang punya label “jahat”, tapi juga orang-orang yang memposisikan diri mereka sebagai orang “baik”. Maksudnya, saking merasa diri paling bener, mereka jadi merasa berhak untuk ngebully orang-orang yang berbeda jalan dan pandangan dengan mereka.

Misal ada cewek lepas jilbab, karena dianggep salah, maka si cewek itu dibully ama orang-orang yang ngerasa diri mereka lah yang bener. Padahal mah kalo dianggep salah, harusnya si cewek yang lepas jilbab itu dirangkul kembali dan dinasihati, bukan dibully.

Yah itu sekilas tentang bully, mungkin ane akan ngebahas lebih dalem tentang bully di tret yang lain.

Balik ke kaskus, ya jadi sifat sesepuh kaskus dari balik akun anonim yang agak semena-mena terhadap hasil usaha orang udah ane liat sejak dulu (at least ane gak sembunyi dibalik akun anonim heheh). Mirip dengan perbandingan dengan orang yang merasa ilmunya lebih tinggi, maka dia merasa paling benar, sehingga mereka merasa punya hak untuk ngebully orang-orang yang berbeda jalan dengannya, kaskuser pun juga begitu.

Mereka yang udah sesepuh, punya banyak cendol sehingga mereka merasa lebih senior, lebih tinggi di strata kaskus. Lalu dengan fitur cendol dan batanya, mereka jadi bisa bebas menggunakan hak tersebut untuk ngebatain orang-orang yang gak masuk ke kelas mereka, padahal orang yang dikasih bata gak ngehina atau ngelecehin dia, atau dia juga gak ngepost sesuatu yang kontroversial, tapi cuman karena alesan kontennya beda dengan selera mereka, jadilah dibata lol.

Kayak dulu misalnya, ane pernah nanya sesuatu tentang komputer di kaskus, tapi karena pertanyaannya dianggap pertanyaan bodoh, ane dicaci lah lol, padahal ane nanya baik-baik. Lah kalo ane tau masalah komputer ane, ane gak akan tanya di kaskus hahah. Mungkin ini salah satu alasannya bocah SD suka gak mau tanya ketika disuruh tanya ama guru tentang hal apa yang gak dimengerti,  karena mereka takut diejek dan dianggap bodoh hahah.

Ada juga tret ane yang genre komedi di-bash ama orang karena isinya gak masuk ke kepala mereka. Kalo gak karena dianggep gak masuk sama selera baca mereka, tret ane dianggep salah kamar karena dipost di lounge hahah. Padahal tret ane itu genrenya komedi, casual, hiburan, yang notabenenya di lounge itu emang sarang bagi tret-tret sarat humor dan entertainment, cuman karena kemasannya agak beda, ya tret komedi ane dianggep salah kamar gyahahah. Inilah kenapa orang harus memperhatikan substansi dari sebuah konten.

Karena 2 alasan tersebut, yaitu isi gak masuk ke selera dan dianggep salah kamar, jadilah ane dicaci lah, dikasih bata lah. Padahal tret ane sama sekali gak mengandung isi sarat provokasi, diskriminasi, penghinaan, ujaran kebencian yang menyinggung SARA, gender, atau orientasi seksual tertentu.

Kecuali kalo tret ane mengandung hal-hal tersebut, ya ane masih ngertilah kalo dikasih bata, tapi masalahnya kan tret ane murni hiburan kasual aja, gak ada pelecehan, gak ada penghinaan, dan lagi tret tersebut tuh orisinil, bukan hasil jiplak atau repost, tapi ane malah dihina dan dikasih bata hahah. Maksudnya kalo gak suka, ya gak usah baca, cuekin aja, ane kan gak nyinggung ente.

It's just harmless thread, no one gets hurt, including yourself.

Ini mirip ama oknum penegak hukum tertentu yang karena merasa punya kekuasaan dan posisi lebih tinggi daripada orang-orang sipil, jadinya mereka merasa bebas untuk menggunakan kekuasaan tersebut dalam bertindak semena-mena terhadap orang-orang sipil itu.

Semua kayak harus sejalan dengan pemikiran orang tersebut. Kalo gak sejalan dan sepandangan, mereka sampah, ini juga persis sama contoh bully terhadap orang yg lepas jilbab tadi, karena cewek tersebut beda jalan dan pandangan, maka dia dibully hahahahahahah.

Orang Indonesia punya kebiasaan kalo gak suka sama sesuatu, maka bully lah mereka, bukannya ditinggalin. Sering denger gak sih kalimat kepada haters yang berbunyi, "kalo gak suka sama lagu atau artisnya, ya gausah didengerin, jangan malah obsessed untuk ngebully mereka yang udah susah payah ngelahirin karya, jadinya malah bikin dosa". Ya itu.

Tapi ya hal ini udah biasa bagi ane. Kayak yang tadi ane bilang, no hard feeling, ane udah paham kok sama tipikal orang Indonesia. Ini bukan lebay-lebayan, ane cuman mau share aja, kasih pemahaman, bukan caper minta dikasihanin, karena ane gak secengeng itu lol. Toh bagi ane ini gak lebih dari sekedar mainan di internet hahah. Ane gak akan dapet duit 100 juta atau sorga juga kalo dikasih cendol ama kaskuser-kaskuser ini lol.


Diubah oleh IdhamahdI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ganjabang dan 20 lainnya memberi reputasi
19
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 13:04
tret bakal nostalgia para sepuh dirusak ame cokin epilepsi bangsattt emoticon-Nohope
profile-picture
sav.grezza memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 13:24
memang kaskus ini forum bebas bercomentar,,dan terus terang aja gw bnyak dapat inspirasi bisnis dan pengetahuan dri kaskus
0 0
0
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 13:43
Dulu kaskus itu pusat berita dari Indonesia buat ane, gan.
Sekarang juga masih menjadi pusat informasi dan pusat hiburan ehhehehe
0 0
0
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 13:45
Ane setuju Gan...
Eksklusifitas di kaskus ane rasa sudah semakin parah...
Ane kangen kaskus yang dulu berisi hotrit yang ciamik, kalo dibandingkan sekarang ht isinyaemoticon-Turut Berduka
Tagline yang dulu juga diganti karena ketidakmampuan kaskus untuk mempertahankan "penikmatnya"emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 13:46
Namanya juga Netizen gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:17
ane angkatan 2016. Alhamdulillah masih bisa rasain keseruan dan keramaian kaskus saat itu. sempat ikut juga kegiatan cendolin 2 tahun dan sempat dapetin mobil hadiah tebak skor liga inggris.
"bunga pun ada layunya"
0 0
0
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:27
Ane dulu sampe bela2in beli jaket 500rb buat dapetin cendol +1 taun 2012 emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:28
Quote:Original Posted By rizalshinoda
betul, intinya Kita satu forum..
perbedaan itu hal yg wajar, tapi bukan halangan bagi Kita jalin pertemanan..
seperti tagline kaskus sekarang, "berbagi hobi, berkomunitas" ...

*DariNubieYangSokTau emoticon-Embarrassment


Ayahh ijal ikut ke prau jg ga?
0 0
0
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:29
Quote:Original Posted By Farrelchaem
Kaskus sekarang gak seramai dulu gan (<2017)
Mesti ada penggalakan branding nih.
Kaskus sebagai forum resmi orang Indonesia/penutur Bahasa Indonesia/WNI yang ada di luar negeri.

Jadi netizen Indonesia gak hanya nongkrong di Instagram, YouTube dan Facebook doang. Tapi juga Kaskus.


Ane sempet berpikir seandainya pemerintah ngeblokir fb/ig dll dan org indo hanya bisa pake kaskus wkwkwkk ky weibo nya cina itu lohh
profile-picture
gentongb memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:30
Quote:Original Posted By kotiii
Ane dulu sampe bela2in beli jaket 500rb buat dapetin cendol +1 taun 2012 emoticon-Leh Uga


Oh my gawd emoticon-Leh Uga
Sebegitu berharganya yaa satu cendol di masanya.. Skrg malah udah priceless sejak ada infinity war eh infinity timpuk
profile-picture
profile-picture
gentongb dan iwakendog memberi reputasi
2 0
2
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:32
Gan , bata / cendol udah gak penting lagi
Pasca FJB udah tewas.
Jd gk usah obsesi ama bata cendol lagi

ane pribadi malah lebih suka kalau comment ane di qoute /dipajang d page one suatu HT, daripada dikasi barcen
Diubah oleh djinggo88
profile-picture
profile-picture
gentongb dan prayformysky memberi reputasi
2 0
2
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:34
Quote:Original Posted By goonerettekw

Ayahh ijal ikut ke prau jg ga?

kenapa emang ?
mau diajak poto bareng ? emoticon-Embarrassment
profile-picture
gentongb memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:41
Keren lu Gan jago merangkai kata yang original kayak gini.

Apa cuma Gw yang baca dari atas sampe bawah thread TS ini gak ada gambar sama sekali..?
profile-picture
gentongb memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:44
setuju gan, dengan TS yang udah susah payah nulis trit panjang lebar. tiba-tiba di bully sama kaskuser lain cuma karena gak sesuai sama ama selera mereka. walaupun ada beberapa trit yang di ambil dari sumber lain terus di tambahkan opini sendiri. seenggaknya kita harus hargain sedikit gan. tapi balik lagi ke diri sendiri, gak semuanya kaskuser kaya begitu termasuk ane emoticon-Malu emoticon-Betty
profile-picture
gentongb memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:48
Quote:Original Posted By Farrelchaem
Kaskus sekarang gak seramai dulu gan (<2017)
Mesti ada penggalakan branding nih.
Kaskus sebagai forum resmi orang Indonesia/penutur Bahasa Indonesia/WNI yang ada di luar negeri.

Jadi netizen Indonesia gak hanya nongkrong di Instagram, YouTube dan Facebook doang. Tapi juga Kaskus.


Setuju gan, kita buat "facebook"nya indonesia. Yaa kaskus ini emoticon-2 Jempol
profile-picture
gentongb memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:50
Jangan keseringan di dumay, nanti ga ada teman di dunia nyata, berasa cupuemoticon-Belgia

Ane suka ngetawain cebong kampret aja sih, ribut terus ngebela junjungan merekaemoticon-Leh Uga
profile-picture
gentongb memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:51
+1 aja emoticon-Big Grin
profile-picture
gentongb memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 14:58
emoticon-Wow emoticon-Wow
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 15:08
Quote:Original Posted By rizalshinoda
kenapa emang ?
mau diajak poto bareng ? emoticon-Embarrassment


Kalo blm bawa alat gunung, ngerental di aku yaa.. Wkwkwkwkkk
Mampir sini
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Tipikal Orang Indonesia (di Kaskus)
10-07-2019 15:08
panjang lebar banget gan, situ curhat? masukn ke h2h aja jangan ke lonje
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia