alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.53 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1f58d965b24d4a88279f8f/beberapa-kosa-kata-terbaru-keluaran-versi-kbbi-yang-kudu-gansis-ketahui
Lapor Hansip
05-07-2019 21:04
Beberapa Kosa Kata Terbaru Keluaran Versi KBBI yang Kudu GanSis Ketahui
Past Hot Thread
Beberapa Kosa Kata Terbaru Keluaran Versi KBBI yang Kudu GanSis Ketahui




Assaalamu alaikum gansis. Kabar baek kan gansis?


Beuhh lama juga akun kaskus ane nganggur. Hampir aja ane kena syndrome writer block. Wkwk. Ini nih gegara kena efek banjir otak ane kudu distel. Tega bener yak Kenken ma diri sendiri. Sad dah.  Maafin ane yeah sehabis kena musibah baru sempat nih ngadon tinta pena lagi. (Kagak ada yang nunggu juga kalee).

Oke guyz. Yuk di klepon eittzz dikepoin trid ane nih. Skepo massal yah. Hahaha.

Kali ini ane pengen sharing yang sesuatu banget. Sesuatu nih gansis. En vital banget dah buat agan sista yang demen banget coret-coret ataww merangkai aksara. Yup. Bukan merangkai hati agan yah. Hehe.

Agan sista pasti dah famous banget dengan KBBI. Apalagi nih buat agan yang hobinya nulis. Hal yang berhubungan dengan kosa kata kudu jadi santapan wajib bagi agan sista.

Tahu gak, KBBI baek banget udah berbaik hati netasin kosa kata baru dalam bidang pertulis-menulisan. Duille bahasaku kocar abizz dah. Sorry yah gan.

Sebab setahu ane nih Om Tante KBBI selalu memutakhirkan kosa kata dua kali dalam setahun. Dan pada April 2019 ini, Om n' Tante KBBI telah menambah perbendaharaan kosa kata baru. Meski kata-katanya aneh-aneh sih bagi ane. Upzz. Sorry Om Tante KBBI.

Kayak coretan ini nih 

Dua belas purnama
Cawan rindu menatap kosong
Kunanti Beribu-ribu Bahasa Indah
Dari tangisan anak-anak kata
Merindu terlahir dalam buaian literasi (gaje benar dah coretan acakadul versi Ryken pb) Hihi.


Lanjut yah guyz!

Pun, menurut ane yang suka seni puisi ada beberapa kata yang bagus untuk dirangkai. Seperti : Kahumata, takepan, janapada, dan rahum. Ane paling suka kata kahumata. Upzz. Tengkiu yah Om Tante KBBI, ane jadi punya ide dari satu kata itu. Agan sista penasaran dengan artinya, pun kosa kata lainnya? Yuk disimak yah! Nih cekidot yah.

* Agau : Menyuapkan makanan dengan sendok hingga ke anak tekak

Kata ini termasuk dalam kelompok kata kerja, yang sebetulnya kata tersebut berasal dari bahasa Melayu Riau.

Hal semacam ini pun. Maksud ane kondisi agau, pasti lazim bagi agan sista. Mungkin pula pernah ngerasain keselek ujung sendok. Hahaha. Ane sih pernah yah ngerasain dan membuat orang ngerasain hal serupa itu. Tenang ane gak sadizz kok. Itu ane lakuin kagak sengajalah.

* Alpis : Kempis (tentang perut wanita yang baru selesai melahirkan)


Kalo kata ini masuk dalam kelompok kata benda gansis. Penggunaannya pun mudah kayaknya nih. Kayaknya!

Mungkin kalimat begini cocok kalee yah.

Wanita berkulit serupa kapas itu. Dahulu perutnya berbola kini tampak begitu alpis. (Wkwk ... sorry gan sis. Otak ane hanya bisa merangkai contoh kata kayak gini menurut pemahaman ane sih. Ojo mbully yoh). 

* Ekacula : Hewan bercula satu

Sepertinya kata ini sangat cocok dengan salah satu hewan yang dilindungi dari kepunahan. Yupz. Badak bercula satu.

Tapi bisa juga yah kalo diplesetin ekacula jadi e kamu culas. Haha. Ya ampun. Maaf yeah mimin momod.

* Kahumata : Bulan kesatu

Nah. Kata ini paling ane suka diantara deretan bayi kata yang baru lahir ini.

Tapi ada intro otak dikit nih buat semua. Sebab poin ini nyangkut dalam penanggalan. This is guyz.

Quote:
Kita mengenal kalender yang mengaju pada peredaran bumi yang mengitari matahari yaitu biasa disebut kalender masehi.

Kalender Masehi atau Anno Domini dalam bahasa Inggris adalah sebutan untuk penanggalan atau penomoran tahun yang digunakan pada kalender Julian dan Gregorian. Era kalender ini didasarkan pada tahun tradisional yang dihitung sejak kelahiran Yesus dari Nazaret. Wikipedia

Tapi selain itu, kita juga mengenal  penanggalan pada peredaran bulan yaitu kalender hijriyah. Ternyata selain kalender hijriyah ada juga beberapa masyarakat yang menggunakan penanggalan pada fase bulan yang merupakan penanggalan dalam kalender lunar yang dikenal sebagai kalender Batiang dan kalender Jawa Islam.

Beberapa warga yang menggunakan penanggalan kalender Batiang tak jauh-jauh dari kita, masih di negeri tercinta ini loh.

Pasti agan sista tahu masyarakat Sangihe yang merupakan salah satu suku yang berada di provinsi Sulawesi Utara. Masyarakat tersebut masih banyak menggunakan penanggalan secara tradisional yang kabarnya sih, penanggalan Batiang diadopsi dan dibawah melalui gerakan misionaris pada zaman dahulu.


* Janapada : Daerah yang terletak di pinggir kota; negeri

Kata ini dalam KBBI termasuk dalam kategori sebagai kata benda.

Pas banget nih. Ane juga bermukim di janapada dari salah satu kabupaten pada provinsi Sultra.

* Latsar : Latihan dasar

Akronim ini semua pasti sudah tahu maksudnya. Sure deh ane. Seperti halnya ane memahami arti dirimu bagiku. Eaaakk .... hahaha.

* Takepan : Jilid naskah lontar, biasanya terbuat dari bilah kayu atau bambu

Menilik dari arti takepan itu sendiri, kita pasti tahu pangkal dan ujung dari kata tersebut. Bener gak gansis? Ada aroma-aroma purba yah. Gak jauh-jauh dari peninggalan sejarah. Jauh sebelum kita mengenal kertas dan pena yang ada saat ini. Nenek moyang kita sudah lebih dulu mengenal aksara dan media untuk menulis. So, nenek moyang kita sudah pintar-pintar tentunya. Hanya saja aksaranya beda yah dengan sekarang.

Selain lontar. Nenek moyang menggunakan media batu yang kita kenal sebagai prasasti. Isi naskah pastinya tentang sikon pada zaman tersebut, tentang kerajaan-kerajaan yang berkuasa saat itu bahkan berisi doa juga puji-pujian untuk para raja-raja.

Berdasarkan asal, kata "takepan" berasal dari bahasa Bali dan kata tersebut dikategorikan dalam kelompok kata benda. 

* Anyu : Mendorong dengan pinggang dan dilakukan berulang-ulang

Colak-colek ... colak-colek hobi anak jaman sekarang. Upss. Nyanyi deh. Haha.

Btw. Kata anyu terbaca lucu yah. Tapi jangan salah loh. Kata ini merupakan kata serapan dari bahasa daerah. Pernah dengar kata Gayo kan? Nah! Kata "anyu" berasal dari bahasa Gayo. Beuhh. Indonesia kaya uyy. Banyaknya suku dan bahasa dari berbagai daerah buat ane berdecak kagum sekaligus buat ane gigit jari kalo ada yang ngomong ma ane pake bahasa daerah. Ane kagak paham brosis Kata temen-temen sih. Ane bisa aja dijual tapi tetap gak ngerti juga. Ngenezzz kan!? Hiks ... hiks.

Saat kita kesulitan dalam menggunakan tangan. Salah satu alternatif adalah menggunakan pinggang kita untuk mendorong sesuatu. Pintu misalnya. Atau mencolek pinggang seseorang sebagai kode. Hahaha. Nah kira-kira begitulah pemahaman ane.

* Rahum : Air asin atau air laut yang masuk ke perahu

Ditilik dari maknanya kata "Rahum" masuk kategori kata benda. Kalo baca arti kata ini. Ane jadi ingat video beberapa waktu lalu. Ngeri banget. Ombak air laut ganas banget menari-nari pada bibir-bibir kapal. Dan hampir saja melahap kapal besar tersebut. Sorry melenceng dikit ya guyz.

* Unikorn : Perusahaan rintisan yang nilainya lebih dari satu miliar dolar Amerika

Kata ini ane yakin udah gak asing bagi gansis. Terbaca keren yah! Bayangin aja sebuah perusahaan yang dari nol dan sukses hingga bernilai segede itu. Bahkan kata unicorn biasa digunakan dalam anime eh salah kartun maksud ane. Unikorn sendiri merupakan kata serapan dari "Unicorn".

Gimana gansis. Nambah kosa kata kan? Tentunya sangat berguna juga buat ane. Yuk. Kita pergunakan kosa katanya dalam merangkai aksara. Bisa ala biasa. So, kita kudu pergunakan bahasa kita dengan benar. Nih saran banget buat ane nih Secara tulisan ane di trit ini buanyyak amat yang terpeleset eh kuplesetin. Hehe. Sorry. Asyik sih. Ya, kebanyakan jaman now banyak kosa kata yang diplesetin. Mesti keren sih. Dan ane juga biasa make. Haha. Misalnya : Terkejut -- terkejoud
Kalian -- kelenn -- keleyyan

Semoga bermanfaat yah coretan ini.



Quote:Bila berkenan mampir di thread ane lainnya di sini nih gansis. In shaa Allah bermanfaat.

Cerbung : Sepenggal Kisah di Bawah Pohon Genitri~ HT

Stop Violence Against Women

Kenali Jenis Penyakit Satu Ini! Thalassemia

Korupsi 'Tenggelamkan

Teenlit : I Love Your Dimples~HT

Ide Mentok Nih Tipsnya GanSis~HT

Cerbung: Rembulan Separuh Muram(1)~HT

Cerbung: Rembulan Separuh Muram(2)~HT

Ayo Sukseskan Pemilu 2019 No Golput

Seberapa Gregetnya Sih Jadi Hypebeast~HT

Resensi Novel Tere Liye "Daun Jatuh yang Tak Membenci Angin~HT

"KETIX Salah Satu Komunitas Bergengsi Indonesia yang Perlu GanSis Ketahui

Euforia Usai Pesta Demokrasi Pemilu 2019

Tips Cantik dan Deretan Foto Sexy Nenek Rasa Abg

Gempa Bumi Magnitudo 6,9 Mengguncang BanggaiKep-Sulawesi Tengah



GIF

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh rykenpb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
opabani dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 12
09-07-2019 21:09
Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
sundul


Hhh....hatiku yah emoticon-Ngakak
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1
09-07-2019 22:44
Info bagus Dear... Save & subscribe emoticon-pencetemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
3
10-07-2019 08:56
aku hadir lagi nich...
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1
10-07-2019 08:58
Wah info baru , terima kasih say
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan rykenpb memberi reputasi
2
10-07-2019 08:58
Musti sering-sering bertamu ke om dan tante kbbi nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
3
10-07-2019 08:59
Quote:Original Posted By rykenpb


Hhh....hatiku yah emoticon-Ngakak


Jadi yang bener itu hati ku apa hatiku?

Kalau hatimu buat siapa ken emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan rykenpb memberi reputasi
2
10-07-2019 09:01
Baru tau aku. Tengkyu kakak😘
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan rykenpb memberi reputasi
2
10-07-2019 09:47
Quote:Original Posted By rykenpb
Reserved


Sy ud cari di aplikasi kamus, ngg ad sis, brrti download ulang ya? Apa itu cuma ada dibuku, ngg tersedia ol
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan rykenpb memberi reputasi
2
10-07-2019 10:17
Quote:Original Posted By rykenpb
Reserved


Hay mbk say
Kamus istilah ya
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan rykenpb memberi reputasi
2
10-07-2019 12:23
wah kamu anak millenial banget😍
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan rykenpb memberi reputasi
2
10-07-2019 15:14
mantap
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1
10-07-2019 19:42
Quote:Original Posted By yukinura
Info bagus Dear... Save & subscribe emoticon-pencetemoticon-2 Jempol


Silakan beb. Tq yah emoticon-Big Kiss

Quote:Original Posted By yukinura
aku hadir lagi nich...


Wkwk. Iy beb

Quote:Original Posted By erina79purba
Wah info baru , terima kasih say


Smsm syg. Jgain ntu yah. emoticon-Big Kiss

Quote:Original Posted By IztaLorie
Musti sering-sering bertamu ke om dan tante kbbi nih


Hhh. Aku beri julukan om n tante.

Quote:Original Posted By lin.dwija
Baru tau aku. Tengkyu kakak😘


Smsm syg. buat km tuh penulis hhh

Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Sy ud cari di aplikasi kamus, ngg ad sis, brrti download ulang ya? Apa itu cuma ada dibuku, ngg tersedia ol



Kbbi daring beb
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1
10-07-2019 19:44
Quote:Original Posted By alizazet
Hay mbk say
Kamus istilah ya


kbbi daring beb

Quote:Original Posted By febrianaryna
wah kamu anak millenial banget😍


Hhhh... gnerazi ut emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By ajang.dee
mantap


Hai ajang. Slmat yah udah bebas dari bui emoticon-Ngakak
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1
10-07-2019 19:45
Quote:Original Posted By ebipo
Jadi yang bener itu hati ku apa hatiku?

Kalau hatimu buat siapa ken emoticon-Malu


Hatiku bipo.


Lahacia. Hhh....yg jelas ada ijo2nya emoticon-Ngakak
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1
11-07-2019 11:49
Anyu anyu berarti goyang yaak Sis emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1
11-07-2019 12:16
Quote:Original Posted By AnisMo
Anyu anyu berarti goyang yaak Sis emoticon-Ngakak (S)


Bukan beb. Itu kyk senggol2 gitu
profile-picture
AnisMo memberi reputasi
1
11-07-2019 12:23
Quote:Original Posted By rykenpb
Bukan beb. Itu kyk senggol2 gitu


Mirip2 goyang lah beb emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1
11-07-2019 23:07
udeh lama gak liat kosakata sejak lulus sekolah
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1
11-07-2019 23:08
Inilah yg bikin kita wajib belajar bahasa Indonesia, awalnya mikir orang ane orang indo ngapaen di sekolah belajar indo. Namun setelah di ksh pencerahan oleh guru ane, ane baru tau msh banyak kesalahan2 kita dlm kosakata. Jujur aja dehhh kalian aja pasti ada yg gatau kan salah satu arti dr kata bahasa Indonesia, sama ane jg pdhl sm bahasa sendiri loh. Jgn itu anonim sm sinonim aja suka ketuker wkwkwkwk
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1
11-07-2019 23:08
sudah HT saja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan rykenpb memberi reputasi
2
Halaman 3 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.