sligain
TS
sligain
Belajar arti gagal dari Thomas Alva Edison
Siapa sih yang tidak mengenal sosok Thomas Alva Edison, salah satu penemu hebat dengan kontribusi yang sangat besar bagi dunia modern. Salah satu temuannya adalah bola lampu pijar yang kemudian hari menjadi hal yang sangat bermanfaat di masa depan, yakni seperti di masa sekarang ini.


bbvaopenmind.com

Namun bukan sampai di situ saja, ternyata ada hal yang cukup menarik di balik temuannya itu, Di mana ternyata Thomas Alva Edison sudah melakukan 10,000 kali percobaan yang gagal sebelum akhirnya ia dapat menemukan cara yang tepat. Tapi hal yang cukup mengejutkan adalah bagaimana respon Thomas Alva Edison ketika di tanya berapa kali ia gagal dalam percobaan ini.

*****

Thomas Alva Edison:

“I have not failed 10,000 times. I have not failed once. I have succeeded in proving that those 10,000 ways will not work. When I have eliminated the ways that will work, I will find the way that will work.”

Bahasa Indonesia:
“Saya bukan gagal 10,000 kali. Saya tidak gagal satu kali pun. Saya berhasil membuktikan bahwa ada 10,000 cara yang keliru. Ketika saya telah mengetahui cara – cara yang keliru, akhirnya saya akan menemukan sebuah cara yang benar.”

*****

Berikut beberapa hal yang dapat kita ambil sebagai pelajaran dari kisah Thomas Alva Edison ini:

Konsisten
Hal pertama yang dapat kita ambil sebagai pelajaran adalah bagaimana Thomas Alva Edison bisa sekonsisten itu dan terus berusaha dalam melakukan penelitian tersebut, bayangkan saja kalau seandainya Thomas Alva Edison memutuskan untuk menyerah tepat di 9,999 kali percobaanya mungkin sampai sekarang kita tidak akan pernah mengenal bola lampu.

Tekun
Selain konsisten hal lain yang dapat kita ambil sebagai pelajaran adalah Tekun, ya bener banget semangat berapi – api saja ngga cukup buat Thomas Alva Edison untuk tetap terus melakukan penelitiannya, karena semangat tanpa aksi sama aja dengan omong kosong, kita harus membuktikannya tidak dengan semangat doang tapi kita harus bekerja keras dalam memecahkan masalah yang sedang kita hadapi saat ini.

Optimis
Optimis atau berpikir positif adalah hal paling penting setelah konsisten dan tekun, tentunya akan sangat menyulitkan sekali bagi Thomas Alva Edison menyelesaikan penelitiannya kalau ia selalu merasa pesimis, selalu merasa bahwa penelitiannya tidak akan menghasilkan apa – apa dan lainnya. Optimis jugalah yang membuat kita semakin mudah menyelesaikan suatu hal, dengan optimis kita akan selalu berpikir positif dan yakin terhadap segala hal yang kita lakukan.

Tidak pernah menyerah
Dari semua hal yang sudah kita bahas, hal ini adalah hal yang paling penting dalam melakukan sesuatu, tidak perduli seberapa banyak kita gagal, hal inilah yang akan membantu kita untuk terus bangkit dan terus berusaha untuk melakukan sesuatu yang ingin kita capai, Hal ini jugalah yang membantu Thomas Alva Edison dalam menyelesaikan proyek penelitiannya, dengan semangat tidak pernah menyerah akhirnya ia menemukan cara yang berhasil setelah 10,000 kali gagal dalam percobaan sebelumnya.

*****

Ternyata banyak juga ya hal yang dapat kita ambil sebagai pelajaran dari kisah gagalnya Thomas Alva Edison, menurut agan sendiri gimana nih. Hal apa yang paling penting bagi agan sendiri tentang beberapa hal yang sudah kita bahas di atas. Kalau ane sendiri Tidak pernah menyerah karena hal ini yang mengajarkan kita untuk terus selalu berusaha walau kita sudah gagal berkali – kali sebelumnya.


*****

Sekian dari Ane Bre & Sista.
Be positive, lalu bagikan informasi ini,
bila menurut agan perlu.
Sampai jumpa di Thread selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast


Spoiler for Refrensi:
Lambe.leor671prastyan93lsenseyel
lsenseyel dan 15 lainnya memberi reputasi
16
6.7K
58
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.