babygani86
TS
babygani86
Peran Orang Tua Sangat Penting untuk Mengenali Gejala Awal Kanker
Sampai saat ini kanker masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Di kawasan Asia Tenggara saja kanker telah membunuh lebih dari 1,2 juta orang setiap tahun. Bahkan di Indonesia, penderita kanker bertambah setiap satu jam.

Kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol yang membelah diri di luar kendali. Sel-sel abnormal tersebut kemudian menyerang jaringan lain dan atau membentuk benjolan. Sebuah tumor tumbuh menjadi benjolan sel kanker yang dapat menghancurkan sel-sel normal di sekitar tumor tersebut dan merusak jaringan sehat yang lain didalam tubuh. Kadang-kadang sel-sel kanker melepaskan diri dari tumor yang pertama terbentuk dan menyebar ke area lain dari tubuh, di mana mereka terus bertumbuh dan dapat melanjutkan untuk membentuk tumor baru.



Kanker bisa menimpa siapa saja, orang dewasa, anak-anak, bahkan janin yang masih di dalam kandungan. Namun karena gejala kanker stadium awal tidak menimbulkan gejala, maka tidak mudah untuk mengenali tanda timbulnya kanker. Hingga kini masih sulit melakukan deteksi awal kanker pada anak. Kebanyakan baru bisa dideteksi setelah terjadi benjolan atau tumor. 

Quote:


Kanker pada anak yang sering dijumpai adalah leukemia atau kanker darah. Berbeda dengan tumor yang disebut kanker padat, kanker darah masuk ke dalam jenis kanker cair karena tidak ditandai dengan adanya benjolan. Leukimia pada anak memiliki ciri antara lain pendarahan kulit, gusi, atau mimisan, kejang, nyeri tulang, dan pembengkakan gusi.



Langkah awal yang harus dilakukan orang tua saat melihat adanya tanda tanda seperti di atas pada anak adalah segera memeriksakan kondisi kesehatan anak ke dokter. Bukan tidak mungkin anak yang terdiagnosa kanker dapat disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Sebuah laporan yang dirilis oleh The American Cancer Society mengatakan bahwa penemuan kasus kanker pada anak meningkat sementara angka kematian anak akibat kanker menurun. Hal tersebut membuktikan, meskipun kasus kanker terus bertambah namun potensi untuk sembuh sangat besar. Pada dasarnya pengobatan kanker pada anak sama saja dengan pengobatan kanker pada orang dewasa yaitu dengan kombinasi antara operasi, kemoterapi, radiasi, dan transplantasi sumsum tulang. Hingga kini belum diketahui dengan pasti apa penyebab kanker pada anak. Satu satunya cara yang dapat dilakukan anak untuk mencegah terjadinya kanker pada anak adalah dengan mengajarkan anak pola hidup sehat.

Kanker stadium awal pada dasarnya masih dapat disembuhkan, oleh karena itu peran orang tua sangat penting untuk mengenali gejala awalnya. Jadi, jangan lengah dan jangan sungkan untuk segera memeriksakan anak ke dokter jika ada tanda yang mencurigakan




Spoiler for Referensi:




tata604yugeelkudanil.la
kudanil.la dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
19
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.