londo.046Avatar border
TS
londo.046
Suami Harus "Takut Istri"


Suami yang baik itu, harus "takut istri." Saya tidak sedang ngelantur kok, tapi memang seperti itu potret ideal seorang suami. Menjadi laki-laki itu berat, tanggung jawab bukan hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk orang yang diajaknya berumah tangga dan keturunannya kelak. Makanya, agak mengherankan jika ada laki-laki yang tidak takut dengan istrinya. Rasanya patut dipertanyakan, ini laki-laki baik atau bukan.



Ketakutan pertama yang harus dimiliki oleh seorang suami adalah, takut tidak bisa membuat istri nya sejahtera. Parameternya jelas, kehidupan sang istri sebelum diajak berumah tangga. Contoh konkretnya, sebelum menikah, sang istri oleh orang tuanya mendapat fasilitas macam-macam. Mulai dari kendaran, ongkos ke salon per minggu, uang saku untuk keperluan pribadinya. dan seterusnya. Pertanyaannya, sanggupkah para suami menyediakan itu semua setelah meminta si gadis dari orang tuanya?

Jangan berlindung dibalik kata, "yang penting kan cinta." Salon tidak mau dibayar pakai cinta bro, apalagi dealer sepeda motor, di sana mereka senyum kalau dapat uang DP, bukan cinta mu. Jadi, jika anda adalah laki-laki baik, dan berniat mengajak anak gadis orang berumah tangga, perhatikan apa yang Papa-Mama nya berikan. Kira-kira pendapatan anda nanti, bisa tidak mencukupi apa yang selama ini diterima sang gadis.

Terdengar materialistis? Realistisnya, hidup memang penuh dengan sesuatu yang berbau material kok. Boleh saja wanita yang anda ajak berumah tangga menerima keadaan anda. Tapi sebagai laki-laki, apa tidak malu jika sudah meminta anak gadis orang, bukannya disejahterakan, tapi malah diajak hidup ngenes? Hehehe..



Ketakutan selanjutnya adalah, ketakutan tidak bisa mengajarkan ilmu yang baik dan bermanfaat kepada istri. Ada sebuah pernyataan yang saya sangat setuju, "Baik buruk seorang istri, tergantung suaminya." Di sini peran suami sebagai "sumber pengetahuan "  itu vital. Bukan hanya soal pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga pengetahuan dalam agama yang dianutnya. Ini penting, karena agama adalah tongkat yang menuntun pada kebaikan.

Maka, marilah para suami, para laki-laki, jangan pernah berhenti ngaji, belajar, dan mencari ilmu kepada siapa saja. Jangan pernah merasa ilmu yang anda miliki cukup, tapi teruslah merasa kurang dan bodoh. Orang kalau merasa pintar, biasanya akan malas belajar dan meremehkan orang lain. Sebaliknya, orang yang merasa masih bodoh, akan terus bekerja keras, belajar, mencari tahu apa saja yang dianggap masih belum diketahui.



Terakhir, ketakutan tidak bisa memberi rasa aman, dan nyaman. Bedanya dengan yang pertama adalah, ini lebih berhubungan dengan kebutuhan psikis. Pernah tidak saat kita kerja, sampai lupa waktu, pulang larut, kemudian kita merasa sebal karena ada yang tidak pas. Kenapa kita (laki-laki) tidak berfikir sebaliknya. Nyaman tidak sih, seorang wanita yang ditinggal kerja sampai malam? Enak tidak sih, sudah capek-capek masak dari sore, eh ternyata yang dimasakin pulangnya dini hari, mukanya ditekuk lagi.

Di situlah perlunya laki-laki mengambil sikap. Kerja keras sampai larut, itu memang kewajiban kita, laki-laki! Ingat ya, namanya kewajiban itu tidak bisa ditawar, harus dilakukan. Dan memberikan perhatian, kenyamanan, keamanan pada istri, juga merupakan kewajiban kita! Artinya, saat kita pulang malam, satu kewajiban kita tidak tertunaikan bukan? Apa yang harus dilakukan jika kita lalai mengerjakan kewajiban? Minta maaf dong, komunikasi yang baik, dan ini yang penting, berikan Quality time pengganti untuk istri kita. Jangan malah marah-marah apalagi sok ngaku sudah kerja untuk istri, itu kewajiban mu ndul! Ngapain ngeluh?

Well, mari belajar untuk menjadi laki-laki yang takut istri. Utamanya untuk tidak menjadi egois dengan keinginan dan kenyamanan saya sendiri. Saat kita sudah berani mengajak anak gadis orang menikah, saat itu juga peran dan fungsi kita berubah. Dari seorang pemuda merdeka, menjadi seorang pria yang takut dengan istri-istri nya. Salam Damai.



Merdeka!


Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini
uchiha.df96
tien212700
shadowfishy
shadowfishy dan 38 lainnya memberi reputasi
37
13.2K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.