az.freak
TS
az.freak
Cipeuteuy, Alternatif Camping Seru Bersama Keluarga

Mendaki gunung memang masih menjadi trend aktivitas para anak muda saat ini, terlebih jika dilakukan oleh orang-orang terdekat. Sensasi Camping di alam bebas menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka karena bisa merasakan bagaimana hidup di luar rumah. Namun sepertinya cukup sulit jika kegiatan tersebut dilakukan di atas gunung bersama keluarga, karena melihat medan yang cukup sulit dan tentunya harus menyiapkan perbekalan yang tidak sedikit.

Beberapa pekan yang lalu, saya mencoba mencari alternatif agar bisa berkemah namun tidak melakukan pendakian yang berat. Bermodalkan teman virtual Google dan Maps, akhirnya saya menemukan alternatif tempat berkemah yang cukup asyik kalau kata orang. Penasaran dengan testimoni yang ada, akhirnya saya putuskan untuk berangkat. Yup, Cipeuteuy.




Bumi Perkemahan Cipeuteuy, terletak di Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat. Yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah suasananya masih asri dan alami dalam artian belum terlalu banyak tersentuh oleh tangan dan bangunan manusia. Bumi perkemahan yang dikelilingi oleh pohon pinus ini memiliki camping ground yang cukup luas. Jika dihitung ada 3-4 lahan besar yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Nah bagaimana perjalanan kesana. Ini dia gan.


---------------------------




Kali ini saya bersama rombongan berangkat dari Jakarta menggunakan motor kesayangan yakni trail, kebayang bagaimana pegalnya nanti? iya jelas karena jarak tempuh dari Jakarta sekitar kurang lebih 70KM. Tapi jarak ini tidak seberapa jika dibandingkan perjalanan saya sebelumnya ke Garumukti, Garut yang mencapai jarak tempuh 240 KM menggunakan motor trail. Jadi jarak ini masih sangat sangat enteng. Perjalanan memakan waktu sekitar 3-4 jam dari Cengkareng menuju Cipeuteuy melalui jalan Parung Panjang. Efek bawaan yang cukup berat ditambah menggunakan motor trail, kita harus istriahat dua kali sekaligus belanja keperluan memasak di tengah perjalanan dekat lokasi.

Singkat cerita, sesampainya disana, ternyata ekspektasi saya sedikit melenceng, karena saya mengharapkan bisa menuju tempat perkemahan menggunakan sepeda motor, namun saat itu jalan menuju pintu masuk bumi perkemahan ditutup dikarenakan adanya pengaspalan jalan, sehingga kita harus menitip motor di rumah warga yang jaraknya sekitar 30-45 menit menuju perkemahan. Mau tidak mau, akhirnya kita harus lanjut berjalan kaki membawa semua barang kecuali motor. Harapan untuk brabbrabbdijalan tanah yang tidak rata harus pupus.




Jalan yang tidak terlalu sulit menjadi alasan banyak rombongan datang untuk berkemah. Untuk sekali menginap (semalam) dikenakan biaya 35 ribu per orang sementara untuk parkir kendaraan bermotor dikenakan biaya 10 ribu per motor. Tidak seperti tempat kemah pada umumnya, disini masih jarang warung tenda yang berdiri, hanya ada satu atau dua, dan itu pun adalah pemilik dari si penjaga bumi perkemahan ini.



Bumi perkemahan ini, selain dikelilingi oleh beberapa curug seperti curug Cipeuteuy, Curug Segitiga dan Curug Cepet, juga terdapat Arca Domas yang berada di dekat pintu masuk perkemahan. Sekadar info, jika agan dan sista ingin berkemah, saya sarankan untuk datang di siang hari karena kondisi masih sepi sehingga bisa memilih spot yang enak untuk mendirikan tenda, karena jika sudah menjelang sore ke malam hari, suasana sudah mulai ramai. Sementara itu, di bumi perkemahan ini juga terdapat WC Umum kurang lebih 5-7 pintu yang bisa digunakan untuk buang air atau mandi, namun dikarenakan saya pergi di waktu musim kering, ternyata disana air terputus dan tidak bisa mengangkut ke WC Umum, jadi kalau ingin buang air, silakan cari tempat yang aman tapi bukan di aliran air terjun yang di bawahnya ada orang ya.





Selain cocok untuk menghilangkan rasa penat dari kebisingan ibu kota dan sekitarnya, tempat ini juga sangat cocok untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk berkemah dan mengajarkan bagaimana mencintai alam tanpa perlu menanjak gunung yang tinggi. Jika Agan dan sista ingin merasakan sensasi tidur di alam dengan tenda mungkin Cipeuteuy bisa dijadikan alternatif liburan di akhir pekan ini.


Spoiler for Foto air terjun:



---- Selamat berlibur meriah ----



Baca thread ane yang lain

di marigan.




alifrian.ceuhettyDarpox
Darpox dan 9 lainnya memberi reputasi
10
9.5K
63
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANC
icon
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.