Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
7004
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57a87e4d1a997572268b4568/klik--komunitas-livina-kaskus----part-5
SEBELUM POST MENANYAKAN SESUATU BACA HALAMAN INI SAMPAI HABIS UPDATE HUT5KLiK tidak terasa komunitas tercinta kita sudah menginjak 5 tahun, dalam ulang tahun kali ini acara akan dipusatkan di Bandung. sebuah kota yang indah, kesejukan dan juga keramahan penduduknya. maka dengan ini kami panitia HUT5KLiK menundang agan-aganwati semua untuk dapat menghadiri perayaan tersebut. silahkan registrasi dis
Lapor Hansip
08-08-2016 19:42

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !


SEBELUM POST MENANYAKAN SESUATU BACA HALAMAN INI SAMPAI HABIS

Quote:Original Posted By cgeet
UPDATE HUT5KLiK


tidak terasa komunitas tercinta kita sudah menginjak 5 tahun, dalam ulang tahun kali ini acara akan dipusatkan di Bandung. sebuah kota yang indah, kesejukan dan juga keramahan penduduknya. maka dengan ini kami panitia HUT5KLiK menundang agan-aganwati semua untuk dapat menghadiri perayaan tersebut.

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5


silahkan registrasi disini



Dan jika ingin membeli merchandise, silahkan isi form


�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5




mari kita meriahkan acara ini


KAMI TUNGGU DI BANDUNG



BUKA SEMUA SPOILER
LALU GUNAKAN AUTO SEARCH (ctrl + F)

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

Quote:
Quote:
INDEX

Quote:

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

Livina Series


Quote:Original Posted By KLiK.Official
Dear All Calon KLiKers,


Mohon pendapat dan masukan dari rekan sekalian untuk perkembangan KLiK kedepannya.

Tujuan didirikannya KLiK adalah untuk mewadahi para pecinta Livina, baik yang sudah punya maupun yang ingin memilikinya.

Sejatinya sesuai nama Komunitas, maka dalam member KLiK tidak ada yang namanya ketua dsb, yang ada semua member diperlakukan sama, bebas berpendapat.

Hal terpenting sebagai calon member KLiK :

1. NO SARA
2. NO FLAME
3. NO DRUGS


Untuk itu mohon dukungannya bagi pengguna dan pecinta Livina agar thread dan Komunitas ini dapat berjalan emoticon-Smilie

Calon Member yang sudah join di Klub lain tetap diperbolehkan untuk join disini, yang terpenting mohon dapat dibedakan urusan KLiK dan urusan klub di tempat lain.


Terima kasih


Regards
KLiK Official emoticon-I Love Kaskus (S)


Thread ini merupakan reinkarnasi dari thread sebelumnya

Bagi yang ingin berbagi atau bertanya seputar Livina Series dari Nissan silakan mampir.

KLiK (Komunitas Livina Kaskus) mulai eksis ditandai dengan dimulainya thread KLiK yang pertama yaitu tanggal 12 September 2011.

Kopdar pertama diadakan tanggal 30 Oktober 2011.

Admin KLiK.Official


�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

Quote:
Quote:
emoticon-armyGeneral Rules emoticon-army

Wajib baca link di bawah ini sebelum posting
Tata Tertib Umum di Forum Roda Empat


�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

Quote:
Quote:
emoticon-armyemoticon-armyRULES pemesanan, pembelian, serta pemasangan Stiker dan Jersey KLiK emoticon-armyemoticon-army

Guna menjaga nama baik KLiK (Komunitas Livina Kaskus) dan juga KASKUS pada umumnya, dengan ini peraturan pembelian, pemasangan, serta pemesanan stiker akan di buat sebagai berikut :

1. Calon member yang ingin mendapatkan stiker KLiK harus wajib datang minimal 5 kali KOPDAR (kopi darat) di masing-masing regional atau minimal 20 kali post di dalam forum KLiK (bila di wilayahnya belum ada regional yang terbentuk), Setelah itu baru di persilahkan melakukan registrasi dan memesan stiker serta jersey KLiK. Hal ini guna mempererat tali silahturahmi antar sesama member, dan juga menghindari penyalah gunaan stiker yang sudah terpasang di kendaraan masing-masing dalam hal ini bentuk pelanggaran lalu lintas,dsb.
Quote:


2. Sticker KLiK TIDAK diperjual belikan secara bebas di luar forum KLiK, baik di FJB Kaskus atau di manapun.

3. Pemilik kendaraan yang sudah memasang stiker KLiK pada kendaraannya di harapkan agar disiplin dalam berkendara, serta wajib mematuhi tata tertib serta rambu-rambu yang ada.

4. Jika suatu saat mobil akan berpindah tangan atau beralih kepemmilikan, pemilik lama WAJIB melepas atribut yang berhubungan dengan KLiK, dalam hal ini sticker KLiK.



Quote:
Quote:
emoticon-presentemoticon-present..::Tata Cara Pemesanan Jersey & Stiker::..emoticon-presentemoticon-present
Order Jersey KLiK

jersey KLiK


Order STICKER KLiK

Sticker KLiK

================================================
Tips Menghindari Dopost, Tripost, dll

Izin momod pembuatan sticker dengan logo kaskus

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5


PART 0

PART 1

PART 2

PART 3

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
Diubah oleh KLiK.Official
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 320 dari 352
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
07-07-2019 17:50
Quote:Original Posted By bduls
Disini apa cuma ane yang ngalamin bocor oli di tahun ke5 umur mobil. Yang akhirnya mengharuskan mobil turun mesin.
kejadian turun mesin bulan agustus 2018, kena biaya hampir 10juta.


Menurut saya 5 tahun sih mobil masih kuat, blm waktunya turun mesin, mesin hr15de baik yg lama maupun yg baru kuat kok, bnyk suhu2 disini livinanya sdh jalan +150rb km blm turun mesin, tergantung perawatan om, ganti oli baiknya di6rb-7rb km aja jgn per10rb km om biar awet mesinnya.
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
07-07-2019 18:26
Quote:Original Posted By loventovento


Menurut saya 5 tahun sih mobil masih kuat, blm waktunya turun mesin, mesin hr15de baik yg lama maupun yg baru kuat kok, bnyk suhu2 disini livinanya sdh jalan +150rb km blm turun mesin, tergantung perawatan om, ganti oli baiknya di6rb-7rb km aja jgn per10rb km om biar awet mesinnya.


Ada beberapa kasus. Orgnya awam mobil, taunya mobil ikutin interval servis di beres (per 10rb km) tp olinya yg dipakai yg oli beres standar + mobil sering ngetem/ kena macet, Ya tau sendiri deh jdnya bakal nge sludge, akhirnya paking kepanasan rembes deh olinya.
Diubah oleh LeonLy
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
07-07-2019 19:23
Om2, ada info yg jual GL feslip nya?thanks.
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
07-07-2019 20:06
Quote:Original Posted By LeonLy
1. Cek aja shockbreaker nya, klo masih oke Coba cek bushing member belakang, ini bushing yg kadang dilupakan padahal klo sudah Oblak mobil jd glodakan
2. Saya sih ga pernah pakai, di kota saya ga banyak pilihan soalnya emoticon-Big Grin tp klo review teman2 di thread ini cukup lumayan, sedikit lebih empuk dibanding kyb Excel G yg cenderung lebih stuff
3. Ga paham emoticon-Big Grin


Makasih om. Saran dilaksanakan di bengkel autoclinic HI dan ternyata bukan shockbreaker Bilstein yg bermasalah. Ternyata pada 2017 dulu bengkel yg pasang shockbreaker ada salah pasang posisi ring di shockbreaker (terbalik). Skrg sudah beres dan nyaman kembali. Gak jadi ganti shockbreaker. Sekalian cek kaki2, ternyata rack steer mulai kena.

Karena sering jalan jauh dgn kondisi jalan yg kadang mulus kadang berbatuan, sepulang dari bengkel sy coba pasang sendiri spring buffer livina (Tipe B 4cm) di bagian depan dan belakang. Secara tinggi, body bertambah kurleb 2 jari.

Berikut penampakannya.

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
07-07-2019 21:56
Contoh CVT belt dan CVT Pulley ANGL / JATCO CVT7 (JF015E) / NISSAN RE0F11A yang sudah "kemakan":
Quote:�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5


Sumberrr... emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir

Quote:

Contoh tanda2 CVT ANGL bermasalah

CVTF bebas mau pake merk apa saja, yg penting asli dan compatible / approved sama Nissan NS-3.
Sama anu, sebaiknya filter CVT nya kalau mau kuras diganti juga...
Quote:

Bagi yg penasaran kyk gitu cara ganti nya (yes di video nya emg mobil renault tp CVT assy nya sama kyk ANGL)

ANGL CVT ane skrg ud 85rb km, pas 62rb km flush + ganti filter + ganti strainer nya yg post share diotodiy.blogspot.com itu.
Tetep aja CVT nya gk berasa sigap kyk dulu pas baru...
Nama nya rantai besi gerakin dengan cara gesekin ke pulley besi juga pasti lama kelamaan kemakan walau ud di ganti oli nya...

Quote:

Slider shaft yg buat mainin CVT pulley nya aja kalau ud kena terlalu parah wear and tear bearing nya bisa jammed pulley - gear ratio nya jadi gk bisa main. percuma walaupun di flush juga CVTF nya karena besi komponen nya ud kemakan / somplak.

Sekian pencerahan dari nubitol yg pertama kali perlihara mobil CVT.
CMIIW dan mohon maaf kalau ada kesalahan atau ada yang mau ditambahkan.
profile-picture
simply_bre memberi reputasi
1 0
1
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
08-07-2019 07:12
Quote:Original Posted By GameRacer
Contoh CVT belt dan CVT Pulley ANGL / JATCO CVT7 (JF015E) / NISSAN RE0F11A yang sudah "kemakan":


Sumberrr... emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir


Contoh tanda2 CVT ANGL bermasalah

CVTF bebas mau pake merk apa saja, yg penting asli dan compatible / approved sama Nissan NS-3.
Sama anu, sebaiknya filter CVT nya kalau mau kuras diganti juga...

Bagi yg penasaran kyk gitu cara ganti nya (yes di video nya emg mobil renault tp CVT assy nya sama kyk ANGL)

ANGL CVT ane skrg ud 85rb km, pas 62rb km flush + ganti filter + ganti strainer nya yg post share diotodiy.blogspot.com itu.
Tetep aja CVT nya gk berasa sigap kyk dulu pas baru...
Nama nya rantai besi gerakin dengan cara gesekin ke pulley besi juga pasti lama kelamaan kemakan walau ud di ganti oli nya...


Slider shaft yg buat mainin CVT pulley nya aja kalau ud kena terlalu parah wear and tear bearing nya bisa jammed pulley - gear ratio nya jadi gk bisa main. percuma walaupun di flush juga CVTF nya karena besi komponen nya ud kemakan / somplak.

Sekian pencerahan dari nubitol yg pertama kali perlihara mobil CVT.
CMIIW dan mohon maaf kalau ada kesalahan atau ada yang mau ditambahkan.


Nice info om sangat bermanfaat bagi pengguna angl cvt emoticon-Jempol,
Ngeri2 sedap jg yaa pelihara mobil cvt emoticon-Takut Untung saya ambil angl 2018 manual tahun kemarin bukan yg cvt..
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
08-07-2019 08:04
Quote:�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
Fluid capacity CVTF termasuk yg di torque converter 6.9 liter


Factory Service Manual - Transaxle & Transmission RE0F11A (Jatco JF015E):
https://nicoclub.com/FSM/Versa/2016%...%20Note/TM.pdf

Yes emg itu FSM buat Nissan versa note di luar negeri, tp sama koq CVT assy yg dipakai livina cvt pasar indo jd bisa dijadikan guidance buat mengerti seluk beluk CVT yg dipake di grand livina...

And IMHO sorry to say petunjuk beres / resmi di panduan Factory Service Manual manufaktur yg menyarankan 100rb km / 210.000 deterioration point baru perlu flush / ganti CVTF itu sangat sesat dan bkn rahasia umum buat jalanin prinsip bisnis industri manufaktur nya aja... Lebih cepet jebol = lebih baik, karena bagi produsen jd nya si owner ganti bpkb / betulin dengan biaya perbaikan yg gede = profit buat si manufaktur itu.

Dan gk heran kalau kedepan nya banyak grand livina yg pake CVT banyak yg bermasalah.
Karena telat tau nya kalau oli CVTF dan filter CVTF nya itu seharus nya (sangat amat lebih baik) dikuras CVTF nya di odo km yg jauh lebih rendah (misalnya maximum di setiap 30rb / 40rb mestinya ganti)..

Ingat mobil FWD (Front Wheel Drive) itu oli transmisi nya kerja double, buat lumasin gear nya dan gardan (differential) nya juga,
gk kyk mobil gerak belakang yg terpisah transimisi gearbox nya sendiri dan gardan nya sendiri (yg masing2 kerja oli nya lebih dikit, di transmisi gearbox yah cuman buat lumasin gear nya sendiri oli nya. dan di gardan yah oli nya hanya kerja buat di gardan itu sendiri.
Diubah oleh GameRacer
profile-picture
simply_bre memberi reputasi
1 0
1
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
08-07-2019 10:57
Quote:Original Posted By GameRacer


And IMHO sorry to say petunjuk beres / resmi di panduan Factory Service Manual manufaktur yg menyarankan 100rb km / 210.000 deterioration point baru perlu flush / ganti CVTF itu sangat sesat dan bkn rahasia umum buat jalanin prinsip bisnis industri manufaktur nya aja... Lebih cepet jebol = lebih baik, karena bagi produsen jd nya si owner ganti bpkb / betulin dengan biaya perbaikan yg gede = profit buat si manufaktur itu.

Dan gk heran kalau kedepan nya banyak grand livina yg pake CVT banyak yg bermasalah.
Karena telat tau nya kalau oli CVTF dan filter CVTF nya itu seharus nya (sangat amat lebih baik) dikuras CVTF nya di odo km yg jauh lebih rendah (misalnya maximum di setiap 30rb / 40rb mestinya ganti)..



Waduh om, ane niat minang yg cvt, itu klo penjual nya udh mendekati 100rb km tapi blom di flush/ganti cvft nya gimana ya om?? apa tetep ane beli terus buru-buru flush cvtf nya atau urungkan niat aja, ane denger-denger ganti cvt ampe 50jtan, eh buseeet. emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
08-07-2019 11:04
Quote:Original Posted By GameRacer
Factory Service Manual - Transaxle & Transmission RE0F11A (Jatco JF015E):
https://nicoclub.com/FSM/Versa/2016%...%20Note/TM.pdf

Yes emg itu FSM buat Nissan versa note di luar negeri, tp sama koq CVT assy yg dipakai livina cvt pasar indo jd bisa dijadikan guidance buat mengerti seluk beluk CVT yg dipake di grand livina...

And IMHO sorry to say petunjuk beres / resmi di panduan Factory Service Manual manufaktur yg menyarankan 100rb km / 210.000 deterioration point baru perlu flush / ganti CVTF itu sangat sesat dan bkn rahasia umum buat jalanin prinsip bisnis industri manufaktur nya aja... Lebih cepet jebol = lebih baik, karena bagi produsen jd nya si owner ganti bpkb / betulin dengan biaya perbaikan yg gede = profit buat si manufaktur itu.

Dan gk heran kalau kedepan nya banyak grand livina yg pake CVT banyak yg bermasalah.
Karena telat tau nya kalau oli CVTF dan filter CVTF nya itu seharus nya (sangat amat lebih baik) dikuras CVTF nya di odo km yg jauh lebih rendah (misalnya maximum di setiap 30rb / 40rb mestinya ganti)..

Ingat mobil FWD (Front Wheel Drive) itu oli transmisi nya kerja double, buat lumasin gear nya dan gardan (differential) nya juga,
gk kyk mobil gerak belakang yg terpisah transimisi gearbox nya sendiri dan gardan nya sendiri (yg masing2 kerja oli nya lebih dikit, di transmisi gearbox yah cuman buat lumasin gear nya sendiri oli nya. dan di gardan yah oli nya hanya kerja buat di gardan itu sendiri.


emoticon-Jempol

nice point. Logika nya masuk sih. Kalau kilometer tempuh odo oke lah, kalo untuk waktu terlampaui apakah ada opini untuk melakukan penggantian selama e.g. 5 tahun?
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
08-07-2019 14:10
Quote:Original Posted By GameRacer
Factory Service Manual - Transaxle & Transmission RE0F11A (Jatco JF015E):
https://nicoclub.com/FSM/Versa/2016%...%20Note/TM.pdf

Yes emg itu FSM buat Nissan versa note di luar negeri, tp sama koq CVT assy yg dipakai livina cvt pasar indo jd bisa dijadikan guidance buat mengerti seluk beluk CVT yg dipake di grand livina...

And IMHO sorry to say petunjuk beres / resmi di panduan Factory Service Manual manufaktur yg menyarankan 100rb km / 210.000 deterioration point baru perlu flush / ganti CVTF itu sangat sesat dan bkn rahasia umum buat jalanin prinsip bisnis industri manufaktur nya aja... Lebih cepet jebol = lebih baik, karena bagi produsen jd nya si owner ganti bpkb / betulin dengan biaya perbaikan yg gede = profit buat si manufaktur itu.

Dan gk heran kalau kedepan nya banyak grand livina yg pake CVT banyak yg bermasalah.
Karena telat tau nya kalau oli CVTF dan filter CVTF nya itu seharus nya (sangat amat lebih baik) dikuras CVTF nya di odo km yg jauh lebih rendah (misalnya maximum di setiap 30rb / 40rb mestinya ganti)..

Ingat mobil FWD (Front Wheel Drive) itu oli transmisi nya kerja double, buat lumasin gear nya dan gardan (differential) nya juga,
gk kyk mobil gerak belakang yg terpisah transimisi gearbox nya sendiri dan gardan nya sendiri (yg masing2 kerja oli nya lebih dikit, di transmisi gearbox yah cuman buat lumasin gear nya sendiri oli nya. dan di gardan yah oli nya hanya kerja buat di gardan itu sendiri.


Saya user ANGL 1.5 CVT dari tahun
2014 sampai sekarang odo on going ke 68 ribu KM, Untuk transmisi CVT ini ada plus minusnya. Sebagai pengguna mobil matic CVT saran saya memang sebaiknya kuras oli matic CVT lebih dini dari yang disarankan
di buku manual biar transmisinya lebih awet atau jangan tunggu sampai odo 100 ribu km atau deteriodrate 210000. Karena transmisi ini membutuhkan pressure oli transmisi cvt fluid yg bagus agar bekerja secara optimal.
Salah satu yg saya suka dari transmisi ini adalah kehalusan nya serta effisiensi bahan bakar mobil yg so far so good walau
bbm yg kita pake only premium ron 88.

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
08-07-2019 19:17
Quote:Original Posted By sudutdermaga


Waduh om, ane niat minang yg cvt, itu klo penjual nya udh mendekati 100rb km tapi blom di flush/ganti cvft nya gimana ya om?? apa tetep ane beli terus buru-buru flush cvtf nya atau urungkan niat aja, ane denger-denger ganti cvt ampe 50jtan, eh buseeet. emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut


Yah beroalah aja previous owner nya make nya halus gk sering betot pedal gas nya. Sama jarang nanjak curam / kerja keras pemakaian CVT nya...

50 jt kan kalau di beres yang mau nya "terima bersih" copot ganti pasang baru.

Sebetulnya kalau lihat sumber foto CVT rusak kemakan yg saya share itu ada juga bengkel specialist nissan yg sanggup "ganti" jeroan CVT nya biar fit lagi. emoticon-Angkat Beer
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
08-07-2019 20:24
Quote:Original Posted By sudutdermaga
Waduh om, ane niat minang yg cvt, itu klo penjual nya udh mendekati 100rb km tapi blom di flush/ganti cvft nya gimana ya om?? apa tetep ane beli terus buru-buru flush cvtf nya atau urungkan niat aja, ane denger-denger ganti cvt ampe 50jtan, eh buseeet. emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut


Beli aja om gak usah takut, cari mobil yg servis recordnyo jelas, atau cari mobil yg km rendah, atau lebih bagus lagi beli mobil sama orang yg kita kenal jd bisa tau riwayat mobil tersebut, masalah cvt rusak dll sih saya rasa gak semua angl cvt bermasalah, ganti aja oli cvtnya kalo blm diganti saat beli nanti, livina nyaman om asal dpt mobil yg masih bagus, lebih nyaman dari Lmpv2 sekarang apalagi Lcgc.
profile-picture
wiiwuu memberi reputasi
1 0
1
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
09-07-2019 08:27
Quote:Original Posted By simply_bre


bocor oli atau rembes oli? Di bagian mana? Tahun ke 5 nya di km brp?

yah maksudnya rembes oli gan. di bagian sisi samping mesin dekat fan belt. di km80ribu gan, lebih tepatnya 78ribu.
Quote:Original Posted By LeonLy


Rembes di packing ya. Mohon maaf klo mau nanya Selama 5 tahun, pake oli apa, ganti di interval brp rb km/ durasinya, servis rutin dimana, turun mesin di bengkel mana?

Karena semua itu mempengaruhi kenapa bisa packing nya bocor padahal baru 5 tahun

Iya rembes packing. Selama 5tahun pake oli nissan seri 10W-30SL(ini semi sintetik ya?) ganti interval 10ribu km/6bulan, servis selalu di beres, turun mesin diberes.
Quote:Original Posted By loventovento


Menurut saya 5 tahun sih mobil masih kuat, blm waktunya turun mesin, mesin hr15de baik yg lama maupun yg baru kuat kok, bnyk suhu2 disini livinanya sdh jalan +150rb km blm turun mesin, tergantung perawatan om, ganti oli baiknya di6rb-7rb km aja jgn per10rb km om biar awet mesinnya.

waduh, benernya di 6ribuan ya? di beres ga ada ya oli yang full sintetik? saya baru nyadar klo oli yang dipake itu semi sintetik bukan full sintetik, padahal setiap servis minta yang full.
0 0
0
Lihat 2 balasan
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
09-07-2019 09:19
Quote:Original Posted By bduls

yah maksudnya rembes oli gan. di bagian sisi samping mesin dekat fan belt. di km80ribu gan, lebih tepatnya 78ribu.

Iya rembes packing. Selama 5tahun pake oli nissan seri 10W-30SL(ini semi sintetik ya?) ganti interval 10ribu km/6bulan, servis selalu di beres, turun mesin diberes.

waduh, benernya di 6ribuan ya? di beres ga ada ya oli yang full sintetik? saya baru nyadar klo oli yang dipake itu semi sintetik bukan full sintetik, padahal setiap servis minta yang full.


Nah !! Ini salah satu contohnya. Beres ngasih oli 10w30, terus interval 10rb. Habislah olinya ga kuat. 10w30 idemitsu semi synthetic, ga bakal tahan dihajar lebih dr 6rb. + Kena macet+ kadang mobil dijadiin genset (ngetem tp mesin +AC nyala). Klo sdh turun mesin harusnya sudah kembali sehat, pake oli yg bagus aja gan,yg full syn entah Shell 5w40, motul, q8. Klo mau agak murah ya pake 10w30 lg tp interval 4-5rb sdh ganti. Dicek aja dipstick kondisi olinya
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
09-07-2019 09:23
Quote:Original Posted By LeonLy


Ada beberapa kasus. Orgnya awam mobil, taunya mobil ikutin interval servis di beres (per 10rb km) tp olinya yg dipakai yg oli beres standar + mobil sering ngetem/ kena macet, Ya tau sendiri deh jdnya bakal nge sludge, akhirnya paking kepanasan rembes deh olinya.

tul gan, ane masih awam masalah perawatan mesin yang baik dan benar. dan benar sekali, ane ganti oli ikut interval servis,mobil sering ngetem dan sering kena macet.
Quote:Original Posted By LeonLy


Nah !! Ini salah satu contohnya. Beres ngasih oli 10w30, terus interval 10rb. Habislah olinya ga kuat. 10w30 idemitsu semi synthetic, ga bakal tahan dihajar lebih dr 6rb. + Kena macet+ kadang mobil dijadiin genset (ngetem tp mesin +AC nyala). Klo sdh turun mesin harusnya sudah kembali sehat, pake oli yg bagus aja gan,yg full syn entah Shell 5w40, motul, q8. Klo mau agak murah ya pake 10w30 lg tp interval 4-5rb sdh ganti. Dicek aja dipstick kondisi olinya

kalo oli pertamina gimana gan? di kota saya, saya kurang tahu di mana tempat service non beres untuk ganti oli. klo ganti oli setiap 5ribu km apa harus ganti filter juga? saya cek dipstick, ketinggian masih normal, warna sudah mulai gelap.
Diubah oleh bduls
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
09-07-2019 09:40
Quote:Original Posted By bduls

tul gan, ane masih awam masalah perawatan mesin yang baik dan benar. dan benar sekali, ane ganti oli ikut interval servis,mobil sering ngetem dan sering kena macet.

kalo oli pertamina gimana gan? di kota saya, saya kurang tahu di mana tempat service non beres untuk ganti oli. klo ganti oli setiap 5ribu km apa harus ganti filter juga? saya cek dipstick, ketinggian masih normal, warna sudah mulai gelap.


Di kota mana gan? Kayanya spesialis nissa. Sudah banyak bertebaran, siapa tau saya BS rekomendasikan bbrp bengkel. Oli klo menurut saya ga masalah merk apa aja asal asli dan sesuai spek dgn mesinnya.
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
09-07-2019 10:17
Quote:Original Posted By bduls
tul gan, ane masih awam masalah perawatan mesin yang baik dan benar. dan benar sekali, ane ganti oli ikut interval servis,mobil sering ngetem dan sering kena macet.

kalo oli pertamina gimana gan? di kota saya, saya kurang tahu di mana tempat service non beres untuk ganti oli. klo ganti oli setiap 5ribu km apa harus ganti filter juga? saya cek dipstick, ketinggian masih normal, warna sudah mulai gelap.


Quote
klo ganti oli setiap 5ribu km apa harus ganti filter juga? saya cek dipstick, ketinggian masih normal, warna sudah mulai gelap unquote
Kalau dari pengalaman saya ya gan selama piara mobil Nissan All New Grand Livina th 2014, sebaiknya kalau BBM selalu isi premium ron 88 kayak saya, bagi saya wajib pakai oli fully Syntetic API SN seperti Nissan Genuine Oil 5W30 Eco Fully Syntetic (sekitar Rp 100 ribu an lebih per botol beli di beres 3 botol biar pasti asli) dan ganti filter olinya (Rp 38 ribu beli di beres) tapi ganti oli nya di bengkel ganti oli biasa biar murah cuma 30 ribu sd 60 ribu saja biayanya dan dilihati proses ganti olinya biar pasti oli kita bener dituang semua, hasilnya suara mesin mobil sampai skrg masih sangat halus dan bbm nya irit terus. Bener bener tidak mahal kok piara mobil ini yg saya rasakan karena bbm nya cukup isi premium, rata rata konsumsi bbm dgn kaki sekolah tinggi selalu di atas 1L :15 km bikin betah banget saya piaranya.
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
09-07-2019 10:54
Quote:Original Posted By bduls
yah maksudnya rembes oli gan. di bagian sisi samping mesin dekat fan belt. di km80ribu gan, lebih tepatnya 78ribu.


Wih, bener-bener deh. Gak tanggung2 perbaikannya, turun mesin. Hehe.

Quote:Original Posted By bduls

Iya rembes packing. Selama 5tahun pake oli nissan seri 10W-30SL(ini semi sintetik ya?) ganti interval 10ribu km/6bulan, servis selalu di beres, turun mesin diberes.


10W-30 nya AP-SL OEM Nissan itu Idem*tsu, jenis Mineral. Walau begitu, merk tsb, sama spt merk2 lainnya pun ada yg Semi synthetic ataupun Fully synthetic kok.

Quote:Original Posted By bduls

waduh, benernya di 6ribuan ya? di beres ga ada ya oli yang full sintetik? saya baru nyadar klo oli yang dipake itu semi sintetik bukan full sintetik, padahal setiap servis minta yang full.


Ada, wah kok gitu ya. Harusnya terima beres, kan BeRes.
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
09-07-2019 11:11
Quote:Original Posted By GameRacer
Factory Service Manual - Transaxle & Transmission RE0F11A (Jatco JF015E):
https://nicoclub.com/FSM/Versa/2016%...%20Note/TM.pdf

Yes emg itu FSM buat Nissan versa note di luar negeri, tp sama koq CVT assy yg dipakai livina cvt pasar indo jd bisa dijadikan guidance buat mengerti seluk beluk CVT yg dipake di grand livina...

And IMHO sorry to say petunjuk beres / resmi di panduan Factory Service Manual manufaktur yg menyarankan 100rb km / 210.000 deterioration point baru perlu flush / ganti CVTF itu sangat sesat dan bkn rahasia umum buat jalanin prinsip bisnis industri manufaktur nya aja... Lebih cepet jebol = lebih baik, karena bagi produsen jd nya si owner ganti bpkb / betulin dengan biaya perbaikan yg gede = profit buat si manufaktur itu.

Dan gk heran kalau kedepan nya banyak grand livina yg pake CVT banyak yg bermasalah.
Karena telat tau nya kalau oli CVTF dan filter CVTF nya itu seharus nya (sangat amat lebih baik) dikuras CVTF nya di odo km yg jauh lebih rendah (misalnya maximum di setiap 30rb / 40rb mestinya ganti)..

Ingat mobil FWD (Front Wheel Drive) itu oli transmisi nya kerja double, buat lumasin gear nya dan gardan (differential) nya juga,
gk kyk mobil gerak belakang yg terpisah transimisi gearbox nya sendiri dan gardan nya sendiri (yg masing2 kerja oli nya lebih dikit, di transmisi gearbox yah cuman buat lumasin gear nya sendiri oli nya. dan di gardan yah oli nya hanya kerja buat di gardan itu sendiri.


Waduh saya kudu cpt kuras oli cvt nih.. Kemaren di cek komputer ud 140rb an deterioration..
Saya percaya aja sm beres yg nyuruh ganti oli cvt di 210rb..
Katanya kalo saatnya ganti oli cvt, nanti ada tuh tanda2ny.. *tanda2 mau rusak kali ya 😭😭

Saranny gmana nih, ganti oli cvt di beres aja apa d bengkel luaran aja?
0 0
0
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
09-07-2019 11:40
Quote:Original Posted By wiiwuu
Waduh saya kudu cpt kuras oli cvt nih.. Kemaren di cek komputer ud 140rb an deterioration..
Saya percaya aja sm beres yg nyuruh ganti oli cvt di 210rb..
Katanya kalo saatnya ganti oli cvt, nanti ada tuh tanda2ny.. *tanda2 mau rusak kali ya 😭😭

Saranny gmana nih, ganti oli cvt di beres aja apa d bengkel luaran aja?

My advice up to you gan tapi better ganti oli CVT nya kayak saya dulu setelah 4 tahun pemakaian oli CVT di odo 48 ribu km saya kuras oli cvt di beres saja karena saya tinggal di palembang setelah saya search bengkel yg paling sreg bagi saya pribadi di palembang ya beres nya dan sampai skrg transmisi CVT mobil saya masih sangat halus.
Semoga CVT saya bisa awet kayak CVT Nissan altima yg saya baca di car from japan forum sbb dgn ganti dan pengurasan oli CVT secara periodikalemoticon-Smilie
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus ! - Part 5
0 0
0
Halaman 320 dari 352
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia