News
Batal
KATEGORI
link has been copied
38
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d214951a72768470c7192f7/ansar-pelaku-inses-diproses-polisi-warga-ingin-hukum-adat-jadi-sanksi
Peristiwa nikah sedarah atau inses kakak adik di Bulukumba, Ansar dan Fitriani, membuat geram warga kampungnya. Mereka meminta Ansar dan Fitriani diberi sanksi dengan hukum adat. Perbuatan Ansar itu sudah dilaporkan ke polisi oleh istri sah Ansar, Herfina. Laporan yang disampaikan Herfina adalah dugaan perzinaan. "Iya, telah kami telah terima laporan dari istri pria bernama Ansar. Dia dila
Lapor Hansip
07-07-2019 08:22

Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi

Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi

Quote:Peristiwa nikah sedarah atau inses kakak adik di Bulukumba, Ansar dan Fitriani, membuat geram warga kampungnya. Mereka meminta Ansar dan Fitriani diberi sanksi dengan hukum adat.

Perbuatan Ansar itu sudah dilaporkan ke polisi oleh istri sah Ansar, Herfina. Laporan yang disampaikan Herfina adalah dugaan perzinaan.

"Iya, telah kami telah terima laporan dari istri pria bernama Ansar. Dia dilaporkan atas dugaan perzinaan," kata Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan, Selasa (2/7).

Polisi pun masih mengejar Ansar yang disebut berada di Kalimantan. Selain itu, polisi juga menyelidiki dugaan dokumen palsu di pernikahan itu.

"Pasal yang disangkakan adalah perzinaan dengan ancaman hukuman 9 bulan, namun tidak menutup kemungkinan pada saat terlapor menggunakan dokumen palsu hingga terbitlah buku nikah yang baru, maka bisa kita kembangkan ke arah selanjutnya," kata Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan di Mapolres Bulukumba, Sulawesi Selatan, Jumat (5/7).

Warga kampung asal Ansar dan Fitriani pun geram usai mengetahui hukuman yang bakal diterima keduanya jika terbukti bersalah melakukan zina adalah sembilan bulan. Mereka meminta agar Ansar dan Fitriani dihukum adat dengan diikat dan ditenggelamkan ke laut.

"Kami harapkan kedua pelaku ini dihukum seberat-beratnya. Kemarin laporannya masuk delik perzinaan dengan ancaman 9 bulan. Ini tidak bisa membayar rasa malu keluarga. Dulu orang seperti ini dihukum dengan cara diladung (diikat dan ditenggelamkan ke laut)," kata salah satu kerabat istri sah Ansar, Syamir, Sabtu (6/7/2019).

Perangkat desa setempat juga menceritakan kemarahan warga atas perilaku kedua orang tersebut. Jika keduanya kembali, hukum adat akan berlaku.

"Perilakunya ini sungguh buat malu kampung ini. Tidak ada ruang bagi kedua pelaku kembali ke kampung ini lagi. Jika saja mereka berani menginjakkan kaki ke sini, hukum adat akan berlaku," ucap Kepala Dusun Lemba Fikrawal.

Dia juga menilai hukuman penjara bagi kedua pelaku bakal membuat warga resah. Fikrawal mengatakan sulit bagi warga untuk memaafkan pelaku.

"Hukuman 9 bulan dengan laporan kasus perzinaan ini kurang sekali. Warga di sini pasti marah. Kami meminta hukuman secara adat. Susah untuk memaafkan kedua pelaku," ujarnya.

Ansar (32) diketahui nekat membawa kabur adik bungsunya, Fitriani (20), ke Kalimantan. Di sana, kakak-adik ini menikah secara diam-diam dan sempat disaksikan oleh sepupunya, bernama Samparaja. Tidak hanya itu, Fitriani dikabarkan telah hamil 4 bulan saat menikah dengan kakak kandungnya.

Aturan soal zina sendiri terdapat dalam pasal 284 KUHP. Sementara itu, soal larangan inses terdapat dalam Undang-Undang Republik Indonesia No 1 Tahun 1974 Tentang Perkimpoian pasal 8, yang berbunyi:

Perkimpoian dilarang antara dua orang yang:
a. berhubungan darah dalam garis keturunan lurus ke bawah ataupun ke atas;
b. berhubungan darah dalam garis keturunan menyamping, yaitu antara saudara, antara seorang dengan saudara orang tua, dan antara seorang dengan saudara neneknya;
c. berhubungan semenda, yaitu mertua, anak tiri menantu, dan ibu/bapak tiri;
d. berhubungan susuan, yaitu orang tua susuan, anak susuan, saudara susuan, dan bibi/paman susuan;
e. berhubungan saudara dengan istri atau sebagai bibi atau kemenakan dari istri, dalam hal seorang suami beristri lebih dari seorang;
f. mempunyai hubungan yang oleh agamanya atau peraturan lain yang berlaku, dilarang kimpoi.


Sedangkan dalam pasal 16 disebutkan, apabila ada pejabat berwenang yang mengetahui pernikahan sedarah, wajib sang pejabat melarang.

"Pejabat yang ditunjuk berkewajiban mencegah berlangsungnya perkimpoian apabila ketentuan-ketentuan dalam Pasal 7 ayat (1), Pasal 8, Pasal 9, Pasal 10, dan Pasal 12 undang-undang ini tidak dipenuhi," bunyi pasal tersebut. (fdn/haf)Sumber


Hukum KUHP terlalu ringan, jelas saja banyak masyarakat menolak hukum KUHP.

Contoh dalam kasus ini hanya kurungan 9 bulan (dikasih makan, minum, tempat gratis) ya istri yang merasa dirugikan gak terima lah dihianati.

Kalau dalam hukum adat di tenggelmkan dilaut dalam hukum islam itu dirajam untuk kasus perjinahan orang yang status kimpoi. Jomplang dengan hukuman KUHP yang gak berarti, pantas aja gak kapok dan berani melanggar hukum.

Sama seperti korupsi hukumannya ringan dan banyak lagi yang lainnya. Panjara penuh, anggaran kasih makan kriminal membengkak sementara pelanggaran hukum terus naik. Mau sampai kapan?

emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
knoopy dan maman80 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 10:59
Quote:Original Posted By kljy
Bisa saja ya gan tukang sapu jalanan praktik operasi jantung.


Ente melupakan kalimat pertama ane. Mempunyai kapabilitas.

Ente pilih ditangani siapa:
1. Walaupun dia tukang sapu tapi punya kapabilitas operasi jantung misalnya. Sudah punya klinik, Rs dan banyak pasien yang sembuh.

2. Lulusan baru kedokteran, orangnya malas, ujian nyontek, praktek bedah katak selalu gagal, lulus nyogok.

Sama seperti tukang meubel, lulusan pertanian jadi walikota misalnya. Tapi punya kapabilitas, ya monggo emoticon-Salaman
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 11:05
kasus perlendiran rupanya emoticon-Traveller
0 0
0
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 11:53
ts nya pinter sekali ngebandingin hukum adat sma hukum formal.
0 0
0
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 12:31
warga alabama bukan nih??emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 13:06
Quote:Original Posted By kakob007
Hukum adat indo dan hukum syariah arab (islam) sm2 hukum terbelakang dan kuno..jadi kenapa masih ada yg ngotot pengen memberlakukan hukum syariah? emoticon-Ngaciremoticon-Angkat Beer


Karena itu perintah kepercayaan mayoritas orang indonesia emoticon-Salaman

Masalah terbelakang dan kuno itu masih bisa diperdebatkan emoticon-Salaman

Quote:Original Posted By rachmacool
Apalagi semakin berkembang iptek makin salah semua klaimnya emoticon-Cape d...




Hiburannya ngehukum org sama ngomongin kesalahan orang mungkin emoticon-Hammer2

Tp orang indo banyak juga koar2 d sosmed. Kehidupan nyatanya sih cuek


Belum tentu juga, bisa jadi mendekat soalnya saint terus berkembang emoticon-Salaman

https://m.republika.co.id/berita/dun...pirasi-ilmuwan
0 0
0
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 13:10
emang otaknya udah eror sama adik sendiri masih doyan.
profile-picture
ntapzzz memberi reputasi
1 0
1
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 13:59
Sampai Aceh berlakukan hukum potong tangan ke koruptor emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
Lt.Evans dan ntapzzz memberi reputasi
2 0
2
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 16:01
Quote:Original Posted By kljy
Ane masih kurang paham konsep kapabilitas


Itu gak jauh beda dengan kemampuan gan emoticon-Salaman
0 0
0
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 16:04
mampus ditenggelamkan ke laut emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
liee dan ntapzzz memberi reputasi
2 0
2
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 18:44
Trus kalo udah kejadian mau lu apain?? Lo bunhh dua-duanya + 1 anak yang di kandungan?? Agama lo ngajarin gitu? Agama biadab. Adat lo yang ngajarin?? adat barbar.

Seolah-olah lo paling suci tanpa dosa.

Cuih...
profile-picture
ntapzzz memberi reputasi
1 0
1
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 18:52
OK, ane mau nyimak siapa yang nanti "atas nama hukum adat" dijebloskan ke penjara seumur hidup atas pembunuhan terencana dengan modus tenggelamkan ke laut.
emoticon-Cool


BTW, Kemensos sudah gerak belum? Ini sepertinya bidangnya.
Diubah oleh lupineprince
0 0
0
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
07-07-2019 22:58
Quote:Original Posted By akumidtorc
Trus kalo udah kejadian mau lu apain?? Lo bunhh dua-duanya + 1 anak yang di kandungan?? Agama lo ngajarin gitu? Agama biadab. Adat lo yang ngajarin?? adat barbar.

Seolah-olah lo paling suci tanpa dosa.

Cuih...


Yang di hukum rajam dalam islam itu yang sudah status kimpoi. Dalam kasus ini laki nya karena zinah dalam keadaan menghianati istri sah. Sementara perempuannya karena masih lajang hukum cambuk 100 kali plus 1 tahun diasingkan. Dan karena keadaan hamil dalam islam diatur sampai si pelaku benar-benar siap menjalani hukuman, yaitu ketika sudah melahirkan. emoticon-Salaman

Dalil


Agama islam agama yang mengajarkan adab dan ahlak. emoticon-Salaman

Semua manusia biasa pasti punya dosa, dan bener gak boleh merasa gak punya dosa(suci).
0 0
0
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
29-07-2019 18:08
Setiap daerah punya Adat istiadat dan Aturan masing-masing, begitu juga daerah dan kampung kalian. Mereka yang lahir dan tinggal disana ya taati aturan yang berlaku disama. jangan sibuk ngurus kampung orang, bangun dan jaga adat kampung masing-masing guys emoticon-Cool
0 0
0
Ansar Pelaku Inses Diproses Polisi, Warga Ingin Hukum Adat Jadi Sanksi
30-07-2019 17:37
Gimana seorang anggota keluarga nafsu sama anggota keluarga lain dalam satu rumah. Apalagi adik kakak, anak ibu, ayah anak. Itu anehh namanya. Boro-boro nafsu lihat adik sendiri, sama-sama ganti baju aja biasa. Itu ane yakin mereka bukan adik kakak. Mungkin si cewek nya anak tiri. Atau siapalah
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia