alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1b20d92f568d3ee91bb1f0/soal-regulasi-imei-ponsel-ini-penjelasan-menteri-rudiantara
Lapor Hansip
02-07-2019 16:16
Soal Regulasi IMEI Ponsel, Ini Penjelasan Menteri Rudiantara
Quote:
Soal Regulasi IMEI Ponsel, Ini Penjelasan Menteri Rudiantara

FINTECH - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
 02 July 2019 15:24


Soal Regulasi IMEI Ponsel, Ini Penjelasan Menteri Rudiantara


Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan tentang rencana pemerintah menerapkan validasi database nomor indentitas asli ponsel (IMEI).

Rudiantara mengatakan sedang mempersiapkan kebijakan pengaktifan ponsel dengan sistem penjodohan (pairing). Antara nomor ponsel MSISDN (mobile subscriber integrated services digital network number) dengan SIM card dan SIM card MSISDN dengan nomor ponsel.

"Ponsel itu ada namanya IMEI, itu seperti STNK ponsel lah. Kemudian MSISDN itu seperti STNK SIM card. Nah, kedua SIM card itu harus berpasangan," ujar Rudiantara ketika ditemui di Kantor Menko Kemaritiman, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Rudiantara menambahkan di negara lain aturan ini sudah dilakukan sejak awal tetapi di Indonesia kebijakannya tidak dipasangkan. Alasannya, dulu pemerintah mengejar pertumbuhan industri seluler dengan cepat sehingga orang bebas beli ponsel di mana saja dan beli SIM card di operator mana pun.

Pemerintah menganggap sekarang sudah saatnya untuk menerapkan aturan pairing demi kepentingan masyarakat. Contohnya, ponsel hilang atau dicuri. Sekarang SIM card bisa dimatikan dan nomor tak bisa dipakai sama yang lain. Sementara ponsel bisa dijual. Bila pairing sudah dilakukan maka ponsel yang hilang atau dicuri bisa dinonaktifkan sehingga tidak bisa dipakai atau dijual. 

Soal Regulasi IMEI Ponsel, Ini Penjelasan Menteri Rudiantara


Selain itu, kebijakan ini akan membuat tata niaga ponsel di dalam negeri akan lebih baik. Kehadiran ponsel black market yang selama ini merusak industri, pasar, penerimaan negara. Ini karena dari sisi perpajakan karena tidak ada pendapatan negara yang masuk.

"Kebijakan ini Insya Allah akan dikeluarkan bulan Agustus. Oleh tiga kementerian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Perdagangan," jelas Rudiantara.

Rudiantara menambahkan dalam pelaksanaan regulasi IMEI akan melibatkan operator seluler. Pasalnya, MSISDN ada di operator sementara IMEI ada di Kementerian Perindustrian.

"Itu harus pairing, harus matching istilahnya. Jadi ada proses ini. Dan ini kita punya waktu berapa tahun lah," pungkas Rudiantara.





Quote:
Aturan Pemblokiran Ponsel Ilegal Terbit Agustus 2019

Selasa, 2 Juli 2019 14:55

Soal Regulasi IMEI Ponsel, Ini Penjelasan Menteri Rudiantara


Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK tengah menyusun kebijakan untuk menghentikan peredaran telepon seluler atau ponsel ilegal di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan pemblokiran International Mobile Equipment Identity (IMEI) ponsel ilegal.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan, kebijakan IMEI ini baru akan bergulir pada Agustus 2019 mendatang. Adapun aturan IMEI Indonesia ini untuk mencegah perdagangan ponsel curian atau ilegal.


"Kebijakan ini insya Allah akan dikeluarkan Agustus. 2 bulan setengah lagi ini baru kebijakan dari Kominfo Kemenperin dan Kemendag karena ini masalah tataniaga dan manufaktur," kata Rudiantara saat ditemui di Kementerian Kemaritiman,Jakarta, Selasa (2/7).

Kendati begitu, Rudiantara belum bisa memastikan kapan aturan tersebut dapat direalisasikan. Sebab, setelah kebijakan tersebut selesai dirampungkan pada Agustus, implementasi ini akan membutuhkan waktu dikarenakan masih ada tahap uji coba dan transisi agar aturan IMEI bisa berlaku efektif.

"Implementasi secara bertahap artinya nantinya kita tidak bisa lagi membawa ponsel luar negeri diaktifkan dengan sim card di Indonesia," katanya
.
Lebih lanjut Rudiantara mengatakan, untuk ponsel ilegal yang sudah beredar di masyarakat tetap masih tetap bisa digunakan untuk saat ini. Hanya saja, bila aturan IMEI berlaku, ponsel dengan nomor IMEI ilegal bisa diblokir dari layanan seluruh operator di Indonesia.

"Sekarang sudah digunakan masih bisa digunakan, tapi belum ditetapkan berapa tahunnya," pungkasnya.

IMEI adalah nomor identitas khusus dari asosiasi GSM untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen ponsel. Ponsel yang memiliki dua slot kartu GSM akan memiliki dua nomor IMEI. Alhasil, penggunaan nomor IMEI ilegal bisa diketahui.
Sebelumnya, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Janu Suryanto mengatakan, saat ini rencana untuk memblokir ponsel ilegal melalui IMEI masih terus dibahas antar kementerian dan lembaga terkait.
Setidaknya ada tiga kementerian yang terlibat yaitu Kemenperin, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Blokir IMEI, sedang rapat dengan pihak Kominfo, Perdagangan. Mohon bersabar. Untuk membuat aturan dan setting sistem, effort-nya berat," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (1/7).
Dia menjelaskan nantinya untuk menghindari ponsel ilegal, IMEI ponsel yang beredar di Indonesia akan terintegrasi dengan data base Kemenperin. "IMEI-nya mesti teregistrasi di Kemenperin," kata dia. [idr]







Quote:Masih bisa gan setahun kedepan.. emoticon-coffee

1. Agustus keluar aturan Imei
2. 2-3 bulan kedepannya baru keluar aturan menteri (Menkominfo, Menperin dan Mendag)
3. Beberapa bulan setelahnya baru masa uji coba
4. Baru kemudia masa transisi

jadi yang pakai BM atau Distributor atau Impor atau Bekas harap cek Imei segera.. emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
http://kemenperin.go.id/imei

http://kemenperin.go.id/imei

blob:https://www.cnbcindonesia.com/0c559129-09b3-48b9-878f-2d778fd9648b




Diubah oleh anarchy0001
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
06-07-2019 16:30
Hp impor kena loh, ntar kalau misal ada turis pariwisata , beli sim indo gk bisa dipakai donk soalnya hpnya gk terdafta imeinya , lah emang ln gk punya IMEI , kan yg diliat IMEI yg di data di kemenperin , percuma beli hp indo kalau hp lo gk terdata di kemenperin hahaha...
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan kakekane.cell memberi reputasi
2
07-07-2019 11:35
Hmm.. mengarah ke sistem pairing ya.
Mau ga mau banyak yang pilih provider merah apalagi yg kerjanya pindah2 tempat/pulau, trus ujung2nya monopoli dari si merah.. Ah elah emoticon-Busa
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
07-07-2019 12:29
Kalau permasalahannya BM belum bayar pajak ya kalau terdetek BM supaya bisa dipakai sebaiknya difasilitasi dengan register dengan bayar pajak tertentu sehingga ada tambahan pemasukan bagi negara dan HP BM masih bisa dipakai ga dibuang percuma.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
07-07-2019 13:09
Quote:Original Posted By anarchy0001


Ya tetap di blok..
Tapi nanti ditunggu saja setelah 17 agustus 2-3 bulan prosedur, sistem dan bunyi hukumnya seperti apa.
Apakah nanti juga IoT dan peripheral network yang menggunakan teknologi GSM akan terkena imbasnya juga nanti ada di aturannya.
di Kominfo, Kemenperin dan Kemdag kan orang-orang profesional, pasti sudah dipikirin hal ini di dalam aturannya.

tapi yang pasti sih, dari hasil wawancara dengan menkominfo disebut dan digaris bawahi bahwa "IMEI harus terdaftar di kementrian"
dari situ bisa diambil kesimpulan bahwa nantinya Operator/Provider GSM yang mendapat arahan atau daftar database IMEI dari kementrian
yang boleh beroperasi di langit Indonesia.

bisa dipastikan mau membayar pajak berapapun kalau IMEI tidak terdaftar di kementrian ya tidak bisa digunakan untuk selular/jaringan GSM.
sebab kayaknya ga cuma soal Pajak aja sih, ada juga masalah TKDN atau bahan lokal, soal ijin usaha (masuk diranah kemenperin) soal persaingan bisnis (masuk di ranah kemendag) yang menyebabkan keluar aturan ini.

2 orang temen di Samsung Indonesia bilang, sudah dari 2012 kalau ga salah Samsung sudah ngepush ke kominfo soal aturan ini.
Sebab yang paling dirugikan vendor2 yang sudah ikut regulasi kaya Samsung, Oppo, Vivo, Advan, Asus dll. Bahkan Apple sendiri ngakalin juga dengan pakai sistem impor via Singapore ke TAM atau distributor resmi. Serta Kominfo kerjasama langsung sama vendor chip Qualcomm, Samsung serta Mediatek buat sistem ini.

BTW, IMEI ini didaftarkan oleh vendor2 tersebut diatas yang resmi langsung ke Kominfo dan Kemenperin. lewat jalur sertifikasi postel bersamaan dengan pendaftaran produk yang akan rilis.
https://sertifikasi.postel.go.id/ser...at?isberlaku=1

Karena ada argumen "IMEI Harus terdaftar di kementrian" bisa diejawantahkan bahwa semua peripheral dan IoT juga sepertinya akan ikut berdampak tanpa terkecuali termasuk modem, panjerino, arduino, Board GSM dll. Tapi kalimat terakhir ini cuma pendapat pribadi saja.

IMHO CMIIW emoticon-shakehand




Dan yg namanya singkongisasi aturan baru butuh yg namanya infrastruktur besar. Infra besar sebanding sengan keruwetan sytem yg semakin njlimet karena berhubungan dengan ketenangan sosial. Dan Infra besar butuh biaya besar. Pertinyiinyi.. angaranya sudah siap belum? Ifranya di bebankan ke siapa? Bumn (operator) atau kementrian? emoticon-Big Grin

Yg kedua Apakah infra untuk Menampung 3ximei kali penduduk dewasa pemakai hp. Akan sebanding dengan manfaat ekonomi dan mafaat lainya bagi negara? Toh manfaat ekonomi sudah dinkawal oleh bea cukai? Dan pengguna hp sudah di proteksi dan track pakai NIK. Teknologi Singkronisasi khusus imei dan no hp biasanya sudah di pakai untuk tujuan khusus oleh pihak keamanan di suatu negara.

Efek Secara sosial jelas akan ada. .
pengekangan tanpa kesiapan system infra jelas akan menimbulkan kegaduhan. Jangan tanya kegaduhan macam mana yg akan timbul, "wc mampet aja yg di salahkan om wiwi" apalagi gak bisa pakai hp? (Ingat daya beli kita belum masuk ke tahap sekunder tersier yg stabil. Pengguna hp kelas menengah bawah lebih menitik beratkan manfaat dan fungsi daripada ke arah branded yg imeinya belum jelas apakah bisa masuk system register atau tidak) emoticon-Big Grin
Dan kegaduhan ini entunya akan berdampak pada politik.

Yh ketiga, bangsa ini terkenal kreatif dalam hal2 yg spesifik. Modifikasi hardware dan sofware adalah bagian dari spesifik itu. Ngeroot, modifikasi rom, modifikasi imei, adalah hal biasa bagi pengguna developer. Modifikasi hardware jg hal biasa bagi tukang serpis hp.

So .. let see.
Apakah mentri yg suka di tampol sama kakeane cell di bp ini apakah akan sukses dlm menerapkan aturan sesuai target .. Ataukah....
emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan anarchy0001 memberi reputasi
2
07-07-2019 20:12
Kemenperin punya data imei ponsel resmi yg beredar di Indonesia dari tahun berapa ?


0
10-07-2019 14:37
Turis kalau ke indonesia, harus beli hp baru atau sewa hp dong ya? Atau tetep pake kartu negara dia & roaming
0
04-08-2019 11:06
Siapa yg berani jamin tidak ada IMEI yg sama utk 2 hp?
Bagaimana kl hp servisan yg ganti bagian/chip penyimpanan nomor imei? Kondisi seperti ini imei pasti berubah.
Bagaimana anomali mesin dgn imei cantik 1234567890123456?
Bagaimana memastikan bebas pungli dgn birokrasi yg makin berbelit-belit? Atau jgn2 memang niatannya supaya makin terbuka kesempatan pungli?
Bagaimana dgn usaha rakyat kecil jual beli hp seken yg jauh di pedalaman?

Rudiantara, menteri goblok melahirkan aturan goblok!!! Supaya anda ingat, Rudiantara, kami warga nkri bukan penjahat yg harus selalu dicurigai dan anda digaji dari pajak kami.
0
14-08-2019 12:52
menurut saya imei yang sudah terdaftar sebelum aturan berlaku ya jangan diblok, kalau diblok namanya merugikan masyarakat..beli hp walau BM kan pakai duit.. aneh2 aja aturan blm abis regulasi registrasi perdana yang amburadul, sekarang mau bikin aturan baru lagi hadeh.. siap2 opsel indonesia gulung tikar, dan siap2 harga hp meroket..
cloning imei bakal marak ga ya kira2... wkwkkw bikin masalah baru lagi nih kalau ada 1000HP yang imei resmi nya terdaftar di http://kemenperin.go.id/imei
terus dari 1000 itu nyari yang asli imeinya gimana yak... emoticon-Hammer (S)
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Sejarah & Xenology
sosialis-kelakuan-borjuis
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.