c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Legenda Nyai Rengganis Di Gunung Argopuro !!




Legenda Nyai Rengganis, banyak cerita rakyat tentang kehidupan sang Nyai baik itu dari Bali, Lombok maupun Jawa Timur dan Jawa Barat. Namun saya akan mengulik satu kisah saja yaitu Rengganis di Gunung Argopuro.

Gunung Argopuro merupakan gunung yang disuka pendaki, dengan trek yang sangat panjang gunung ini mempunyai ketinggian 3.088 mdpl. Gunung ini sebenarnya berada dalam beberapa wilayah yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo, namun ada salah satu puncak yang membuat cerita argopuro menjadi sebuah legenda, dialah puncak Rengganis. Memang gunung ini ada beberapa puncak dimana puncak tertingginya yaitu Argapoera, puncak ini berada ± 200 m di arah selatan dari puncak Rengganis.

Nyai Rengganis sendiri bukanlah hal yang asing di tengah masyarakat sekitar, bahkan mereka para pertapa di sekitar gunung Argopuro sering bermimpi atau di perlihatkan sosok Dewi yang di yakini Nyai Rengganis dengan rambutnya yang panjang, disertai baju warna merah khas putri masa lalu dan juga memakai mahkota. Memang sang Nyai adalah putri dari kerajaan Majapahit yang sengaja diasingkan atau bahasa kasarnya dibuang, namun tentu saja cerita yang beredar di masyarakat terkadang sering berbeda beda namun mereka seakan mengenal Rengganis karena cerita ini turun temurun dari kakek buyut mereka.



Karena selain Rengganis adalah putri dari Prabu Brawijaya yang tidak disuka lalu dibuang hingga diasuh oleh pertapa dan membuat keraton di puncak Rengganis, masih ada beberapa kisah yang berbeda seperti kebalikannya Rengganis adalah putri yang disayang hingga dibuatkan kerajaan untuk Rengganis beserta dayang-dayang yang menyertainya.



Masih banyak beberapa cerita lagi namun hingga kini cerita tersebut tak bisa dibuktikan kebenarannya. Walau begitu di puncak Rengganis di temukan reruntuhan purbakala, kearah belakang puncak masih bisa dilihat bekas gerbang dan juga seperti beberapa ruangan. Struktur bangunan lebih mirip sebuah pura dibandingkan candi, peneliti memperkirakan reruntuhan puncak Rengganis adalah bekas kuil Hindu di abad 12 M. Bahkan di temukan juga beberapa arca di puncak ketiga Argopuro yaitu puncak Arca.



Yang menarik adalah wilayah cikasur, disinilah ladang savana yang luas. Disitu terdapat landasan pesawat terbang peninggalan Belanda, masih banyak terdapat sisa-sisa peninggalan Belanda seperti genset yang tertulis tahun 1912 dan juga shelter yang tertutupi alang-alang. Namun landasan yang terdapat di tempat terpencil itupun akhirnya kini di lupakan.



Itulah misteri sang Nyai di gunung Argopuro, bagaimana dengan kalian yang pernah mendaki gunung ini silahkan share pengalaman kalian !! Karena tentu saja ada beberapa pengalaman mistis yang bisa dibilang janggal ketika memasuki daerah yang lumayan mempunyai banyak misteri dan legenda.



Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

emoticon-nyantai

c4punk@2019

Gambar google
referensi

GIF











Diubah oleh c4punk1950... 24-06-2019 05:09
radith.yoga
TissueM4gic
nona212
nona212 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
14.1K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.