pcjames
TS
pcjames
Berbagai Hal Soal Smartphone Yang Menurut Ane Masih Sulit Dibuktikan Melalui Review

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Kali ini ane kembali menulis thread nih. Hari ini ane akan membahas soal Smartphone lagi. Tepatnya tentang pendapat ane tentang jenis konten yang juga membahas soal Smartphone. Yap, apalagi kalau bukan Review Smartphone yang beredar banyak di Internet terutama Youtube.


Jujur, ane sendiri adalah penggemar konten Review Smartphone. Di Youtube juga banyak Channel Gadget Reviewer yang sudah terpercaya mulai dari Gadgetin, SobatHape, Putu Reza, Bang Ripiu, dan Droid Lime. Nah, channel channel tersebut bisa dibilang sangat membantu kita dalam memilih smartphone. Namun, meskipun sudah melalui proses penilaian dan pengujian, ada beberapa hal yang menurut ane masih sulit dibuktikan oleh review. Dan menurut ane hal hal ini cukup penting untuk diketahui saat memilih Smartphone.

1. Durability Smartphone


Hal pertama yang menurut ane akan sulit dibuktikan melalui review adalah soal durability atau ketahanan banting sebuah Smartphone. Menurut ane, hal ini merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita tahu soal smartphone. Karena, secara sadar atau tak sadar baik sengaja maupun tidak pasti ada saatnya smartphone kita jatuh atau terbentur secara tiba tiba / tak sengaja. Kadang efeknya bisa parah atau juga tak terlalu parah. Nah menurut ane, dalam memilih smartphone, ketahanan merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui sebelum membelinya agar kita bisa membeli smartphone yang durable. Loh, kenapa gak bisa dibuktikan melalui Review. Pertama, kebanyakan reviewer di Indonesia akan susah untuk melakukan durability Test pada sebuah smartphone yang mereka review. Hal itu terjadi karena smartphone yang mereka review kebanyakan mereka beli sendiri dan harus dijual lagi agar tak rugi. Tapi, durability test bisa dilakukan jika sang reviewer diberi smartphone nya langsung dari brand tersebut.



2. Keawetan Jangka Panjang Smartphone


Selanjutnya adalah soal "kondisi smartphone" dalam waktu kedepannya. Yap, menurut ane pribadi hal ini juga sangat penting untuk diketahui sebelum membeli smartphone. Karena, biasanya orang orang terutama ane membeli smartphone untuk dipakai dalam jangka panjang atau minimal dua tahun. Agar kita nyaman memakai smartphone dalam jangka waktu yang lama, seharusnya kita bisa mengetahui smartphone mana saja  yang termasuk awet secara performa dan hardware. Karena hal tersebut masih susah untuk dibuktikan, biasanya ane hanya berbekal pengalaman alias memakai brand yang sudah ane percaya untuk membeli smartphone lagi di masa mendatang. Kenapa hal ini juga masih sulit dibuktikan melalui review. Yap, hal ini terjadi karena biasanya Reviewer hanya memakai smartphone tersebut selama 1 Minggu - 1 Bulan, di review lalu dijual lagi agar dapat membeli smartphone baru untuk di review kembali. Namun, review macam ini juga bisa saja dibuat sang review jika ia membuat review soal "Daily Driver Pribadi" nya.



3. Kepastian Harga Sebuah Smartphone


Dan hal terakhir yang sulit dibuktikan lewat review adalah "Harga Pasti" dari sebuah smartphone. Untuk kasus yang ini mungkin bisa dibilang gak terlalu sering, namun hal ini terjadi beberapa waktu yang lalu. Ingat kasus dimana Xiaomi Redmi Note 7 yang dihargai secara resmi oleh Xiaomi dengan harga 2 Juta menjadu ghoib. Lalu, keadaan dipasaran beurbah ketika semua harga Xiaomi Redmi Note 7 berubah dari harga yang ditetapkan Xiaomi karena kelangkaan stok. Nah, mungkin gak semua reviewer bisa memasang harga yang benar benar sesuai di Reviewnya, karena biasanya mereka hanya menuliskan harga resmi dari Brand, dan belum tentu tahu bakal ada perubahan di pasar. Nah, hal seperti ini bisa diatasi, tapi jarang. Contoh video yang bisa mengatasi kasus seperti ini adalah Video Gadgetin dan Pricebook Marzoom yang berkeliling toko fisik hanya untuk mengecek harga smartphone terkini secara pasti dan itu keren.


4. Tangkapan Sinyal Dari Masing Masing Smartphone

Dan hal terakhir ini mungkin merupakan hal yang paling jarang orang perhatiin. Masih banyak orang yang mengira bahwa soal tangkapan dan kekuatan sinyal itu 100% urusan Proivder, padahal teknologi yang berbeda beda dari setiap smartphone juga mempengaruhi hal tersebut. Karena biasanya dalam review, hal ini hampir tak pernah dibahas, karena kebanyakan reviewer saat mereview smartphone memakai sinyal dari wifi mereka sendiri. Nah, menurut ane meskipun hal ini rada sulit untuk dibuktikan dan dicari solusi pasti agar bisa memilih smartphone dengan tangkapan sinyal terkuat, lebih baik kita memilih kuota internet dari brand yang sudah terjamin soal kekuatan sinyal. Kalo ane sendiri sih pake dari teman cerdas gan, karena sudah terjamin menurut ane tangkapan dan kecepatan sinyalnya. Jadi kita gak usah khawatir kalau kita berada di berbagai tempat yang kita belum tahu kondisi kekuatan sinyalnya gan.


[/color]

Sumber : Opini Pribadi



Diubah oleh pcjames 08-07-2019 16:35
rafifdxorange.juiceizzy713
izzy713 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
15.2K
140
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread8.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.