l13skaAvatar border
TS
l13ska
Kisah Inspirasi dari TPQ Darrun Nadjah
Pada tahun 1990 berdirilah sebuah TPQ bernama "TPQ Darrun Najah" yang berlokasi di RT 08/RW 03 dusun Gesingan, Pandesari, Kecamatan Pujon. Pada awal berdirinya hanya ada lima orang anak yang ingin belajar Al-Quran.


Kebetulan tempat mengaji kala itu masih menggunakan rumah saya sebagai tempat belajar mengajar. Saya kala itu bertindak sebagai satu-satunya pengajar.

Seiring berjalannya waktu jumlah anak yang belajar Al-Quran semakin bertambah dan berjalan dengan sangat baik. Kewalahan dengan banyaknya jumlah santri, saya pun meminta bantuan kawan saya yang bernama Mahfufah.


Waktu itu kami mengajar dengan metode An-Nahdliyah yang kami ajarkan secara klasikal. Sekarang, tahun 2019 kami menggunakan metode ummi. Merode ummi mengedepankan kasih sayang dan perhatian dalam mengajar.

Spoiler for Apa itu metode An-nahdliyah?:

Spoiler for Apa itu metode ummi?:

Referensi: Surya.id


Keberadaan TPQ kami rupanya menggugah kesadaran masyarakat dusun Gesingan akan pentingnya belajar Al-Quran. Anak-anak jadi punya kegiatan positif selain bermain. Mereka pun mulai mendaftarkn anak mereka belajar di TPQ Darrun Nadjah. Hal ini membuat rumah saya tak lagi mampu menampung jumlah santri pada waktu itu, yakni sekitar 70-an anak.

Melihat kenyataan semakin banyaknya jumlah anak didik, saya pun berinisiatif memindahkan TPQ Darrun Najah ke lingkungan masjid Darrun Nadjah. Alhamdulillah, jumlah santri sekarang yakni 70 Anak dengan jumlah pengajar sebanyak tujuh orang termasuk saya.

Kami (ustadz dan ustadzah) menggunakan metode Ummi dalam pengajaran Al-Quran di TPQ ini. Tak hanya mengajarkan Al-Quran, kami juga mengajarkan tata cara sholat.



Suka duka menjadi pengajar di TPQ ini adalah anak-anak sangat aktif sehingga jadi tantangan tersendiri buat saya sebagai pengajar. Alhmdulilah nya, meskipun lumayan merepotkan namun anak-anak sangat sayang pada para ustadz dan ustadzah termasuk kepda saya.

Saya sangat bersyukur memiliki mereka dalam hidup saya dan mempunyai kesempatan mengajarkan ilmu yang saya miliki. Meskipun ilmu yang saya miliki masih jauh dari kata sempurna. Sejatinya, kesempurnaan itu hanya milik Allah semata.

Kedepannya, saya berharap TPQ Darrun Najah ini bisa menjadi lebih baik dan lebih maju demi mewujudkan visi dan misi. Bisa menjadi kebanggaan warga Gesingan, Pujon. Tentunya mampu mencetak generasi unggul bagi masa depan bangsa ini.

Quote:



kegiatan Takbir Keliling


Nara Sumber: Romzatul Muawanah
Diubah oleh l13ska 05-07-2019 10:14
alizazet
anasabila
doelviev
doelviev dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
icon
31.4KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.