ronzstagram
TS
ronzstagram
NIKI: Sosok Menginspirasi Biar Kamu PeDe Jadi Diri Sendiri


Waktu dapat kabar kalau NIKI (Nicole Zefanya) akan datang ke Jakarta untuk sesi round table interview bersama media lokal, gue nggak berpikir dua kali untuk join. Kebetulan KASKUS menerima tawaran untuk jadi salah satu peserta round table interview ini. Beberapa bulan terakhir gue sedang mendengarkan lagu-lagu NIKI. Terpengaruh dari beberapa teman yang juga merekomendasikan lagu dia setiap kali kita kumpul. Biasanya gue nggak akan menanggapi serius kalau teman-teman memberikan rekomendasi lagu gitu. Tapi giliran NIKI, ada sedikit urgensi untuk mendengarkannya. Yang pertama karena kebetulan dia orang Indonesia yang berkarier sebagai penyanyi di Amerika. Yang kedua karena dia salah satu artis yang bernaung di bawah label 88rising yang juga menaungi Rich Brian.

Kebetulan sekali waktu gue mulai mendengarkan NIKI, dia baru meluncurkan EP baru yang berjudul 'wanna take this downtown?'. Nggak nyesel sama sekali akhirnya memutuskan untuk mendengarkan album ini. Buat gue yang notabenenya adalah penggemar satu aliran musik yang itu-itu aja, album NIKI yang ini seperti memberikan nuansa baru yang benar-benar berbeda dalam khazanah permusikan gue. Saking menikmatinya, gue nggak sadar kalau album itu udah keputar beberapa kali.

NIKI punya musik yang terdengar beda. Suaranya pun terasa segar dan baru. Sesuatu yang kalau didengarkan akan bikin lo jadi berpikir, ini sebenarnya genre apa sih? Melihat dia adalah salah satu artis dari 88rising, kita mungkin akan langsung mengidentifikasi NIKI sebagai penyanyi hip-hop. Tapi dia sendiri nggak mau stick to one genre atau dikenal sebagai penyanyi dengan satu genre tertentu. Entah itu R&B atau hip-hop.

"Kalau ditanya soal genre, aku nggak bisa bilang kalau musik yang aku lakukan sekarang ini ada di genre hip-hop. 88rising kan hip-hop banget, Brian juga hip-hop banget. Tapi buatku, aku bahkan nggak tahu genreku ini masuk kategori apa soalnya memang beda banget. Tapi aku belajar sebenarnya genre tuh nggak penting. You don't have to be just an R&B artist or hip-hop artist, or pop artist. Kamu bisa menjadi apapun yang kamu inginkan. Kamu bisa menciptakan jenis musik apapun yang kamu inginkan. Nggak masalah kalau mau mengeksplor, tapi yang paling penting, kamu harus jujur pada diri sendiri,"  kata NIKI yang ketika sesi wawancara tersebut mengenakan busana bernuansa pink.



Bermusik dengan jujur sepertinya adalah sesuatu yang ada di daftar teratas NIKI untuk dilakukan. Menurutnya, orang-orang di luar sana justru akan lebih tertarik dengan musik yang seperti itu. Sesuatu yang jujur dan personal. Sesuatu yang menceritakan kisah yang benar-benar dekat dengan sang musisi.

"Kalau kamu menceritakan cerita pribadimu (lewat musik), itu jadi menarik dan orang-orang akan mendengarkannya. Ketika aku mendengarkan Mariah (Carey), aku tidak mau tahu soal Celine Dion. Aku mau tahu lebih banyak tentang dia (Mariah). Jadilah diri sendiri, serius deh. Karena ngapain kita harus mencoba untuk jadi orang lain? Ngapain kita mencoba untuk bercerita tentang kisah orang lain dalam musik kita?"  tegas NIKI.

"If I'm listening to somebody, I wanna know about them. Not somebody that they're trying to be, you know. Jangan pernah berpikir apakah dengan melakukan ini kamu jadi tidak keren atau langsung merasa keren. Yang penting jujur dan jadi diri sendiri,"  katanya lagi.

Berangkat dari situ, NIKI merasa sangat penting untuk anak-anak muda yang mencintai musik dan ingin jadi musisi dan penyanyi, untuk lebih mengeksplor cerita-cerita personal yang menciptakan pribadi mereka saat ini. NIKI juga menggarisbawahi pentingnya untuk memperhatikan setiap pengalaman hidup yang pernah terjadi dari situ ide-ide untuk menulis lagu bisa saja datang dan menghasilkan sesuatu yang tidak akan sama dengan musisi lain. Pengalaman personal itulah yang pada akhirnya membuat lagunya jadi terdengar sangat jujur.

"I'm a very real person,"  tegas NIKI.



Meski demikian, NIKI tidak mau bilang kalau inspirasinya dalam menulis lagu selalu datang dari pengalaman pribadi. Penyanyi muda kelahiran Jakarta ini baru menginjak usia 20 tahun. Tentu saja pengalaman hidupnya tak akan sebanyak mereka yang sudah memasuki usia 35 atau bahkan 45 tahun. Menyoal inspirasi menulis lagu, seperti juga musisi dan penyanyi lain inspirasi NIKI bisa datang dari mana saja.

"Inspirasinya selalu berbeda untuk setiap lagu. Ada yang aku tulis karena hal-hal personal, ada juga yang datang setelah aku nonton film kayak tahun lalu aku nonton 'La La Land' dan merasa film itu keren, lalu aku menulis lagu, misalnya. Memang menulis lagu dalam konteks personal itu penting kan dari pengalaman sendiri pastinya akan terdengar jujur. Tapi kalau aku sendiri kadang menulis dari hal-hal personal, kadang juga nggak,"  katanya.

Yang pasti, dari mana pun inspirasinya, dalam bermusik dan menciptakan lagu NIKI punya "aturan" penting yang gue rasa membuat karya-karyanya jadi mudah disukai: dia selalu menjadi dirinya sendiri.

{thread_title}


"Aku ingin orang-orang tahu kalau musisi itu juga manusia. Dan satu hal lagi yang ingin kusampaikan ke orang-orang adalah gausah jaim bro. You know what I'm saying. Everybody is so jaim. Just be yourself. BE YOURSELF. Aku cuma ingin ketika orang melihatku (atau mendengar musikku) mereka akan teringat untuk tetap jadi sosok yang real dan jujur, all the time,"  tandasnya.

Gue sangat bisa merasakan energi positif dari sosok NIKI selama wawancara berlangsung. Energi positif untuk selalu jujur terhadap perasaan sendiri, lakukan apa yang ingin kita lakukan sebagai manusia yang kreatif, dan yang tidak kalah penting adalah jadi diri sendiri. Tiga hal yang sepertinya sering dilupakan mereka-mereka yang sibuk ingin eksis dan jadi viral.
Diubah oleh ronzstagram 05-07-2019 11:05
lorenz.etaslimulfsaarr
ulfsaarr dan 8 lainnya memberi reputasi
9
8K
86
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.