alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1e726bb8408843c2293dd0/janji-nabi-muhammad-kepada-umat-nasrani-hingga-akhir-zaman
Lapor Hansip
05-07-2019 04:40
Janji Nabi Muhammad kepada Umat Nasrani hingga Akhir Zaman
Rasulullah pernah membuat perjanjian dengan sekelompok umat Nasrani. Perjanjian ini berlaku hingga akhir zaman namun sering terlupakan.

Janji Nabi Muhammad kepada Umat Nasrani hingga Akhir Zaman

Manusia diciptakan secara berbeda-beda, baik wajah, sikap, hingga suku, ras dan agama sekalipun. Meski demikian, perbedaan itulah merupakan bentuk rahmat dari Sang Pencipta.

Dengan hadirnya perbedaan itu seharusnya tidak menjadikan satu orang dengan orang lainnya bermusuhan, terlebih dalam urusan agama. Bahkan Rasulullah pun memiliki perjanjian dengan umat Nasrani yang notabene berbeda keyakinan dengan umat Muslim sebagai bentuk saling menghargai perbedaan yang ada.

Hal tersebut diungkapkan oleh Quraish Shihab melalui Youtube Channel Najwa Shihab dalam acara Shihab & Shihab. Quraish Shihab menjelaskan Rasulullah pernah membuat perjanjian bernama Perjanjian Najran dengan serombongan umat Nasrani,namun perjanjian ini seringkali terlupakan.

"Mungkin tidak banyak yang tahu karena tidak sering diangkat, pernah terjadi diskusi antara nabi dengan serombongan nasrani dari Najran perbatasan Saudi dan Yaman," kata Quraish Shihab seperti dikutip Suara.com dari video, Selasa (28/5/2019).

Dikisahkan saat itu Rasulullah melakukan diskusi dengan umat Nasrani. Saat tiba waktu beribadah bagi umat Nasrani, Rasulullah mempersilakan umat Nasrani menggunakan Masjid untuk beribadah umat Nasrani.

"Sampai sekarang umat Islam boleh salat di Gereja. Hanya kondisi sosial karena orang tidak paham, sudah daripada ribut, tapi boleh (salat di Gereja) selama tempat itu bersih," ungkap Quraish Shihab.

Saat rombongan tersebut pulang, Rasulullah dan umat Nasrani itu tidak dapat menemukan titik tengah pembahasan mengenai akidah. Meski memiliki keyakinan yang berbeda, dari hasil diskusi tersebut Rasulullah membuat sebuah perjanjian antara umat Islam dengan umat Nasrani yang berlaku hingga akhir zaman.

"Kepercayaan umat Kristiani menyangkut Tuhan beda dalam sifat-sifatnya menyangkut diri tapi itu tidak menghalangi nabi menulis perjanjian. Nabi berpesan bahwa kalau seandainya dan pesan ini berlaku untuk rombongan dan semua umat Nasrani hingga akhir zaman," ujar Quraish Shihab.

Rasulullah pun menjanjikan akan membela umat Nasrani sebagaimana ia membela keluarga dekatnya. Tak hanya itu, dalam perjanjian tersebut juga tertulis bila umat Nasrani membutuhkan bantuan apapun dari umat Muslim, termasuk memperbaiki gereja sekalipun, umat Muslim harus membantunya.

Munculnya perjanjian tersebut menjelaskan kepada seluruh umat baik Muslim maupun Nasrani, bahwa meskipun setiap orang memiliki perbedaan dalam keyakinan namun sesungguhnya mereka tetap bersaudara. Mereka terikat dalam persaudaraan yang kuat sehingga dianjurkan untuk saling membantu dan melindungi, bukan sebaliknya menjadikan mereka musuh.

Hal inilah yang seringkali dilupakan oleh orang-orang kekinian. Padahal, sejak zaman Rasulullah sudah ditetapkan sebuah perjanjian yang mengikat antara umat Islam dan Nasrani agar bisa saling membantu dan melindungi satu sama lain.

"Agama itu semua agama mengajarkan persaudaraan setiap manusia. Semua agama. Sayyidina Ali berkata, jika kau berkata kalau dia bukan saudara seagama maka dia saudaramu sekemanusiaan," tutur Quraish Shihab.

Butir-butir perjanjian Najran tersebut cukup panjang. Namun, ada dua butir perjanjian yang cukup penting dan dibacakan oleh Najwa Shihab. Berikut butir Perjanjian Najran:

- Buat penganut agama Nasrani bila mereka memerlukan sesuatu untuk perbaikan tempat ibadah mereka atau sesuatu kepentingan mereka dan agama mereka bila mereka membutuhkan bantuan dari kaum muslimin, maka hendaklah mereka dibantu dan bantuan itu bukan merupakan hutang yang dibebankan kepada mereka tetapi dukungan kepada mereka dan anugrah dari Allah dan Rasulnya buat mereka.

- Tidak boleh seorang Nasrani dipaksa untuk memeluk Agama Islam, mereka hendaknya diberi perlindungan berupa kasih sayang dan dicegah dari sehala yg buruk yang dapat menimpa mereka kapanpun dan dimanapun. Demikian janji Rasulullah Muhammad SAW sampai akhir zaman.




SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 6
Lapor Hansip
05-07-2019 09:37
Balasan post berylucu
Kalau agama, semua mengajarkan kebaikan. Hanya fanatik yg membuat seakan akan agama lain jelek. Krn dia menganggap mutlak dan baik agamanya. (Fanatik membuat chouvinisme)

Kalau ayat. Itu yg dipakai tergantung org yg menyukainya.
Contoh =
Bunuh diri kan dilarang mau apapun alasannya. Tapi ada yg memelintir seaakan2 jika dipakai bisa masuk surga.

profile-picture
tiobiennyo memberi reputasi
1
05-07-2019 09:42
Quote:Original Posted By senrichd
Kalau agama, semua mengajarkan kebaikan. Hanya fanatik yg membuat seakan akan agama lain jelek. Krn dia menganggap mutlak dan baik agamanya. (Fanatik membuat chouvinisme)

Kalau ayat. Itu yg dipakai tergantung org yg menyukainya.
Contoh =
Bunuh diri kan dilarang mau apapun alasannya. Tapi ada yg memelintir seaakan2 jika dipakai bisa masuk surga.



ngga, abdul somad menyebutkan bom bunuh diri di palestina justru mati nya syahid masuk surga
dia mention kisah sahabat yang mengayun ayun kan pedang ke kerumunan kafir quraisy, mati nya syahid
kisah itu tentu kontradiktif dengan pelarangan bunuh diri.. serba salah kan jadinya..

solusi nya cuman 1, salah satu cerita/ayat harus dihapus..
profile-picture
tiobiennyo memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
05-07-2019 09:56
lah itu kan umat nasrani yang dibolehin beribadah di mesjid, tapi bukannya statement yg menyatakan kalo umat muslim beribadah di gereja. beda konteks bro. Lagian dulu khalifah umar pernah ketika berteemu dengan umat nasrani kemudian telah masuk waktu salat, khalifah ditawarkan untuk salat di dalam gereja tapi khalifah umar menolak karena takut umat selanjutnya akan mencontohkan hal tsb. Ini paham2 sekuler yang mencoba mendoktrin umat
profile-picture
profile-picture
tamadate6 dan sart86 memberi reputasi
2
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
05-07-2019 10:04
Balasan post pukoma.awakkah
Quote:Original Posted By pukoma.awakkah
lah itu kan umat nasrani yang dibolehin beribadah di mesjid, tapi bukannya statement yg menyatakan kalo umat muslim beribadah di gereja. beda konteks bro. Lagian dulu khalifah umar pernah ketika berteemu dengan umat nasrani kemudian telah masuk waktu salat, khalifah ditawarkan untuk salat di dalam gereja tapi khalifah umar menolak karena takut umat selanjutnya akan mencontohkan hal tsb. Ini paham2 sekuler yang mencoba mendoktrin umat


dimana paham2 sekuler trnyata lebih baik dalam.mencitrakan Islam, lebih damai dan berguna bagi dunia emoticon-Smilie

masa sumbangsih 7 abad terakhir hanya model fashion yg semakin meninja emoticon-Ngakak (S)
0
Lapor Hansip
05-07-2019 10:15
Balasan post carlito256gmail
Quote:Original Posted By carlito256gmail


Coba kamu yg baca hayooo 😎
Kitab lain ada yg namanya perjanjian lama & baru
Setelah perjanjian baru muncul.yg lama sudah tidak berlaku


tolol nih anak, perpuluhan itu emang ayat drmana blog?
0
05-07-2019 10:18
Quote:Original Posted By pukoma.awakkah
lah itu kan umat nasrani yang dibolehin beribadah di mesjid, tapi bukannya statement yg menyatakan kalo umat muslim beribadah di gereja. beda konteks bro. Lagian dulu khalifah umar pernah ketika berteemu dengan umat nasrani kemudian telah masuk waktu salat, khalifah ditawarkan untuk salat di dalam gereja tapi khalifah umar menolak karena takut umat selanjutnya akan mencontohkan hal tsb. Ini paham2 sekuler yang mencoba mendoktrin umat


prinsip kebenaran itu simple... kalau aturan itu enak bagi kamu, tapi tidak enak bagi orang lain itu berarti bukan kebenaran, tapi ketololan dan keegoisan
0
05-07-2019 10:29


Quote:Original Posted By berylucu
ngga, abdul somad menyebutkan bom bunuh diri di palestina justru mati nya syahid masuk surga
dia mention kisah sahabat yang mengayun ayun kan pedang ke kerumunan kafir quraisy, mati nya syahid
kisah itu tentu kontradiktif dengan pelarangan bunuh diri.. serba salah kan jadinya..

solusi nya cuman 1, salah satu cerita/ayat harus dihapus..


Bom bunuh diri dalam konteks apa? , kalo lagi perang , bunuh bunuhan itu wajar , bom bunuh diri = menghabisi lawan sampe ngorbanin dirinya , ada tempat yg manis nanti

Mengayun ngayunkan pedang ke kafir quraisy , ngebunuh aja dapet pahala , lah wong lagi perang “saat itu”

Apanya yg kontradiktif ? Bedakan bom bunuh diri saat “bukan perang” sama ketika “perang” ? ? emoticon-Leh Uga

profile-picture
tiobiennyo memberi reputasi
1
05-07-2019 10:36
trit bikin ribut, btw ane lbh terhibur liat2 post2nya drpd threadnya emoticon-Ngakak
0
05-07-2019 10:37
yakin ga ada abisnya bahas ginian breee... emoticon-Peace
punya mereka masing2 yg paling bener menurut mereka. iyain aja....
dibawa heppy aja... ane jenggotan, brewokan, sering sama temen dikatain terorist lah, radikal lah, padahal tuhannya dia brewokan... emoticon-Embarrassment emoticon-Peace
dengerin aja, toh emang kadang kita juga butuh mereka...
kalau soal agama, mending kita jalanin aja keyakinan kita masing2, no paksa2... karena ketika kita meyakini suatu agama, pasti kita meyakini adanya hari pembalasan, ya kan? jadi biarin aja suka2 mereka, kita jalani apa yg kita yakini, kita tunggu dan kita lihat hasil akhirnya nanti emoticon-Peace
emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
0
05-07-2019 10:40
Quote:Original Posted By berylucu
Itulah agama.. kamu mau cari kalimat yang mendukung kebaikan ada, mau cari kalimat yang mendukung kekerasan juga ada..

diperlukan akal sehat dari individu masing2 untuk melakukan filter terhadap kalimat mana yang harus dijadikan pedoman..

rumus nya sih gampang, selama pemeluk agama meyakini Tuhannya Maha Pengasih, Maha Adil, Maha Sempurna dll, maka dia akan tau kalimat mana yang bisa dia ambil dan mana yang tidak..

Ga usah percaya dengan kalimat aneh yang kontradiktif dengan sifat2 baik Tuhan,,
ntar jadinya beriman sama manusia dong


Sbenarnya resepnya simple

Selama tidak ada dlm pikiran
saya yang paling benar , yang lain salah

Jamin 100% gk ada konflik agama

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
tiobiennyo dan berylucu memberi reputasi
2
Lapor Hansip
05-07-2019 10:43
Balasan post berylucu
Quote:Original Posted By berylucu


ooo Tuhan nya udah ganti kali yakk,, kaya Pilpres aja Orde Lama Orde Baru emoticon-Malu (S)
terus crusader pakai ajaran agama Zoroaster kali.. emoticon-Embarrassment


Yep, emang ganti om dlu jews percaya banyak jin juga kok, cm bos nya ya tetep satu. Setelah ada nubuat dan perjanjian baru keluar baru shifting ke Jesus minded.

Lo kira dlu musa belah lautan mintanya sama siapa?
profile-picture
tiobiennyo memberi reputasi
1
05-07-2019 10:47
Palingan nanti ummat 02 tinggal bilang kan itu ayat "masa damai", beda dengan ayat "masa perang" yang diturunkan Alloh untuk memerangi musuh-musuh agama.
0
Lapor Hansip
05-07-2019 10:54
Balasan post pukoma.awakkah
Selama masih ada orang yg baperan ngeliat pohon cemara dan topi sinterklas, gak bakalan terwujud ada nasrani dibolehin ibadah di masjid atau sebaliknya. Lebih baik kedua pihak saling menghormati dan ibadah di tempatnya masing2 aja, supaya lebih nyaman.
0
Lapor Hansip
05-07-2019 10:56
Balasan post carlito256gmail
Logika gemblung, kalo sudah tidak berlaku, trus ngapain masih dicantumkan di Alkitab? Justru PB itu dimaksudkan melengkapi / menyempurnakan PL.
profile-picture
dragunov762mm memberi reputasi
1
05-07-2019 10:58


Quote:Original Posted By kijangrusa
kok agan @stealthmania abis jadi anak band tritnya jadi ginian sih? Trit yg biasanya 'trit pemersatu' umat mana?
emoticon-Ngakak


Masih tetap ada gan..di @stealthman emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
stealthman dan kijangrusa memberi reputasi
2
05-07-2019 10:59
ya begitu lah karena pemahaman dari dulu dikasi sebagai kulit luar....akhirnya cetek ilmu dan sempit wawasannya.

emoticon-Traveller
0
05-07-2019 11:04
cocok buat khotbah jumat di mesjid.. terutama bagi kaum monaslimin emoticon-shakehand
0
05-07-2019 11:12
Quote:Original Posted By bunnicula
Bom bunuh diri dalam konteks apa? , kalo lagi perang , bunuh bunuhan itu wajar , bom bunuh diri = menghabisi lawan sampe ngorbanin dirinya , ada tempat yg manis nanti

Mengayun ngayunkan pedang ke kafir quraisy , ngebunuh aja dapet pahala , lah wong lagi perang “saat itu”

Apanya yg kontradiktif ? Bedakan bom bunuh diri saat “bukan perang” sama ketika “perang” ? ? emoticon-Leh Uga


Kalo bicara soal konteks gituan doang teroris udah pada tau mas..emoticon-Smilie
secara simple mereka tinggal ambil scope yang lebih luas bahwa saat ini umat islam sedang berperang..
ambil foto foto palestina, suriah, libya, serta ayat yang menyatakan umat islam adalah satu tubuh.. satu sakit yang lain sakit emoticon-Berduka (S)..

sesuai ajaran juga kan ? emoticon-Smilie
0
05-07-2019 11:16
Quote:Original Posted By djinggo88
Sbenarnya resepnya simple

Selama tidak ada dlm pikiran
saya yang paling benar , yang lain salah

Jamin 100% gk ada konflik agama

emoticon-Shakehand2


Best komen that i've ever known emoticon-Angkat Beer
Idealnya begitu memang..

tapi ada satu problem struktural,, semua agama mengklaim bahwa agamanya lah yang paling benar, yang lain salah emoticon-Berduka (S)
0
05-07-2019 11:18
tumben agan stealh ga banyak mulus..
yg merasa lebih paham dibanding shihab yg ini boleh klo mau adu debat.
sy bagian nonton sj
0
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.