• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bus Double Decker Alias Bus Tingkat AKAP Saat Ini Banyak Diminati !!

.r4hma.
TS
.r4hma.
Bus Double Decker Alias Bus Tingkat AKAP Saat Ini Banyak Diminati !!


Quote:




Bus Antar Kota Antar Provinsi saat ini banyak yang keren-keren, terutama bus jurusan antar provinsi di pulau Jawa. Dahulu Double Decker atau bus tingkat memang banyak beredar di pulau Jawa, tapi saat ini mulai merambah pulau besar lainnya seperti Sulawesi dan Sumatera.

Bus Double Decker disingkat DD atau Super Double Decker menjadi SDD, memang harganya milliaran namun semakin banyak diminati banyak PO, bahkan beberapa karoseri pun juga berlomba untuk memberikan bus DD yang terbaik. Ternyata hal itu pun disambut baik oleh penumpang yang merasa nyaman dengan pelayanan bus tingkat ini walau kelasnya biasanya eksekutif dan juga luxury.



Namun jelas persaingan sengit pada layanan bus ini terjadi di pulau Jawa. Seperti yang terjadi pada PO Harapan Jaya, mereka mempunyai bus DD yang berchassis Scania K 410 dari karoseri Adi Putro dengan tarif Eksekutif sebesar Rp 285 ribu per penumpang, kemudian kelas Super Luxury Rp 385 per penumpang, dan juga ada kelas Sleeper yang memberi layanan fasilitas tempat tidur tempatnya di belakang bapak supir bertarif Rp 500 ribu per penumpang.



Bahkan PO Lorena dan PO Karina, dua saudara ini mempunyai bus DD yang cukup banyak di bawah bendera PT Eka Sari Lorena Tbk. Total semua armada ada 12 bus, yang semuanya rata-rata berchassis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Sampai saat ini kedua PO ini mempunyai bus DD terbanyak di Indonesia. Chassis Mercedes Benz dilengkapi dengan ABS, ESP dan ASR.



Bahkan biasanya bus-bus DD ini dilengkapi dengan sandaran kaki (leg rest), AC, toilet, water dispenser dan ruangan merokok. Bahkan ada beberapa bus yang di pasang layar tv kecil bahasa kerennya Audio Video On Demand disingkat AVOD untuk menonton film dan juga mendengar lagu dari mp4. Lalu ada juga PO Sinar Jaya menggunakan sasis yang sama dengan Lorena, tentu saja ini menambah persaingan sengit di ranah bus DD.



Tak hanya itu PO Garuda Mas dan juga pelopor dari bus DD yaitu PO Efisiensi pun tak mau ketinggalan untuk mempercantik bus mereka yang sama-sama menggunakan karoseri Adi Putro dengan chassis dari Mercedes-Benz OC 500 RF 2542.



Bahkan PO Putera Mulya dan PO Anugerah Mas ( AGRA MAS ) pun menambah persaingan dengan chasis Scania K410 IB, di trayek pulau Jawa.



Sedangkan di Sulawesi hanya baru ada satu PO yang berani mengambil kesempatan bermain di DD yaitu PO Primadona, tentu saja lagi dan lagi bus ini berbasis chassis premium Mercedes-Benz OC500RF 2542 dengan penggerak 6x2 delapan roda dengan bodi Evolander DD (Double Decker) buatan karoseri New Armada.



Di Sumatera pun tak ketinggalan ada PO Sempati Star yang melayani rute untuk Sumatera, PO ini menggunakan chasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dan Scania K410 IB keduanya dari karoseri Adiputro. Kemudian PO Pelita Paradep merupakan salah satu PO yang berada di tanah Sumatera yang bersaing dengan PO Sempati Star dengan menggunakan chasis yang berbeda yaitu Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dengan balutan bodi dari karoseri Rahayu Sentosa.

Nampaknya PO dengan bus DD premium semakin diminati masyarakat di tengah harga pesawat terbang yang kian tinggi.

Sampai Jumpa Di Thread Lainnya


emoticon-Om Telolet Om!

Referensi

Klik











Diubah oleh .r4hma. 03-07-2019 10:07
davecchioJefkyoanasabila
anasabila dan 9 lainnya memberi reputasi
10
10.3K
110
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThreadā€¢81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.