alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1bde21d4397239a0760f42/sistem-zonasi-kos---kosan-di-rugikan-sales-diuntungkan
Lapor Hansip
03-07-2019 05:43
Sistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales Diuntungkan
Past Hot Thread
Sistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales DiuntungkanSistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales Diuntungkan
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Sistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales Diuntungkan

Penerapan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru atau yang lebih dikenal dengan PPDB tahun ini menuai pro kontra. Banyak yang menilai sistem ini tidak berpihak bagi mereka yang secara akademis punya potensi bisa masuk ke sekolah favorit, namun akibat kebijakan ini mereka "dipaksa" harus bersekolah di sekolah terdekat dengan rumah tinggalnya, yang bisa jadi hanya sekolah biasa non favorit.

Meski sebagian lainnya justru mengapresiasi langkah berani yang dilakukan oleh pemerintah karena dengan sistem baru ini mampu menghapus label sekolah favorit dan non favorit, tak ada lagi sekat yang memisahkan keduanya. Jika dulu sekolah favorit menjadi buruan bagi wali murid, terkhusus bagi mereka yang mampu, kini mereka mau tak mau harus menyambangi sekolah terdekat dengan rumah tinggal agar dapat menyekolahkan anaknya.

Sistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales DiuntungkanSistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales Diuntungkan
Dibalik pro dan kontra sistem penerapan zonasi kali ini, menurut pemerintah hal ini dilakukan semata - mata bertujuan untuk pemerataan kualitas pendidikan. Jika selama ini banyak sekolah favorit yang over kapasitas karena terlalu banyak peminat sedangkan di sekolah lain yang non favorit bahkan kekurangan murid, dengan sistem baru ini diharapkan tak ada lagi kejadian seperti ini. Para orang tua wali murid didorong agar mendaftarkan anaknya disekolah terdekat. Agar kedepan, sekolah - sekolah tersebut juga bisa menjadi sekolah favorit karena muridnya berasal dari berbagai kalangan serta prestasi masing - masing siswanya pun beragam.

Selama ini siswa berprestasi biasanya akan lebih memilih bersekolah di sekolah favorit sehingga kesempatan sekolah non favorit untuk mendapat siswa berprestasi cukup sulit. Selain alasan pemerataan, ternyata ada pula efek samping dari diberlakukannya sistem zonasi ini. Salah satunya yaitu berkurangnya kemacetan, terutama di kota - kota besar. Selama ini, pada jam - jam menjelang masuk sekolah menjadi salah satu jam sibuk karena anak sekolah juga menjadi salah satu penyumbang kemacetan. Dengan sistem zonasi, siswa yang bersekolah berasal dari lingkungan sekita sekolah, sehingga kemacetan bisa berkurang.

Sistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales DiuntungkanSistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales Diuntungkan
Selain itu, ada pula efek yang dirasakan oleh para pengusaha kos - kosan disekitar sekolah favorit. Jika biasanya kos - kosan tersebut penuh menampung siswa yang rumahnya jauh dari sekolah, kini dengan sistem zonasi banyak kos - kosan yang sepi peminat. Bahkan seperti dikutip dari detik.com, salah satu kos - kosan yang ada di Banyuwangi sampai tidak terisi sama sekali alias kosong setelah penerapan sistem zonasi ini.

Sistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales DiuntungkanSistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales Diuntungkan
Jika pengusaha kos terancam gulung tikar akibat kebijakan baru ini, lain lagi dengan yang dirasakan oleh sales properti. Mereka justru memanfaatkan sistem ini untuk "jualan" produk mereka. Perumahan yang lokasinya berdekatan dengan sekolah jadi punya nilai tambah. Terbukti di sekitar tempat tinggal TS banyak sekali spanduk promosi perumahan bertebaran yang mencantumkan lokasi dekat dengan sekolah. Meski dari survey yang diadakan oleh salah satu situs jual beli rumah, sistem zonasi ini belum menjadi salah satu pertimbangan calon pembeli dalam menentukan rumah yang ingin ia beli. Tapi bisa berbeda hasilnya jika peraturan sistem zonasi ini sudah berjalan selama bertahun - tahun, maka mau tak mau orang akan mencari hunian yang dekat dengan sekolah agar mudah untuk menyekolahkan anaknya.

Sistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales Diuntungkan

Sistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales Diuntungkan
Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini, Ini, dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Sistem Zonasi, Kos - Kosan di Rugikan, Sales Diuntungkan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
abied13 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 9
03-07-2019 11:42
Quote:Original Posted By 8319801
Terbukti di sekitar tempat tinggal TS banyak sekali spanduk promosi perumahan bertebaran yang mencantumkan lokasi dekat dengan sekolah. Meski dari survey yang diadakan oleh salah satu situs jual beli rumah, sistem zonasi ini belum menjadi salah satu pertimbangan calon pembeli dalam menentukan rumah yang ingin ia beli. Tapi bisa berbeda hasilnya jika peraturan sistem zonasi ini sudah berjalan selama bertahun - tahun, maka mau tak mau orang akan mencari hunian yang dekat dengan sekolah agar mudah untuk menyekolahkan anaknya.

untung aza ferumahan ana kumflit ada SD SMP SMA disitu..
bakalan mahal nih..


Kota mandiri nih..

emoticon-Leh Uga
0
Lihat 5 balasan
Lapor Hansip
03-07-2019 11:46
Balasan post powerpunk
ciusan ,gan..
kamfus juga deket..
tinggal nyebrang kali..
kalimalang..
emoticon-Ngakak (S)
0
Lapor Hansip
03-07-2019 12:32
Balasan post 8319801
@8319801 berarti tukang angkringan,penjual makanan,toko2 kecil juga terancam gan ga cuma kos aja
0
03-07-2019 13:22
kos kos-an g terlalu ngaruh lah bree..persentase siswa yg ngekos cm sedikit..lagian juga lbh banyak mudharatnya klo siswa yg ngekos..lu tau sendirikan masa2 di sma gimana belum lagi pada jaman sekarang adab dan tingkah laku remaja zaman now..apalagi yg tinggal nge-kost..emoticon-Cape d...
profile-picture
abied13 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
03-07-2019 13:42
Balasan post darxze
@darxze nah itu dia..
jadi semua kena imbasnya..
0
03-07-2019 14:18
Quote:Original Posted By ryozak
kos kos-an g terlalu ngaruh lah bree..persentase siswa yg ngekos cm sedikit..lagian juga lbh banyak mudharatnya klo siswa yg ngekos..lu tau sendirikan masa2 di sma gimana belum lagi pada jaman sekarang adab dan tingkah laku remaja zaman now..apalagi yg tinggal nge-kost..emoticon-Cape d...


Ada beritanya kok bre di sumur referensinya..
Kos2an doi sampai kosong melompong gegara zonasi..
0
Lapor Hansip
03-07-2019 17:48
Balasan post 8319801
Kalo lebih tepat mungkin guru yang dizonasi ganemoticon-Ngakak
Tapi salah juga daerah yang akomodasinya kurang juga susah ada guru,no ofense ya ganemoticon-Shakehand2
profile-picture
8319801 memberi reputasi
1
03-07-2019 20:08
Semoga bisa dievaluasi kembali ya kebijakan dari pemerintah ini emoticon-Malu
0
Lapor Hansip
04-07-2019 08:32
Balasan post powerpunk
@darxze nah itu betul adanya..
musti direvisi lagi nih aturannya..
0
04-07-2019 11:24
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
0
04-07-2019 11:50
Quote:Original Posted By rafatharhero
Lah kasian amat yg pinter ga masuk sekolah favorit yg bodoh masuk sekolah favorit bisanya yg sekolah favorit gedung fasilitas lebih bagus dan luas


Quote:Original Posted By kljy
Padahal dana sama besarnya. Kok sekolah favorit lebih banyak fasilitas? KORUPSI.


sekolah favorit dapat lebih banyak duit dr :
1. SPP . krn siswa penuh, maka pungutan SPP bakal tinggi. berbanding terbalik dg sekolah sepi peminat.
2. sudah jadi rahasia umum, sekolah2 yg memiliki murid berprestasi lebih sering dapat bantuan diluar bantuan yg diterima semua sekolah... krn mereka lebih sering disorot, maka dapat perhatian lebih baik dr pemda nya maupun pusat.

profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan dupa.fair memberi reputasi
2
04-07-2019 12:01
zonasi ini sd,smp,sma saja kuliahan termasuk?
0
04-07-2019 12:01
Sistem zonasi di pemerintahan, kapan diberlakukan yak?? emoticon-Ngakak
0
04-07-2019 12:02
Sistem zonasi di DKI masih menggunakan NEM emoticon-Shakehand2emoticon-Ngakak
0
04-07-2019 12:03
tenang gan.. ini hanya sementara.. nanti juga berubah lagi sistem zonasi . 😁
0
04-07-2019 12:03
Quote:Original Posted By darxze
Kalo lebih tepat mungkin guru yang dizonasi ganemoticon-Ngakak
Tapi salah juga daerah yang akomodasinya kurang juga susah ada guru,no ofense ya ganemoticon-Shakehand2


sistem zonasi guru udah mulai diberlakukan ko, bahkan untuk sekolah swasta
0
Lihat 1 balasan
04-07-2019 12:07
udah ga ada lagi tuh sekolah favorit2

beruntung berarti kalo anak penjaga sekolah di sekolah favorit
zonasi

masuk langsung hehe
0
04-07-2019 12:08
Tujuannya sih sudah pasti supaya tertib karena penduduk emang membludak otomatis penerimaan siswa di satu tempat kelebihan kapasitas dan itu gk bisa dipaksakan

Tapi sistemnya kurang matang jadi sekarang ini masalahnya mulai terasa mau gk mau di jalani aja nanti juga ada perbaikan
emoticon-Travelleremoticon-cystg
0
04-07-2019 12:08
kuliah emang zonasi?emoticon-Big Grin
0
04-07-2019 12:10
Rese emang sistem zonasi. Masih aja suka nyusahin rakyat. Kalo emang bisa dibikin susah, kenapa dibikin gampang?
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
valsigriuz memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.