News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
145
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1d4f9528c991784538a2ff/nasihat-snouck-hurgronje-di-masa-kolonial-berantas-islam-politik
tirto.id - Ketika Abdul Ghaffar tiba di Aceh, wilayah itu sedang dilanda perang selama belasan tahun. Sudah banyak korban berjatuhan, baik dari pihak Belanda maupun rakyat Aceh. Bagi orang Aceh, perang melawan orang Belanda itu adalah Perang Sabil. Mereka rela mengorbankan harta dan nyawa untuk perjuangan itu. Dari sisi Belanda, kantong mereka sudah terkuras habis untuk perlawanan lokal terlama da
Lapor Hansip
04-07-2019 08:00

Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik

Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik

Quote:tirto.id - Ketika Abdul Ghaffar tiba di Aceh, wilayah itu sedang dilanda perang selama belasan tahun. Sudah banyak korban berjatuhan, baik dari pihak Belanda maupun rakyat Aceh. Bagi orang Aceh, perang melawan orang Belanda itu adalah Perang Sabil. Mereka rela mengorbankan harta dan nyawa untuk perjuangan itu. Dari sisi Belanda, kantong mereka sudah terkuras habis untuk perlawanan lokal terlama dalam sejarah kolonialisasi Belanda. Perang Aceh lebih lama ketimbang Perang Jawa atau Perang Diponegoro (1825-1830). Abdul Ghaffar lah yang kelak bisa melihat kesalahan Belanda dalam peperangan Aceh tersebut.

Nasihat Abdul Ghaffar

Abdul Ghaffar punya banyak kenalan ulama dan sering kirim surat sejak ia ke Makkah. Ghaffar—sering juga disebut Gofur atau Gopur—tiba di Aceh pada 6 Juli 1891 setelah Teungku Chik di Tiro (1836-1891) meninggal.  Ketika itu, masjid Raya Aceh sudah lama dihanguskan militer Belanda. Itulah yang terus membuat semangat rakyat Aceh sedemikian membara untuk menumpas Belanda. Inilah kesalahan Belanda yang dilihat oleh Gopur. Ia pun mencoba mengingatkan kesalahan itu kepada pemerintah kolonial. 

Gopur tak lama tinggal di sana. Ia tiba bulan Juni, dan meninggalkan Aceh pada Februari 1892. Dengan perawakan Eropanya dan kemampuan berbahasa Arabnya—plus dipandang oleh orang-orang bergelar haji karena sudah ke Makkah pada usia 27—orang-orang Aceh itu mengira si Gopur adalah orang Arab. Setelah Februari 1892, kemungkinan besar Haji Gopur ke Betawi (Jakarta). Ia pun pulang ke rumah Sangkana, wanita asal Cimahi yang dinikahinya sejak 1890, ketika belum lama tinggal di Hindia Belanda. Di sana, Gopur segera menulis pengalamannya di Aceh dan pemikirannya dalam tulisan berjudul De Atjeher, yang diterjemahkan sebagai Rakyat Aceh.  

Tak hanya itu, Gopur punya banyak tulisan soal Islam, yang berguna bagi pemerintah kolonial yang dilanda mabuk berat menghadapi rakyat Aceh.

Dari Abdul Ghaffar, pemerintah kolonial mendapat nasihat bagaimana harus menghadapi perlawanan keras orang-orang Aceh. Sebenarnya, Gopur menyarankan agar militer KNIL Belanda bersikap baik untuk mengambil hati rakyat Aceh. Militer KNIL tak dibenarkan meneror rakyat, membakar kampung, dan merampas makanan rakyat Aceh. 

Soal Islam, Gopur juga mengingatkan pemerintah kolonial dalam menghadapi Islam. Menurutnya, ada Islam sebagai agama yang tidak berbahaya, dan ada Islam sebagai kekuatan politik yang bisa berbahaya bagi pemerintah kolonial. Dan untuk soal terakhir, pemerintah tak perlu ragu-ragu untuk serius memberantasnya. Selain meneliti soal Islam di Hindia Belanda, ia mengajar bahasa Arab di Betawi. Gopur dekat dengan pemerintah kolonial dan bangsawan di Priangan. Istrinya, Sangkana, adalah keturunan bangsawan. 

Setelah Sangkana meninggal, Gopur menikah lagi dengan putri seorang penghulu di Jawa Barat juga. Sejak 1898, ia sudah menjadi penasihat urusan pribumi bagi pemerintah kolonial. Orang-orang tersebut, termasuk mertua-mertua yang merelakan anaknya dinikahi Gopur, agaknya sangat yakin jika laki-laki yang mirip orang Arab ini adalah Haji Abdul Gopur.

Siapa Abdul Ghaffar?

Orang yang mirip orang Arab yang kita maksud adalah Christian Snouck Hurgronje. Seperti banyak orang Islam, bagi Snouck yang agnostik, naik haji adalah salah satu hal penting dalam hidupnya. Bedanya, ia pergi ke Makkah pada awal abad 20 demi kepentingan ilmiah karena ia akademisi. Sejak muda, ia penasaran pada Islam, sampai-sampai bahasa Arab dan Alquran pun ia pelajari. 

Snouck terlahir sebagai anak pendeta Belanda. Sejak 1874, saat berusia 17 tahun, ia mulai belajar teologi di Universitas Leiden. Pada 1880, ia merampungkan Het Mekkaansche Feest (Perayaan Makkah) meski belum pernah memasuki Kota Makkah. Makkah adalah kota tertutup bagi nonmuslim. 

Begitu Het Mekkaansche Feest dirampungkan, Snouck jadi pengajar bagi mahasiswa sekolah pegawai yang akan dikirim ke Hindia Belanda sejak 1881. Kesempatan memasuki Makkah akhirnya datang pada 1885. Dengan penguasaan bahasa Arabnya, ia berhasil meyakinkan para ulama di Turki akan kesungguhannya belajar Islam. Ulama-ulama itu bahkan membimbingnya. Masuk Makkah tentu akan mudah asal beragama Islam. Menjadi Islam juga mudah, cukup berucap dua kalimat syahadat.

Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik

Akhirnya, menurut Hamid Algadri dalam Politik Belanda terhadap Islam dan keturunan Arab di Indonesia (1988), Snouck berhasil masuk Makkah dan terkesan bersungguh-sungguh seperti orang berhaji, hingga dianggap telah masuk Islam. Menurut Augustus Rally dalam Orang Kristen Naik Haji (2011), Snouck tinggal enam bulan di Makkah. Snouck bahkan ikut membuat foto-foto pemandangan musim haji di Makkah. 

Dalam buku Sejarah Nasional Indonesia V, “Snouck Hurgronje tidak menaruh kepercayaan pada Islam sebagai kekuatan yang dapat membawa kemajuan.”

Menurut surat Snouck bertanggal 18 Februari 1886 kepada kawan kuliahnya, Carl Bezold, ia hanya berpura-pura saat mendalami Islam. Ia tak jauh beda dengan Wyn Sargent, yang rela menikahi istri Obahorok, kepala suku Dani, demi meneliti kehidupan suku Analaga. Kemampuan Snouck meneliti dengan menyamar sebagai muslim diakui matang oleh Vogel, peneliti Belanda lain.

“Banyak petualang yang menyamar dan beberapa orang berpengetahuan telah mengunjungi kota suci, tetapi Snouck Hurgronje, tiada keraguan, adalah yang terbaik. Ia hidup mengikuti cara hidup seorang muslim dengan nama Abdul Ghaffar,” tulis Vogel dalam Bukti-bukti Kebohongan Orientalis (1996).

Snouck Hurgronje alias Abdul Ghaffar meninggal pada 26 Juni 1936, tepat hari ini 83 tahun lalu. Ia dikenang sebagai orientalis-indolog yang sangat menguasai seluk-beluk Islam di Hindia Belanda.

  ==========

Artikel ini pertama kali ditayangkan pada 13 September 2016 dengan judul "Nasihat Abdul Ghaffar kepada Pemerintah Kolonial Belanda". Kami melakukan penyuntingan ulang dan menerbitkannya kembali untuk rubrik Mozaik. Baca juga artikel terkait PERANG ACEH atau tulisan menarik lainnya Petrik Matanasi (tirto.id - pet/nqm)


ada Islam sebagai agama yang tidak berbahaya, dan ada Islam sebagai kekuatan politik yang bisa berbahaya bagi pemerintah kolonial. Dan untuk soal terakhir, pemerintah tak perlu ragu-ragu untuk serius memberantasnya.

Pemikiran gopur yang pro penjajahan indonesia mirip dengan siapa ya? emoticon-Hansip

Jasmerah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suralia dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 08:53
tidak relevan dengan konteks pemilu kemaren. snock hurgronje itu sudah jelas orientalis yang nyaru jadi ulama dengan misi merusak moral masyarakat aceh atas perintah kolonial belanda.

nah sekarang orang indonesia sendiri nyaru jadi ulama demi cuan dan kepentingan para politikus yang memanfaatkan isu SARA. sudah jelas kan bedanya??

saran saya buat TS, kalo masih sakit hati mending cari referensi lain emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 08:53
Quote:Original Posted By khayalan
Dan negara ini, negara yang menganut Pancasila dan kebhinekaan ini tidak melarang umat muslim (dan umat2 agama lain yg diakui agama dan keyakinannya) untuk melakukan ibadah sesuai dengan yg ada di Quran dan Sunnah..

Quran dan Sunnah jangan dijadikan pembenaran untuk mempertentangkan keyakinan umat Islam dengan Pancasila! Ini cikal bakal cuci otak dari member2 anjing HTI.. paling gawat ya member2 teroris yg ngebom2 thogut sambil takbir! Naudzubillah.

Sorry ceramah dikit.. emoticon-shakehand


Pancasila sudah mencerminkan islam (Quran dan sunah), tinggal berislam dengan benar pasti sudah berpancasila. emoticon-Salaman

La wong yang buat ppancasila aja orang islam, makanya dalam pancasila itu kental banget islamnya.

Contoh sila 4:

“Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan” 

Apa itu hikmat? Hikmat itu asalnya hikmah dalam bahasa Quran. Hikmah itu seperti dalil ini:

Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.


Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.

Hikmah itu syariat/ajaran nabi.

hik·mat n 1 kebijakan; kearifan; 2 kesaktian (kekuatan gaib)
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan banghindar memberi reputasi
2 0
2
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 08:56
Snouck didenger? Weleh weleh weleh...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan suralia memberi reputasi
2 0
2
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 08:59
Ane suka trit macam ini, ketauan siapa MUKMIN HAQ, MUNAFIQ, KHAWARIJ, DAN THE REAL KAFIR
0 0
0
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 08:59
Quote:Original Posted By azirma.ayrus
Islam Politik itu apa sih? Minimal pake definisi yg agan tau lah.


Kepemimpinan islam yang jujur, adil, punya kapabilitas dan amanah. emoticon-Salaman
Diubah oleh ntapzzz
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan line.blue memberi reputasi
2 0
2
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:09
Quote:Original Posted By ntapzzz


Bukan, sekarang jaman reformasi.


Islam politik ya kudu dibrantas kalo kaumnya kaya gini omNasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik


Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik

Rahmat seluruh alam semesta apanya kalo kaya gitu?emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:10
Quote:Original Posted By serafimmale
Islam politik harus digebuk terus nyamain dengan pemerintah sekarang? Lagi ngelindur yah bre
Jangan sampai kebencian menutup mata sehingga yang dilihat cuma yang jeleknya aja karena kenyataannya islam politik tidak pernah digebuk sama pemerintah. Buktinya PKS masih berdiri tuh, ada PKB dan PPP juga. Apa ketiga parpol itu kurang islam hingga ga dianggep islam politik?
Yang diberantas sama pemerintah bukan islam politik tapi mereka ysng berniat mendirikan negara islam dan mengganti Pancasila seperti HTI. Sampe disini pahsm bedanya ga bre?


Ane gak nyamain dengan pemerintahan sekarang. Karena gak ada dalam tulisan ane menyamakan pemerintahan. emoticon-Salaman

Jadi bukti-bukti yang agan kasih itu gak perlu. emoticon-Salaman
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:11
Kitab cuma satu buku aja pembahasan merembet kemana", banyak tafsir, banyak kelompok. Dan dianggap sempurna.
emoticon-Cape deeehh

Yang kitab suci nya satu lemari aja bisa satu pemahaman.
Diubah oleh kily89
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan aloha.duarr memberi reputasi
2 0
2
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:15
Quote:Original Posted By KangPri
Islam politik ya kudu dibrantas kalo kaumnya kaya gini omNasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik


Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik

Rahmat seluruh alam semesta apanya kalo kaya gitu?emoticon-Embarrassment


Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik

Bukan dilarang nyalon, nyalon silahkan. Kan dalam penyalonan itu pakai hukum negara (kesepakatan).

Memilih pemimpin muslim = Syariat islam
Tidak mengejek/mencela = Syariat Islam
Tidak main hakim sendiri = Syariat Islam

Kalau ada yang salah dengan umat muslim ya di ingatkan dengan hikmah dan baik. Jangan terus diejek/dicela emoticon-Salaman
Diubah oleh ntapzzz
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:16
Dagang TGB kagak sukses,sekarang dagang apaan lagi nih...
😁😆😅😂

Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:17
Kesimpulannya...
Tidak perlu menghancurkan sekte ini
Biarkan mereka saling menghancurkan diri sendiri
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:20
Quote:Original Posted By Mister.Fampir
Islam politik di Gebuk?
Buktinya mana ya mas?
PKB bisa dpt posisi keempat pas pemilu kemarin.. PKS pun naek drastis sampe dpt 8% suara Rakyat.. kok ndak kongruen yak sm hipotesis yg diajukan... emoticon-Smilie
Ulama2 dapat berceramah bebas di dimana2..
Ulama2 bisa bebas mendapatkan jamaah dimana2..
Saya ndak habis pikir dmn gebuknya.. emoticon-Smilie


Pemikiran begitu banyak disini di kakus contohnya. Ane gak bisa tunjuk orangnya, karena ane gak punya masalah dengan orangnya emoticon-Salaman

Masalah ane hanya dengan pemikirannya. emoticon-Salaman
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:21
Kapir minggir dulu, nonton di pojok sambil ngemil ciki

profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:22
Quote:Original Posted By ntapzzz
Pancasila sudah mencerminkan islam (Quran dan sunah), tinggal berislam dengan benar pasti sudah berpancasila. emoticon-Salaman

La wong yang buat ppancasila aja orang islam, makanya dalam pancasila itu kental banget islamnya.

Contoh sila 4:

“Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan” 

Apa itu hikmat? Hikmat itu asalnya hikmah dalam bahasa Quran. Hikmah itu seperti dalil ini:

Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.


Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.

Hikmah itu syariat/ajaran nabi.

hik·mat n 1 kebijakan; kearifan; 2 kesaktian (kekuatan gaib)


Lalu apa korelasinya antara posting lu yg ini sama.postingan lu di berita trit?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan suralia memberi reputasi
2 0
2
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:24
Quote:Original Posted By ntapzzz


Kepemimpinan islam yang jujur, punya kapabilitas dan amanah. emoticon-Salaman


Kalau menurut seorang Pemikir Islam terkenal, Allama Muhammad Iqbal, Islam Politik itu bukan itu gan. Yang agan maksud itu lebih ke Politik Islam.

Kalau menurut Iqbal, Islam Politik itu penggunaan simbol-simbol Islam untuk memperjuangan keinginan seseorang atau suatu kelompok untuk meraih kekuasaan.

Politik Islam tujuan akhirnya adalah terbentuknya nilai-nilai islam dan islami dalam setiap sendi kehidupan masyarakat. Sementara Islam Politik tujuan akhirnya hanya kekuasaan. Imho, tujuan Islam Politik lebih mudah dipahami namun dangkal, fokus pada satu hal (Kekuasaan) namun kejam, egois dan akhirnya malah jauh dari nilai-nilai Islam.

Politik Islam dan Islam Politik bisa saling mengisi, namun fakta sejarah menunjukkan Islam Politik cenderung meninggalkan Politik Islam. Khilafah itu adalah Islam Politik. Sejarah kekhalifahan mulai dari Muawiyyah, Abbasiyah, Utsmaniyah hingga Ottoman menunjukkan adanya tendensi Islam Politik untuk meninggalkan Politik Islam, sehingga meruntuhkan kekhilafahan2 tersebut..

Kembali menurut pemikir terkenal lainnya, Muhammad Abduh, yang mengatakan saya melihat Islam di Barat namun tidak melihat muslim. Sedangkan di Timur saya melihat muslim namun tidak melihat Islam. Itulah efek besar dari Islam Politik.

Kembali ke Topik, C. Snouch Hougranje melihat apa yang membakar perjuangan rakyat Aceh saat itu adalah Islam Politik, sehingga dimatikanlah unsur tersebut maka langsung padam perjuangan Rakyat Aceh. Namun apa yang dilakukan H.O.S Tjokroaminoto dan Syarekat Islam adalah Politik Islam, sehingga tidak mudah dihancurkan dan tetap bsa tumbuh subur sehingga dari situlah tumbuh bibit-bibit manusia yang mendorong lahirnya Bangsa Indonesia.

Kini Bangsa Indonesia sudah merdeka, maka yang seharusnya ditumbuh-kembangkan adalah Politik Islam, bukan Islam Politik. Upaya menumbuhsuburkan Islam Politik malah membuat Bangsa Indonesia tidak bergerak maju mencapai cita-cita yang dirumuskan bersama dalam Pancasila dan UUD 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika.



Diubah oleh azirma.ayrus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:26
Quote:Original Posted By ntapzzz


Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik

Memilih pemimpin muslim = Syariat islam
Tidak mengejek/mencela = Syariat Islam
Tidak main hakim sendiri = Syariat Islam

Kalau ada yang salah dengan umat muslim ya di ingatkan dengan hikmah dan baik. Jangan terus diejek/dicela emoticon-Salaman

Komiknya itu satu kesatuan sama realitas Om , jgn dipotong2. Idealnya no 1 , faktanya rentetan biasanya sampe nomor 4 emoticon-Embarrassment

Kita itu jarang yg punya cermin
Kalo protes Sama aseng aseng sipit ekonomi. Tapi lupa Kalo 2,5% zakat seluruh Muslim indonesia disatukan aja dahsyat jumlahnya buat nyaingin osang oseng itu. Kenapa ? Simple, karna lebih gampang nuduh kafir daripada nglakuin kalo bbrp sodara seiman juga yg sabotase.....

Ndak percaya? Coba audit publik MUI, HTI, FPI dan yg ngaku2 Islam. Perhatikan Dana masuk berapa buat apa, sesuai dan wajar ga? Jangan2 disitu harga akua sebotol 100rb.

Terus biar org g perhatian, yg dituduh thogut pemerintah, yahudi, cina Dan emoticon-Leh Uga

Ndak pernah ane Liat ada seruan audit/ reformasi internal, gitu. Adanya kofar kafir thogut ,Bini 4, khilafah. Pegang duit aja g jelas gimana mau khilafah? emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:26
Quote:Original Posted By khayalan
Lalu apa korelasinya antara posting lu yg ini sama.postingan lu di berita trit?


Korelasinya pemikiran gebuk islam politik itu masih ada sampai sekarang. emoticon-Salaman
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:32
Quote:Original Posted By azirma.ayrus
Kalau menurut seorang Pemikir Islam terkenal, Allama Muhammad Iqbal, Islam Politik itu bukan itu gan. Yang agan maksud itu lebih ke Politik Islam.

Kalau menurut Iqbal, Islam Politik itu penggunaan simbol-simbol Islam untuk memperjuangan keinginan seseorang atau suatu kelompok untuk meraih kekuasaan.

Politik Islam tujuan akhirnya adalah terbentuknya nilai-nilai islam dan islami dalam setiap sendi kehidupan masyarakat. Sementara Islam Politik tujuan akhirnya hanya kekuasaan. Imho, tujuan Islam Politik lebih mudah dipahami namun dangkal, fokus pada satu hal (Kekuasaan) namun kejam, egois dan akhirnya malah jauh dari nilai-nilai Islam.

Politik Islam dan Islam Politik bisa saling mengisi, namun fakta sejarah menunjukkan Islam Politik cenderung meninggalkan Politik Islam. Khilafah itu adalah Islam Politik. Sejarah kekhalifahan mulai dari Muawiyyah, Abbasiyah, Utsmaniyah hingga Ottoman menunjukkan adanya tendensi Islam Politik untuk meninggalkan Politik Islam, sehingga meruntuhkan kekhilafahan2 tersebut..

Kembali menurut pemikir terkenal lainnya, Muhammad Abduh, yang mengatakan saya melihat Islam di Barat namun tidak melihat muslim. Sedangkan di Timur saya melihat muslim namun tidak melihat Islam. Itulah efek besar dari Islam Politik.

Kembali ke Topik, C. Snouch Hougranje melihat apa yang membakar perjuangan rakyat Aceh saat itu adalah Islam Politik, sehingga dimatikanlah unsur tersebut maka langsung padam perjuangan Rakyat Aceh. Namun apa yang dilakukan H.O.S Tjokroaminoto dan Syarekat Islam adalah Politik Islam, sehingga tidak mudah dihancurkan dan tetap bsa tumbuh subur sehingga dari situlah tumbuh bibit-bibit manusia yang mendorong lahirnya Bangsa Indonesia.

Kini Bangsa Indonesia sudah merdeka, maka yang seharusnya ditumbuh-kembangkan adalah Politik Islam, bukan Islam Politik. Upaya menumbuhsuburkan Islam Politik malah membuat Bangsa Indonesia tidak bergerak maju mencapai cita-cita yang dirumuskan bersama dalam Pancasila dan UUD 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika.


Sadar gak kalau C. Snouch Hougranje yang melakukan ini "Kalau menurut Iqbal, Islam Politik itu penggunaan simbol-simbol Islam untuk memperjuangan keinginan seseorang atau suatu kelompok untuk meraih kekuasaan." ?

Sebenarnya penjajah kolonial lah yang melakukan islam politik menurut definisi iqbal.

Kalau ane baru tau itu definisi yang agan kasih. emoticon-Salaman
Diubah oleh ntapzzz
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:37
Quote:Original Posted By ntapzzz


Ane gak nyamain dengan pemerintahan sekarang. Karena gak ada dalam tulisan ane menyamakan pemerintahan. emoticon-Salaman

Jadi bukti-bukti yang agan kasih itu gak perlu. emoticon-Salaman


Quote:Original Posted By pasti2periode
yakin tidak menyamai dengan pemerintahan skrg?
yakin lu tidak ada niat untuk itu?
semoga A G A M A mu tidak diajarkan untuk berbohong ya

emoticon-Smilie


masih nunggu jawaban
apakah A G A M A nya mengajarin berbohong atau tidak

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Nasihat Snouck Hurgronje di Masa Kolonial: Berantas Islam Politik
04-07-2019 09:41
Quote:Original Posted By ntapzzz
Korelasinya pemikiran gebuk islam politik itu masih ada sampai sekarang. emoticon-Salaman


Bertele2..

To the point aja.. siapa yg digebuk sekarang ini?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia