alexa-tracking
Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.58 stars - based on 19 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1ae5f368cc956263456d7d/muslimah-tidak-berjilbab-boleh-kenapa-nggak-jadi-begini
Lapor Hansip
02-07-2019 12:04
Muslimah Tidak Berjilbab? Boleh, Kenapa Nggak? Jadi Begini
Muslimah Tidak Berjilbab? Boleh, Kenapa Nggak? Jadi Begini

Jilbab pakaian muslimah.

    Kamu wanita? Beragama Islam? Kalau ya, fix, berarti kamu bisa disebut muslimah. Ya, semudah itu untuk menjadi seorang muslimah. Tapi, eit, tunggu dulu, tidak berhenti sampai di situ. Ketika seseorang telah menyatakan diri memeluk agama Islam ini, maka otomatis, padanya akan melekataturan-aturan yang Allah turunkan melalui Rasul-Nya. Salah satunya berjilbab.

Ini perintah berjilbabnya, Sis ... emoticon-Big Kiss

Quote:"Katakanlah kepada wanita beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak daripadanya." 
 
(QS. An Nur: 31)



juga yang ini:
Quote:"Hai Nabi, katakanlah kepada istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, 'Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mmereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

QS. Al Ahzab: 59


emoticon-HansipKalau ada perintah, pasti ada ancaman bila tidak dilaksanakan. Apa itu?emoticon-Hansip
emoticon-NgamukAZAB YANG AMAT PEDIH!! emoticon-Ngamuk

Sengaja nggak ditulis secara gamblang karena ane sendiri ngeri, euy! Dan, ane berharap nggak ada satu pun wanita yang mengalaminya. Tapi kalau mau dibahas, bolehlah di next trit emoticon-Toast 
 Nah, sekarang udah tau kan? Jadi, fungsi jilbab ini untuk melindungi dan menjaga kehormatan perempuan, Sis. Tapi banyak juga yang enggan berjilbab dengan alasan gerah, belum siap, ribet, nggak modis, dan lain sebagainya. Kalau hukum Islam sendiri gimana? Tenang … boleh, kok, tidak berjilbab jika kamu:

1.      Belum dewasa
Tentu saja aturan Islam ini berlaku untuk orang yang sudah aqil baligh, ya, Sis. Jadi kalau kamu masih anak-anak tidak berdosa jika tampak auratmu, tapi tidak diumbar-umbar juga ya. Belajar berjilbab sedini mungkin akan lebih baik untuk membuat diri terbiasa. Tapi jangan juga beralasan ‘tua belum tentu dewasa’ yang membuat kamu selalu merasa unyu hingga nggak ada kewajiban berjilbab. Nggak gitu. Islam punya standar sendiri untuk menentukan kedewasaan seorang perempuan. Dan ini terhitung ketika pertama kali ia mendapat haid. Sejak itulah kewajiban sebagai muslimah mulai melekat pada dirinya.

2.      Orang dengan gangguan jiwa
Orang dengan gangguan kejiwaan hingga tidak mampu mengenali dirinya sendiri dan lingkungan sekitar atau gila maka diangkat pena atasnya. Tak ada dosa baginya, bahkan ketika ia berbuat semaunya. Termasuk tidak berjilbab.

3.      Pasien di hadapan dokter yang mengobati
Kalau ini urusan darurat, ya, Sis. Jadi untuk urusan pengobatan boleh-boleh aja menampakkan aurat. Meski ada ulama yang mengutamakan kehati-hatian. Sebisanya mencari dokter perempuan terlebih dahulu, bila terpaksa tidak ada, barulah ke dokter laki-laki.

4.      Di hadapan mahram
Mahram artinya semua orang yang haram dinikahi karena keturunan, sepersusuan, atau pernikahan. Mahram berbeda dengan saudara, ya, Sis. Ada saudara tapi tidak termasuk mahram, contohnya sepupu. Nah, ingat, ya. Sepupu bukan mahram. Kalau kamu punya gebetan yang masih sepupuan, boleh kok menikah, haha … lengkapnya lihat di diagram ini:
Quote:
spoiler

sumber: http://hanajadeh.blogspot.com/2013/0...a-mahram.html



5.      Di ruang yang tak seorang pun bisa melihatmu
Di kamar mandi misalnya (haha …) di sana kamu bebas, Sis!

6.      Belum sampai dakwah ini padamu
 Kalau kamu baru aja mengenal Islam, dan belum tau tentang aturan ini, atau tak ada seorang pun yang memberi tau soal ini, dan kamu benar-benar tidak tau, maka tidak ada dosa bagimu, Sis!
 
Nah, itu di antaranya alasan-alasan yang membolehkan Sista yang muslimah tidak berjilbab. Jadi dari nomor 1 sampai 6 kamu yang mana?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
khodijahsiti92 dan 46 lainnya memberi reputasi
47
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 9
03-07-2019 06:52
Pembahasan yang bagus sist, emoticon-Malu
profile-picture
YumnaAzalea memberi reputasi
1
03-07-2019 11:12
Quote:Original Posted By Anyar.lik
Pembahasan yang bagus sist, emoticon-Malu


Tengkyu sis ... semoga bermanfaat
emoticon-Shakehand2
profile-picture
saitamakan memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
03-07-2019 11:21
yg penting akhlak nya masih bagus, ane sih respect banget.
profile-picture
Justika1118 memberi reputasi
-1
03-07-2019 13:19
Gua ga berjilbab

















Karena gua laki emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Justika1118 dan YumnaAzalea memberi reputasi
2
03-07-2019 13:34
Ndeprok ah... Mantul pembahasannya
Tp syang skrg gua gk berjilbab emoticon-Cool
0
03-07-2019 13:39
Quote:"Katakanlah kepada wanita beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak daripadanya."

(QS. An Nur: 31)


gw baca sampe puluhan kali kalimat diatas... kok gw cuma merasa itu bukan berarti harus berhijab ya?

menahan pandangan? maksudnya ngga boleh lirik2 cowo?
memelihara kemaluan? lah ini mah bukan muslim juga wajib kali.
menampakkan perhiasan mereka? apa yang dimaksud dengan perhiasan? rambut? lah itu kan ada KECUALI yang nampak daripadanya, rambut kan emang pasti keliatan yah...

Quote:"Hai Nabi, katakanlah kepada istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, 'Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mmereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

QS. Al Ahzab: 59


supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mmereka tidak diganggu

artinya pada jaman itu cowok2 doyan gangguin cewe yah? emoticon-Ngakak
jadi biar ga diganggu "disuruh" pake hijab, dengan alasan biar "tidak diganggu". kok gw malah merasa kaya sebuah ANCAMAN ya...

ini edisi beneran nanya...
Diubah oleh Luminus
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan Justika1118 memberi reputasi
0
Lihat 2 balasan
03-07-2019 14:10
Quote:Original Posted By Luminus
gw baca sampe puluhan kali kalimat diatas... kok gw cuma merasa itu bukan berarti harus berhijab ya?

menahan pandangan? maksudnya ngga boleh lirik2 cowo?
memelihara kemaluan? lah ini mah bukan muslim juga wajib kali.
menampakkan perhiasan mereka? apa yang dimaksud dengan perhiasan? rambut? lah itu kan ada KECUALI yang nampak daripadanya, rambut kan emang pasti keliatan yah...



supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mmereka tidak diganggu

artinya pada jaman itu cowok2 doyan gangguin cewe yah? emoticon-Ngakak
jadi biar ga diganggu "disuruh" pake hijab, dengan alasan biar "tidak diganggu". kok gw malah merasa kaya sebuah ANCAMAN ya...

ini edisi beneran nanya...


Memahami ayat Allah tidak bisa dengan pemahaman sempit, apalagi bahasa yang dipake bahasa arab, yang bahasanya aja ga dikuasai apalagi diksinya. Kalo pake pemahaman sempit jadinya kaya majas tapi dipahami dengan makna lugas. Kalo jaman sekolah dulu sering didapati kalimat 'nyiur melambai-lambai' kalo dipahami dengan makna lugas pasti jadi tanya 'masa iya nyiur melambai? Emang punya tangan?' 🤣🤣

emoticon-Ngakak
0
03-07-2019 16:18
Suka heran sama alasan klise gk pake jilbab yaitu belom siap secara iman alias merasa masih banyak kekurangan emoticon-Wakaka
Gw sendiri bukan wanita suci yg sering/udah tetap pake jilbab kemana2, tapi gak mau pake alasan begituan. Jujur aja masih males emoticon-Big Grin tapi emang dasarnya dirumah mulu, sekalinya keluar buat jemur baju sama ngasih makan kelinci.

Yang pasti gw bakal berusaha buat nutup aurat sepenuhnya terlepas dari kelakuan gw yang bagi orang2 masih buruk karena gw beragama islam dan ini diwajibkan dalam agama, kecuali gua murtad atau dah sinting keluar agama emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
03-07-2019 16:22
Balasan post Luminus
Ya elu bukan islam, wanita jg bukan jadi gak ngerti. Kalau lu menganggap apa yg tertulis dalam Al-Quran adalah ancaman, fix lu bukan islam dan gak pernah diajari agama.
0
Lapor Hansip
03-07-2019 16:51
Balasan post Justika1118
@Justika1118 lah pake emosi... gw cuma baca dan berusaha mengartikan nya doang kok.

jadi terjemahan tu ayat salah?

pake hijab ke seluruh tubuh -> mudah dikenali -> karna mudah dikenali jadi ngga diganggu.

dari kalimat yang ada gw tarik kesimpulan, pada jaman itu klo "ngga dikenali" artinya sering diganggu (diganggu seperti apa? entah gw juga kaga tau ya, la wong kaga dijelasin apa gangguan nya).

bisa juga kan arti "mudah dikenali" itu lebih berarti terlihat mana yang "ber-agama" dan mana yang "kafir", jadi biar yang mau gangguin lebih "berpikir" dua kali sebelum gangguin.

mengancam? mirip ga kalimat "klo lu ga mau diganggu, mending lu pake hijab" sama sama kalimat "klo lu ga mau diganggu, mending lu diem deh", kaya "mengancam" kan? itu buat gw ya, klo buat lu ngga ya ga masalah kan?

agama itu mengancam? lah di agama gw sendiri ada kok "ancaman" secara tidak langsung. contoh nya klo gw bikin dosa ya gw masuk NERAKA, klo gw mo masuk surga? ya jangan bikin DOSA. nangkep maksud gw? klo ga nangkep ya sudah gpp, ga usah dipaksain.

dah ah, males gw debatin agama... toh gw juga di awal cuma bilang dari 2 ayat yang dikasih, gw ngga melihat ada suatu "keharusan" sebenernya. cuma yg nafsirin nya pada bilang wajib dan ente percaya itu suatu kewajiban, ya terserah ente....

klo ente jawab pake jawaban ane yang di bold, ente terlihat lebih hebat sebenernya.

gimana lu bisa bikin orang laen tobat dan percaya sama agama lu klo lu sendiri kaga bisa jelasin makna dari ayat kitab suci lu sendiri.

bayangkan ya klo misalnya gw orang yang mau belajar tau soal agama lu, tapi respon lu kaya gitu, malesin banget dah
0
03-07-2019 23:51
alhamdulillah klo cewek2 udah pada makek jilbaab, dan udah pada hijrah,....

tapi yang kagak boleh ntu
mentang2 dah hijrah, selalu menganggap remeh atau rendah ke cwek lain yang belum hijrah.

itu aja sih......,

oy, klo udah makek jilbab, klo keluar jangan makek parfum ya.....?

kan cewek d larang makek parfum
xixixixixiix
profile-picture
dell19 memberi reputasi
1
04-07-2019 03:56
Gue boleh komen dimari kagak bray?

Buru jawab bray

Sebelon ts gue gandol bray

Ah elah emoticon-Traveller
0
04-07-2019 06:20
Quote:Original Posted By Luminus
@Justika1118 lah pake emosi... gw cuma baca dan berusaha mengartikan nya doang kok.

jadi terjemahan tu ayat salah?

pake hijab ke seluruh tubuh -> mudah dikenali -> karna mudah dikenali jadi ngga diganggu.

dari kalimat yang ada gw tarik kesimpulan, pada jaman itu klo "ngga dikenali" artinya sering diganggu (diganggu seperti apa? entah gw juga kaga tau ya, la wong kaga dijelasin apa gangguan nya).

bisa juga kan arti "mudah dikenali" itu lebih berarti terlihat mana yang "ber-agama" dan mana yang "kafir", jadi biar yang mau gangguin lebih "berpikir" dua kali sebelum gangguin.

mengancam? mirip ga kalimat "klo lu ga mau diganggu, mending lu pake hijab" sama sama kalimat "klo lu ga mau diganggu, mending lu diem deh", kaya "mengancam" kan? itu buat gw ya, klo buat lu ngga ya ga masalah kan?

agama itu mengancam? lah di agama gw sendiri ada kok "ancaman" secara tidak langsung. contoh nya klo gw bikin dosa ya gw masuk NERAKA, klo gw mo masuk surga? ya jangan bikin DOSA. nangkep maksud gw? klo ga nangkep ya sudah gpp, ga usah dipaksain.

dah ah, males gw debatin agama... toh gw juga di awal cuma bilang dari 2 ayat yang dikasih, gw ngga melihat ada suatu "keharusan" sebenernya. cuma yg nafsirin nya pada bilang wajib dan ente percaya itu suatu kewajiban, ya terserah ente....

klo ente jawab pake jawaban ane yang di bold, ente terlihat lebih hebat sebenernya.

gimana lu bisa bikin orang laen tobat dan percaya sama agama lu klo lu sendiri kaga bisa jelasin makna dari ayat kitab suci lu sendiri.

bayangkan ya klo misalnya gw orang yang mau belajar tau soal agama lu, tapi respon lu kaya gitu, malesin banget dah


Nah ini udah pinter
emoticon-Ngakak
Btw, tengkyu udah mampir gan. Sekarang ane tau kalo agan beda keyakinan😂😂
Kalo dalam agama ane, rambut wanita itu masuk perhiasan gan. Dengan rambut, wanita jadi tambah cantik kan? Perintah menutup itu bukan cuma 2 ayat itu, masih ada beberapa lagi termasuk dalam hadis. Dalam memahami ayat, bukan cuma menelaah arti aja, tapi juga dilihat asal usul (asbabun nuzul), kejadian2 sebelum ayat itu diturunkan, jadi kita mengerti apa dan bagaimana. Tapi itu harus ahli yg kompeten. Kalo orang2 kek ane cukup tau terus ikuti. Karena utk menelaah satu ayat aja bisa dibahas jadi satu buku 400an halaman. Itu biar jadi bagian orang2 yg mendalami bidang itu. Ane? Sami'na wa atho'na (saya dengar dan saya taat)

Semua yg berasal dari Alquran itu jatuhnya wajib, gan. Krn perintah itu datangnya langsung dari Allah

Overall, tengkyu apresiasinya
emoticon-Shakehand2emoticon-2 Jempol
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1
04-07-2019 06:21
Quote:Original Posted By Justika1118
Suka heran sama alasan klise gk pake jilbab yaitu belom siap secara iman alias merasa masih banyak kekurangan emoticon-Wakaka
Gw sendiri bukan wanita suci yg sering/udah tetap pake jilbab kemana2, tapi gak mau pake alasan begituan. Jujur aja masih males emoticon-Big Grin tapi emang dasarnya dirumah mulu, sekalinya keluar buat jemur baju sama ngasih makan kelinci.

Yang pasti gw bakal berusaha buat nutup aurat sepenuhnya terlepas dari kelakuan gw yang bagi orang2 masih buruk karena gw beragama islam dan ini diwajibkan dalam agama, kecuali gua murtad atau dah sinting keluar agama emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak



MAntul sis ... lanjutkan
emoticon-2 Jempol
0
04-07-2019 06:21
Quote:Original Posted By pejantantambun0
alhamdulillah klo cewek2 udah pada makek jilbaab, dan udah pada hijrah,....

tapi yang kagak boleh ntu
mentang2 dah hijrah, selalu menganggap remeh atau rendah ke cwek lain yang belum hijrah.

itu aja sih......,

oy, klo udah makek jilbab, klo keluar jangan makek parfum ya.....?

kan cewek d larang makek parfum
xixixixixiix



Tengkyu dah mengingatkan gan ...
emoticon-Shakehand2emoticon-2 Jempol
0
04-07-2019 06:23
Quote:Original Posted By cang.ruhidun
Gue boleh komen dimari kagak bray?

Buru jawab bray

Sebelon ts gue gandol bray

Ah elah emoticon-Traveller


Kagak usah digondol, gw pergi sendiri
emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
0
04-07-2019 07:26
Quote:Original Posted By Luminus


gw baca sampe puluhan kali kalimat diatas... kok gw cuma merasa itu bukan berarti harus berhijab ya?

menahan pandangan? maksudnya ngga boleh lirik2 cowo?
memelihara kemaluan? lah ini mah bukan muslim juga wajib kali.
menampakkan perhiasan mereka? apa yang dimaksud dengan perhiasan? rambut? lah itu kan ada KECUALI yang nampak daripadanya, rambut kan emang pasti keliatan yah...



supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mmereka tidak diganggu

artinya pada jaman itu cowok2 doyan gangguin cewe yah? emoticon-Ngakak
jadi biar ga diganggu "disuruh" pake hijab, dengan alasan biar "tidak diganggu". kok gw malah merasa kaya sebuah ANCAMAN ya...

ini edisi beneran nanya...

Ikut campur ah emoticon-Big Grin

Bold : udah baca puluhan kali kan ? Lihat ada kata "janganlah" ? Clear enough ya untuk menunjukkan itu kewajiban/keharusan

Italic : nope, di Islam rambut wanita itu juga bagian dari aurat yg harus dijaga

Sampai sekarang cowok juga doyan godain cewek, kecuali maho pastinya emoticon-Malu

Lihat di YouTube, 10 hour walk with hijab and without hijab in NY, sosial eksperimen yg menggambarkan benefit of hijab for a woman
profile-picture
YumnaAzalea memberi reputasi
1
Lapor Hansip
04-07-2019 07:27
Balasan post YumnaAzalea
Ane cowok sist, aku tuh ga bisa diginiin .... emoticon-Berduka (S)
profile-picture
YumnaAzalea memberi reputasi
1
04-07-2019 09:34
Quote:Original Posted By Anyar.lik
Ikut campur ah emoticon-Big Grin

Bold : udah baca puluhan kali kan ? Lihat ada kata "janganlah" ? Clear enough ya untuk menunjukkan itu kewajiban/keharusan

Italic : nope, di Islam rambut wanita itu juga bagian dari aurat yg harus dijaga

Sampai sekarang cowok juga doyan godain cewek, kecuali maho pastinya emoticon-Malu

Lihat di YouTube, 10 hour walk with hijab and without hijab in NY, sosial eksperimen yg menggambarkan benefit of hijab for a woman


Keren keren, mantul
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0
04-07-2019 09:37
Quote:Original Posted By Anyar.lik
Ane cowok sist, aku tuh ga bisa diginiin .... emoticon-Berduka (S)


Cup cup ... emoticon-Angpauemoticon-Angpau
0
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
ketika-matahari-bertemu-bulan
Stories from the Heart
unbreakable
Stories from the Heart
riding-to-jannah
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.