alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1ad46b4601cf140c04f1a2/osamu-mizutani--sang-guru-patroli-malam-kuro-sensei-versi-real
Lapor Hansip
02-07-2019 10:50
Osamu Mizutani : Sang Guru Patroli Malam, Kuro-sensei versi Real
Past Hot Thread
Osamu Mizutani : Sang Guru Patroli Malam, Kuro-sensei versi Real


Selamat Datang di Wunderkammer



Assalamua'laikum W.R W.B, Om Swastiastu, Shalom, Namo Buddhaya, Salam Sejahtera

Osamu Mizutani : Sang Guru Patroli Malam, Kuro-sensei versi Real

Quote:
Berawal dari ane baca manga "Night Patrol Teacher", ane penasaran dengan sosok Osamu Mizutani yang merupakan sosok dari Sang Guru dalam cerita tersebut yang ternyata beneran ada. Manga tersebut real menceritakan tentang pengalaman beliau selama menangani banyak anak-anak yang mengalami berbagai permasalahan di Jepang.



Osamu Mizutani : Sang Guru Patroli Malam, Kuro-sensei versi Real


Quote:
Lahir tahun 1956 di Yokohama. Beliau menghabiskan masa kecilnya di Yamagata. 
Lulus dari Universitas Sophia, Fakultas Sastra Departemen Ilmu Filsafat. Beliau bekerja sebagai guru sekolah menengah atas untuk waktu yang lama. Menghabiskan 12 tahun di sekolah menengah paruh waktu.



Quote:'PENJAGA MALAM' YOKOHAMA
Penyelamat solo di jalanan
oleh Tetsushi Kajimoto
15 Jan 2006

Selama 14 tahun terakhir, mantan guru sekolah menengah Osamu Mizutani tidak pernah beristirahat karena ia telah mengabdikan dirinya untuk membantu kaum muda yang bermasalah menata kembali kehidupan mereka.

Dikenal luas sebagai Yomawari-sensei (Guru penjaga malam) yang berpatroli di malam hari untuk mendorong anak-anak yang berkeliaran di jalanan untuk kembali ke kehidupan biasa, Mizutani yang berusia 49 tahun seringkali harus berurusan dengan geng motor dan gangster saat ia berusaha mengubah anak-anak muda menjauh dari kehidupan kejahatan.

Suatu kali dia bahkan dipaksa oleh ”bos dunia bawah” untuk memotong ujung jarinya sendiri untuk membantu seorang pemuda Taiwan memutuskan ikatan dengan sindikat kejahatan.

Sekarang, dengan semakin banyak remaja menjadi hikkikomori, menderita penganiayaan di rumah atau menyerah pada masa depan mereka dalam masyarakat yang mereka anggap penuh dengan perubahan sosial-ekonomi, Mizutani menjadi lebih sibuk dari sebelumnya.

Dua tahun yang lalu bukunya "Yomawari Sensei" menyentuh keberanian ketika diterbitkan. Sekitar 350.000 eksemplar telah terjual hingga saat ini di Jepang, dengan 51.000 lainnya dijual dalam terjemahan di Korea Selatan sejak tahun 2004 dan publikasinya segera dimulai di Taiwan.

“Remaja, terutama yang duduk di sekolah menengah pertama dan atas, membaca buku saya, dan alasannya hanya karena pesan saya yang memberi tahu mereka 'tidak apa-apa',” kata Mizutani kepada The Japan Times. 
“Itu karena saya memberi tahu mereka bahwa kesalahan apa pun yang mereka lakukan di masa lalu, atau yang mereka lakukan saat ini - masa depan akan datang, jadi mari kita bangun besok. Berapa banyak orang tua atau guru yang memberi tahu anak-anak mereka 'tidak apa-apa'? Alih-alih mereka memberi tahu mereka bahwa mereka gagal, beri tahu mereka dan terus saja mendorong mereka. Itulah mengapa begitu banyak anak yang datang kepada saya, meminta untuk diselamatkan. "

Mizutani berhenti dari pekerjaannya sebagai Guru Ilmu Sosial pada September 2004 setelah berselisih dengan otoritas pendidikan setempat karena prinsip-prinsip pendidikannya, dan dia merasa bahwa dia akan dipindahkan ke pos non-mengajar. Sejak itu ia telah memberikan ceramah di seluruh negeri, berpatroli di jalan-jalan di malam hari dan bertukar panggilan telepon dan email dengan ribuan anak muda dari seluruh penjuru negeri.

"Tadi malam, aku tidur jam 4 pagi setelah bertukar email dengan anak-anak seperti biasa, dan kemudian aku tidur nyenyak sekitar empat jam - yang satu jam lebih lama dari biasanya."

Tahun lalu, Mizutani memberikan total 423 mata kuliah - sebuah jadwal yang memungkinkan dia untuk kembali ke rumahnya di Yokohama sekitar tiga hari sebulan. Selama 22 bulan terakhir ia telah menerima lebih dari 183.000 email dari sekitar 100.000 anak atau orang tua yang meminta nasihatnya. Dari mereka, ia memperkirakan bahwa sekitar 10 persen terpecah secara merata antara pemuda yang menggunakan narkoba (dan orang tua dari anak-anak seperti itu) dan orang tua yang anak-anaknya telah dikirim ke penjara, sementara 90 persen berasal dari orang muda dengan kecenderungan untuk bunuh diri yang telah mengalami overdosis atau memotong pergelangan tangan mereka.

"Anak-anak itu mengatakan hal-hal seperti 'Mr. Mizutani, bantu aku. Saya hanya bisa memotong pergelangan tangan saya, 'dan' Mengapa saya tidak boleh mati? Saya ingin mati!’. Sebenarnya, saya berurusan dengan tangisan minta tolong sampai sebelum saya meninggalkan rumah untuk wawancara ini hari ini."

Jelas, permintaan bantuan tersebut tidak ada habisnya - selama wawancara dua jam tersebut, Mizutani sering menjawab panggilan. Salah satunya dari seorang gadis berusia 18 tahun yang menjalani pengobatan untuk ketergantungan pada stimulan. Dia mulai membawa anak tersebut setelah orang tua angkatnya memaksanya ke pelacuran ketika dia lulus dari sekolah menengah pertama di Fukuoka. Orang tua asuhnya ditangkap tahun lalu.

Mizutani mengatakan dia pertama kali berurusan dengan kenakalan remaja dan obat-obatan ketika dia mulai mengajar di sebuah sekolah malam di Yokohama pada tahun 1992. Banyak siswa di sana mengendus lem dan berkeliaran di jalanan sepulang sekolah. Belakangan, sekitar empat tahun lalu, ia mulai mengatasi masalah bunuh diri remaja setelah menerima email dari seorang siswa sekolah menengah tahun pertama. Menurut Mizutani, dia telah memotong pergelangan tangannya selama tiga tahun dan "sangat muak sehingga dia ingin mati."

Sekarang dia memperkirakan bahwa "lebih dari satu juta" anak muda di Jepang mencoba memotong pergelangan tangan mereka, mengalami ketergantungan dan melukai diri mereka sendiri dalam upaya bunuh diri atau "teriakan minta tolong" setiap tahun - dia menambahkan bahwa sekolah umumnya menyangkal mengetahui kasus-kasus seperti itu.

Mizutani menjelaskan bahwa banyak anak melukai diri mereka sendiri sebagai teriakan minta tolong. Mereka merasa orang tua dan guru mereka tidak mengakui keberadaan independen mereka, malah memerintahkan mereka untuk keluar, mengharapkan tingkat pencapaian yang tinggi dan menekan mereka untuk berperilaku dengan cara tertentu.

Sebagai gejala lain dari kelesuan sosial dan disfungsi keluarga, jumlah hikkikomori di antara remaja dan remaja berusia 20-an tahun diperkirakan oleh beberapa ahli lebih dari satu juta orang, katanya. Dia memperingatkan bahwa semakin banyak anak-anak hidup dalam "realitas virtual" yang dimediasi oleh ponsel dan Internet, mereka tidak memiliki kemampuan untuk membangun hubungan dengan orang-orang di sekitar mereka.

“Beberapa orang menuduh saya melakukan 'iklan sendiri' karena apa yang saya lakukan, tetapi tujuan saya adalah untuk menjelaskan keadaan sosial masyarakat saat ini sehingga mereka dapat ditangani dengan baik.”

Tetapi sebanyak yang dia coba, Mizutani tidak punya tongkat sihir.

Pada 3 Januari, salah satu pemuda yang ia konseling meninggal karena overdosis narkoba. Sepengetahuannya, 31 orang lain yang telah dia bantu juga meninggal.

Sisi positifnya, Mizutani percaya bahwa sekitar 70 persen anak muda yang meminta bantuannya berhasil menyatukan diri setelah beberapa pertukaran email.

“Saya selalu memberi tahu anak-anak bermasalah untuk melakukan sesuatu untuk orang lain. Mereka mencurigai orang, tetapi mereka bisa disembuhkan dengan kata-kata baik dari orang lain. Untuk menerima kata-kata itu, mereka harus melakukan sesuatu sendiri. ”

Dia menjelaskan kepada mereka bahwa dia bersimpati dengan kesulitan mereka - tanpa bertanya kepada mereka tentang setiap detail - dan memberi tahu mereka bahwa dia dapat membantu mereka untuk memikirkan apa yang harus dilakukan besok.

"Adalah tanggung jawab orang dewasa untuk membicarakan tentang hari esok, tetapi hanya sedikit dari mereka yang melakukannya saat ini - banyak anak kehilangan pandangan akan hari esok mereka."

Meskipun ekonomi dikatakan meningkat - terutama sektor bisnis besar - jumlah rumah tangga yang kesejahteraannya naik juga meningkat. Pada tahun 2000, Jepang sekarang berada di peringkat kelima di antara anggota Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan dalam hal jumlah individu dengan pendapatan sekali pakai yang disamakan kurang dari 50 persen dari pendapatan rata-rata seluruh penduduk. Dan kekerasan dalam rumah tangga dan jumlah pekerja yang berhak atas kompensasi untuk gangguan mental yang terkait dengan pekerjaan juga meningkat.

“Berapa banyak orang dewasa yang tampaknya hidup bahagia? Melihat orang dewasa yang letih dan tertekan di sekitar, anak-anak cenderung hidup hanya untuk kesenangan saat itu karena mereka merasa menjadi orang dewasa akan payah. "

Dalam masyarakat pada umumnya, Mizutani merasa bahwa orang-orang menjadi kurang nyaman dengan diri mereka sendiri, terutama dengan kecenderungan upah berbasis prestasi yang memecah-belah individu menjadi orang yang sukses dan orang yang gagal..
Dengan kehidupan yang semakin sulit, Mizutani percaya bahwa semakin banyak ayah, yang takut diberhentikan, melampiaskan frustrasi pada istri dan anak-anak mereka, beralih minum, atau keduanya. Demikian pula, para ibu yang sibuk bekerja paruh waktu untuk memenuhi kebutuhan hidup juga melampiaskan tekanan mereka pada anak-anak mereka atau memunggungi keluarga mereka dan beralih ke kencan online.

“Anak-anak tidak punya tempat untuk pergi selain rumah atau sekolah, dan mereka hampir tidak pernah didorong oleh pujian oleh guru. Berapa banyak anak yang bisa diselamatkan jika kata-kata indah seperti 'terima kasih' dipertukarkan di rumah dan sekolah? "

Dalam ceramahnya, Mizutani mendesak orang tua dan guru untuk menciptakan masyarakat yang baik hati dan penuh perhatian di mana anak-anak dapat tumbuh dengan senyum di wajah mereka.
Dan keadaan yang diharapkannya itu tidak mungkin terjadi cukup cepat untuk Mizutani, yang, selama beberapa tahun terakhir, menderita limfoma di kelenjar timus.

“Tubuh saya akan segera selesai karena kanker telah menyebar dengan sangat buruk, dan saya mungkin atau mungkin tidak akan hidup sepanjang tahun. Saya akan beristirahat dengan baik jika mati, ”katanya.

Tetapi jika Mizutani tidak ada di luar sana, lalu kepada siapa orang-orang muda yang bermasalah itu bisa berubah? “Yang bisa saya lakukan adalah menabur sebanyak mungkin benih untuk orang dewasa dan anak-anak untuk dipelihara dan menyadari bahwa hal itu bagus untuk hidup dan saling menjaga,” kata Mizutani.

Sampai saat itu, tidak ada apa-apa, bahkan kematiannya sendiri, yang membuatnya takut. Yang membuatnya lebih takut adalah pikiran orang-orang yang dibantunya memanggilnya pembohong dan tidak pernah mempercayainya lagi.

Osamu Mizutani : Sang Guru Patroli Malam, Kuro-sensei versi Real

Semoga lebih banyak lagi Guru-guru seperti Mizutani-sensei yang lahir di bumi pertiwi ini dan semoga Mizutani-sensei cepet sembuhemoticon-Mewek 

Mungkin adakah Agan-agan yang mendapat pengajaran dari guru yang seperti beliau ?


Quote:Mata air sudekat :
sungai,danau
pics by : google


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulfsaarr dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 5
03-07-2019 19:41
wihhhhh bener banget, mantab nih ts nya, aku tunggu update threadnya. emoticon-Wink
0
03-07-2019 19:41
gue kira koro sensei
0
03-07-2019 19:48
julukannya keren...
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
03-07-2019 20:01
Quote:Original Posted By wellbee
wuih kyknya ane bakalan bava nih manganya

Baca gan, bagus banget loh banyak kata2 motivasinya emoticon-Big Grinv
Quote:Original Posted By ExoAcox
kalo disono kan emang ada jam malam untuk anak² dibawah umur

emang ada gan, tp kan kebanyakan yg melanggarnya emoticon-Big Grin beliau sering patroli utk mengingatkan anak2 agar jgn sampai terlibat yakuza.
Quote:Original Posted By BRANDNOV
ini baru tindakan nyata..

betul gan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By parfumkuning
Luar biasa ini guru, dapat menangani byk sekali anak2 jepang yg bermasalah dan hidupnya akan lebih baik, andai ane juga bisa dinasehatin beliau atas masalah2 ane.
Sekalipun berbeda kepercayaan dgn ane, ane berharap dia sembuh atau mendapatkan tempat yg tenang sesudah dia wafat emoticon-Frown

Emang luar biasa gan, baca manga nya aja gan, banyak kata2 motivasi dari beliau kok di manga nya. Membuat kita banyak bersyukur, seberat apapun masalah kita emoticon-Big Grin good luck gan !
Quote:Original Posted By Vagabond008
Memotong pergelangan tangan 3x & muak dengan kehidupannya emoticon-Hammer2
Njirlah pelajar jpun keknya rata-rata pada stres yak emoticon-Hammer2
Untung ada pak mizutani ini
Bisa jadi suport buat murid-murid disana untuk lebih berani menghadapi kehidupan emoticon-Cool

betul gan, kehidupan di sana keras dan penuh tekanan, anak2 dituntut dgn tuntutan tinggi oleh ortu & lingkungan.
betul gan, pak mizutani penyelamat hati anak2 emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By riikon94
arigatou gozaimasu senseiiemoticon-Imlek

emoticon-Angpau
Quote:Original Posted By sialan6
Manganya dah ada bhs indonesianya juga toh, baru tau. Malah bacanya yg english.

udah lama gan, ayo dikoleksi emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By anggask
pahlawan remaja ini ... menjauhkan remaja2 dari kehidupan sosial yg tidak sehat ..

betul gan, mari mengikuti jejak beliau emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By Po0po0
Pernah baca manganya di online, awal kira drama biasa ternyata penuh dengan anti bullying dan cara menghadapi masalah tanpa jalan keluar pendek.

rate 10/10 Mangaemoticon-Recommended Seller


betul gan, rekomendasikan ya buat temen2nya emoticon-Blue Guy Peace
0
03-07-2019 20:03
Tidak menutup kemungkinan, di negara kita akan muncul setipe 'night patrol'. Tapi melihat guru2 tua berduyun2 ikut tes CPNS. Kemungkinan tadi perlu dipertanyakan kembali
0
03-07-2019 20:08
Quote:Original Posted By abk3304157
ini manga berdasarkan kisah nyata dan orangnya ada yah..

Betul gan, makanya ane mengangkat beliau di thread agar semakin banyak orang tahu emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By evywahyuni
Moga aja bisa menjadi contoh para guru dan pendidik di negeri ini, moga aja ada ilmu dan inspirasi yang bisa memberikan sebuah kepahaman bahwa tidak semua guru berhati sekeras batu dalam mendidik anak didiknya.

aamiin yaa robbal alamiin sis, betul sis semoga menjadi inspirasi banyak guru utk benar2 mengabdi utk murid2nya.
Quote:Original Posted By itik.buruk.rupa
wihhhhh bener banget, mantab nih ts nya, aku tunggu update threadnya. emoticon-Wink

makasiiihhhh emoticon-Peluk
Quote:Original Posted By araaraarara
gue kira koro sensei

Ini versi real gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By udapati
julukannya keren...

iya nih sekeren orangnya emoticon-Big Grin

terima kasih sudah berkunjung emoticon-Angel
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
03-07-2019 20:13
Quote:Original Posted By prayformysky

aamiin yaa robbal alamiin sis, betul sis semoga menjadi inspirasi banyak guru utk benar2 mengabdi utk murid2nya.


Aamiin ... aamiin. Ane tunggu trit-trit menarik lainnya, yaaemoticon-Shakehand2
profile-picture
prayformysky memberi reputasi
1
03-07-2019 20:25
jarang ya ada guru kaya gitu ..mantabs
profile-picture
prayformysky memberi reputasi
1
03-07-2019 20:42
.,.,.,.,
Diubah oleh travelfiesta4g
0
03-07-2019 20:43
gw kira Koro-sensei
punya tentakel emoticon-Leh Uga
0
03-07-2019 20:46
ttuui
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
03-07-2019 20:53
meninggalin jejak gan
0
03-07-2019 20:56
guru ini sangat terkenal di sini loh gan, dan beliau tidak menarik biaya utk konsultasi alias gratis. Yg lebih hebatnya lagi beliau sering keliling2 kota mencari anak jalanan dan membimbingnya ke jalan yg benat. Salut dah sama sensei ini.


dibalik gemerlapan kehidupan Jepang ternyata jauh dari kata layak buat rakyatnya, walaupun mereka kaya, tingkat stress, putus asa dan bunuh diri mereka tinggi, ini juga berdampak pada generasi masa depan Jepang sendiri. Dan disaat itulah muncul berlian yg mampu menyinari yaitu sensei ini, semoga beliau ada penerusnya nanti. Salut ane emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
saintscarry dan prayformysky memberi reputasi
0
03-07-2019 21:23
De bes.. Btw hidup nya dr penghasilan apa ya..
0
03-07-2019 21:36
Wahh perlu nih di Indonesia
0
03-07-2019 21:43
Di jaman yang serba luas ttg pilihan, anak muda banyak yg akan tersesat. Termasuk ane jg dulu.

Guru yg kyk gini yg dibutuhkan sekarang emoticon-Turut Berduka
0
03-07-2019 22:14
Quote:Original Posted By evywahyuni
Aamiin ... aamiin. Ane tunggu trit-trit menarik lainnya, yaaemoticon-Shakehand2


Siap sis, lagi persiapin bahan dulu emoticon-Shakehand2
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
03-07-2019 22:22
Quote:Original Posted By corpcopsld.
Tidak menutup kemungkinan, di negara kita akan muncul setipe 'night patrol'. Tapi melihat guru2 tua berduyun2 ikut tes CPNS. Kemungkinan tadi perlu dipertanyakan kembali

Aamiin... nggak perlu menunggu guru2 tua lah gan, dari diri kita sendiri juga bisa, dgn saling peduli thdp anak2 di lingkungan terdekat kita emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By sendhaljepit
jarang ya ada guru kaya gitu ..mantabs

betul banget gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By xperianz.toro
gw kira Koro-sensei
punya tentakel emoticon-Leh Uga

bukan bre, masih manusia emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By hilal3494
meninggalin jejak gan

emoticon-Paw pawww
Quote:Original Posted By yueda
guru ini sangat terkenal di sini loh gan, dan beliau tidak menarik biaya utk konsultasi alias gratis. Yg lebih hebatnya lagi beliau sering keliling2 kota mencari anak jalanan dan membimbingnya ke jalan yg benar. Salut dah sama sensei ini.


dibalik gemerlapan kehidupan Jepang ternyata jauh dari kata layak buat rakyatnya, walaupun mereka kaya, tingkat stress, putus asa dan bunuh diri mereka tinggi, ini juga berdampak pada generasi masa depan Jepang sendiri. Dan disaat itulah muncul berlian yg mampu menyinari yaitu sensei ini, semoga beliau ada penerusnya nanti. Salut ane emoticon-Shakehand2

agan di Jepang kah? emoticon-Matabelo
salam buat Beliau dari Fans nya disini ya gan emoticon-Peluk ane doain beliau selalu semoga sehat dan apa yg beliau lakukan banyak yg turut melakukan juga emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By Touristc
De bes.. Btw hidup nya dr penghasilan apa ya..

kayaknya dari beliau jd dosen tamu dan pembicara loh. Atau agan bisa tanya id diatas ente emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By patricksby
Wahh perlu nih di Indonesia

Banget gan, ayo menjadi seperti beliau emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By pacifistas1995
Di jaman yang serba luas ttg pilihan, anak muda banyak yg akan tersesat. Termasuk ane jg dulu.

Guru yg kyk gini yg dibutuhkan sekarang emoticon-Turut Berduka

Banyak gan, seringkali memang kehidupan tdk memberikan pilihan yg terbaik menurut kita. semoga agan selalu beruntung emoticon-Smilie
profile-picture
Touristc memberi reputasi
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.