News
Batal
KATEGORI
link has been copied
228
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1abee3d439723e6b2915cd/hoaks-jokowi-pidato-hanya-satu-menit-dan-menjadi-tertawaan-orang-jepang-benarkah
Viral narasi tentang Presiden Jokowi yang hanya berpidato selama 1 menit pada pertemuan KTT G20 di Osaka, Jepang. Fakta atau hoaks? Simak klarifikasi dari Hansip Hoax sekarang.
Lapor Hansip
02-07-2019 09:18

[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?

Past Hot Thread
Baru-baru ini beredar postingan yang memuat narasi tentang Presiden Jokowi yang hanya berpidato selama 1 menit pada pertemuan KTT G20 di Osaka, Jepang. Postingan tersebut dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Rahim M Ali. Hingga tangkapan layar terkait postingan tersebut diambil, sudah sebanyak 67 orang berkomentar dan telah dibagikan sebanyak 200 kali.

[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?

Lalu, bagaimana kebenaran informasi tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tribunnews, Hansip Hoax mendapatkan fakta bahwa waktu satu menit yang didapatkan Jokowi saat KTT G20 di Osaka bukanlah waktu untuk berpidato, melainkan durasi pertemuan antara PM Jepang Shinzo Abe dengan Jokowi. Pertemuan itu memang sangat singkat dibandingkan dengan pertemuan antara Shinzo Abe dengan kepala negara lainnya. Hal tersebut dikarenakan waktu keduanya yang sangat terbatas sehingga pertemuan tersebut tidak dilakukan dalam pertemuan bilateral secara resmi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa informasi yang memuat narasi bahwa Jokowi hanya berpidato 1 menit di KTT G20 dan menjadi tertawaan orang-orang Jepang adalah informasi hoaks.

Untuk lebih jelasnya, berikut counter article terkait narasi hoaks tersebut:
emoticon-Request


Quote:Perbandingan Durasi Pertemuan PM Shinzo Abe dengan Kepala Negara Lain, dengan Jokowi Hanya Semenit

[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?


TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pertemuan Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara anggota G20 di Kota Osaka, Jepang, meninggalkan sorotan terhadap Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) oleh media Jepang, khususnya saluran 6 TBS TV News Caster.

Saluran 6 TBS TV News Caster dengan caster (penyiar) Shinichiro Azumi dan pelawak terkenal Takeshi Beat menyoroti tentang durasi pertemuan yang dilakukan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dengan Jokowi pada 29 Juni 2019 pukul 22:00 waktu Jepang.

Terkait pertemuan G20 tersebut, wartawan Jepang mencatat ada 22 pertemuan PM Jepang Shinzo Abe dengan sejumlah kepala negara asing yang digelar sejak Rabu 26 Juni 2019.

Pertemuan terlama PM Jepang Shinzo Abe adalah dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron dimulai jam 17:20 (26/6/2019) dan berlangsung selama 87 menit.

Pertemuan kedua terlama adalah perbincangan PM Shinzo Abe dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yakni mencapai 82 menit hari Sabtu 29 Juni 2019 dimulai jam 17:20 waktu setempat.

Sedangkan pertemuan PM Shinzo Abe dengan Presiden Ri Jokowi durasinya hanya satu menit.

"PM Abe kerja keras capai ya selama pertemuan G20 lalu. Tapi sayang tak ada pertemuan dengan Kepala Negara Korea Selatan. Sementara dengan Presiden Indonesia Jokowi hanya satu menit," ungkap caster Azumi.

Pelawak Takeshi pun mengomentari, "Bicara beberapa detik saja, kalau itu pertemuan dua orang saja ya langsung selesai deh," tambahnya.

Azumi juga menambahkan, bahwa pertemuan itu tentu dilengkapi dengan petugas penerjemah.

"Ada kan penerjemahnya. Tampaknya pertemuan itu hanya konfirmasi saja mengenai kesepakatan ekonomi kedua negara," papar Azumi lagi.

Mengkonfirmasikan pertemuan Presiden Jokowi dengan PM Abe, sumber Tribunnews.com mengungkapkan kebenaran hal tersebut.

"Pertemuan PM Abe dengan Presiden Jokowi hanya sebentar karena waktu yang terbatas keduanya. Mereka bertemua hanya di sela-sela acara, sehingga tidak dilakukan dalam pertemuan bilateral secara resmi," ungkap sumber tersebut.

Hal ini juga dapat menunjukkan eratnya hubungan kedua negara, karena tidak ada masalah serius yang perlu dibahas, tambahnya lagi.

Dengan demikian hal tersebut sebenarnya hanya untuk menjelaskan bahwa itu bukan pidato masing-masing kepala negara di G20, tapi durasi pertemuan kepala negara lain dengan PM Shinzo Abe.


Diubah oleh hansiphoax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 47 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 12
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 18:50
aa uu errr aaa eee uuu aaa
errr aaa uuuu iii aaa
ok
:handshake
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 19:38
Sorry OOT,

Mau tanya dong, ini mubahalah Rizieq Al-Cabuli bener apa nggak nih menurut agan hansiphoax ? Hehehe



Oh iya, di situ mubahalahnya gk cuma 1 episode, melainkan ada 11 episode (masih kalah sm sinetron TBNH sih, hahaha)

*ane nemu tweet ini di komentar tweetnya Gus Nadir (awalnya lagi iseng2 aja sih liat tweetnya Gus Nadir, hehehe)
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 20:26
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
coba klo org ini yg pidato emoticon-Ngakak
GIF


Itu bukan pidato
Tapi lagi bikin kue gepuk
Makin kenceng makin gampang enak
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan cipokan.yuk memberi reputasi
2 0
2
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
Lapor Hansip
02-07-2019 20:32
Balasan post pelindungsapi
lu gak bisa baca yah?dasar pemalas cuma bisa ngomel2 doang, goblok, goblok saja gak usah nyalahin orang
profile-picture
profile-picture
Lucky1006 dan roninthirst memberi reputasi
2 0
2
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 20:57
duh orang2 hobi banget cari sensasi
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 21:04
ini kaum mamalia penyembah giant suneo kapan sih musnah dari ini negara emoticon-Sorry
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 21:55
buat apa banyak bacot klo gada artinya
*gada dibaca gaktauemoticon-Wakaka
profile-picture
roninthirst memberi reputasi
1 0
1
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 22:02
Hoax itu makanan kampret
emoticon-Wakaka
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 22:29
haduuuuh yuk agan sista sudah saatnya kita menebarkan berita dan informasi kebaikan
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 22:29
Awas Nanti Dipenjarà...
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 23:25
kalo gitu lebih kasihan lg si munjein gak dikasih ketemu
wkwkwwkw
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
02-07-2019 23:35
sebaf fitnah sudah bagian dari beribadah buat mereka.
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
03-07-2019 02:14
kampret kalau ga bikin hoax kan ga makan. jadi apapun dibuat hoax biar bisa dapat makan
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
03-07-2019 02:39
coeg... ternyata cuma bersua singkat to..bkn pidato? duss nan 😠
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
03-07-2019 05:21
ternyata hoax yah
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
03-07-2019 06:08
Quote:Original Posted By pelindungsapi
Alah taik kalau hoax membangun gpp, tapi kalau begini aja pemerintah cepet nanggepin. Yg bagus bagus diklaim, yg jelek dibilang hoax.

ente penyimak berita yang baik gan
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
03-07-2019 06:24
biarin dah pada menghayal...emoticon-Leh Uga
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
Lapor Hansip
03-07-2019 07:52
Balasan post kiryu06
Quote:Original Posted By kiryu06
Pilpres gak selesai2 ya?


Ini persiapan buat pilpres 5 thn lg emoticon-Ngakak
profile-picture
roninthirst memberi reputasi
1 0
1
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
03-07-2019 08:06
Wakakakakaka,,presiden kok ngono
0 0
0
[HOAKS] Jokowi Pidato Hanya Satu Menit dan Menjadi Tertawaan Orang Jepang, Benarkah?
03-07-2019 08:40
dasar goblok, simbol negara di event internasional malah dicibir, hoax pulak. benalu emang
0 0
0
Halaman 10 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia