others
Batal
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
3233
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b83adab947868ae1e8b4568/clean-anda-bertanya-sufisalik-menjawab---part-2
Tasawuf Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi. Sufi Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan ro
Lapor Hansip
27-08-2018 14:52

[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab

Tasawuf

Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi.


Sufi

Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi [orang suci] akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan rohaniah telah matang dan yang kehidupannya tidak lagi membutuhkan dan melekat kepada dunia dan segala isinya, kecuali untuk kebutuhan dasarnya saja.

Sufi dalam konteks ini diamalkan sebagai cara sejati untuk memurnikan jiwa dan hati, mendekatkan diri kepada Tuhan dan mendekatkan diri kepada SorgaNya [menjauhi dunia]. Di agama Budha, dikenal sebagai tahap arupadatu [berbeda dengan kamadatu/kamasutra], di agama Nasrani dikenal sebagai biarawan/ biarawati sebagai cara menjalani kehendak Tuhan secara full/penuh dan memerdekakan diri dari budak kesenangan dunia dst.

Salik

Seorang salik adalah seseorang yang menjalani disiplin spiritual dalam menempuh jalan sufisme Islam untuk membersihkan dan memurnikan jiwanya, yang disebut juga dengan jalan suluk. Dengan kata lain, seorang salik adalah seorang penempuh jalan suluk. Seorang salik yang mencapai tahapan makrifat disebut sufi.

Mursyid


Mursyid adalah sebutan untuk seorang guru pembimbing dalam dunia thoriqoh/tarekat, yang telah memperoleh izin dan ijazah dari guru mursyid diatasnya yang terus bersambung sampai kepada guru mursyid Shohibuth Thoriqoh yang musalsal dari Rasulullah SAW untuk mentalqin dzikir/ wirid thoriqoh kepada orang-orang yang datang meminta bimbingannya (murid)

Jiwa yang merdeka dari KHM.Luqman Hakim



Rule
1. Mohon santun dalam berdiskusi
2. Untuk pertanyaan mengenai Fiqih dan kesahihan hadist silahkan ke ABMM
3. Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai ayat al-Qur'an silahkan ke ABQM
4. Semua kaskuser baik yang Theist maupun Atheist diterima di sini emoticon-Smilie
5. Mohon maaf jika saya maupun sahabat-sahabat salik/sufi lainnya lama dalam merespon dikarenakan kesibukan di RL
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 77 dari 108
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
02-07-2019 14:34
Quote:Original Posted By exzca
mana ada muter²? Sampean kan minta diceritakan gmn. Jadi daripada panjang nulis ya saya ringkas saya, Salahnya dmn? namanya Abdullah al-Mughawiri


Makanya saya dari awal bilang, menuruti hawa nafsu zalim Dan menyakiti diri jg zalim.

Sepertinya sampean terlalu bersemangat inikemoticon-Smilie


Disini saya tidak membenarkan/menyalahkan apa yg dilakukan Sheikh tersebut

Disatu sisi sheikh itu berhasil kalahkan nafsu di sisi lain jg menzalimi diri sendiri. Saya sadar betul akan hal itu kan dah saya tulis sejak awal? emoticon-Smilie

Sampean bilang gila it's OK emoticon-Malu (S)
Mas kerenorang bilang aneh tapi nyata it's OK emoticon-Malu (S)
Mas ody bilang tidak diajarkan demikian, diutamakan puasa , shalat malam dll it's OK emoticon-Malu (S)

Slow jgn Salah paham emoticon-Smilie

Sekarang coba jawab yg ini
Apa yang seharusnya Sheikh lakukan dalam keadaan seperti itu?

a. Sikat aja lah, kan bisa mandi (bersuci/tobat dll)
b. Tahan ajalah (ya walaupun caranya begitu) emoticon-Big Grin



itulah muter2nya elu.
disuruh nyeritain yg bener malah nyingkat2.
awal lu bawa nama syaikh, terus nyingkat cerita terus bilang waktu syaikh masih muda.
sekarang lu ngomong lagi apa yg harus dilakukan syaikh.
Padahal dari awal udah gue 'pertanyakan' ttg ke-syaikh-an org tsb saat kejadian jepit anu.
elu ampe 4 pos kaga paham2.

gue rasa cukup sampe disini.

elu belom nyampe makomnye.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
02-07-2019 17:36
Quote:Original Posted By proxymighty


itulah muter2nya elu.
disuruh nyeritain yg bener malah nyingkat2.
awal lu bawa nama syaikh, terus nyingkat cerita terus bilang waktu syaikh masih muda.
sekarang lu ngomong lagi apa yg harus dilakukan syaikh.
Padahal dari awal udah gue 'pertanyakan' ttg ke-syaikh-an org tsb saat kejadian jepit anu.
elu ampe 4 pos kaga paham2.
saya Bantu bold biar Ke notice

Mana Ada muter²? pegellah nulis panjang² kan saya dah bilang,emoticon-Smilie

Awalnya saya cerita seorang Sufi/Sheikh gini²...

Tiba² sampean tanya usianya dan pas kejadian udah Sheikh apa belum? Ya saya jawab pas kejadian Sheikh masih muda bernama Abdullah tadi, masalah umur brp Dan udah jadi sheikh apa belum pas kejadian nggak tau,emg diriwayatkan nggak sedetail itu.

Kan cuma nambah nama & usia tadi muternya dimana? emoticon-Big Grin

Quote:gue rasa cukup sampe disini.

elu belom nyampe makomnye.

Oke terserah padahal penasaran jawaban sampean.

apa yg seharusnya Sheikh tsb lakukan?

a. Sikaaat aja (bisa tobat, minta ampun, bersuci dll)
b. Tahan aja (tentunya sesuai konteks td caranya)

Wajar saya tanyakan ini ke sampean, karena mas proxy bilang itu tindakan goblok ya kan? emoticon-Smilie
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
02-07-2019 21:31
Quote:Original Posted By exzca
saya Bantu bold biar Ke notice

Mana Ada muter²? pegellah nulis panjang² kan saya dah bilang,emoticon-Smilie

Awalnya saya cerita seorang Sufi/Sheikh gini²...

Tiba² sampean tanya usianya dan pas kejadian udah Sheikh apa belum? Ya saya jawab pas kejadian Sheikh masih muda bernama Abdullah tadi, masalah umur brp Dan udah jadi sheikh apa belum pas kejadian nggak tau,emg diriwayatkan nggak sedetail itu.

Kan cuma nambah nama & usia tadi muternya dimana? emoticon-Big Grin


Oke terserah padahal penasaran jawaban sampean.

apa yg seharusnya Sheikh tsb lakukan?

a. Sikaaat aja (bisa tobat, minta ampun, bersuci dll)
b. Tahan aja (tentunya sesuai konteks td caranya)

Wajar saya tanyakan ini ke sampean, karena mas proxy bilang itu tindakan goblok ya kan? emoticon-Smilie


tuh muter2 lagi.
padahal udah gue jawab sejak awal.
eh malah ngotot maksa gelar syaikh buat pertanyaan khayalan.
udah jelas makomlu belum nyampe.

asuuu dahlah
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
02-07-2019 22:03
Quote:Original Posted By proxymighty


tuh muter2 lagi.
padahal udah gue jawab sejak awal.
eh malah ngotot maksa gelar syaikh buat pertanyaan khayalan.
udah jelas makomlu belum nyampe.

asuuu dahlah

Cuma pengen jawaban tegas, a atau b dah gitu aja emoticon-Smilie

Yg ngotot siapa? Itu saya tulis sesuai yg saya baca, kasih bukti kalo saya maksain gelar itu? bukannya sampean yg permasalahin gelar tsb dari awal?? padahal bahas nafsuemoticon-Gila

Pertanyaan khayalan? emoticon-Gila
Sampean bilang itu tindakan goblok, makanya saya nanya gitu, knp? Soalnya Dari jawaban sampean nanti A / B itu sangat berpengaruh emoticon-Smilie tapi ya sudah lah kalo tak mau jawab, Terima kasih dah nanggapin
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
02-07-2019 22:11
Jangankan penilaian maqom dari manusia, dari Allah pun aku bodo amat (terserah dia mau dudukin hambanya di maqom apa, ataupun kagak dikasih duduk). emoticon-Smilie

"asal engkau tak marah padaku...." - cak nun
Diubah oleh exzca
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
02-07-2019 22:34
Quote:Original Posted By exzca

Cuma pengen jawaban tegas, a atau b dah gitu aja emoticon-Smilie

Yg ngotot siapa? Itu saya tulis sesuai yg saya baca, kasih bukti kalo saya maksain gelar itu? bukannya sampean yg permasalahin gelar tsb dari awal?? padahal bahas nafsuemoticon-Gila

Pertanyaan khayalan? emoticon-Gila
Sampean bilang itu tindakan goblok, makanya saya nanya gitu, knp? Soalnya Dari jawaban sampean nanti A / B itu sangat berpengaruh emoticon-Smilie tapi ya sudah lah kalo tak mau jawab, Terima kasih dah nanggapin


kayaknya elu yg goblok. udah gue jawab di post2 belakang alesannya.
mungkin bukan hanya makomlu yg gak nyampe, tapi emang elunya aja yg goblog gak bisa cerna tulisan gue.
itu sudah.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
02-07-2019 23:12
Saya nggak kebayang kalo sheikh itu pilih jalan utk menuruti itu nafsu (jawaban A)

Kemudian setelah menuruti nafsu tak berapa lama meninggal ntah jatuh, diam² dibuntuti prajurit perang lalu dibunuh, atau kena getok Batu palanya sama si cewek terus mati dll... Nggak ada lagi kesempatan namanya mandi (tobat, bersuci, mohon ampun dll) setelah perbuatan maksia, kesempatan yang jelas disaat itu adl ketika sheikh memutuskan mau berbuat atau menahan. Bisa mati bawa dosa seabreg

"Iman seorang hamba tidak akan istiqamah, sehingga hatinya istiqamah. Dan hati seorang hamba tidak akan istiqamah, sehingga lisannya istiqamah. Dan orang yang tetangganya tidak aman dari kejahatan-kejahatannya, tidak akan masuk surga." (H.R. Ahmad, no. 12636, dihasankan oleh Syaikh Salim Al-Hilali di dalam Bahjatun Nazhirin, 3/13).


Terima kasih emoticon-Smilie
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
02-07-2019 23:20
Quote:Original Posted By exzca
Saya nggak kebayang kalo sheikh itu pilih jalan utk menuruti itu nafsu (jawaban A)

Kemudian setelah menuruti nafsu tak berapa lama meninggal ntah jatuh, diam² dibuntuti prajurit perang lalu dibunuh, atau kena getok Batu palanya sama si cewek terus mati dll... Nggak ada lagi kesempatan namanya mandi (tobat, bersuci, mohon ampun dll) setelah perbuatan maksia, kesempatan yang jelas disaat itu adl ketika sheikh memutuskan mau berbuat atau menahan. Bisa mati bawa dosa seabreg

"Iman seorang hamba tidak akan istiqamah, sehingga hatinya istiqamah. Dan hati seorang hamba tidak akan istiqamah, sehingga lisannya istiqamah. Dan orang yang tetangganya tidak aman dari kejahatan-kejahatannya, tidak akan masuk surga." (H.R. Ahmad, no. 12636, dihasankan oleh Syaikh Salim Al-Hilali di dalam Bahjatun Nazhirin, 3/13).


Terima kasih emoticon-Smilie


gak kebayang ?
tapi tadi gue liat lu pinter menghayal, dari menghayal kemana2 bawa tongkat kayak sungokong ampe menghayal yg lakuin itu udah bergelar syaikh sufi. juga menghayal bahwa syaikh sufi hayalan itu cuman punya 2 pilihan.

gue mah cuman jawab quotan yg masuk di notif gue nih. jadi gue gak menghayal.
masalah kagak ada tulisan gue yg diquot mungkin hanya selera pengkhayal.


0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:04
Quote:Original Posted By proxymighty


kayaknya elu yg goblok. udah gue jawab di post2 belakang alesannya.
mungkin bukan hanya makomlu yg gak nyampe, tapi emang elunya aja yg goblog gak bisa cerna tulisan gue.
itu sudah.


udah goblok culun kismin lu beni vasilis tukang sapu lgbt emoticon-Gila
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:15
kapan nih baku hantamnya dimulai..tuhan sdh kasi dua tangan kok....emoticon-Traveller
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:20
Quote:Original Posted By udin.macho
kapan nih baku hantamnya dimulai..tuhan sdh kasi dua tangan kok....emoticon-Traveller


makanya hantam aja pler aja loyo ngaku normal emoticon-Ngakak
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:21
Quote:Original Posted By the.manduls
makanya hantam aja pler aja loyo ngaku normal emoticon-Ngakak


Pler kok dihantam? Ajaran dari mana ituk? emoticon-Najis
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:22
ini org yg mau dibohongi setan

g ada kesalahan bs dimaafkan itu gmn ceritanya kesalahan itu pasti harus ditebus emoticon-Ngakak

tujuan setan berbohong kan supaya makin menumpuk dosa itu

masa bukan manusia terkutuk namanya udah idiot g nyambung sok tau belagu lagi emoticon-Ngakak
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:24
Quote:Original Posted By udin.macho


Pler kok dihantam? Ajaran dari mana ituk? emoticon-Najis


emoticon-Betty

lagian kau ngapa udin bahas agama mulu culun punya pasti di RL emoticon-Betty (S)
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:26
dosa ibarat kopi pahit lalu pahala gula manis

apa hilang itu kopi setelah dicampur gula?

cacat mental ini memahami parable pun gagal
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:28
Quote:Original Posted By the.manduls
emoticon-Betty

lagian kau ngapa udin bahas agama mulu culun punya pasti di RL emoticon-Betty (S)


Awak mauk hancur agama darik dlm bang...dibongkar tipuk2 nya...otomatis ditinggalin kelindes geledor emoticon-Ngakak
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:29
Quote:Original Posted By the.manduls
dosa ibarat kopi pahit lalu pahala gula manis

apa hilang itu kopi setelah dicampur gula?

cacat mental ini memahami parable pun gagal


Ale2 pernah minum kopi? emoticon-Bingung

Emang sanggup? emoticon-Ngakak
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 12:38
Quote:Original Posted By the.manduls
dosa ibarat kopi pahit lalu pahala gula manis

apa hilang itu kopi setelah dicampur gula?

cacat mental ini memahami parable pun gagal


Emang dicampur gula, kopi bisa hilang emoticon-Bingung
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 13:00
Quote:Original Posted By proxymighty


gak kebayang ?
tapi tadi gue liat lu pinter menghayal, dari menghayal kemana2 bawa tongkat kayak sungokong ampemenghayal yg lakuin itu udah bergelar syaikh sufi. juga menghayal bahwa syaikh sufi hayalan itu cuman punya 2 pilihan.

gue mah cuman jawab quotan yg masuk di notif gue nih. jadi gue gak menghayal.
masalah kagak ada tulisan gue yg diquot mungkin hanya selera pengkhayal.



Jadi katanya mau udahan makanya nggak saya quot lagi, knp masih quot? emoticon-Smilie

Sampean ini ngerti kagak sih inti pertanyaan itu? Saya baca "eh ada lho sheikh/sufi melakukan tindakan gini² (terlepas saat itu dia udah sheikh, masih muda ato kagak[ umurnya] )emg kagak detail ", makanya saya minta pendapat masing² ttg itu ato komentarin deh gmn kalo saya gini² kan gitu? Ngerti intinya? Nggak lagi bicarain dia udah sheikh apa kagak

Yg ngayal siapa? emoticon-Smilie
Sheikh hayalan? emoticon-Gila
Ngarang cerita?
Abdullah al-Mughawiri
Lah gmn? Kalo sampean diposisi sheikh itu gmn? Lampiaskan ato tahan? Emg dua itu pilihannya, ada yg lain?


Diubah oleh exzca
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-07-2019 13:08
Quote:Original Posted By udin.macho
kapan nih baku hantamnya dimulai..tuhan sdh kasi dua tangan kok....emoticon-Traveller

Seranggg...

[CLEAN] Anda bertanya SufiSalik menjawab - Part 2emoticon-Traveller

Awas ketabrak emoticon-Big Grin
Diubah oleh exzca
0 0
0
Halaman 77 dari 108
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia