alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1a5febc82084561807e2ef/6-produk-termahal-di-zaman-kuno
Lapor Hansip
02-07-2019 02:32
6 Produk Termahal di Zaman Kuno
Past Hot Thread
Assalamualaikum Agan / sista  - Mimin / momod yang saya hormati

Semoga kalian selalu diberi kesehatan , panjang umur dan sejahtera 

emoticon-Kaskus Lovers   Aamiinemoticon-Kaskus Lovers

Lama sudah ane ngga bikin thread gan karena kesibukan.. nah malem ini ane kebetulan lagi berselancar aja.. ehh ada sesuatu yang ane temuin dan pengen share aja ke kawan2 di kaskus tercintahhh ini .yaitu 6 produk termahal di zaman kuno. ya biarpun sekarang beberapa udah banyak dan bisa kita beli di toko sebelah. tapi untuk zaman kuno produk ini menjadi hal yang sangat mewah syekalee.. , yups! langsung aja bre,  selamat memantau.. 


Semoga Terhibur


6 Produk Termahal di Zaman Kuno
 
  Kasus tertua dalam pembuatan dan penyediaan barang atau jasa secara langsung berkaitan dengan sejarah ekonomi 
(berasal dari bahasa Yunani ς‘ - ‘rumah tangga’ dan νęμoμαι - ‘kelola’). Dengan demikian, ekonomi adalah parameter utama dari masyarakat yang
kompleks dan berkembang sedemikian rupa, sehingga dapat dianggap sebagai ruang lingkup penting yang telah menyebabkan invasi yang tak terhitung jumlahnya, perang, penggerebekan, perdagangan dan bahkan eksplorasi
di sepanjang perjalanan sejarah manusia. perolehan barang-barang mewah selalu memainkan peran penting dalam urusan sosial kemanusiaan. Dengan mempertimbangkan
faktor-faktor menarik ini, nah mari gan / sist  kita lihat enam produk paling mahal dari sejarah yang harus kawan semua ketahui.




1. Tembaga ( digunakan pertama sejak 7500 SM )




    Tembaga adalah salah satu dari sedikit logam yang dapat digunakan (sampai tingkat tertentu) dalam bentuk alami, sebagai lawan ekstraksi dari bijih. Mode penggunaan yang disederhanakan ini mungkin mendorong penggunaan logam pertama pada manusia. Selama ribuan tahun berikutnya, tembaga menjadi logam pertama yang dilebur dari bijihnya (sekitar 5000 SM), logam pertama yang dicetak dalam cetakan (sekitar 4000 SM), dan logam pertama yang dicampur dengan logam lain (timah) untuk membuat perunggu (sekitar 3500 SM). Nama tembaga itu sendiri berasal dari Cuprum, istilah Latin yang disederhanakan untuk aes Cyprium, di mana aes disebut paduan tembaga dan Cyprium berarti - dari Siprus,

di mana tembaga ditambang sejak 4000 SM.

Bahkan, tembaga di antara semua logam secara intrinsik terkait dengan perkembangan tahap awal urbanisasi manusia - sebagaimana ditandai oleh munculnya Zaman Perunggu.
Perunggu itu sendiri merupakan lebih dari 85 persen tembaga (umumnya), dan karenanya mencerminkan peningkatan penggunaan logam secara luas oleh manusia (untuk membuat alat, artefak dan senjata) dan evolusi jaringan perdagangan yang menghubungkan faksi-faksi dari jarak jauh. Pada dasarnya, tembaga yang sangat berharga menyebabkan peningkatan sektor terorganisir dari banyak peradaban, membuka jalan bagi kota-kota besar, industri yang lebih besar, pengejaran teknologi yang lebih baik dan usaha komersial besar-besaran.

Dan bahkan di luar afiliasinya dengan kemajuan manusia, tembaga itu sendiri sering dikaitkan secara budaya dengan uang dan mata uang. Misalnya, pada fase paling awal dari Republik Romawi (abad ke 6 - 3 SM),  tembaga digunakan sebagai uang karena sifat logam yang sangat mahal. Untuk itu, hubungan tembaga dengan kekayaan sangat jelas sehingga tampilan visual logam sudah cukup untuk diidentifikasi dengan mata uang. Hal ini menyebabkan timbulnya paduan yang lebih murah seperti kuningan (terbuat dari tembaga dan seng) yang akan digunakan untuk koin selama pemerintahan Julius Caesar, sementara Augustus mendorong penggunaan paduan Cu-Pb-Sn untuk koin. Penambangan tembaga juga mencapai puncaknya (di era pra-industri) di bawah naungan Kekaisaran Romawi, dengan perkiraan hasil tahunan sekitar 15.000 ton. Selain itu, orang-orang Romawi merancang teknik penambangan tembaga canggih yang mencakup galeri berventilasi dan terowongan penghubung, sebagaimana dapat dibuktikan dari tambang tembaga kuno yang kaya di Munigua, Spanyol selatan.


2. Garam ( diperkirakan digunakan sejak 6000 SM )




  Sementara tembaga memainkan perannya dalam 'budaya tinggi' kemanusiaan, garam sebagai bahan, melekat pada perkembangan peradaban manusia secara keseluruhan. Zat yang ada di mana-mana (namun padat karya untuk diproduksi) di hampir setiap budaya kuno di seluruh dunia, mulai dari Cina, India, Mesir hingga orang Yahudi, Yunani, dan Romawi; garam dianggap sangat bernilai tinggi karena dua alasan penting. Alasan pertama jelas berkaitan dengan sifat makanannya yang sangat penting untuk kelangsungan hidup umat manusia. Alasan kedua (yang sering diabaikan) berkaitan dengan kualitas pengawet yang memungkinkan orang dahulu untuk mengamankan dan menyimpan makanan mereka selama periode waktu yang lama. Intinya, Garam juga bisa dipergunakan untuk menjadi bahan pengawet di dalam transportasi dan perdagangan barang-barang makanan (seperti ikan dan daging) untuk jarak yang relatif jauh.

  Bukti arkeologis membuktikan garam yang sangat mahal. Sebagai contoh, kota Solnitsata yang berusia 6.500 tahun, salah satu permukiman berdinding paling awal yang diketahui di Eropa, utamanya dibangun sebagai fasilitas produksi garam - dan penduduknya menggunakan proses pendidihan untuk 'memanggang' dan mengemas garam dalam bentuk siap pakai. blok perdagangan. Demikian pula, di Cina kuno dan Mesir, ikan asin mulai muncul pada milenium ke-3 SM, dan produk ini agak memicu metode mumifikasi yang lebih efektif. Orang-orang Mesir dan Cina juga mulai memperdagangkan ikan asin pada milenium ke-2 SM, sementara orang-orang Fenisia meneruskan dan menukar garam itu sendiri dengan sejumlah besar keuntungan di seluruh Mediterania, sekitar abad ke-9 SM.


3) Silk / Sutra (pertama kali dibudidayakan sekitar milenium ke-4 SM)




   Produksi sutra dimulai di Tiongkok Neolitikum, mempertahankan monopolinya atas pembuatan sutra selama lebih dari 4.000 tahun. Cukuplah untuk mengatakan, pasokan terbatas untuk produk ini menjadikannya salah satu barang yang paling dicari di dunia kuno, dengan seluruh rute perdagangan dipertahankan di seluruh daratan luas Eurasia yang dinamai sutra (Jalan Sutra yang menguntungkan dimulai dari sekitar 207 SM ).


Awalnya, sutra dianggap sebagai barang mewah, berdasarkan penampilannya yang berkilauan dan kualitas bias seperti prisma - dan karenanya hanya diperuntukkan bagi keluarga kekaisaran Cina dan aristokrat peringkat tertinggi kerajaan. Namun selama lebih dari satu milenium, sutra secara bertahap diadopsi sebagai barang yang sangat mahal yang dihargai dengan caranya sendiri. Misalnya, selama periode Dinasti Han (206 SM - 220 M), sutra ditawarkan sebagai kompensasi kepada pejabat pemerintah dan warga sipil yang layak. Bahkan, seperti halnya berat emas, panjang kain sutra menjadi standar moneter di Cina Han. Yang cukup menarik, sutra juga digunakan oleh raja-raja Cina sebagai upeti mewah untuk meredakan suku Xiongnu dari utara. Selain itu, pekerja sutra membuat kertas dari sutra yang dijual sebagai 'kertas mewah' untuk orang kaya.



4) Cedar / Aras (dikenal sekitar pertengahan milenium ke-3 SM) 




  Tidak seperti sebelumnya dalam thread ini , Cedar memiliki makna spiritual dalam berbagai budaya kuno yang agak mendukung nilai sebenarnya. Misalnya, dalam mitologi Sumeria, pohon cedar dianggap mirip dengan Pohon Kehidupan yang melambangkan kekuatan, pengetahuan rahasia, dan keabadian. Sesuai dengan geografi kosmik Mesopotamia, cedar dikaitkan dengan Ea (atau Enki), dewa penciptaan, kerajinan, kecerdasan, dan bahkan sihir. Kecenderungan menghubungkan cedar dengan atribut ilahi ini juga meluas ke peradaban lain, seperti dapat dibuktikan dengan detail kayu yang rumit dan benda-benda indah lainnya yang ditemukan di sarkofagus Firaun Mesir, Tutankhamen (berasal dari abad ke-14 SM). Bangsa Mesir kuno juga menggunakan damar cedar dalam metode mumifikasi yang melelahkan.


Sekarang di luar ruang lingkup agama, cedar memiliki keuntungan praktis yang adil. Di Levant, pohon cedar Lebanon dikagumi karena aroma aromatiknya yang berkualitas tinggi, lembut, dan tahan terhadap busuk dan serangga - dan karenanya kayu yang sangat mahal namun dipelajari digunakan untuk pembuatan kapal dan konstruksi. Dalam hal itu, orang-orang Fenisia menggunakan kayu untuk beberapa kapal dagang elit mereka yang melakukan perjalanan di sekitar Mediterania. Sumber-sumber Alkitab juga menyebutkan bagaimana istana dan Aula Pengadilan Solomon memiliki dukungan struktural, atap dan panel yang terbuat dari cedar terbaik Lebanon . Dia juga dibantu oleh Raja Hiram dari Tirus dalam mencari kayu cedar untuk Kuil Salomo yang terkenal, sebagai imbalannya Hiram dianugerahi 20 kota di tanah Galilea.

Bahkan dalam budaya Eropa kuno, cedar yang mahal secara simbolis dikaitkan dengan kekuatan hidup. Untuk itu, druid Celtic menggembar-gemborkan cangkir resin cedar sebagai Piala Kehidupan. Sebaliknya, orang-orang Romawi berupaya secara aktif melestarikan kebun-kebun cedar, dengan sebagian besar wilayah ini dibatasi dan dilindungi atas nama Senat. Selain itu, orang-orang Yunani dan Romawi juga menggunakan cedar untuk konstruksi struktural mereka, seperti yang dapat disimpulkan dari spesimen arsitektur seperti kuil Artemis di Ephesus (seperti yang disebutkan oleh Vitruvius) dan Odeon of Herodes Atticus di Athena (secara hipotetis membedakan dari lebar bangunan). superstruktur).


5) Saffron / kuma-kuma. rempah - rempah (kemungkinan diperdagangkan sekitar milenium ke-2 SM) 




   sekitar 70.000 bunga (berasal dari Crocus sativus atau Saffron crocus) diperlukan untuk memproduksi hanya satu pon saffron, yang diterjemahkan menjadi acre per 10 lbs rempah-rempah. Sumber-sumber lain berbicara tentang bagaimana satu pon saffron sebenarnya membutuhkan sekitar 100.000 hingga 250.000 tanaman, dan akibatnya harganya setara dengan $ 95.000 per pon (dalam nilai saat ini). Tetapi di luar lingkup modern, safron sepanjang sejarah tetap merupakan zat yang sangat mahal di dunia.


Yang cukup menarik, kata 'saffron' (mungkin) pada akhirnya berasal dari Akkadian (bahasa utama Mesopotamia kuno) azupiranu, yang agak membuktikan ketersediaan produk di Timur  kuno. Namun bangsa Sumeria mungkin tidak mengolah safron, alih-alih mengimpornya dari negeri yang jauh. Untuk itu, salah satu lukisan dinding Zaman Perunggu dari istana Knossos yang terkenal di Kreta Minoan menggambarkan panen saffron - dan pemandangan itu dengan aneh menggambarkan seekor monyet (mungkin dilatih) yang mengumpulkan panen crocus dan seorang dewi yang mengawasi proses tersebut. Lukisan lain dari situs istana yang sama menggambarkan seorang wanita yang menggunakan saffron pada kakinya yang berdarah - sehingga mengacu pada penggunaannya sebagai obat herbal.




Orang-orang Yunani dan Romawi kuno menggunakan saffron sebagian besar sebagai parfum atau pewangi (dan juga sebagai bunga rampai dan persembahan kepada para dewa), dan persediaan mereka bersumber dari jaringan perdagangan Mediterania yang luas yang dipicu oleh orang Fenisia. Dikatakan bahwa Cleopatra (dari Mesir Ptolemeus Yunani) menggunakan saffron di pemandiannya yang hangat sebelum 'bertemu' dengan laki-laki, dengan keyakinan bahwa zat itu akan membantu keterampilan bercinta dan sensualitas. Orang-orang Fenisia sendiri mungkin menggunakan saffron sebagai pewarna pengganti Tyrian Purple (selanjutnya kita bahas bre..). Dan akhirnya, baik Persia maupun India menggunakan saffron sebagai persembahan ritual, rempah-rempah, obat-obatan, afrodisiak, dan bahkan pewarna kuning untuk karpet kerajaan Persia yang terkenal.


6) Tyrian Purple (pertama kali digunakan sekitar tahun 1570 SM) 





 Tyrian Ungu (Yunani - porfiria, Latin - purpura), juga dikenal sebagai ungu kekaisaran, adalah jenis pewarna ungu kemerahan yang diekstrak dari kerang murex.( mungkin sekarang itu lebih ke violet bre.. ) Pada dasarnya pewarna itu sendiri berasal dari sekresi organisme ini, dan karenanya membutuhkan banyak tenaga untuk metode ekstraksi yang halus - suatu proses yang mungkin dirampingkan oleh para pekerja di kota Tirus Fenisia di Zaman Perunggu. Biaya tenaga kerja melengkapi rona kemerahan yang mencolok dari pewarna, yang dikatakan lebih cerah karena pelapukan dan sinar matahari - dan semua faktor ini menjadikan Tyrian Purple salah satu komoditas paling mahal dalam sejarah.


Faktanya, kemewahan pewarna yang diperoleh 'murni' dari murex begitu meluas, terutama di kalangan bangsawan kuno, dan pedagang kaya. Nilai dan status alami yang mewah ini terkait dengan pewarna yang menginspirasi banyak bangsawan Persia Achaemenid untuk menimbun pakaian berwarna ungu yang diberikan sebagai hadiah kepada pejabat tingkat tinggi. Alexander yang Agung menemukan tumpukan besar pakaian berwarna ungu yang tertutup secara rahasia di dalam Perbendaharaan Kerajaan di Susa (di bagian barat Persia). Menurut Plutarch, berat total dari timbunan yang sangat mahal ini adalah sekitar 5.000 talenta (atau kira-kira 288.500 pon, jika diukur dalam talenta Attic)


6 Produk Termahal di Zaman Kuno


Seperti halnya sebagian besar benda bersejarah kuno, nilai sebenarnya yang sebanding dari Tyran Ungu dalam denominasi saat ini hanya dapat dihipotesiskan. Menurut sejarawan B. Caseau - “10.000 kerang akan menghasilkan 1 gram zat warna, dan itu hanya akan mewarnai keliman pakaian dengan warna yang dalam”. Dan sementara pernyataan ini mungkin tampak seperti berlebihan, ada sumber yang berbicara tentang bagaimana kerang yang dibuang di Sidon (salah satu kota di Fenisia ) membentuk pegunungan buatan yang tingginya 130 kaki. Cukup menarik, dalam salah satu dekrit harga Romawi tahun 301 M, satu pon pewarna ungu dihargai 150.000 dinar atau 3 pon emas, yang harganya sekitar $ 19.000 dalam nilai saat ini. Selain itu, satu pon wol yang sudah diwarnai sama dengan biaya satu pon emas.





ok Gan / sist sekian dulu thread simple dari ane. mohon maaf kalau banyak kesalahan.. 

Terima Kasih.

masuk juga Thread ane yang lain gan..

Inilah Hewan Pertama Penghuni Bumi
7 Game yang Mengajarkan Keterampilan Di Kehidupan Nyata
7 Mahluk mitologi yunani yang jarang diketahui
Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]
Nishiyama Onsen Keiunkan [ Hotel Tertua Di Dunia ]
7 Perusahaan Mainan Terbesar di Dunia10 Animasi 3D Rekonstruksi Bangunan Kuno di Dunia !!inilah 10 Hot Wheels Termahal !!
Silsilah Keluarga Dewa dan Dewi Mesir, Yunani dan Nordik [ mitologi ]













profile-picture
profile-picture
profile-picture
Siwie dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
02-07-2019 15:50
Quote:Original Posted By pisa.purp
jaman dulu belum ada uang... sistem nya barter


la itu buktinya tembaga, kuningan dah dijadikan koim di era romawi bree emoticon-Big Grin

berarti dah kenal uang dung emoticon-Big Grin
0
02-07-2019 16:10
yohaaa kita kaya bgt harusnya haa
0
02-07-2019 16:13
oh Saffron.. bumbu yang muahal wkwkwk..
0
02-07-2019 16:26
batu bata buat orang gila cap suprim belom ada ya?
0
02-07-2019 16:32
pic yg pertama mantap tuh guci
bwat nya susah itu pasti, jaman skarang aj pasti susah bwatnya
0
02-07-2019 16:40
pasti makmur ye jadi petani garam jaman entu emoticon-Wakaka
0
02-07-2019 16:40
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
0
02-07-2019 16:42
yang ane tau cuma garam ama sutra sih, dan setau ane garam dulunya pernah ngalahin harga emasemoticon-Cendol Gan
0
02-07-2019 16:44
Wah dikira emas juga masuk
0
Lapor Hansip
02-07-2019 16:44
Balasan post slametgentho
Ah gila ini mah emang bikin anget tapi nggak bisa dibuat baju hahaemoticon-Sundul
profile-picture
slametgentho memberi reputasi
1
02-07-2019 16:44
mahal di jamannya, mungkin waktu itu masih jarang ato sifatnya lux emoticon-Smilie
0
02-07-2019 17:02
Makanya pelajari cara buat garam

In case agan terjebak d masa lalu

Jd juragan garam aja

emoticon-Shakehand2
0
02-07-2019 17:20
kirain yg paling mahal rempah-rempah cengkih,pala,dll itu gan
0
02-07-2019 17:40
walah sadap ya
0
02-07-2019 17:54
Wuaaahhh, semoga saya mampu belinya nanti heheheemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
0
02-07-2019 17:54
Sekarang saffron juga mahal bree ane beli waktu itu ane beli di India sekotak kecil permen kertas itu aja 500k emoticon-Cape deeehh
0
02-07-2019 18:16
peradaban umat manusia ternyata sdh sangat panjang sekali
0
02-07-2019 18:27
hanya garam yg sekarang sudah murah.
0
02-07-2019 18:45
FYI
di arab saudi jaman baginda rosulullah mata uangnya pake logam mulia emas dan perak
profile-picture
jinpari22 memberi reputasi
1
02-07-2019 18:50
Langka karenanya jadi Mahal emoticon-Smilie
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.