PNews.idAvatar border
TS
PNews.id
Orang Tua Wali Murid : Dimana Ada Sekolah Negeri Gratis


KARAWANG - Program Wajib belajar 9 tahun gratis, merupakan salah satu program pemerintah yang patut di apresiasi, namun kenyataannya hampir semua orang tua wali murid yang anaknya baru masuk kesekolah mengeluhkan dengan segala embel embel sumbangan dengan dasar kesepakatan.

Salah satu orang tua wali murid warga Rengasdengklok, yang tidak mau menyebutkan namanya pada portaljabar.net, Senin 1 Juli 2019, mengatakan, dari semenjak anaknya musuk di SDN hingga saat ini mau masuk SMPN dihadapkan dengan biaya sekolah yang cukup besar. 

"Dimana ada sekolah gratis?, dan apa arti Wajib Belajar 9 tahun?, baru masuk SMPN saja udah harus mempersiapkan biaya sekolah anak dari mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dengan dalih sumbangan atau hasil kesepakatan bersama," Cetusnya, disela sela rapat orang tua wali murid, Senin (1/7/2019)

Menurutnya, kemungkinan besar di Kabupaten Karawang ini, disetiap sekolah baik SDN maupun SMPN tentunya tidak jauh berbeda. Karena wajib belajar 9 tahun itu mutlak gratis tanpa embel embel lainnya. 

Sama halnya yang diutarakan, Ibu Resih (35), warga rengasdengklok, dirinya juga membeberkan semua biaya yang harus dibayar orang tua wali murid setelah semua hasil rapat bersama komite sekolah.

"Untuk biaya pakaian dan sumbangan lainnya hingga mencapai ratusan hingga sampai jutaan. Buat saya, yang sehari hari kerja serabutan atau tidak mempunyai pekerjaan tetap, itu sangat berat. Namun, karena melihat ingin anak saya pintar dan dia sangat ingin melanjutkan sekolah, maka saya menuruti keinginan seorang anak," Pungkasnya. (wins) 


Sumber : Portal Jabar

itkgid
anita.sutanty
anita.sutanty dan itkgid memberi reputasi
2
4.9K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.