alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d17289768cc9532f55bc550/ada-yang-tau-sepeda-motor-pertama-di-indonesia-dan-siapa-pemiliknya-ini-sejarahnya
Lapor Hansip
29-06-2019 16:00
Ada yang Tau Sepeda Motor Pertama di Indonesia dan Siapa Pemiliknya? Ini Sejarahnya!
Past Hot Thread
Ada yang Tau Sepeda Motor Pertama di Indonesia dan Siapa Pemiliknya? Ini Sejarahnya!

Selamat sore Agan and sista kaskuser tercinta yang pastinya selalu kece 😎😎. Di jaman sekarang keberadaan sepeda motor di Indonesia sudah menjamur dan hampir setiap hari melintas jalan raya. Namun, apakah kita tahu sejarah masuknya motor di Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya!

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Ada yang Tau Sepeda Motor Pertama di Indonesia dan Siapa Pemiliknya? Ini Sejarahnya!

Ada yang Tau Sepeda Motor Pertama di Indonesia dan Siapa Pemiliknya? Ini Sejarahnya!

Sepeda Motor memang sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat di Indonesia. Kendaraan beroda dua ini memang menjadi alat transportasi primadona bagi segala lapisan masyarakat. Namun tidak hanya beberapa tahun belakangan, sepeda motor sudah lama hadir di Indonesia.

Untuk mengetahui hal itu, kita perlu kembali ke jaman di mana nama Indonesia belum begitu eksis seperti sekarang. Pada saat itu, negara ini masih disebut Hindia-Belanda. Seorang warga kebangsaan Inggris bernama John C. Potter menjadi pemilik pertama sepeda motor di Indonesia (Hindia Belanda).

Motor ini tiba di Tanah Air pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama hadir di sini, sekaligus menjadi kendaraan bermotor pertama di Indonesia. Otomatis Potter yang bekerja sebagai masinis di Pabrik Gula Oemboel Probolinggo, Jawa Timur ini menjadi biker pertama di tanah air. Motor tersebut didatangkan dari Jerman, buatan pabrikan Hildebrand und Wolfmuller.

motor pertama

Meskipun saat itu Indonesia berada di bawah pendudukan Belanda, namun yang pertama memiliki sepeda motor bukan orang Belanda, melainkan orang Inggris. Namanya John C. Potter.

Dikatakan bahwa Potter memesan sendiri motornya tersebut dari pabrik Hildebrand und Wolfmuller di Muenchen, Jerman. Kabarnya, sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as.

Meski usianya ratusan tahun, nyatanya sepeda motor pertama di Indonesia ini telah mengusung kapasitas mesin luar biasa. Di antaranya twin-silinder horizontal dan pendingin air. Selain itu, kapasitas mesin 1.500 cc yang tersemat dalam motor membuat siapapun yang mendengarnya akan merasa heran.

Namun demikian, meski bermesin besar, tetapi tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2.5 HP pada 240rpm. Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk menghidupkan dan menstabilkan mesinnya.

Itulah sejarah singkat masuknya sepeda motor di negara kita tercinta ini. Meskipun bukan orang asli pribumi yang pertama memilikinya, namun itulah awal kejayaan alat transportasi roda dua di Indonesia yang kini menjadi idola di seluruh lapisan masyarakat.

sumber

Ada yang Tau Sepeda Motor Pertama di Indonesia dan Siapa Pemiliknya? Ini Sejarahnya!

Ada yang Tau Sepeda Motor Pertama di Indonesia dan Siapa Pemiliknya? Ini Sejarahnya!

GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrifzn dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 9
30-06-2019 20:10
Quote:Original Posted By Ikrom.lestari
Lihat dirimu lah?


Ane mo balik semedi dolo aja lah emoticon-Traveller
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 20:18
Ternyata orang Inggris bukan Belanda.
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 20:22
emoticon-Ngakak ini motor klo jaman dlu pasti auto gantengemoticon-Leh Uga
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 20:30
beli bbm dimana waktu itu?
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 20:42
Wah menarik nih, sejarah motor pertama di Indonesia.
Teknologi nya beda sekali dg saat ini
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 20:42
emoticon-Hansip
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 20:42
Quote:Original Posted By 3daigo
Manasin mesin sampai 20 menit? Motor ane aja cuma 1 menit langsung bisa ngacir emoticon-Ngakak


Motor ane begitu starter langsung berangkat gan, gak sempet manasin emoticon-Ngakakemoticon-Hammer2
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 20:47
Quote:Original Posted By wintaka


Motor ane begitu starter langsung berangkat gan, gak sempet manasin emoticon-Ngakakemoticon-Hammer2


motor ane bensinnya habis langsung mati mesinnya...
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 21:00
Quote:Original Posted By rizkybond
Dulu sepeda motor barang mewah dijaman nya
Sekarang udah biasa & semua orang bisa memiliki nya meski pun dengan cara kredit sekaligus


Iya Gan bener bgd tuh

Quote:Original Posted By YenieSue0101
Ane mo balik semedi dolo aja lah emoticon-Traveller


Iya deh

Quote:Original Posted By milo...
Ternyata orang Inggris bukan Belanda.


Iya Gan ane mikirnya juga gitu

Quote:Original Posted By itelmambu
emoticon-Ngakak ini motor klo jaman dlu pasti auto gantengemoticon-Leh Uga


Bisa jadi sih Gan

Quote:Original Posted By abangijokuning
beli bbm dimana waktu itu?


Mungkin pesen Gan

Quote:Original Posted By mylaff
Wah menarik nih, sejarah motor pertama di Indonesia.
Teknologi nya beda sekali dg saat ini


Yupss bener bgd

Quote:Original Posted By wintaka
Motor ane begitu starter langsung berangkat gan, gak sempet manasin emoticon-Ngakakemoticon-Hammer2


Mantull ente Gan

Quote:Original Posted By 3daigo
motor ane bensinnya habis langsung mati mesinnya...


Wkwkwkkk skak mat
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
30-06-2019 21:02
Genap sepuluh. Kapan eksekusi? emoticon-Traveller
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 21:05
jaman segitu perubahan ngga terlalu besar dari sepeda ke sepeda motor tinggal nambah mesin dibanding motor thn 2220 terlihat jadul
Diubah oleh cahmlg123456
0
30-06-2019 21:12
anjay 1500cc gile bner emoticon-Ngakak joknya ampun deh dkit amat emoticon-Ngakak
0
30-06-2019 21:23
Ccnya besar amat emoticon-Matabelo
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 21:42
jaman dulu kendaraan emang gede kapasitas mesin nya, bahkan mobil satu atau 2 penumpang aja ada yg sampe 48l atau 48000cc
0
30-06-2019 22:01
bibit kawir sepeda montor
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 22:10
njir 2,5HP

sini lah adu kebut sama mesin potong rumput
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 22:16
emoticon-Matabelo



Sekarang dia dimana emoticon-Mewek
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 22:18
Quote:Original Posted By ridwan811951
1.500 model begitu kek apa rasanya yak emoticon-Big Grin


cc gede ga auto kebut gan dan dimasa lampau jamak ko cc gede tp ya tenaganya kecil 1500cc tp 2.5 hp/240rpm
astrea grand yg cuma 97 cc tenaganya 7.3 hp/8000rpm
Diubah oleh caesarckool
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
30-06-2019 22:26
wah 1500cc tapi gak bisa kenceng, gimana rasa nya tuh emoticon-Frown anyway design nya mirip speda kebo ya
0
30-06-2019 22:34
yg laen udah gowes. ini masih manasin mesin. yg naik sepeda udah sampe, ini baru gas berangkat emoticon-Wkwkwk
0
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.