• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Waktu Yang Tepat Untuk Menikah (Siapkan tissue bagi yang selalu ditanya kapan kimpoi)

storm69
TS
storm69
Waktu Yang Tepat Untuk Menikah (Siapkan tissue bagi yang selalu ditanya kapan kimpoi)



Sebuah studi terbitan
Journal of Social and Personal Relationship
mengatakan bahwa 25 tahun
adalah batas usia paling ideal untuk menikah.
Sementara itu, Biro Sensus AS melaporkan bahwa
usia ideal menikah adalah mulai usia 27 tahun
untuk perempuan dan 29 untuk si pria.


Meski tingkat kematangan dan finansial memainkan faktor utama, tingkat pendidikan juga sama penting. Menunda pernikahan sampai setelah menerima gelar sarjana terbukti menurunkan risiko bercerai daripada pasangan yang berpendidikan rendah, menurut studi Family Relation.

Yang perlu dipahami, menunda menikah setelah rampung kuliah bukan semata untuk mengejar gelar. Mengenyam pendidikan setinggi-tingginya menjadi jalan terbaik buat Anda membuka wawasan terhadap dunia nyata.

Semakin banyak pula orang-orang dengan karakteristik berbeda yang akan Anda temui untuk berbincang dan bertukar pikiran. Lambat laun, ini semua dapat membentuk kepribadian, prinsip hidup, dan pola pikir Anda secara keseluruhan.


Pada umumnya dapat disimpulkan bahwa usia ideal menikah terbaik adalah sekitar 28-32 tahun. BKKBN sendiri menilai usia ideal menikah untuk perempuan Indonesia seharusnya minimal 21 tahun.

Walau demikian, tentu saja keputusan untuk kapan menikah tak bisa hanya didasarkan oleh hasil survey semata. Tidak ada patokan usia ideal atau batas jangka waktu pacaran yang mampu menjamin kebahagiaan pernikahan.


Pada akhirnya, diri Anda sendirilah yang menentukan kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk menikah. Entah itu di usia 20-an, 30-an, 40-an, dan seterusnya. Nyatanya, pernikahan dan perceraian adalah fenomena sosial yang sulit diukur hanya dengan angka.



Tak ada yang melarang untuk cepat-cepat menikah. Jika Anda dan pasangan sudah sama-sama siap lahir-batin dan juga secara finansial untuk nikah muda, tentu tidak masalah. Tapi bagi yang lainnya, tetap tak ada salahnya untuk mempertimbangkan masak-masak semua manfaat dan risikonya.



Apakah Anda memang benar siap mengarungi bahtera rumah tangga, atau hanya menikah demi gengsi dan menghindar dari pertanyaan membosankan “Kapan nikah?”



Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/p...ami-istri/amp/

Diubah oleh storm69 30-06-2019 11:43
si.matamalaikatdavianjusticethirdcook
thirdcook dan 13 lainnya memberi reputasi
12
8K
114
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.