pulangrumah
TS
pulangrumah
Perhatikan Ini Jika Agan Sista Ingin Memelihara Ikan Mas Hias

Adakah diantara Agan Sista yang hobi memelihara ikan hias? Salah satu jenis yang paling sering dipelihara adalah ikan mas hias. Gampang gampang susah sih Gan untuk merawat ikan mas hias satu ini. Meski begitu, nggak ada salahnya juga jika Agan dan Sista cari tahu dulu apa yang harus dilakukan untuk memelihara ikan satu ini. Terutama soal suhu airnya Gan Sis!



Sebenarnya berapa sih suhu air yang tepat untuk memelihara ikan satu ini?

Rupanya, ikan mas hias merupakan ikan yang tinggal di air dingin dan bisa tinggal di berbagai suhu baik akuarium ataupun kolam ikan. Nggak ada salahnya jika Agan Sista ingin memeliharanya di akuarium. Meski demikian, kalian wajib memeriksa keadaan suhu air, apalagi saat musim kemarau.

Karena air dalam akuarium juga bisa terpengaruh jika hari sedang panas-panasnya. Meski ikan hias bisa bertahan di suhu ruang, namun Agan Sista jangan lupa untuk mengganti air di akuarium. Misalnya saja saat ruangan tempat memelihara ikan mas menjadi panas, otomatis suhu air di akuarium meningkat. Nah agar ikan hias kita ini bisa tetap sehat, Agan Sista bisa menjaga suhu ruangan sekitar menjadi 21 derajat celcius atau suhu yang membuat air di akuarium cukup dingin.


Yang jelas sih jangan sampai membuat ikan mas hias yang kalian pelihara menjadi kepanasan ya Gan (meskipun ane nggak tahu apakah mereka bisa keringetan juga kalau kepanasan hehe). Karena ikan yang berada di air yang terlalu hangat atau dingin alias nggak sesuai sama habitat aslinya, mereka biasanya akan berenang lebih lambat Gan Sis.


Konon, ikan mas hias lebih suka berenang di air yang segar. Mereka pun bisa berenang lebih cepat jjika air di tempat tinggalnya terasa dingin. Agan Sista bisa mengganti sekitar seperempat air dalam akuarium atau kolam dengan air dingin. Tapi jangan sampai airnya terlalu dingin dan membeku ya Gan Sis. Mereka biasa berenang dalam suhu sekitar 29 derajat celcius.


Namun jika kalian tinggal di tempat yang sangat dingin dan memelihara ikan ini di kolam, pastikan kolam tersebut cukup dalam untuk ikan mas hias berenang ke dasar dan nggak kedinginan. Misalnya aja sekitar 1 meter Gan Sis.

Intinya sih jika kalian ingin memelihara ikan, jangan lupa pelajari dulu habitatnya agar mereka bisa tinggal dengan nyaman dan bertahan hidup di rumah baik di akuarium ataupun di kolam. Perhatikan pula kondisi airnya ya karena bagaimanapun air tersebut merupakan tempat mereka tinggal.

 

Sekian sih dari ane, mungkin Agan Sista punya tips lain buat dibagi untuk yang lainnya yang juga suka memelihara ikan? Karena ane cukup newbie dalam per-ikan-an ini. Heheheu. 


bedypopthebavarian.90tien212700
tien212700 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
11.6K
168
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.