ih.sul
TS
ih.sul
KORO SENSEI, BEST TEACHER EVER [SPOILER ASSASSINATION CLASSROOM]

Bayangkan jika suatu hari kau dan kelasmu disuruh untuk membunuh sebuah makhluk aneh berbentuk gurita berkecepatan 20 mach yang sudah menghancurkan separuh bulan dan berencana untuk menghancurkan bumi. Makhluk itu tiba tiba menawarkan diri menjadi wali kelasmu dan mengancam akan menghancurkan bumi jika tak ada yang berhasil membunuhnya sebelum kelulusan.


(WARNING SPOILER, jika belum menonton saya sarankan menontonnya terlebih dahulu. Jika sudah menonton atau malas menontonnya silahkan teruskan membaca)
Sekilas tentang animenya, ansatsu kyoushitsu adalah anime adaptasi dari manga buatan matsui yusei dengan judul sama. Ini adalah anime pertama yang membuat saya bergadang dua puluh empat jam untuk menontonnya dari awal season 1 hingga akhir season 2. Ceritanya sungguh menarik menceritakan perjuangan sekelompok siswa buangan yang berkumpul di kelas END 3-E. anime ini akan membimbing kita mengikuti perjuangan kelas 3-E dalam membunuh guru mereka dengan bumbu bumbu drama dan komedi.


Jujur saja ini adalah anime pertama yang berhasil membuat saya menangis di bagian endingnya (padahal saya bahkan tak menangis menonton anohana). Mengenang apa saja yang sudah dilakukan koro-sensei terhadap murid muridnya dan kedekatan mereka sebagai guru dan murid sanggup membuat saya meneteskan air mata saat kematian koro sensei tiba
Guru yang tak bisa dibunuh karna itu dinamai koro-sensei, gurita kuning pecinta oppai yang ingin saya bahas disini, bukan membahas animenya tapi membahas betapa hebatnya koro-sensei sebagai seorang guru.


Seorang guru merupakan orang tua kita selama berada di sekolah. Sudah sewajarnya seorang guru membimbing anak didiknya menjadi manusia yang benar dengan penuh perhatian. Namun sering kali kita melihat berita tentang guru yang bukannya membimbing muridnya kearah yang benar melainkan menyelewengkan tugasnya sebagai guru, ambil saja contoh seorang guru yang mengatai muridnya bodoh sampai guru yang melakukan hal tak pantas pada muridnya.
Koro-sensei (mengesampingkan seluruh kekurangannya sebagai makhluk hidup) merupakan contoh guru yang sempurna, tidak hanya di bidang akademik namun juga non akademik. Didukung dengan kemampuannya bergerak dengan kecepatan 20 mach dia mampu menjadi tauladan bagi seluruh guru di dunia
Apa saja kelebihan koro-sensei?


MENGELUARKAN SELURUH POTENSI MURID MURIDNYA


Siapapun yang berhasil membunuh koro sensei akan mendapat bayaran 10 miliar yen (lebih dari 1 triliyun rupiah). Hal ini tentu membuat semua murid di kelas 3-E bersemangat dalam membunuh guru mereka. Koro sensei tidak menyia nyiakan hal itu, dengan hasrat untuk membunuh dalam diri murid muridnya sudah menjadi dasar semangat yang bagus untuk setidaknya datang ke sekolah. Dalam kelas membunuh koro sensei akan mengajar dengan gaya yang sangat efektif dan mudah dimengerti dan tentunya dia diperhatikan oleh murid muridnya karna mereka ingin membunuhnya

TAK PERNAH MENINGGALKAN MURID MURIDNYA


Tidak hanya mengajari koro sensei juga mendekati muridnya secara hati ke hati, setiap kali murid muridnya punya masalah dia akan selalu mendengarkan dan memberi saran terbaik meski saat seorang muridnya hendak bunuh diri pun dia akan selalu menemani mereka. Kedekatan inilah yang akan menjadi fondasi lebih baik untuk pelajaran mereka karna kegiatan belajar mengajar tak akan efektif tanpa adanya rasa nyaman antara guru dan murid

MENGAJAR TENTANG KEHIDUPAN


Ada banyak orang yang bertanya, apa gunanya rumus rumus ini dalam kehidupan? Disinilah perbedaan koro sensei dengan guru lainnya, koro sensei mempraktekkan apa yang sudah diajarkan seperti mempraktekkan kimia dalam pembuatan racun untuk membunuh dirinya, mempraktekkan rumus rumus fisika dalam bermain baseball sampai praktik Bahasa inggris dengan bule.
Praktek memang jauh lebih baik dari teori, kelas 3-E yang merupakan kelas gagal perlahan tapi pasti meningkatkan nilai rapor mereka hingga dapat masuk 50 besar sekolah bahkan mengalahkan kelas A
hal terpenting yang diajarkan koro sensei adalah agar tidak menyalahkan gunakan Pendidikan yang kau dapat, gunakanlah untuk menolong orang lain. Jangan merasa tinggi hanya karna mendapat sedikit kemampuan tapi lihatlah apa yang bisa kau lakukan dengan kemampuan itu. Di dunia ini banyak hal yang lebih berarti dari sekedar nilai, dan itu adalah pengalaman dalam kehidupan.

MENGAJARI ARTI PERJUANGAN DAN TAK KENAL MENYERAH


apa yang akan kaulakukan jika berada di kelas terbawah yang diasingkan dan dicemoh oleh satu sekolah, rendah diri? Frustasi? Bunuh diri? Disinilah koro sensei berperan besar mengubah hidup anak anak ini. Setiap manusia, setiap murid punya potensinya masing masing. Meski kau bodoh dalam pelajaran pasti ada hal yang bisa kaulakukan dengan baik, entah itu bermain baseball, melukis, senam, fotografi, memasak dan lain lain. Gagal dalam pelajaran bukan berarti hidupmu hancur, kau hanya perlu mengasah bakatmu dan temukanlah teman teman yang bisa menutupi kelemahanmu karna manusia memang tak bisa hidup sendiri dan harus bekerjasama dengan yang lain.

SELALU SIAPKAN PEDANG KEDUA


Apa yang akan kaulakukan jika punya satu triliyun rupiah? Kalau saya akan menggunakannya untuk bersantai seumur hidup. Tapi apa yang akan kaulakukan jika setelah seluruh upaya dan waktu yang kau kerahkan ternyata kau gagal mendapatkannya?
Katakanlah kau punya bakat bermain gitar dan memilih menjadi gitaris kedepannya, bagaimana jika kau terlibat kecelakaan dan mematahkan tanganmu? Apa yang akan kaulakukan?
Memang penting untuk mengasah bakat tetapi kita harus selalu mempersiapkan diri kita atas segala kemungkinan yang terjadi di masa depan. Hidup tidak akan berjalan semulus yang kau inginkan. Buatlah sebanyak mungkin bekal dari sekarang sehingga apabila rencana A gagal kau masih memiliki rencana B.
Inilah yang paling ditekankan oleh koro sensei, apa yang akan terjadi jika murid di kelas E gagal membunuhnya atau koro sensei dibunuh oleh orang lain, maka mereka tak akan mendapat uang apapun dan mereka hanya akan berakhir menghabiskan satu tahun sia sia. Karena itu meskipun kita memiliki bakat dan tujuan yang ingin kita capai kita harus tetap belajar segiat mungkin untuk modal perjalanan kita kedepannya.
Quote:


SELALU MEMIKIRKAN MURIDNYA, TIDAK HANYA SEKARANG TAPI JUGA JAUH KEDEPAN


Kebanyakan guru hanya akan mengurus muridnya sampai satu tahun atau mungkin hingga si murid lulus dari sekolah, tapi tidak dengan koro sensei. Koro sensei sudah memikirkan hal apa saja yang mungkin terjadi pada murid muridnya di masa depan dan menuliskan saran sarannya dalam sebuah buku yang amat tebal( well, ini memang tak mungkin dilakukan manusia). Setiap kali murid muridnya memiliki masalah mereka hanya perlu mencari solusinya di buku mereka masing masing( setiap murid mendapat buku pribadi masing-masing dan saking tebalnya meski sudah tujuh tahun mereka masih belum membaca semuanya (sekali lagi ini memang tak mungkin dilakukan manusia)). Hal ini menjadi bukti bahwa koro sensei sangat mengenal murid muridnya, lebih dari siapapun
Quote:


JANGAN PERNAH MEMBUAT MURIDMU KHAWATIR


Ada begitu banyak kelebihan koro sensei tetapi koro sensei tak pernah menceritakan apapun tentang dirinya. Koro sensei memiliki masa lalu yang sangat memilukan sampai sampai murid muridnya jadi tak tega membunuhnya setelah mengetahui hal itu. Koro sensei sendiri tak ingin muridnya kehilangan hasrat membunuh karena kasihan pada dirinya, karena itulah dia tak memberitahu apapun.
Koro sensei selalu bersikap kuat, tak pernah sekalipun dia membuat muridnya khawatir sehingga murid muridnya percaya padanya, hingga saat terakhir…

***

Saya tak pernah berkhayal bahwa seorang guru seperti koro sensei benar benar ada di dunia nyata, karna bagaimanapun koro sensei memang karakter fiksi. Tetapi ada banyak guru yang hebat di dunia ini meskipun di dalam dunia anime koro sensei lah yang terbaik
Koro sensei berhasil merubah sebuah kelas yang awalnya tanpa harapan menjadi pasukan pembunuh dengan prestasi gemilang hingga mampu mengalahkan kelas Akselerasi dalam waktu kurang dari satu tahun.

Hingga saat terakhir pun dia tetap memberikan pelajaran berarti pada murid muridnya, ‘jika matipun aku ingin dibunuh oleh orang orang yang aku cintai’ ‘jangan pernah membiarkan targetmu lepas’ dan 'semua yang menyenangkan pasti akan berakhir'. Sebuah perpisahaan menyedihkan pun harus mereka jalani agar dapat tumbuh lebih kuat

Sungguh mulia koro sensei, mengorbankan segalanya demi murid muridnya tanpa mengharapkan apapun selain kematian ditangan murid muridnya. Sebuah ikatan yang terlahir dari rasa haus darah menjadikan anime ini menjadi anime yang sangat mengharukan meskipun seharusnya anime ini adalah anime ber genre komedi. Tak berlebihan rasanya jika saya menyebut koro sensei menjadi tokoh yang patut dihormati

Mungkin ada beberapa agan disini yang ingin menjadi guru atau sudah menjadi guru, jika iya jadilah guru seperti koro sensei. Ini tentang bagaimana dirimu mendidik dan menyemangati murid dalam belajar, setiap murid memiliki potensinya masing masing dan tugas guru lah untuk membantu mereka menemukan potensi tersebut.

Dari koro sensei kita belajar bahwa hubungan guru dan murid tidak terbatas hanya antara mengajar dan diajar saja, guru adalah orang tua kedua bagi murid dan sudah sewajarnya orang tua memberi yang terbaik untuk anaknya, Tak perduli meski dirimu adalah gurita kuning pecinta oppai sekalipun.

Diubah oleh ih.sul 27-06-2019 00:38
cakrossitatagraha21kekefadilah
kekefadilah dan 13 lainnya memberi reputasi
14
23.8K
90
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.