News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
84
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0745935cf6c4694a763151/monster-21-wajah-teror-legendaris-perusahaan-glicco-amp-morinaga
Quote:siapa tak kenal produk2 P***y yg diproduksi Glicco, siapa jg gak kenal produk2 C**ld-**d morinaga, siapa sangka bre, kl produk2 Jepang macam tu dulunya pernah diteror habis2an, bukan karena isu bakso berformalin, bukan jg isu susu bermelamin, lebih dr itu, tp isu bahwa ada teror ada org yg diam2 ngasih sianida ke produk2nya :(, entah ni kasus ada hubungannya ama Jessica Kumala Wongso atw tid
Lapor Hansip
17-06-2019 14:47

Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga

Past Hot Thread
Quote:siapa tak kenal produk2 P***y yg diproduksi Glicco, siapa jg gak kenal produk2 C**ld-**d morinaga, siapa sangka bre, kl produk2 Jepang macam tu dulunya pernah diteror habis2an, bukan karena isu bakso berformalin, bukan jg isu susu bermelamin, lebih dr itu, tp isu bahwa ada teror ada org yg diam2 ngasih sianida ke produk2nyaemoticon-Frown, entah ni kasus ada hubungannya ama Jessica Kumala Wongso atw tidak, setidaknya kasus ini bener2 menggegerkan Jepun, berikut adlh kronologinya


Quote:Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
Selama 17 bulan lamanya di pertengahan tahun 1980an, seorang/beberapa orang yang menamakan dirinya "The Monster with 21 Faces" meneror Jepang dengan serangkaian ancaman dan aksi kriminal. Meskipun telah melakukan penyelidikan, investigasi, dan pengejaran terhadap pelaku, namun Sang Monster tak pernah tertangkap dan identitasnya masih menyimpan misteri hingga kini.
Monster 21 Wajah/The Monster with 21 Faces (Kajin Nijuichi Menso) adalah julukan atau nama yang digunakan sebagai alias untuk seorang/beberapa orang yang bertanggung jawab atas sebuah kasus teror yang melanda Jepang pada pertengahan 1980an.
Nama ini sebenarnya berasal dari tokoh penjahat dalam novel detektif karangan Edogawa Rampo. Selain Monster 21 Wajah, nama lainnya yang seringkali digunakan adalah The Mystery Man with 21 Faces dan The Phantom with 21 Faces.



Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
The Monster with 21 Faces


Teror ini dimulai pada 18 Maret 1984, dua orang bertopeng menculik seorang pria bernama Katsuhisa Ezaki yang tak lain merupakan CEO Glico, sebuah perusahaan manufaktur makanan ringan. Ezaki dibawa ke sebuah gudang dan penculiknya meminta uang tebusan sebesar 1 Miliar Yen.
Pihak kepolisian segera bertindak. Pihak berwenang melakukan investigasi dan pengejaran terhadap Monster 21 Wajah (untuk selanjutnya pelaku akan disebut Monster) yang rupanya bukan hanya mengincar CEO Glico, namun juga para karyawannya. Pada April 1984, kendaraan-kendaraan yang terparkir di halaman kantor pusat Glico dibakar orang tak dikenal.

Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
Kantor Perusahaan Glico



Namun polisi tampaknya tak berhasil mengidentifikasi pelaku, apalagi menangkapnya. Mereka bahkan tak tahu apakah pelaku merupakan pemain tunggal atau berkelompok. Untungnya, sebelum uang tebusan yang diminta terhadap CEO Glico tersebut dibayarkan, Katsuhisa Ezaki berhasil melarikan diri.

Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
Katsuhisa Ezaki


Tetapi ini barulah awal dari serangkaian teror yang akan ditebarkan pelaku di seluruh Jepang.
Tanggal 10 Mei 1984, untuk pertama kalinya Monster mengirimkan surat ancaman tertuju pada Glico. Dalam surat inilah untuk pertama kalinya pelaku menyebutkan nama "The Monster with 21 Faces". Dalam surat tersebut disebutkan bahwa Monster telah meracuni beberapa produk Glico yang beredar di toko-toko dengan racun sianida.
Tak ingin mengambil resiko dan menyebabkan korban jiwa, perusahaan kemudian menarik semua produk mereka yang berada di pasaran. Akibat aksi ini perusahaan menderita kerugian lebih dari 20 juta dollar dan membuat lebih dari 400 karyawannya diberhentikan.

Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
Polisi yang tengah melakukan investigasi produk Glico


Selain itu pula, Monster mengirimkan surat ancaman ke berbagai media Jepang yang berisikan ejekan kepada kinerja polisi. Sebuah tulisan dari salah satu surat tersebu ditulis dalam tulisan Hiragana berdialek Osaka.
Sebuah petunjuk kemudian diperoleh. Dilaporkan sebuah kamera pengawas di sebuah toko yang memajang produk Glico memperlihatkan seorang pria tengah meletakkan produk-produk Glico di rak. Padahal pria tersebut bukan karyawan toko.

Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
Seorang pria mencurigakan meletakkan produk Glico pada sebuah rak


Di dalam rekaman itu terlihat sang pria misterius mengenakan topi baseball. Namun sulit untuk mengidentifikasi wajahnya.
Pada musim panas tahun 1984, ,Monster meminta uang tebusan yang lebih banyak. Kali ini bukan hanya produk-produk Glico yang menjadi target, namun juga menyasar pada produk-produk makanan dari perusahaan lainnya. Ketakutan seketika menyergap negeri sakura itu.
Pada Juni 1984, Monster meminta uang tebusan sebesar 50 juta yen. Menurut instruksinya, uang tersebut nantinya harus dilemparkan keluar dari sebuah kereta yang tengah melaju menuju kota Kyoto. Lokasi di mana uang tersebut akan dijatuhkan telah ditandai dengan bendera putih.
Polisi kemudian menuruti permintaan pelaku dan berharap dapat menangkap pelaku begitu uang tersebut dilemparkan keluar. Namun ketika uang telah dilemparkan, polisi bahkan tak menemukan bendera putih yang menandai tempat dijatuhkannya uang tadi. Uang beserta pelaku raib.
Menurut polisi mereka sempat melihat seorang pria mencurigakan di antara para penumpang. Pria itu digambarkan memiliki tubuh atletis, memiliki mata seperti rubah, dan bertingkah aneh.
Pada bulan November di tahun yang sama, Monster kembali meminta uang tebusan, namun sama seperti sebelumnya setelah uang tebusan diletakkan di tempat yang telah ditentukan, polisi kembali kehilangan jejak.
Sebulan sebelumnya, Oktober 1984, sebuah surat dikirimkan ke agensi berita Osaka. Isinya berisikan ancaman serupa seperti yang diterima Glico. Dalam ancaman tersebut disebutkan bahwa sebanyak 20 kemasan paket permen Morinaga telah diracuni dengan sianida.

Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
Morinaga Angel Pie


Segera setelah surat tersebut diterima, polisi mencari toko-toko di seluruh kota mulai dari Tokyo hingga Jepang bagian barat. Polisi kemudian menemukan lebih dari selusin produk Morinaga Choco Balls dan Morinaga Angel Pie dengan label "Danger = Contains Toxins" tertera di kemasannya. Produk-produk lainnya kemudian ditemukan pada Februari 1985 sebelum produk-produk tersebut beredar di pasaran.
Kepolisian kemudian merilis poster gambar wajah terduga pelaku pada Januari 1985. Gambar wajah ini bersumber dari video rekaman kamera toko sebelumnya dan juga kesaksian dari petugas yang melihat pria mencurigakan di stasiun Kyoto. Namun tak ada seorang pun juga yang datang untuk mengidentifikasi tersangka.

Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
Poster wajah terduga The Monster with 21 Faces


Pada Agustus 1985, sebuah kabar mengejutkan datang. Kepala kepolisian perfektur Shiga, Yamamoto meninggal dunia. Ia melakukan bunuh diri dengan membakar dirinya sendiri. Diduga hal ini disebabkan oleh tekanan kasus yang tak kunjung menemukan titik terang.
Lima hari setelah itu, 12 Agustus 1985, Monster mengirimkan suratnya pada media. Surat ini merupakan surat yang terakhir. Berikut ini adalah salah satu petikan surat tersebut:
"Yamamoto of Shiga Prefecture Police died. How stupid of him! We've got no friends or secret hidig place in Shiga. It's Yoshino or Shikata who should have died. What have they been doing for as long as one year and five months? Don't let bad guys like us get away with it......"
Dalam surat itu Monster juga menyebutkan bahwa ia/mereka akan mengakhiri teror dan itu merupakan surat terakhir. Bila ada yang melakukan hal serupa maka itu merupakan pekerjaan orang yang mencopy aksi terornya/mereka.
Setelah surat tersebut, Monster 21 Wajah tak pernah terdengar lagi. Tidak ada seorang pun yang ditahan atau ditangkap terkait aksi kriminal ini dan siapa orang di balik "The Monster with 21 Faces" masih terus menyimpan misteri.
Dugaan Tersangka
1. Pria dalam Rekaman Kamera
Seorang pria mengenakan topi baseball Yomiuri Giants tertangkap kamera pengawas tengah meletakkan coklat-coklat Glico pada salah satu rak toko. Pria ini dipercaya merupakan orang di balik topeng "The Monster with 21 Faces". Foto dari rekaman kamera toko tersebut kemudian dipublikasikan setelah insiden. Poster wajah pelaku kemudian disebar di tempat-tempat umum. Namun sayangnya tak pernah ada seorang pun yang mengidentifikasi pelaku.
2. Pria di Kereta
Pada 28 Juni 1984, dua hari setelah pelaku setuju untuk menghentikan aksi mereka pada Marudai Ham sebagai imbalan atas dipenuhinya permintaan uang sebesar 50 juta yen, seorang polisi investigator menyamar menjadi karyawan Marudai dan pergi membawa uang tebusan.
Saat ia naik kereta menuju tempat yang telah disepakati untuk bertransaksi, ia melihat seorang pria mencurigakan terus mengawasinya. Pria misterius itu digambarkan berbadan tinggi besar dengan potongan rambut pendek, serta memakai kacamata hitam.
Menurut investigator, pria tersebut terus membuntutinya dari kereta ke kereta, namun kemudian ia menghilang. Menurut para investigator lainnya, pria itu juga sempat muncul saat membayarkan uang tebusan untuk House Food Corporation. Namun lagi-lagi pria itu berhasil lolos.
Tokyo Metropolitan Police kemudian mengidentifikasi pria itu sebagai Manabu Miyazaki, seorang yakuza. Namun saat dilakukan penyelidikan dan investigasi lebih lanjut pada Miyazaki, pria itu dinyatakan bersih dan tak terlibat kasus ini.
https://www.merinding.com/2019/03/ka...-21-faces.html

Diubah oleh dragonroar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 10:36
gile jaman dulu gini bgt ya
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 10:48
penɡalaman menɡalami
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 10:53
Jahat bener itu pelakunya!
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 10:54
Apa mungkin pelakunya menginginkan kepala polisi meninggal namun tidak membunuhnya scr langsung? emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan feedback. memberi reputasi
2 0
2
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 10:54
yang nomor 3 itu keren banget gan. buat thread lagi ya gan...
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:01
seru banget ceritanya kyak di manga conan
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:09
Untung glico gak bangkrut masih sempet ngerasain snack pokyy dan es waku waku 2rebuan
profile-picture
Lt.Evans memberi reputasi
1 0
1
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:24
Apa mantan karyawan yg dendam yah? Yang kasian sampai ratusan orang kehilangan pekerjaan akibat ulah si monster ini. Tapi dengan teknologi yg lebih canggih, bukan ga mungkin pelakunya akan tertangkap di jaman ini (jika masih hidup). emoticon-Shakehand2
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:31
Tahun 80-an emang Jepang lagi kacau"nya gan
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan lyndonbaines memberi reputasi
1 1
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:32
Ninggalin jejak dolo
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:34
Kalau ga ada bendera putih yg dipasang kenapa uang bisa raib?
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1 0
1
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:42
Kesimpulan ane, pada tahun tsb polisi jpn goblok2 ya
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:46
Saya menduga Si CEO Glico pelakunya, kan dia diculik trus tiba tiba bisa kabur

emoticon-Request
Diubah oleh Bomberman.
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:51
wih keren nih jadi film
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 11:52
Mantab. Tapi produk yg d sensor namanya apa gan? Ane gak familier. Jgn d sensor sensor gitu, kayak pemerintah aja
profile-picture
rickyrickardo memberi reputasi
1 0
1
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 12:14
Salah satu urban story bukan nih
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 12:15
Cocok masuk majalah misteri
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 12:52
Quote:Original Posted By cysers1
yang paling bikin terperanjat, kepala kepolisiannya sampe bunuh diri karena kasus gak terpecahkan hingga 5 tahun, tp karena itu juga si monster 21 menghentikan aksinya... berarti monster 21 masih ada rasa iba... gw rasa kalau ada 1 korban kena aksi beracun mereka, sang monster jg langsung menghentikan aksinya... pengorbanan tuh kepala polisi gak sia2... ini dilihat dari sisi lain... walaupun bunuh diri itu salah dan tindakan bodoh....


Iya ane setuju gan, menurut ane motif pelaku ada beberapa sih :
- dendam pribadi dengan industri makanan terkait (kemungkinan kecil)
- membuktikan bahwa polisi tidak bisa bertindak menghentikam teror
- mencari ketenaran dan kasus ori biar ngga ditiru orang (biasanya ada latar belakang masalah keluarga)
- atau malah mungkin pensiunan petinggi polisi yg tidak suka dengan sistem jaman tersebut (semua harus sesuai peraturan, polisi yg bergerak sendiri malah kena suspend)

Sotoy ane emoticon-Hammer2
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 13:17
Ada some thing di kepolisian smp 2x lolos
0 0
0
Monster 21 Wajah, Teror Legendaris Perusahaan Glicco & Morinaga
29-06-2019 14:06
ane sudah bisa tebak min....aksi mereka sangat profesional. ane merasa mereka kelompok YAzuka. mereka menghalalkan segala cara untuk mencari pendapatan..
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia