alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0abb908012ae4870097eb6/dukun-beranak-profesi-yang-mulai-terpinggirkan
Lapor Hansip
20-06-2019 05:47
Dukun Beranak, Profesi yang Mulai Terpinggirkan
Past Hot Thread
Menunggu waktu melahirkan itu memang bikin was-was terlebih saat waktunya persalinan terutama bagi pasangan suami istri yang menanti hadirnya buah hati. Dibalik persalinan buah hati seringkali di dampingi dengan bidan, namun ada seseorang yang kini jasanya mulai dilupakan dan mungkin sudah tak banyak orang yang menggunakan jasanya untuk melahirkan yaitu profesi dukun beranak (di tempat ane disebut paraji) yang dulu seringkali dipanggil saat akan melahirkan anak.
Dukun Beranak, Profesi yang Mulai Terpinggirkan

Credit : sigapnews.co.id

Dulu, menggunakan jasa dukun beranak atau dukun bayi seringkali dilakukan banyak orang. Saat ibu hamil sudah merasakan mulas yang sering biasanya suami atau keluarga sesegera mungkin datang ke rumah dukun beranak untuk dipanggil dalam rangka membantu persalinan hingga tak jarang sampai dengan perawatan bayi pun pada awal-awal dibantu sama dukun beranak. Namun kini profesi tersebut seakan tidak ada gaungnya lagi setelah pemerintah melarang bagi setiap ibu hamil untuk melahirkan dibantu oleh dukun beranak, jika kita browsing di internet banyak sekali alasan kenapa melahirkan tak boleh dibantu dukun beranak lagi, salah satunya adalah karena tidak sesuai medis.

Zaman memang sudah berubah, sekarang banyak orang yang melahirkan di bidan atau pusat kesehatan lainnya entah itu di puskesmas ataupun rumah sakit. Namun ternyata di masyarakat sendiri masih ada yang melahirkan dibantu dukun beranak karena beralasan sudah terbiasa dan juga tidak memakan banyak biaya untuk persalinan. Di masyarakat sendiri memang umumnya sekarang termasuk di pedesaan sudah ada bidan yang menangani persalinan, otomatis dukun beranak tidak boleh menangani persalinan kembali. Namun tetap saja di masyarakat selalu ada komplain terutama orang tua yang dulunya melahirkan dibantu dukun beranak. Cukup banyak hal yang dikeluhkan mulai dari harus berangkat ke rumah bidan dulu bila melahirkan, sedangkan kalau dukun beranak datang langsung ke rumah ibu hamil yang mau melahirkan. Hal ini seakan-akan seperti terbalik, jika dulu yang sehat datang ke yang sakit dan sekarang yang sakit datang ke yang sehat.

Bukan hanya itu saja, terkadang dari pelayanan bidan seringkali ada yang kurang bagi sebagian orang seperti memijit ibu yang sudah melahirkan yang seringkali dilakukan oleh dukun beranak. Selain itu ketakutan di masyarakat pun muncul bila melahirkan di bidan atau di pusat kesehatan ketika bayi susah untuk keluar hingga akhirnya harus operasi caesar yang bisa menghabiskan biaya belasan juta, hal ini tentu bikin syok mereka yang tidak memiliki keuangan cukup. Sedangkan melahirkan dibantu dukun beranak ada yang mengatakan lebih sabar menanti hadirnya bayi hingga keluar lahir meskipun lama dibanding oleh bidan atau tenaga medis lain yang dianggap kurang sabar sebagian orang. Sampai sekarangpun meski sudah dilarang dukun beranak masih diminati banyak orang meskipun hanya untuk memijit ibu hamil atau ibu yang sudah melahirkan.
Dukun Beranak, Profesi yang Mulai Terpinggirkan

Credit : detik.net.id

Terlepas dari timbul pro kontra di masyarakat tentang melahirkan, namun sebaiknya kita ikuti aturan dari pemerintah untuk melahirkan di bidan atau di pusat kesehatan lainnya karena ini bisa menurunkan resiko kematian ibu dan juga bayinya. Memang terkadang biayanya lebih mahal namun dari segi keselamatan lebih diutamakan bila melahirkan di bidan atau di pusat kesehatan lainnya. Memang sesuatu hal ada plus minusnya baik melahirkan di bidan ataupun di dukun beranak, namun alangkah baiknya ikuti aturan pemerintah untuk menjaga keselamatan ibu dan juga bayinya. Tentang profesi dukun beranak sendiri di masa sekarang ini kini mereka usianya umumnya sudah tua, lalu apakah di masa depan nanti masih ada profesi dukun beranak setelah di masa kini sudah terpinggirkan perannya? itu masih tanya. Bagaimana pendapat agan dan sista tentang profesi dukun beranak? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber (Observasi TS dan browsing di internet via google)
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
10perfection99 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
28-06-2019 05:01
Quote:Original Posted By penyukabiru
akuu kataa emaa lahirnyaa dibatu dukun beranak. bahasa sundanyaa teh duh hilap deui abdi.


Paraji emoticon-Big Grin
0
28-06-2019 05:06
Ditempat gue masih ada tuh gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
28-06-2019 05:25
masih ada ya gan dukun beranaj jaman sekarang, secara tiap taun berapa kali sekolahan wisudain para perawat2
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1
28-06-2019 05:50
ane kurang setuju kalo merrka disebut dukun
0
28-06-2019 06:30
klw pun skrg msih ada skrg paling jdi tukang urut bayi omemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0
28-06-2019 06:59
masih ada tpi kita ngga tau orgnya kali yah
0
28-06-2019 07:00
Apa bedanya sama bidan? emoticon-Bingung
0
28-06-2019 07:15
Kalau ane pribadi sih lebih percaya dengan penanganan bidan atau di pusat kesehatan ketika melahirkan gan karena mungkin penangananya lebih cepat jika terjadi sesuatu saat melahirkan baik untuk ibu maupun bayinya. Di tempat ane sih kayanya sudah tidak ada ibu melahirkan ditolong oleh dukun beranak, dan para dukun beranak sekarang beralih profesi sebagai dukun pijat/urut baik pijat untuk ibu maupun bayi.
0
28-06-2019 07:49
Gak pernah kenal dukun beranak
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1
28-06-2019 07:49
iya sih propesi dukun beranak udah jarang,coz ibu hamil yg mw melahirkan di rumah itu kayanya kena denda pernah baca,dan mereka juga di himbau untuk pergi ke faskes,di kampung ane udah gak ada lg yg beranak di rumah.
Yup kalo ada anak kecil yg rewel,biasanya masih di bawa ke dukun beranak di urut gitu jd ingat nenek yg jd tukang urut alm. Orgnya baik banged udah pengalaman emoticon-Turut Berduka
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1
28-06-2019 07:51
udah tergantikan sama bidan
Dukun Beranak, Profesi yang Mulai Terpinggirkan
profile-picture
profile-picture
dxstarz dan tafakoer memberi reputasi
2
28-06-2019 07:59
Dikampung ane juga udah jarang dukun beranak emoticon-Hammer2
0
28-06-2019 08:24
di daerah mertua ane masih ada tuh gan, di daerah ane aja masih aja, cuman beda RW sih, itupun cuman 1orang yang ane tau.
0
28-06-2019 08:25
ts ga liat ya angka kematian ibu dan bayi zaman dulu sama zaman sekarang udah turun. terimakasih untuk bidan dan nakes lain.
0
28-06-2019 08:38
Sebuah profesi mulia, terutama bagi masyarakat yang tinggal dipedesaan, dimana tidak ada bidan untuk melakukan persalinan emoticon-Jempol
0
28-06-2019 08:51
Quote:Original Posted By tafakoer
Paraji emoticon-Big Grin


Nah etaa.
0
28-06-2019 09:09
zaman now udah langka, mungkin beralih jadi spesialis pijat bayi.
emoticon-Baby Boy 1
Diubah oleh tropikansayur
0
28-06-2019 09:12
Temen ane ada tuh, sampe ga ngerti yg namanya golongan darah...
0
28-06-2019 09:15
ke depan mesti pake sertifikat kompetensi profesi dukun...
emoticon-Ngakak
0
28-06-2019 09:28
Sudah saatnya digantikan oleh bidan yang lebih profesional
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.