alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1217b909b5ca63d86c6c7f/i-quit-social-media-for-2-years-long
Lapor Hansip
25-06-2019 19:46
Rasanya Terbebas Dari Media Sosial, Ternyata diluar Dugaan!
Past Hot Thread


Sejak tahun 2008, ane mulai mengenal internet. Tepatnya jaman SMP. Menelusuri sosial media pertama yang ane punya yaitu friendster, lalu tahun 2009 mulai bergabung di facebook, tahun 2011 membuka akun twitter dan terakhir tahun 2015 mulai main instagram. Sedikit - sedikit update status, upload foto, curhat dan segudang pamer lainnya. Yang ane rasakan saat bermain sosial media tersebut adalah SENANG, banyak yanglike, comment, dan memperhatikan ane.

Tanpa sadar kebiasaan bersentuhan dengan jejaring sosial telah menjadi candu. Sehari saja tak bermain medsos, perasaan sudah seperti orang bingung, kalang kabut, bagai ikan yang dikeluarkan dari air.

Setelah ane melakukan riset kecil - kecilan dan mengumpulkan dari beragam referensi, ternyata sosial media bisa membuat penggunanya merasakan euforia (kesenangan berlebihan) akibat diproduksinya hormon dopamin setelah dipicu oleh faktor dari luar seperti merasa diperhatikan, mendapatkan pengakuan, dan wujud eksistensi diri yang semuanya bisa didapatkan dari penggunaan jejaring sosial.

Dampak yang membahagiakan itu sempat ane rasakan tapi ane juga merasakan dampak negatif dari kebiasaan ane tersebut, yaitu uang jajan selalu boros untuk membeli kuota internet. Apalagi saat kecanduan instagram, dalam satu bulan ane bisa menghabisan belasan Gigabyte data internet hanya untuk scrolling tak berfaedah dan juga stalking kehidupan orang lain di profil mereka masing - masing. Yang berujung pada sifat suka membanding - bandingkan pencapaian orang lain dengan kekurangan diri sendiri. Akibatnya ane jadi merasa bagai butiran debu di semesta yang amat luas ini, orang lain sudah sukses sedangkan ane masih begini, orang lain sudah bisa travelling ke Eropa ane masih mentok di Jawa Timur mulu, dan perbandingan - perbandingan lain yang sebenarnya tak penting untuk dibandingkan. Karena hanya membuat ane stress saja.

Ane mulai merasa keracunan virus sosial media yang toxic dan melenakan. Mau melakukan sesuatu jadi lupa dan terlena karena keasyikan scrolling beranda instagram. Tak terasa waktu sudah berjalan beberapa jam, tanpa produktifitas apapun. Lambat laun mulai berpikir, kok selama ini main beginian nggak dapet apa - apa? Rugi di kantong iya, rugi di waktu iya, nggak produktif pula.

Ane pun memutuskan untuk berhenti sejenak dari kegiatan bermain sosial media ini sekaligus ingin melihat perbedaannya, apakah ane masih akan terus berusaha mencari kesenangan di dunia maya? Atau bagaimana? Entahlah. Ane coba untuk seminggu dulu lah. Hari pertama rasanya nggak enak, kayak pengen banget buka jejaring sosial tapi ane tahan. Hari kedua ane sibukkan diri ane dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, dan berhasil lupa untuk sejenak. Hari ketiga kebobolan karena rindu dengan "efek bahagia" medsos, ane buka lagi itu facebook dan instagram sekedar untuk melihat notifikasi. Sampai akhirnya ane benar - benar lelah dan menutup semua akun mulai twitter, facebook, instagram dan lain - lain. Mencari kesibukan yang lain yang lebih bermanfaat. Hingga ane tanpa sadar sudah melepaskan diri dari media sosial selama dua tahun. Yaps, dua tahun! Bukan waktu yang sebentar.

Selama dua tahun ini yang ane rasakan hanyalah kedamaian, tak ada lagi keinginan untuk pamer tentang apa yang sedang ane lakukan, tak ada hasrat lagi untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain, perasaan tenang dan bahagia menerima diri ane apa adanya mulai muncul, lebih produktif, mampu melakukan banyak hal yang sebelumnya belum pernah ane lakukan dan yang paling terasa adalah hemat di pemakaian kuota internet.

Sumber referensi :
disini
Diubah oleh adnanami
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mpokmiaaa dan 29 lainnya memberi reputasi
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 11
28-06-2019 00:02
Mantap gan, bagus kalo udah bisa bijak dlm bertindak

Kalo ane sendiri dari dulu tidak hooked up into those things. Ane ga main friendster karena dulu ga punya akses inet, baru mulai jaman FB main, itupun cuma buat game ninja saga emoticon-Ngakak (S)

Sekitar 2012, Twitter sempet bikin juga karena penasaran, abis itu dianggurin. IG bikin juga di taun 2013, tapi bener2 ga tertarik akhirnya lgsg delcount. Tahun 2015 ane delete twitter karena ga pernah dipake juga. Macem path gitu malah cuma seminggu lgsg delete. Sampe akhirnya delete FB tahun 2018 kemaren, ini ane baru delete karena banyak nyambung ke akun lain jd ragu mau delete FB.

If kaskus, youtube, line, whatsapp considered as social media, i'd still use it
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
28-06-2019 00:08
I Quit Social Media for 2 Years Long!
profile-picture
profile-picture
adnanami dan cipokan.yuk memberi reputasi
2
28-06-2019 00:17
gampang itu emoticon-Big Grin kalo niat mah gampang emoticon-Big Grin

di sosmed juga bingung mao ngapaen ane sih coy emoticon-Ngakak (S)

jadi pengen coba nih ide dari ente emoticon-Smilie

coba ah

emoticon-Traveller
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
28-06-2019 00:19
Ane uda dr 2013 sih berenti medsos. Fb twitter IG dsb.. yg ada profil2 dan pamer2 status/fotonya. Udah 6 th lbh juga, ya... mgkin faktor umur jg si. Uda mau masuk 34 th nih.

Cuman tggal kaskus aja. Dan ini pun anonim.
0
28-06-2019 00:20
Ane ngaskus sejak 2005, sebelum ada Twitter dan Facebook apalagi IG. Tp sempat istirahat medsos waktu kampanye pilpres...
0
28-06-2019 00:24
Ane sosmed ada keperluan juga sih misal di fb grup2 gituan macem hp, kompi, dkk.. Gk bisa dilepas sih.. Ane lebih sering buka kaskus timbang sosmed lain karena lebih ada bacaan asik.

Tapi mayoritas yg dah berumur kerja terutama cowok pasti benar2 jarang atau malah gk samsek update status atau foto di sosmednya..
Diubah oleh aliensia
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
28-06-2019 00:45
Quote:Original Posted By adnanami
Kalo tujuan ane ngaskus sih buat nambah uang jajan gan. Gabung jd kaskus kreator.


Caraa duitinnya gimanaa dahh ..
Guee baru join .
Jadii kagaa paham . Oe
0
28-06-2019 01:06
not quit but not use emoticon-Ngacir

0
28-06-2019 01:17
ane pernah gan hampir sebulan ga pake ig, ane ga dtg undangan nikahan temen ane, ane ga bales dm ig gebetan, ane kurang info. apa lagi ya, ga banyak sih. cuma menurut ane yg ilang itu penting2 semua, setelah itu ane merasa bersalah dan lost contact sama gebetan itu dari something jadi nothing. duh..

tapi ane bisa ngontrol kok penggunaan ig, line pun buka cuma liat notif sedikit timeline. lgsg out lagi.
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
28-06-2019 02:01
Ane juga gak punya buanyak medsos, karena ane bukan orang gmpang gagap ikutan segala trend. Dulu jaman fb rame ane gak bikin baru bikin tahun 2011. Ig ngtrend sampe sekarang ane juga gak bikin akun. Padahal sama temen ane disuruh bikin tpi ane pikir buat pa coba. Dan setiap ane jalan ma teman-teman ane, mesti tanya akun buat tag. Dan saat ane bilang ane gak punya, expresinya wajah mereka syokkk kek liat ane semacam manusia goa ajeemoticon-No Hope
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
28-06-2019 02:06
Ane udah ga bisa quit dari ig gan emoticon-Hammer (S) ada fans tersendiri di ig ane
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
28-06-2019 03:36
Fb masih penting untuk akses aplikasi
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
28-06-2019 03:53
Yah, TS masih ngaskus juga. Kirain bener2 balik ke jaman batu.

Kalo join medsos lain kayak IG utk jualan doang juga bisa kok.
Kalo ga join medsos supaya ngurangi pemakaian bandwidth, kalo rajin buka kaskus bikin pulsa juga tekor.

My point is hampir mustahil kalo mau totally quit dari social media. Bisanya pilih2 yang berguna saja.

Coba judulnya diganti, TS.

emoticon-Malu
profile-picture
lyndonbaines memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
28-06-2019 04:56
Quote:Original Posted By elnuan7
Sama ane jg kurang lbih 2 tahun, klo ane sih lebih tenang & aman aja, gak pernah lg update status atau story
Tp tetep pke media sosial buat nerima orderan emoticon-Big Grin


Iya itu yg bagus gan, brmanfaat dah sosmednya.
0
28-06-2019 04:58
Quote:Original Posted By irazz1234
I've quitted... Bukan cuma I quit
Alasannya, itu udah berlangsung lama, dan masih berlanjut. Past continues tense

Grammar police is lyfe brah emoticon-army:
emoticon-Ngacir


Ane quitnya agak dulu gan, skrg bikin sosmed lagi yaitu kaskus hehehe tp beda tujuan, skrg di kaskus pngn produktif menghasilkan trit biar dibaca netijen, dan dpt duit jg sih hehehe
0
28-06-2019 04:59
Quote:Original Posted By indahmami
Main sosmed dari tahun 2011,
G' bosen dan happy2 aja..
Tinggal niat main sosmed apa,
Buat just for fun happy atw baper2an?
emoticon-Wakaka


Dulu pngnnya buat happy tp lama2 baper hahaha
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1
28-06-2019 05:01
Ane daftar Instagram aja belum dari pertama muncul emoticon-Ngakak
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
28-06-2019 05:03
Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Soalnya ente pake medsos bukan buat hal yang produktif. Kalo pakenya buat hal yang produktif, akan lain ceritanya. emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By binyomin
Agree emoticon-Big Grin


Iya dulu ane g produktif, punya medsos gak buat bisnis. Sekarang ane gabung di kaskus ini medsos juga kan? Tp ane ngrubah niat gabung dimari buat produktif menghasilkan konten berkualitas biar bisa dibaca banyak orang, syukur2 bisa bermanfaat buat pembaca, dan pastinya meraup rupiah juga sih
0
28-06-2019 05:07
Why not quite forever?? emoticon-Traveller
0
Halaman 4 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.