adnanamiAvatar border
TS
adnanami
GanSis termasuk Open Minded atau Close Minded?


Sering nggak sih agan dan sista mendengar istilah open mindedyang bila diterjemahkan secara bahasa adalah berpikiran terbuka? Nah, berpikiran terbuka itu seperti apa sih? Apa orang yang pikirannya tidak cupet/pendek akal bisa dibilang sebagai orang yang open minded?

Di media bertebaran istilah open minded yang diartikan juga sebagai orang yang tidak kolot dan fanatik terhadap satu hal yang diyakininya saja. Jadi mereka sangat menghargai perbedaan serta tidak gampang menghakimi sesuatu berdasarkan pikirannya sendiri yang dirasa paling benar. Mereka masih bisa enjoy saat mengetahui gaya hidup orang lain yang berbeda dengan gaya hidupnya, menerima bahwa perbedaan adalah hal yang biasa.

Meskipun berbeda, bukanlah menjadi alasan untuk tidak berbaur. Meski tidak setuju dengan satu prinsip, seorang yang open minded dapat memaklumi bahwa memang setiap orang punya pemikirannya masing - masing. Sudut pandang yang bervariasi, sifat yang beragam, dan cara menyelesaikan masalah yang unik bagi tiap individu. Jadi agan tidak akan dengan mudah mengatakan:

"Bodoh banget sih dia, kalau gue jadi dia gue akan ....."

"Dia itu perempuan tapi suka pulang malam, jangan - jangan cewek nggak bener!"



Jika agan dan sista masih sering berlaku seperti kata - kata yang ane kutip di atas yang berarti gansis belum bisa dibilang termasuk ke dalam kategori berpikiran terbuka, guys! Alias masih tergolong ke dalam kelompok orang - orang yang closed minded.

Sebagai contoh misalkan gansis melihat seseorang dengan penampilan rambutnya yang diwarnai aneh - aneh, lalu gansis merasa tidak suka dan menilai orang tersebut dari sudut pandang gansis sendiri. Ente menganggap dia kebanyakan gaya, sok trendy, dan terkesan "nakal". Padahal kenal aja enggak. Main judgesembarangan saja gitu. Sama seperti prasangka yang mengatakan bahwa bila cewek pulang malam maka dia cewek adalah nggak bener, padahal nggak selalu begitu. Bisa saja dia kerja shift sore, piket kantor, dll.

Segala sesuatu memang tidak bisa dilihat secara sekilas lalu menarik kesimpulan seadanya, butuh kemauan untuk melihat lebih dekat agar kebenarannya terungkap. Orang yang open minded bukanlah manusia yang dapat dengan mudahnya dihasut oleh apa kata orang saja. Mereka benar - benar melihat dunia dengan obyektif, bukan atas dasar sudut pandangnya sendiri. Dia melihat dari berbagai sudut pandang sehingga mampu bersikap lebih bijaksana.

So, agan dan sista termasuk yang mana nih? Open minded or closed minded?

Sumber referensi

Jika thread ini dirasa bermanfaat, follow adnanami di kaskus, komentar di bawah, kasih cendol dan rating ya!
swiitdebby
4iinch
iwakendog
iwakendog dan 37 lainnya memberi reputasi
38
14.2K
212
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.