• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini Dia Sosok The Godfather of Broken Heart dan Musiknya yang Nelangsa

cicitegu
TS
cicitegu
Ini Dia Sosok The Godfather of Broken Heart dan Musiknya yang Nelangsa

Beberapa waktu lalu, nama penyanyi Didi Kempot sempat ramai diomongin. Bukan jadi obrolan orang-orang seusia bapak kita, tapi uniknya malah dibicarakan oleh anak muda. Bahkan mereka memanggil namanya dengan Lord Didi dan menjulukinya sebagai The Godfather of Broken Heart, alias Dewanya Patah Hati karena lagu-lagunya yang dinilai sangat “emo”.



Kalau Agan Sista ngerti Bahasa Jawa, setiap lirik dari lagu-lagu milik Lord Didi ini memang menyedihkan dan menyayat hati. Misalnya aja seperti lagu-lagunya yang berjudul Sewu Kutho, Stasiun Balapan, atau yang sempat booming karena dibawakan oleh Via Vallen yang  berjudul Suket Teki. Hampir semua lagunya bertemakan orang patah hati dan nelangsa.

Keviralan Didi ini sempat menjadi trending topic di twitter beberapa waktu lalu. Awalnya penyanyi yang berasal dari Jawa Tengah ini mulai ramai dibicarakan setelah sebuah akun bernama @trialdinoo mengunggah video suasana penonton yang sedang menyaksikan Lord Didi manggung di Taman Balekambang Solo.

Dalam video yang diunggah tersebut, terlihat sejumlah pemuda yang begitu antusias menyanyikan lagu dalam Bahasa Jawa yang berjudul Cidro yang dibawakan Lord Didi di atas panggung. Para pemuda tersebut bahkan menyebut dirinya dengan Solo Sad Bois Club.


Tentang Solo Sad Bois Club

Solo Sad Bois Club merupakan sebuah komunitas penggemar lagu Didi Kempot. Mereka menganggap jika dirinya adalah Umat Lara Ati alias Umat Sakit Hati dari Lord Didi. Waduh, dalem juga ya Gan. Pengukuhan ini sebelumnya pernah dilakukan di sebuah wilayah di Laweyan Solo, Jawa Tengah.

Awalnya, para anggota mendiskusikan mengenai lagu-lagu milik Didi Kempot, seperti Banyu Langit, Aku Ora Dolan, Neng Pacitan, juga Sewu Kutho. Diskusi yang sangat santai ini pun juga membuat para pesertanya menceritakan sejak kapan mengenal lagu-lagu dari seniman campur sari ini. Beberapa diantaranya mengaku jika mereka mengenal dari masih kecil meskipun ada pula yang mengenalnya saat berada di bangku kuliah.


Solo Sad Bois Club sendiri diinisiasi oleh seorang bernama Fajar Romadona. Ia menyatakan jika julukan Didi sebagai bapak loro ati yang viral sebenarnya memang sudah digunakan sebelumnya oleh penggemarnya. Rupanya, penggemar Didi ini sebenarnya sangat banyak Gan namun hanya tidak terdengar. Saat setelah viral kemarin nggak sedikit orang yang berbondong-bondong menunjukkannya, karenanya pembuatan klub ini pun kemudian diinisiasi. Klub ini kabarnya mewakili seluruh penggemar Didi Kempot di Indonesia, sengaja dibuat tidak ada ketuanya karena mereka membiarkan perasaan patah hati sebagai ketuanya. Hadu.


Lord Didi, Bapak Patah Hati Nasional

Penyanyi dengan genre campursari ini merupakan putra dari pelawak Ranti Edi Gudel juga merupakan adik kandung dari Mamik Prakoso, seorang pelawak senior srimulat. Pria yang sering disebut mirip dengan Bruno Mars ini mengawali karirnya sebagai pengamen sekitar tahun 1984 di Solo.  

Pria yang bernama asli Didi Prasetyo ini mendapatkan nama Kempot sebagai nama belakangnya yang sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari Kelompok Pengamen Trotar, yaitu sebuah grup pengamen asal Solo yang membawanya hijrah ke ibu kota.


Didi Kemudian mencoba peruntungannya di Jakarta. Salah satu produser rekaman tertarik dengan suaranya dan kemudian mengajaknya untuk masuk ke dapur rekaman. Stasiun Balapan, lagu yang direkam pada tahun 1998 pun menjadi judul album perdananya dan berhasil diluncurkan setahun setelahnya. Namanya semakin dikenal masyarakat berkat lagu tersebut., bahkan ia pernah juga dinobatkan sebagai Duta Kereta Api. Hmm, banyak juga ya gelar yang disematkan untuk Lord Didi kita ini.

Hingga saat ini, Lord Didi telah merilis beberapa lagu diantaranya adalah Sewu Kutha, Tanpa Sliramu, Stasiun Balapan, Layang Kangen, Pantai Klayar, Dalan Anyar, Kalung Emas, Kopi Lampung, Ono Opo Awakmu, dan masih banyak lagi. Menurut Didi, semua lagu yang ia ciptakan merupakan gambaran dari potret kehidupan yang dekat dan dialami oleh semua orang.


Cidro yang viral

Selain beberapa lagu tersebut, terdapat lagu yang berjudul Cidro, yang menjadi bahan omongan netizen beberapa waktu lalu. Lagu berjudul Cidro yang sempat viral sebenarnya udah lama Gan Sis, yaitu ia ciptakan pada tahun 1989. Sebelum ngetop di Indonesia, kabarnya lagu tersebut sudah sukses terlebih dahulu di Belanda dan Suriname.

 

Lagu ini berkisah tentang seorang yang sedang nelangsa dan patah hati ditinggal oleh kekasihnya. Lagu ini memang pernah jaya di masanya Gan, namun Didi  nggak menyangka jika lagu ini ternyata digemari anak muda saat ini dan menjadi trending topic di twitter.

emoticon-Sorry

Hmmm, nelangsa dan banyak juga ya jamaah patah hati dari Lord Didi ini. Ane curiga jangan-jangan diantara Agan Sista di sini ada yang merupakan anggota Solo Sad Boi Club. Yuk kita nyanyikan mars patah hati milik Lord Didi!

 



tropikansayurblue.jazzarwan007
arwan007 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
9.2K
163
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.