pcjames
TS
pcjames
5 Universitas Swasta Terbaik Di Bandung, Versi KEMENRISETDIKTI

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan membahas topik yang ane jarang bahas, tapi sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan ane, atau bahkan dengan kehidupan agan agan disini. Yoi kali ini ane akan membahas salah satu jenis dari "badan pendidikan" yang bisa disebut paling atas di Indonesia dan dunia yaitu Universitas.


Ane pribadi tahun depan akan menginjakkan kaki di dunia perkuliahan, maka dari itu ane jadi sering ngulik ngulik tentang universitas terutama di kota ane yaitu Bandung. Bandung disebut sebut sebagai salah satu kota Pendidikan terbaik di Indonesia. Ada beberapa PTN terbaik Indonesia yang terletak di Bandung. Selain itu, Bandung juga merupakan rumah dari beberapa Universitas Swasta / PTS terbaik di Indonesia. Maka dari itu, berikut 5 Universitas Swasta Terbaik Di Bandung, Versi KEMENRISETDIKTI ! 

Rank ini dibuat secara resmi oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia !

1. Telkom University


Universitas pertama di list ini adalah salah satu Universitas Swasta paling terkenal di Indonesia dan Bandung nih. Universitas ini terkenal teknik banget deh. Yap, kampus ini adalah Telkom Univeristy atau yang bisa disingkat Tel-U. Tel-U adalah kampus swasta yang terletak di daerah Buah Batu, Bandung Selatan. Kampus ini terletak di sebuah komplek besar yang isinya hampir semua bangunan dari Tel U. Kampus ini awalnya didirikan pada tahun 1990 dengan nama STT Telkom, barulah pada tahun 2013 kampus ini resmi bernama Telkom University. Awalnya kampus ini terpisah pisah menjadi 4 Kampus yaitu IT Telkom, IM Telkom, STISI Telkom, Politeknik Telkom. Dan kini ke empat kampus tersebut telah bersatu bmenjadi Tel U dan berubah menjadi fakultas yang berbeda beda seperti Fakultas Ilmu Terapan, Telkom Creative Industries School, Telkom Engeenering School, Fakultas Rekayasa Industri, dan Telkom Economics and Buisness School. Tel U sendiri berada pada posisi ke 33 Rank KEMENRISETDIKTI. Ane sendiri berencana akan berkuliah di sini jika ane gak dapet PTN, berhubung bokap ane juga sudah menjadi dosen di Fakultas "Telkom Applied Science School" selama 7 Tahun.

2. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)


Selanjurtnya ada Universitas Swasta yang bisa disebut paling legendaris di Bandung, bahkan jadi latar tempat cerita di SFTH Kaskus : Kisah 2 Kamar. Yap, universitas ini adalah Univeristas Katolik Parahyangan yang sering disebut UNPAR ! UNPAR sendiri terletak di daerah Ciumbeuluit, Bandung. Universitas Katolik Parahyangan didirikan pada tahun 1955 oleh pimpinan Gereja Katolik di Indonesia waktu itu melalui kerjasaman antara Uskup bandung, Pierre Marin ArntzO.S. dan Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise. UNPAR sendiri memiliki 7 Fakultas yaitu Ekonomi, Hukum, Sosial Politik, Teknik, Filsafat, Teknologi Industri, Teknologi Informasi dan Sains. Selain itu, UNPAR ini juga terkenal menghasilkan banyak alumni yang menjadi orang orang terkenal macam Hotman Paris, Tulus, Assyfa Latief, Risa Saraswati, Rex Marindo (Pendiri Upnormal), OC Kaligis, dan Choky Sihotang. UNPAR sendiri berada di posisi ke 35 Rank KEMENRISETDIKTI.

3. Universitas Pasundan (UNPAS)


Berikutnya ada Universitas Swasta yang singkatannya hampir sama dengan Univeristas di Nomor 2. Univeristas ini adalah Universitas Pasundan, yang lebih dikenal dengan sebutan UNPAS. UNPAS sendiri memiliki bangunan kampus di 5 Lokasi berbeda di Bandung yaitu di Jl Setiabudhi, Jl Sumatera, Jl Wartawan, Jl Lengkong Besar, dan Jl Tamansari. Gak beda jauh dengan UNPAR, UNPAS juga merupakan salah satu PTS paling legendaris di Bandung karena telah berdiri sejak 1960. UNPAS sendiri terkenal memiliki banyak mahasiswa dari Negara Asia Lainnya seperti Malaysia, Singapura, Korsel, Thailand, dan Timor Leste. Sama seperti UNPAR, UNPAS juga memiliki 7 Fakultas seperti Hukum, Sospol, Teknik, Ekonomi, Pendidikan, Seni dan Sastra. Terpaut cukup jauh dengan dua PTS diatas, UNPAS berada di posisi ke 61 Rank KEMENRISETDIKTI.

4. Universitas Islam Bandung (UNISBA)


Di nomor empat ada Universitas Swasta yang juga termasuk yang tertua, sama seperti dua Universitas diatas. Universitas ini adalah Universitas Islam Bandung atau yang lebih dikenal dengan UNISBA. UNISBA sendiri terletak di daerah Tamansari, Bandung. UNISBA juga menjadi salah satu Universitas dengan nuansa paling Islami di Bandung. UNISBA sendiri sudah berdiri sejak 1958, namun baru bernama UNISBA pada tahun 1967. UNISBA memiliki 10 Fakultas yaitu Fakultas Syariah, Tarbiyah, Dakwah, Hukum, Psikologi, MIPA, Teknik, Ekonomi, Ilkom, dan Kedokteran. Terpaut 10 Rank dengan UNPAS, UNISBA berada pada posisi ke 71 Rank KEMENRISETDIKTI.

5. Universitas Kristen Maranatha


Dan terakhir, ada salah satu PTS di Bandung yang terkenal sebagai salah satu PTS Kelas Atas di Bandung (Besama UNPAR) yaitu Maranatha ! Universitas Kristen Maranatha adalah Universitas Swasta yang berada di daerah Surya Sumantri, Bandung. Marantaha sendiri termasuk salah satu PTS yang bergengsi di Bandung. Selain itu Maranatha juga dikenal sebagai PTS yang memiliki biaya cukup mahal dan mayoritas mahasiswa nya termasuk kalangan menengah ke atas, mirip mirip dengan UNPAR. Maranatha sendiri memiliki 9 Fakultas seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Hukum, Teknik, Ekonomi, Sastra, Teknologi Informasi, Desain. Maranatha sendiri juga terkenal dengan banyak cici cici cantiknya nih gan hehe. Kini Maranatha berada di posisi ke 82 Rank KEMENRISETDIKTI. Sama seperti Tel U, Maranatha sendiri menjadi salah satu pilihan utama ane jika ane tidak mendapat PTN, dan sama dengan di Tel U, bokap ane juga pernah mengajar sebagai dosen di sini.

Sumber :


Kenalan Sama TS :

This Is Me (Perkenalan TS)



Ariwanasfahmyfaqihbnoorraini
bnoorraini dan 7 lainnya memberi reputasi
8
15.6K
102
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.